Teluk Triton, Surganya Para Peneliti Biota Laut di Papua

Papua adalah kawasan impian. Mengapa bisa disebut dengan impian? Berkunjung ke sini pasti harus mempunyai uang yang cukup. Dimana, harga pesawat untuk bertolak ke papua saja sudah harus mengeruk emas yang begitu dalam. Oleh karena itu, Raja Ampat menjadi sangat indah karena harga yang harus dibayar mahal.

Selain wilayah raja ampat, papua punya surga yang tidak kalah indahnya. Namanya adalah teluk triton. Bagi sebagian sobat native pasti masih asing mendengar nama kawasan ini. karena, belum banyak wisatawan yang bisa mencapai ke tempat yang berada di ujung timur Indonesia ini.

Teluk Triton Teluk
Image via: www.instagram.com/pacetokikasar

Mengenal Teluk Triton

Kawasan ini memang sedikit tersembunyi, mempunyai beberapa pulau-pulau kecil serta karang-karang yang menjulang tinggi. Sehingga, tempat ini bisa dibilang sebagai tempat semedi paling asik. Suasanya yang tenang dan teduh membuat kebanyakan sobat native enggan untuk beranjak.

Teluk Triton memang bisa disebut dengan firdausnya papua. Karena, semua orang bisa menikmati apa yang disajikan disini. mulai dari para peneliti yang bisa meniliti bagaimana biota laut disini. para penyelam yang pastinya akan memburu ekosistem bawah laut dan juga sobat native yang hanya bisa duduk dan bermain di pinggir pantai serta mengambil foto-foto menarik dengan berbagai macam gaya.

Teluk Triton Drone View
Image via: www.instagram.com/christopatiung

Keindahan Teluk Triton

Ada sebagian wisatawan menjuluki kawasan ini dengan sebutan the lost paradise. Tidak berlebihan memang, tempat ini menyandang sebutan demikian. Karena, saat pertama kali menginjakkan kaki disini, satu kata yang pasti akan terucap seketika “wow”. Semua yang ada di depan mata seperti sebuah lukisan yang dilukis oleh seorang pelukis ternama di dunia.

Ada sesuatu yang mengejutkan sekaligus membanggakan bagi sobat native. Dimana, menurut para pakar biota laut, kawasan ini terdiri dari 937 jenis ikan laut dari seluruh dunia. Menariknya lagi, beberapa spesiesnya adalah spesies baru yang hanya hidup di wilayah Kaimana.

Oleh karena itu, tidak berlebihan bukan, bila banyak peneliti yang berkunjung menikmati sekaligus melakukan penelitaian dan menyebutnya dengan surga yang hilang. Nah, spesies baru ini ternyata tidak hanya berlaku untuk jenis ikan saja. Para peneliti pun mengatakan, jenis terumbu karang juga ada yang merupakan spesies baru.

Baca Juga :  Puncak Lawang Bukittinggi, Spot Terbaik Menikmati Danau Maninjau
Teluk Triton Dive
Image via: www.instagram.com/hb_lulu

Bahkan, ada juga spesies yang hanya ada di kaimana saja dan tidak ada di seluruh dunia. Hebat sekali bukan keindahan yang diberikan oleh Tuhan untuk wilayah ini. Kondisi terumbu karang dan ikan-ikan disini sangat sehat jadi, siap untuk dijadikan salah satu objek foto.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sekitar 27 jenis udang lobster dan 16 jenis penyu hijau. Sayangnya, wisatawan nusantara belum terlalu banyak yang berkunjung ke wilayah ini. hanya wisatawan mancanegara yang rajin menikmati kawasan ini.

Kebanyakan dari mereka adalah para pecinta fotografi yang tidak ingin melewatkan sedikit pun momen menarik yang ada di kawasan ini. karena, setiap tempat, setiap sudut teluk triton mempunyai titik yang spot genic. Sayang sekali bila terlewatkan tanpa mengambil kenangannya dengan menggunakan kamera.

Teluk Triton Sunrise
Image via: www.instagram.com/ranggainthezone

Daya Tarik

Disini ada sebuah karang lunak dan juga hiu paus yang sedang mencari makan. Selain itu, sobat native juga akan dibawa ke zaman prasejarah. Gunung-gunung yang terkesan esoktis tersebut seperti gambaran telapak tangan hewan dan manusia. Sungguh indah nian kawasan ini.

