11 Tempat Wisata Aceh, Mengagumi Ciptaan Allah di Bumi  Serambi Mekah

Tempat Wisata aceh sangat lengkap. Mulai dari wisata Alam, Wisata Keluarga, Wisata Anak, Air Terjun, hingga Danau dataran tinggi Ada di Aceh. Isu Seputar Persoalan pemberlakuan Perda Syariat bukan hambatan. Sepanjang sesuai aturan main, Berwisata ke Aceh akan tetap menjadi menyenangkan.


Tempat Wisata aceh sangat lengkap. Mulai dari wisata Alam, Wisata Keluarga, Wisata Anak, Air Terjun, hingga Danau dataran tinggi Ada di Aceh
Tempat Wisata Aceh. Image via: visittoaceh

Sekilas Soal Aceh

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.

Aceh memiliki 13 etnis bangsa asli. Yang terbesar adalah etnis Aceh yang mendiami wilayah pesisir mulai dari Langsa di pesisir timur utara sampai dengan Trumon di pesisir barat selatan. Etnis lain nya adalah etnis Gayo, yang mendiami wilayah pegunungan di tengah Aceh.

Pada wilayah pesisir pantai suhu udara rata-rata 26,9 °C, suhu udara maksimum mencapai 32,5 °C dan minimum 22,9 °C. Antara bulan Maret sampai Agustus Aceh mengalami fase musim kemarau. Sementara musim hujan berlangsung antara bulan September hingga Februari.

Kuah Pliek U dan Mie Aceh, adalah makanan khas provinsi ini. Keduanya sama-sama kaya akan bumbu rempah. Kemungkinan ini pengaruh dari masakan India, yang memang banyak mewarnai makanan Aceh.

Transportasi menuju Aceh melalui jalur darat dapat dilakukan dengan kendaraan dari Medan. Kereta api belum ada di Aceh. Angkutan Udara menggunakan Bandara internasional Sultan Iskandar Muda. Untuk mencapai wilayah lain juga ada 8 bandara perintis.

11 Tempat Wisata Aceh

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Tempat wisata Aceh, berupa Masjid besar ini memiliki interior dan eksterior yang memiliki gaya Kesultanan Turki Ustamani yang sangat khas.
Masjid Raya Baiturrahman. Image via: wartanasional.com

Simak juga: 11 tempat wisata Wonogiri

Masjid ini berdiri pada tahun 1606-1636, tepatnya pada saat pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masjid ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk dijadikan sebagai pusat pengajaran ilmu agama yang ada di Nusantara.

Tempat wisata Aceh, berupa Masjid besar ini memiliki interior dan eksterior yang memiliki gaya Kesultanan Turki Ustamani yang sangat khas. Bangunan masjid ini didominasi dengan warna putih dengan kubah hitam yang berukuran besar dan terdapat 7 menara yang mengelilinginya.

Masjid ini mampu menampung hingga 1900 jamaah di dalamnya. Bagian luar dari masjid ini dihiasi dengan kolam serta air mancur yang ada di halaman masjid Baiturrahman ini. Tamannya yang dipenuhi rumput rumput berwarna hijau segar, membuat pemandangan masjid ini tampak begitu sejuk dan asri.

Karena keindahan yangmenawan ini, tak salah jika masjid tempat wisata Aceh ini masuk ke dalam 100 masjid yang terindah di dunia.

Masjid ini sudah mengalami renovasi hingga 5 kali serta beberapa perluasan area. Bahkan masjid ini sempat menjadi tempat perlindungan masyarakat Aceh saat bencana tsunami menyerang di tahun 2004.

Alamat: Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

  1. Museum Tsunami

Dinding museum tempat wisata Aceh ini dihiasi gambar orang-orang menari Saman. sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin, dan kepercayaan religius suku Aceh
Museum Tsunami. Image via: phinemo.com

Museum Tsunami Aceh adalah sebuah museum di Banda Aceh yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004. Sekaligus pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi.

Museum ini merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Di dalamnya, pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi, untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami.

