8 Tempat Wisata Di Aceh, Mengagumi Keindahan Alam Yang Menawan

Tempat wisata di Aceh didominasi oleh keindahan alamnya serta lautan biru yang cantik, karena memang Aceh berada diantara Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Aceh juga terkenal akan penerapan hukum syariat Islam hampir di semua sektor, maka dari itu Aceh mendapat julukan sebagai Serambi Mekah.

Aceh pernah mengalami tsunami dahsyat yang merenggut banyak korban jiwa, hal tersebut membuat Aceh seakan mati suri, begitu pula dengan sektor pariwisatanya.

Saat ini, Aceh telah bangkit kembali. Dan beberapa tempat wisata di Aceh pun dapat dikunjungi wisatawan kembali. Berikut beberapa tempat wisata di Aceh yang recommended :

8 Tempat Wisata Aceh

1. Masjid Raya Baiturrahman

masjid baiturrahman aceh
masjid baiturrahman aceh. google maps. sumber: MiliterIndoo

Simak juga: 11 tempat wisata Wonogiri

Tempat wisata Aceh yang pertama dan paling utama ialah mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman yang sudah ada sejak tahun 1600-an.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, dengan tujuan sebagai pusat pengajaran ilmu agama. Masjid ini mampu menampung sebanyak 1900 jamaah, di bagian luar masjid terdapat taman yang indah.

Dan pada waktu terjadinya tsunami Aceh tahun 2004, Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu bangunan yang tetap kokoh berdiri dan dijadikan sebagai tempat pengungsian.

Masjid ini sudah mengalami renovasi hingga 5 kali serta beberapa perluasan area. Bahkan masjid ini sempat menjadi tempat perlindungan masyarakat Aceh saat bencana tsunami menyerang di tahun 2004 silam.

  • Lokasi: Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

2. Museum Tsunami

museum tsunami
museum tsunami. google maps. sumber: fajrin herris

Simak juga: 11 tempat wisata Ambarawa

Museum Tsunami Aceh menyimpan nama – nama dari korban Tsunami Aceh tahun 2004. Selain itu, ada pula 22 alat peraga, 7 maket, dan 26 foto mengenai tsunami.

Tahukah kamu, kalau Museum Tsunami ini didesain oleh Ridwan Kamil yang kala itu masih berprofesi sebagai seorang arsitek.

Setiap tingkat dari Museum Tsunami memberikan suasana yang berbeda, ini merupakan tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Aceh.

  • Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, No. 3, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.
  • Tiket masuk: Rp. 2.000,- hingga Rp. 10.000,-
  • Jam buka: 09.00 – 16.00

3. Pantai Lhoknga

pantai lhoknga
pantai lhoknga. google maps. sumber: Bio GLOBAL

simak ulasan lengkapnya di pantai lhoknga

Pantai Lhoknga memiliki hamparan pasir berwarna putih serta laut yang berwarna biru, pantai ini sering digunakan untuk bermain selancar air atau surfing.

Di sekitar lokasi Pantai Lhoknga terdapat penyewaan papan selancar, sehingga dapat mempermudah kamu ketika hendak bermain surfing.

  • Lokasi: kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-
  • Jam buka: 07.00 – 17.00

4. Danau Lut Tawar

menikmati keindahan danau lut tawar
menikmati keindahan danau lut tawar. google maps. sumber: Alid couto

simak ulasan lengkapnya di danau lut tawar

Keindahan alam lainnya yang dimiliki Aceh yakni sebuah danau yang lokasinya berada di Dataran Tinggi Gayo, bernama Danau Lut Tawar.

Danau ini sangat luas, terlihat seperti sebuah lautan hanya saja airnya tawar. Itulah yang melatarbelakangi penamaan Danau Lut Tawar.

Kamu dapat menikmati keindahan Danau Lut Tawar yang berwarna biru, dihiasi pula dengan perbukitan yang berwarna hijau.

Yakni dengan menyewa perahu motor untuk mengelilingi danau ataupun dengan menyewa sepeda. Tapi ketika berada di Danau Lut Tawar, kamu tidak diperkenankan untuk berenang karena memiliki kedalaman mencapai 80 meter.

  • Lokasi: Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

5. Air Terjun Blang Kolam

air terjun blang kolam
air terjun blang kolam. google maps. sumber: Adventure Zero52

simak ulasan lengkapnya di air terjun blang kolam

Air Terjun Blang Kolam ialah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter, dengan kedalaman kolamnya antara 1 hingga 3 meter.

Untuk menuju Air Terjun Blang Kolam, kamu harus melakukan trekking menuruni anak tangga terlebih dahulu. Karena memang lokasinya masih tersembunyi.

Selain bermain air, di tempat wisata Aceh yang satu ini kamu juga dapat melakukan camping bersama komunitas para pecinta alam.

6. Pulau Rubiah

pulau rubiah
pulau rubiah. google maps. sumber: Taufik Hidayat

simak ulasan lengkapnya di pulau rubiah

Pulau Rubiah merupakan sebuah pulau yang terletak di Sabang, Aceh, dimana kamu akan mendapatkan panorama alam yang sangat indah baik di daratan maupun lautannya.

Pulau Rubiah menjadi salah satu daya tarik bagi peserta Famtrip Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, Malaysia. Peserta Famtrip tersebut berasal dari kalangan pengusaha, agen travel, pelaku industri, dan juga awak media untuk menikmati keindahan serta pesona bawah lautnya.

Bagi kalian yang belum tahu, Famtrip (Familiarization Trip) merupakan perjalanan wisata untuk mengenalkan wisata–wisata yang ada di Indonesia. Promosi wisata ini dilakukan oleh Kementerian Pariwisata untuk menarik wisatawan Indonesia.

  • Lokasi: Kota Sabang, Aceh.

7. Ketambe Aceh

simak ulasan lengkapnya di ketambe aceh

Ketambe Aceh ialah sebuah kecamatan yang lokasinya berada tak jauh dari Taman Nasional Gunung Leuseur. Kawasan Ketambe berfungsi sebagai sebuah lokasi penelitian orang utan Sumatera dan merupakan pusat penelitian Rangkong.

Di Kecamatan Ketambe terdapat sebuah sungai yang bernama Sungai Alas dan sering digunakan untuk melakukan kegiatan arung jeram. Kamu juga dapat menyusuri kawasan hutan hujan, serta bertemu langsung dengan hewan-hewan yang dilindungi.

  • Lokasi: Desa Ketambe, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh

8. Air Terjun Terujak

air terjun terujak
air terjun terujak. google maps. sumber: kcun cul

simak ulasan lengkapnya di air terjun terujak

Tempat wisata alam di Aceh yang lainnya ialah Air Terjun Terujak, yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan hiasan dua aliran air.

Sebelum tiba di Air Terjun Terujak, kamu akan bertemu dengan kolam pemandian air panas alami yang memiliki lebar sekitar 10 meter.

Alam di sekitar Air Terjun Terujak masih terlihat asri, airnya yang segar serta hijaunya pepohonan sekitar membuat suasana menjadi terasa sangat sejuk dan menyegarkan.

  • Lokasi: Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, Langsa, Aceh.
  • Tiket masuk: Gratis

Tinggalkan komentar