Teluk Kiluan, Surga Wisata Bahari Di Lampung

Teluk Kilauan merupakan surganya wisata bahari di Lampung tepatnya di Kabupaten Tenggamus, karena disini terdapat beberapa objek wisata yang sungguh mengagumkan.

Kabupaten Tenggamus menyimpan potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata modern.

Di Lampung sendiri ada Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Lembah Hijau Lampung, Puncak Mas Lampung, Pantai Gigi Hiu, Laguna Dodo atau Laguna Gayau dan masih banyak lagi.

Dan Teluk Kilauan sendiri diibaratkan rumah dari sebagian wisata alam tersebut, sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

teluk kiluan
teluk kiluan. google maps. sumber: Kang Paidjo

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Dapat dijadikan sebagai lokasi untuk merefresh jiwa dan raga, setelah sekian lama kita harus di rumah saja akibat pandemi Covid yang melanda Indonesia hingga saat ini.

Meski begitu kamu ngga boleh lengah dan harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang selalu digaungkan oleh Pemerintah.

Berikut ulasan lengkap mengenai deskripsi dari Teluk Kiluan, Tenggamus, Lampung:

Legenda Teluk Kiluan

Legenda Teluk Kiluan tak dapat dipisahkan dari keberadaan Pulau Kiluan yang berada di tengah Teluk Kiluan. Legenda yang melatarbelakangi Teluk Kilauan atau Pulau Kiluan atau Pulau Kelapa ini berkaitan dengan kesaktian Raden Mas Arya.

Beliau merupakan seorang yang sakti dan dapat mengetahui kapan ajalnya akan tiba. Hal tersebut bermula dari tantangan seseorang yang mengajaknya untuk berduel untuk mengadu kesaktian yang dimiliki.

Orang yang menantangnya merupakan seorang yang sakti pula. Raden Mas Arya memiliki firasat bahwa beliau akan kalah dan tewas dalam pertempuran tersebut, karena lawannya sudah mengetahui kelemahannya.

Sebelum bertarung Raden Mas Arya berpesan jika beliau tewas agar dimakamkan di sebuah pulau yang saat ini dikenal dengan nama Pulau Kiluan atau Pulau Kelapa.

Dan akhirnya firasatnya pun terbukti, beliau tewas dan dimakamkan di Pulau Kiluan sesuai dengan pesannya. Konon katanya makam beliau berupa gundukan batu yang ada di bukit Pulau Kiluan, dan dikeramatkan oleh warga sekitar.

Lokasi & Alamat Teluk Kiluan

Lokasi dan alamat Teluk Kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

safety first
safety first. google maps. sumber: Isma Yuliati Tandyo

Rute Menuju Teluk Kiluan

Rute menuju Teluk kiluan meskipun jauh dari pusat kota Bandar Lampung namun mudah dijangkau oleh kendaraan motor maupun mobil.

Akses jalannya sudah didominasi jalanan beraspal, namun di beberapa titik kamu akan menemui jalan yang kurang bagus.

Lokasi Teluk Kiluan bisa dikatakan berada di ujung Lampung, jika kamu berangkat dari Bandar Lampung akan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam.

Dengan menuju Jalan Morotai ke arah Jalan Laksamana RE Martadinata hingga tiba di Jalan Raya Way Ratay, kemudian masuk ke Jalan Pematang Awi, hingga tiba di Kiluan.

gerbang masuk teluk kiluan
gerbang masuk teluk kiluan. google maps. sumber: Fredy Mukti

Simak juga: Pantai payung Bali.

Rute lainnya ialah dari Jl. Pramuka dengan menuju fly over, kemudian terus lurus menuju tempat wisata Lembah Hijau Lampung. Karena untuk menuju Teluk Kiluan kamu akan melewati beberapa lokasi wisata menarik lainnya.

Gapura Teluk Kiluan berada di sebelah kiri, terus saja melaju hingga kamu menemukan lokasi Teluk Kiluan.

Jam Buka Teluk Kiluan

Jam operasional Teluk Kiluan dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, namun karena akses jalan yang masih belum tersedia lampu penerangan sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar.