Dinding museum tempat wisata Aceh ini dihiasi gambar orang-orang menari Saman. sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin, dan kepercayaan religius suku Aceh. Dari atas, atapnya membentuk gelombang laut.

Di tempat wisata Aceh ini, ada sebuah ruang khusus untuk mengenang para korban yang tewas saat bencana tsunami tahun 2004 silam terjadi. Di ruang ini semua nama korban tewas diukir di dinding dan di bagian ujung atas dituliskan lafadz Allah. Ruang ini diberi nama Space of Sorrow atau Sumur Doa.

Alamat:  Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh
Tiket: 10.000
Jam Buka: 09.00-16.00

  1. Sabang Pulau We

Tempat wisata Aceh Sabang merupakan Pulau paling ujung Indonesia ini juga merupakan kota dengan keindahan pantai yang masih bersih dan alami.
Sabang. Image via: hayukjalan.com

SImak juga: 11 tempat wisata Ambarawa

Tempat wisata Aceh Sabang merupakan kota dengan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pulau paling ujung Indonesia ini juga merupakan kota dengan keindahan pantai yang masih bersih dan alami. Pantainya pun tak kalah unik.

Sabang sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai-pantai di Sabang memang terkenal masih sangat alami, dengan air laut yang sangat jernih.

Pantai Iboih merupakan salah satu destinasi wisata populer di Sabang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memikat, ditambah air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang cantik.

Pantai  Anoi Itam dalam bahasa Aceh berarti pasir hitam. Asal pasir berwarna hitam di pantai ini kemungkinan berasal dari gunung berapi yang masih aktif di Pulau Weh. Dengan pasirnya yang hitam, pantai ini terlihat sangat eksotis. Keindahan bawah laut pantai ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung.

Selain dapat menikmati indahnya pasir pantai putih dan hitam, di kota tempat wisata Aceh ini, juga terdapat tugu yang sangat terkenal. Tugu Kilometer Nol. Tugu ini dibangun untuk menandai titik mula wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Alamat: Pulau we, Aceh
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata Aceh, Air Tejun Blang Kolam cukup tinggi. Memiliki ketinggian sekitar 75 meter.
Air Terjun Blang Kolam. Image via: pegipegi.com

Tempat wisata Aceh, Air Tejun Blang Kolam cukup tinggi. Memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Air terjun yang indah ini, tampak asri dan alami karena di sekelilingnya di bawah rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan cukup lebat.

Hutan di sisi kanan dan kiri anak tangga yang menuju Air Terjun Blang Kolam masih sangat lebat. Hawa sejuk membuat pengunjung tempat wisata Aceh ini merasa segar. Apalagi kalau terbiasa dengan hiruk pikuk kota yang penuh asap polusi.

Sambil menuruni tangga menuju Air Terjun Blang Kolam, pengunjung tempat wisata Aceh ini bisa mendengarkan suara cicit burung. Atau juga monyet yang berseliweran di pepohonan. Kesegaran sesungguhnya akan menunggumu tepat di ujung anak tangga itu.

Setelah lelah saat menuruni tangga, pengunjug akan di sambut debur air yang jatuh seakan langsung menyembuhkan semua penat di badan. Di bagian atas air terjun, Akan terlihat sebuah genangan air yang seakan ditampung di dalam sebuah cawan raksasa.

Di sekitar Air Tejun Blang Kolam , Anda juga bisa menemukan penjual makanan dan minuman di lokasi, sehingga Anda tak perlu khawatir jika rasa lapar menggangu liburan Anda di tempat ini.

Alamat: Sido Muliyo, Nisam Antara, Aceh Utara, Aceh
Tiket: 10.000
Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Air Terjun Suhom

Disekeliling air terjun juga dipenuhi bebatuan besar, yang bisa digunakan pengunjung tempat wisata Aceh ini untuk duduk-duduk santai sambil menikmati percikan air terjun yang segar.
Air Terjun Suhom. Image via: acehnews.net

Simak juga: 11 tempat wisata Ubud

Lokasi dari tempat wisata Aceh Air Terjun Suhom memang tersembunyi dibalik pegunungan. Pengunjung bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau memanfaatkan bantuan gps. jalan menuju ke air terjun cukup sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja.