Disini, ada speed boat yang siap mengantar sobat native berkeliling ke negeri dongeng yang selalu dikisahkan oleh orang tua kita. Karang-karang ini memang mengagumkan berpadu dengan warna air yang biru. Serta sejuknya semilir angin berhembus mengenai kulit. Kalau seperti ini saja sudah takjub bagaimana jika sore hari.

Baca Juga :  Bermain Air di Pantai Nampu Wonogiri dan Gunung Kidul
Teluk Triton Inn
Image via: www.instagram.com/lafusee2

Teluk Triton menyimpan pesona yang entah harus diungkapkan dengan kata apa. Karena, warna langit ini akan berubah menjadi warna yang tak biasa. Pesonanya mampu melelehkan mata dan membuat semua wisatawan terhipnotis seketika. Pancaran langit ini membuat sobat native seperti berada di surga abadi yang keindahannya tidak akan pernah mati.

Seperti yang sudah dibahas, bila sobat native akan di bawa menuju ke zaman prasejarah, karena, di tebing maimai ada sebuah lukisan di zaman pra sejarah yang sanpai saat ini pun masih sulit untuk diartikan lukisan apa itu. Lukisan ini bisa dilihat sekitar 1 km sehingga, menimbulkan sebuah galeri seni yang unik nan menawan.

Sayangnya, untuk menikmatinya hanya bisa dari speedboat saja. Tingginya yang mencapai 10 meter membuat siapa pun akan sulit mencapai kawasan yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama dinding purba.

Ingin berkenalan dengan hiu paus, bisa-bisa saja. Bahkan, sobat native bisa mengelus kulitnya yang sedikit kasar. Pemandangan dan pengalaman ini memang jarang di dapat bila wisatawan berkunjung ke teluk yang lain. Selain di dalam air, sobat bative juga bisa memegang tubuh ikan ini saat mengendarai speedboat.

Teluk Triton Whale Dive
Image via: www.instagram.com/trinitytraveler

Tidak usah takut tenang dan abadikan melalui lensa yang oke. Disini juga sobat native bisa memancing beberapa ikan lucu nan menggemaskan. Jika tidak membawa alat pancing disini sudah menyediakan alat pancing yang bisa disewa dengan harga yang cukup bersahabat.

Baca Juga :  THE LODGE MARIBAYA Bandung, Semua Yang Perlu Anda Ketahui Baca Disini!

Alamat Dan Rute Lokasi

Teluk Triton berada di Saria, Kecamatan Kaimana, kabupaten Kaimana Papua Barat. Untuk menuju ke kawasan ini memang sedikit sulit. Karena penerbangan menuju ke kaimana tidak bisa dilakukan setiap hari hanya beberapa hari sekali. Jadwal itu pun bisa berubah sewaktu-waktu.

Bandara Utarum adalah gerbang utama menuju ke wilayah Teluk Triton. Setelah mencapai kawasan ini sobat native bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal pemerintah dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Ingin lebih cepat sampai. Sobat native bisa memanfaatkan speedboat dengan waktu tempuh hanya 1, 5 jam saja. Dengan biaya sewa kurang lebih 4- 5 jutaan. Bagaimana sobat native bisa memilih diantara dua alternatif yang diberikan.

Teluk Triton Beach
Image via: www.instagram.com/lostpacker

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Berbicara mengenai biaya sobat native yang harus dikeluarkan memang cukup besar. Maskapai dari Jakarta menuju ke papua saja sudah mahal. Ditambah dari papua menuju ke kaimana. Belum harga penginapan yang bisa dimulai dengan harga 700 ribuan. Jadi, bila dijumlahkan biaya yang ditaksir adalah 5 sampai dengan 7 jutaan,

Warga papua adalah warga yang sangat ramah. Sobat native bisa saja mendapatkan harga penginapan rumah 0 rupiah apabila bisa berbaur dengan mereka. Terutama di kampung lobo. Warga disini sangat ramah sekali, jadi semua tergantung dari sobat native. Selain di kampung lobo, penginapan juga hadir di kota kaimana dengan harga mulai dari 500 ribuan.

Teluk Triton memang menjadi kawasan yang wajib untuk dikunjungi. Tempat yang bisa disebut dengan sebuah surga ini mempunyai keindahan luar biasa menawannya. Berkunjung kesini memang membutuhkan biaya yang sangat banyak tetapi, akan terbayarkan lunas. Jadi, kapan sobat native akan mengunjungi kawasan ini?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.