Tiket Teluk Kiluan

Biaya yang harus dikeluarkan ketika mengunjungi Teluk Kiluan sebagai berikut:

  • Tiket masuk Teluk Kiluan sebesar Rp. 5.000,-
  • Sewa perahu Rp. 15.000,- per orang
  • Harga pemandu wisata sekitar Rp.50.000,-
snorkeling seru
snorkeling seru. google maps. sumber: joe_queen

Fasilitas Teluk Kiluan

Fasilitas yang ada di sekitar Teluk Kiluan diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Gazebo
  • Penginapan atau homestay

Penginapan atau Homestay di Teluk Kiluan

Penginapan atau homestay yang ada di Teluk Kiluan hadir dengan fasilitas dan harga yang beragam. Yakni diantaranya:

  • Pondok Pulau Kiluan
  • Pondok Ma’mun
  • Pondok Lamban Sai Batin
  • Pondok Anak abah
  • Pondok Ekowisata Solihin (Homestay)
  • Pondok Dhio
  • Pondok BAAM
  • Pondok Rusdi atau Homestay Pak kadus

Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 500.000 per malamnya.

Ragam Wisata Seru di Teluk Kiluan

Ketika berada di Teluk Kiluan banyak keseruan yang dapat kamu lakukan, yakni:

1. Menyaksikan Kawanan Lumba Lumba

menyaksikan kawanan lumba lumba
menyaksikan kawanan lumba lumba. google maps. sumber: Mohammad Azizur Rahaman

Simak juga: pantai gigi hiu

Daya tarik dari Teluk Kiluan yang paling utama ialah kita dapat menyaksikan kawanan Lumba Lumba yang sedang berenang di laut lepas.

Jika biasanya kita menyaksikan hewan pintar ini di kebun binatang atau di atraksi yang menampilkan Lumba Lumba, disini kamu dapat menyaksikan mereka secara langsung.

Terdapat waktu khusus jika kamu ingin menyaksikan mereka berenang, yakni di pagi hari sekitar pukul 06 hingga pukul 10 pagi.

Sedangkan di sore hari sekitar pukul 4 hingga 5 sore. Di waktu-waktu tersebut kamu dapat menyaksikan kawanan Lumba Lumba berenang kesana kemari dengan bebasnya.

Bahkan terkadang mereka mendekati perahu tanpa rasa takut ataupun khawatir. Konon katanya Lumba Lumba yang melewati Teluk Kiluan dalam jumlah terbesar di dunia.

Karena Teluk Kiluan merupakan jalur migrasi dari Lumba Lumba Hidung Botol dan Paruh Panjang. Untuk menyaksikan kawanan Lumba Lumba berenang, kamu harus menyewa perahu terlebih dahulu dan akan dilengkapi pula dengan jaket pelampung.

2. Mengunjungi Pulau Kelapa atau Pulau Kiluan

camping di pulau kelapa
camping di pulau kelapa. google maps. sumber: Elly Suryani

Simak Juga: pantai mutun

Setelah menyaksikan kawanan Lumba Lumba berenang secara langsung, lanjutkan perjalananmu dengan menuju Pulau Kelapa atau Pulau Kiluan.

Pulau ini memiliki luas sekitar 6 hektar, lokasinya berada di tengah Teluk Kiluan. Disini kamu dapat melakukan aktivitas snorkeling, bermain air dan pasir di pantainya maupun berkemah di tempat yang sudah disediakan.

3. Berenang di Laguna Gayau

Di awal artikel sudah disebutkan bahwa Teluk Kiluan merupakan rumah dari wisata bahari, karena di sekitarnya banyak terdapat objek wisata indah yang wajib kamu kunjungi.

Salah satunya ialah mencoba berenang di Laguna Gayau atau Laguna Dodo, disini kamu akan merasakan sensasi berenang di kolam alami yang sangat indah.

laguna dodo atau laguna gayau
laguna dodo atau laguna gayau. google maps. sumber: sabda adjie

Simak Juga: laguna dodo

Kolamnya terbentuk dari batuan karang yang sangat menakjubkan dengan air kolam yang jernih, terdapat beberapa kolam alami dengan kedalaman yang beragam pula.

Lokasi Laguna Gayau atau Laguna Dodo ini berada di balik bukit Teluk Kiluan. Selain itu lokasi Teluk Kiluan tak jauh dari Pantai Gigi Hiu.

Pantai Gigi Hiu merupakan pantai unik nan indah yang memiliki jajaran batuan karang yang seakan muncul dari dalam bumi.


Tinggalkan komentar