Dari jarak 100 meter, pengunjung sudah bisa mendengar sayup-sayup suara gemericik air terjun yang jatuh mengenai bebatuan. Rasa lelah dari perjalanan panjang, seketika akan terasa sirna kala melihat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter di depan mata.

Air Terjun Suhom memiliki tiga tingkatan, dengan keindahan yang berbeda. Disekeliling air terjun juga dipenuhi bebatuan besar, yang bisa digunakan pengunjung tempat wisata Aceh ini untuk duduk-duduk santai sambil menikmati percikan air terjun yang segar.

Pada air terjun ini terdapat sebuah kolam yang berada di bawah air terjun.Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 2 meter dan lebar 5 meter sehingga tak disarankan untuk anak kecil berenang di kolam ini.

Kebanyakan hanya orang dewasa yang berenang dikolam tersebut atau menikmati air yang jatuh membahasi seluruh tubuh. Sensasinya sungguh luar biasa, wisatawan akan merasakan pengalaman refleksi alami ketika berada di bawah air terjun ini.

Alamat: Tunong Krueng Kala, Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Aceh
Tiket: 5.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Lampuuk

Deretan pohon pinus yang begitu rimbun membuat suasana sejuk tempat wisata Aceh ini.
Pantai Lampuuk. Image via: tempatwisata.pro

Pantai Lampuuk menjadi salah satu tempat wisata Aceh andalan, khususnya Banda Aceh. Di kawasan pantai ini terdapat garis pantai yang memiliki panjang sekitar 5 kilometer dan membentuk sebuah teluk kecil yang cukup indah serta unik.

Pantai ini dibalut dengan keindahan pasir putih yang bersih dan lembut, air laut yang memiliki warna biru kehijauan serta ombak besar yang gulung-gulung menambah panorama keindahan yang sangat sempurna.

Deretan pohon pinus yang begitu rimbun membuat suasana sejuk tempat wisata Aceh ini. Juga deretan pegunungan yang menghijau menjadi background pemandangan alam yang dapat memukau mata. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menyalurkan hobi berselancar.

Di Pantai tempat wisata Aceh ini juga tersedia Banana boat dan olah raga air lainnya yang memang sajikan untuk para pengunjung sembari menikmati keindahan alam. Tersedia pula padang golf Seulah yang menampilkan latar belakang gulungan ombak yang saling bergulung.

Tempat penginapan ini berada di ujung pantai dan cukup unik. kawasan penginapan yang berada di atas tebing ini menjadikan pemandangan terlihat sangat indah.

Alamat: l. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh
Tiket: 5.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Lhoknga

ombak di pantai tempat wisata Aceh ini sudah terkenal di kalangan para peselancar lokal hingga mancanegara.
Pantai Lhoknga. Image via: busy.org

Simak juga: 11 tempat wisata Probolinggo

Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cukup besar, sehingga sering kali dimanfaatkan untuk berselancar. Bahkan ombak di pantai tempat wisata Aceh ini sudah terkenal di kalangan para peselancar lokal hingga mancanegara.

Bagi mereka yang ingin berselancar, di sana telah banyak tempat penyewaan papan selancar dan peralatan pendukung lainnya. Di sekitar pantai juga telah disediakan beberapa warung yang menjual makanan atau kuliner khas Aceh.

Selain berselancar dan bermalam di pantai Lhoknga, masih banyak aktivitas lainnya yang bisa lakukan di tempat wisata Aceh ini. Meskipun memiliki ombak yang cukup besar, pengunjung masih bisa memanfaatkan bibir Pantai Lhoknga untuk berenang. Jika ingin menikmati keindahan Pantai Lhoknga dengan cara yang lebih santai, pengunjung bisa juga memancing.

Pasir Pantai Lhoknga yang lembut juga memungkinkanmu untuk bermain pasir ria di sana. Jika tak ingin bermain pasir, pengunjung bisa memanfaatkan ayunan yang ada di tepi pantai untuk sekedar melepas penat.

Bagi yang ingin menikmati keindahan Pantai Lhoknga lebih lama, di sana juga telah disediakan tempat penginapan. Pengunjung akan dihadapkan dengan beberapa jenis penginapan, yang tentunya bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Alamat: Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh
Tiket: 3.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Rubiah

Pulau tempat wisata Aceh yang memiliki luas kurang lebih sekitar 26 Hektar ini, kini menjadi salah satu Destinasi wisata Internasional
Pulau Rubiah. Image via: travels-indonesia.com

Pulau cantik ini berada disebelah barat Utara Pulau Sumatera. Pulau Rubiah merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau Rubiah ini berada tepat di sebelah barat-laut dari pulau Weh.

Pulau tempat wisata Aceh yang memiliki luas kurang lebih sekitar 26 Hektar ini, kini menjadi salah satu Destinasi wisata Internasional karena banyak wisatawan yang datang tidak hanya dari Indonesia saja tetapi juga dari negara2 Asia, Eropa dan Amerika.

Karena terkenal Karena pesona kekayaan bawah lautnya yakni Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah juga dijuluki sebagai surganya para penyelam. Banyak Spot Diving yang ada disekitar pulau Rubiah. Tidak hanya Diving saja, disini juga banyak spot Snorkling yang cantik.

Selain Snorkling ada juga wisata Ziarah yakni makam Seorang perempuan pertama dipulau ini yakni Rubiah. Beliau adalah salah seorang Wanita pertama yang datang ke Pulau Rubiah hingga dia meninggal dipulau ini.

Pada masa kejayaan Kerajaan Aceh, tempat wisata Aceh Pulau Rubiah merupakan tempat transit bagi calon jamaah haji, dan pada masa perang dunia pulau ini merupakan benteng pertahanan yang sampai sekarang masih banyak terlihat puing-puing benteng tersebut.

Alamat: kota Sabang, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
Tiket: 25.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Kuala Merisi

Pantai tempat wisata Aceh ini merupakan pantai yang langsung menuju samudera hindia. Meskipun langsung menuju laut lepas, ombak di pantai ini tidak keras dan relatif tenang.
Kuala Merisi. Image via: tamasyakita

Simak juga: 11 tempat wisata Bantul

Pantai tempat wisata Aceh ini merupakan pantai yang langsung menuju samudera hindia. Meskipun langsung menuju laut lepas, ombak di pantai ini tidak keras dan relatif tenang. Pengunjung dapat berenang di laut tanpa takut terbawa arus. Pantai ini cenderung aman.

Kuala merisi merupakan salah satu pantai yang terkenal di aceh karena keindahannya. Pasir pantainya berwarna putih dan anda akan disuguhkan pemandangan laut yang berwarna biru muda dan terbentang sangat luas. Laut pantai merisi jauh dari pulau lain sehingga jangkauan mata memandang sangat lebar.

Pengunjung tempat wisata Aceh ini juga dapat menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit dengan bebas. Ke dua moment spesial itu sangat indah dan sangat ditunggu tunggu pengunjung untuk diabadikan.

Pantai ini dibuka setiap hari. Namun ada peraturan batas kunjungan hingga jam 6 sore karena sudah waktu maghrib dan mulai gelap sehingga cukup berbahaya dan ditakutkan menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Di sekitar pantai anda bisa menemukan penginapan jika anda tertarik untuk menginap.

Pengunjung tidak diperbolehkan minum minuman keras atau mabuk-mabukan dan tidak boleh melakukan aktivitas berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim. Pengunjung juga harus memakai pakaian yang sopan sesuai syariat islam.

Alamat: Keutapang,  Krueng Sabee, Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam
tiket: 5.000
Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Pantan Terong

Terletak di ketinggian 1.360 meter di atas permukaan laut membuat kawasan tempat wisata Aceh, Pantan Terong sangat sejuk dan cenderung dingin
Pantan Terong. Image via: travelingyuk.com

Terletak di ketinggian 1.360 meter di atas permukaan laut membuat kawasan tempat wisata Aceh, Pantan Terong sangat sejuk dan cenderung dingin. Jika sore hari, sebaiknya mengenakan jaket.

Kawasan ini cocok untuk lokasi berswafoto. Dengan latar belakang Danau Laut Tawar dan Kota Takengon terlihat dari ketinggian, kawasan itu paling cocok untuk berfoto sendiri. Sangat instagramable. Selain itu, terdapat ayunan yang dijadikan lokasi paling pas untuk berswafoto.

Di Pantan Terong juga bisa membeli bubuk kopi yang telah dikemas rapi. Harganya mulai Rp 10.000 hingga ratusan ribu rupiah. Tergantung ukuran bungkus kopi tersebut. Rasa kopi gayo yang tersohor itu sungguh nikmat. Kopi ini juga diekspor ke sejumlah negara di dunia.

Di kawasan tempat wisata Aceh ini juga tersedia satu kafe yang bersih. Bertingkat dua. Jika ingin menyaksikan Kota Takengon dari ketinggian, silakan duduk di lantai dua kafe itu. Umumnya, lantai dua ini diisi oleh remaja yang berkunjung. Sedangkan lantai satu mayoritas pengunjung yang membawa keluarga.

Satu hal lagi yang wajib dilakukan dilakukan yaitu berfoto dengan latar belakang tulisan Pantan Terong dicat senada dengan warna bendera pusaka yaitu Merah dan Putih. Rasanya, belum sah jika berkunjung ke Pantan Terong namun belum berfoto dengan spot latar belakang tulisan obyek wisata itu.

Alamat: Takengon, Ulu Nuih, Bebesen, Ulu Nuih, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh
Tiket: 5.000
Jam Buka: Sabtu-Kamis. 08.25-18.00

  1. Danau Laut Tawar

Tempat wisata Aceh berupa danau ini ibarat hamparan permadani berwarna. Mirip seperti sisa-sisa air laut yang terjebak di daratan saat terjadi badai besar ribuan tahun silam.
Danau Laut Tawar. Image via: yopiefranz.com

Simak juga: 11 tempat wisata Madura

Danau Laut Tawar, itulah nama yang diberikan oleh suku asli Gayo buat danau seluas 5472 hektar ini. Tempat wisata Aceh berupa danau ini ibarat hamparan permadani berwarna. Mirip seperti sisa-sisa air laut yang terjebak di daratan saat terjadi badai besar ribuan tahun silam.

Selain duduk-duduk santai di tepi Danau Laut Tawar sambil menikmati secangkir Kopi Gayo yang legendaris, pengunjung bisa mengelilingi Danau Laut Tawar dengan naik perahu motor, atau memancing. Juga ada rental sepeda di sekitar danau.

Sambil menikmati gemericik suara air yang mendamaikan, pengunjung tempat wisata aceh ini bisa menikmati pemandangan sekitar Danau  berupa barisan pegunungan. Pegunungan yang berdiri kokoh itu ditumbuhi hutan yang cukup terpelihara dan belum dijamah oleh tangan manusia.

Danau Laut Tawar kini menjadi salah satu spot foto yang diincar banyak petualang, terutama petualang millennial. Spot foto yang fotogenik ini menjadi salah satu alasan kuat kenapa mereka banyak yang datang ke sini.

Salah satu sudut yang cukup indah dan sepertinya cocok untuk lini masa media sosial lo adalah dermaga kayu yang berwarna hitam di Danau Laut Tawar ini. Dermaga ini mempunyai beberapa ujung yang bisa lo pilih, jika ada perahu di ujungnya itu, lo bisa pinjam atau sewa kepada empunya.

Alamat: Takengon, Aceh Tengah, Aceh
Tiket: 5.000
jam Buka: 07.00-18.00

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment