11 Tempat Wisata Bantul, Aspek Esensial dari Bumi Projotamansari

Tempat wisata Bantul terbaru menawarkan pengalaman liburan seru dan menyenangkan. Khususnya bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan pada wisata Alam. Baik alam dataran tinggi, maupun alam dataran rendah.


Tempat wisata terbaru di Bantul menawarkan pengalaman liburan seru dan menyenangkan. Khususnya bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan pada wisata Alam
Tempat Wisata Bantul. Image via: jogja.tribunnews.com

Sekilas Soal Bantul

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Moto kabupaten ini adalah Projotamansari, yang merupakan singkatan dari Produktif-Profesional, Ijo royo royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri.

Reog Wayang adalah kesenian khas Bantul. Tari tradisional ini dimainkan oleh beberapa orang dengan berkostum dan memerankan para tokoh dalam cerita pewayangan. Dalam Reog Wayang ini biasanya dimainkan oleh lebih dari 20 penari, dengan mengangkat cerita perang Baratayuda.

Sama seperti kabupaten lain di Indonesia, musim hujan di Bantul dimulai bulan Oktober hingga Maret, dan musim kemarau bulan April hingga September. Bulan paling tinggi curah hujannya adalah Desember, Januari, dan Februari. Suhu rata-rata 30 derajat Celsius.

Bantul dilintasi oleh jalan nasional sebagai jalan arteri primer, di antaranya Jalan Pansela. Sistem perkeretaapian di Bantul sudah dibangun sejak zaman kolonial belanda. Jalur kereta api di Bantul terdiri atas jalur yogyakarta – bandung di kecamatan sedayu.

11 Tempat Wisata Bantul

  1. Hutan Pinus Mangunan

. Tempat wisata Bantul ini salah satu tempat selfie yang diburu banyak orang.
Hutan Pinus Mangunan. Image via: kartanesia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Madura

Hutan Pinus Mangunan merupakan destinasi wisata alam yang berada di daerah Bantul. Tempat wisata Bantul ini salah satu tempat selfie yang diburu banyak orang. Hutan Pinus Mangunan memiliki suasana yang dapat membuat pengunjung merasa damai, sangat asri, masih alami, serta dapat membuat hati tenang.

Untuk menikmati sejuknya udara di Hutan Pinus Mangunan ini sebaiknya datang pada pagi hari. Ketika tiba di hutan tersebut anda akan melihat pepohonan yang berdiri dengan kokoh. Dengan suasana yang tenang dan suara gesekan daun-daun yang melambai-lambai diterpa angin.

Di tempat wisata Bantul ini terdapat Panggung yang lengkap dengan kursi-kursi kayu tersebut di buat berdasarkan alam sekitar dan menjadi ikon dari Hutan Pinus Mangunan. Wisatawan dapat menikmati indahnya alam dengan duduk-duduk santai di kursi kayu tersebut.

Pengunjung bisa menaiki gardu pandang yang dibangun oleh pengelola hutan. Ketika anda menaiki gardu pandang tersebut anda akan leluasa melihat pemandangan sekitar hutan yang indah. Wisatawan juga akan melihat rindanya pepohonan yang masih hijau serta bukit-bukit yang masih terlihat asri dari jauh.

Alamat: di Hutan Pinus, Sukorame, Mangunan, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket: 2.500
Jam Buka: 24 jam

  1. Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata Bantul ini mempunyai gardu pandang yang mempesona. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan Kota Bantul yang elok
Kebun Buah Mangunan. Image via: alodiatour.com

Tempat wisata Bantul berupa Kebun buah ini dibangun pada tahun 2003 di atas tanah seluas 23 hektar. Dengan tanah seluas ini membuat kebun buah mangunan ditanami banyak sekali pohon seperti mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis dan masih banyak lagi.

Selain pohon buah, kawasan ini juga memiliki pohon jati, dan juga pohon pinus yang tampak cantik. Saat melihat kearah selatan, pengunjung bisa melihat pemandangan Pantai Parangtritis yang tampak mempesona.

Tempat wisata Bantul ini mempunyai gardu pandang yang mempesona. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan Kota Bantul yang elok. Bangunan-bangunan di kota tampak kecil, seperti sebuah pelengkap yang keberadaannya begitu penting.

Tempat wisata Abntul ini juga memilki fasilitas pembibitan Sapi. Pembibitan ini mempunyai fungsi dimana salah satunya adalah menghasilkan pupuk kandang untuk tumbuhan-tumbuhan.Pupuk kandang adalah pupuk yang paling baik untuk tanaman dan juga tumbuhan.

Selain sebagai salah satu tempat wisata yang favorit, kebun buah Mangunan juga bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang paling tepat untuk meeting atau mengadakan sebuah pertemuan penting.

Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 5.000
Jam Buka: 05.00-18.00

  1. Puncak Becici

Tempat wisata Bantul ini ini memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan alamnya yang masih alami dan hijau,
Puncak Becici. Image via: pamitranrentalmotor.com

Simak juga: 11 tempat wisata Karanganyar

Tempat wisata Bantul ini ini memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan alamnya yang masih alami dan hijau, udara yang masih segar dan hawa sejuk yang belum tercemar oleh polusi. Nama Beicici berasal dari gabungan kata “ambeg’ yang mempunyai arti berdiam diri dan kata suci.

Pengunjung dapat merasakan ketenangan di tengah-tengah hutan pinus dan juga dapat memandangi keindahan alam dari gardu pandang. Yang terkenal dari Puncak Becici ini adalah panoramanya yang tak kalah indah dari Kali biru.

Kegiatan yang dapat dilakukan disini, yang pertama adalah bagi para pemburu sunset. Para pengunjung dapat melihat sinar matahari senja yang menyapu puncak gunung, garis pantai selatan hingga pucuk-pucuk pepohonan.

Di Puncak Becici ini juga sudah disediakan camping ground yang cukup luas bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru. Kegiatan yang lainnya adalah bermain ayunan di kawasan Puncak Becici.

Banyak sekali spot foto yang ada di tempat wisata Bantul ini terlebih lagi ketika sunset tiba. Dengan background warna jingga dari pancaran matahari yang akan tenggelam membuat foto yang diambil sangat indah. Selain itu tempat wisata Abntul ini sering digunakan untuk pemrotetan model sampai foto pre wedding.

Alamat: Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 3.000
Jam Buka: 05.30-19.00

  1. Watu Goyang

Pemandangan alam di tempat wisata Bantul ini masih hijau. Gunung merapi terlihat sangat alami, sangat cocok bagi para pengunjung untuk menghilangkan rasa bosan
Watu Goyang. Image via: travel.kompas.com

Watu Goyang ini berasal dari Bahasa Jawa yang berarti Batu yang bergoyang. Dulunya di tempat ini terdapat batu yang berada di puncak yang bisa bergoyang ketika disentuh maupun didorong. Batu tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Pemandangan alam di tempat wisata Bantul ini masih hijau. Gunung merapi terlihat sangat alami, sangat cocok bagi para pengunjung untuk menghilangkan rasa bosan dengan aktivitas sehari-hari di perkotaan. Berada di puncak ini pengunjung akan merasakan sejuknya suhu udara, terutama pada pagi hari.

Jika pengunjung datang ke Watu Goyang pada pagi hari bisa melihat kabut seperti negeri di atas awan. Kemudian apabila pengunjung ke Watu Goyang pada sore hari akan dimanjakan dengan pemandangan lukisan yang sungguh luar biasa di atas langit ujung barat yaitu sunset dengan sempurna.

Pengunjung tempat wisata Bantul ini dapat menemukan taman bunga yang cantik di wisata alam Watu Goyang ini. Di tempat ini, hamparan kebun bung amatahari dan bunga-bunga lainnya juga terlihat segar.

Di Watu Goyang ini terdapat banyak sekali spot selfie yang sangat bagus untuk dibidik. Spot-spot foto yang instagramable ini diantara lain adalah gardu pandang yang berbentuk seperti helikopter, spot foto bunga, dan lain lainnya.

Alamat: Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 3.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Persawahan Sukorame Mangunan

Dengan adanya jembatan di tempat wisata Bantul ini, memungkinkan pengunjung melihat area sawah tanpa harus terkena lumpur.
Persawahan Sukorame Mangunan. Image via: gunungkidulku.com

Simak juga: 11 tempat wisata Kaliurang

Persawahan Sukorame sama saja dengan pematang Sawah pada umumnya,berupa pemandangan hijau dari rumput dan tanaman padi . Yang membedakan dan menjadi daya tarik adalah adanya jembatan bambu di tengah persawahan.

Dengan adanya jembatan di tempat wisata Bantul ini, memungkinkan pengunjung melihat area sawah tanpa harus terkena lumpur. Jembatan yang mengular di tengah sawah ini juga memungkinkan pengunjung bisa memandang lebih jauh pemandangan yang sangat menawan di persawahan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi persawahan songgolangit Sukorame ini adalah pagi hari,selain udara yang masih sangat segar wisatawan juga akan disuguhi embun pagi dan bau persawahan yang khas,juga kabut putih yang menyelimuti bukit-bukit sekitar sawah.

Di Tempat wisata Abntul ini pengunjung akan mendapatkan suasana ketenangan dan juga udara yang masih bersih. Cocok sekali untuk relaxsasi ketika pikiran sedang suntuk. Tempat ini juga jauh dari bisingnya perkotaan.

Jembatan di tempat wisata Bantul ini Terbuat dari bambu. Jembatan ini cukup kokoh menopang para pengunjung yang ingin melintasi area persawahan Sukorame. Menariknya, di salah satu sudut jembatan terdapat sebuah tempat buat kamu bersantai sambil melepas lelah usai berkeliling.

Alamat: dusun Sukorame, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket: Gratis
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Kebun Bunga Matahari

Tempat wisata Bantul berupa Taman penuh warna-warni bunga ini, menyajikan keindahan jajaran bunga matahari yang sayang untuk dilewatkan
Kebun Bunga Matahari. Image via: dakatour.com

Tempat wisata Bantul berupa Taman penuh warna-warni bunga ini, menyajikan keindahan jajaran bunga matahari yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai foto-foto cantik juga bisa dengan mudah didapat di sini.

Tempat wisata ini memang dibuat untuk wisata selfie. Maka tidak heran jika banyak spot-spot foto yang instagramable ada disini. Dipastikan para pengunjung yang datang tidak akan kehabisan spot untuk berfoto bersama keluarga, sahabat atau foto sendirian.

Sepeda hias di tempat wisata Bantul ini, diklaim sebagai salah satu spot terbaik untuk selfie. Jika ingin berfoto di sepeda hias pengunjung tinggal mencari ke Tengah Taman Bunga. Spot lain adalah Ayunan. Ayunan ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk selfie. Sama-sama ditempatkan di tengah taman berdekatan dengan sepeda hias.

Fasilitas yang juga populer adalah gardu pandang. Gardu Pandang ini berfungsi untuk melihat pemandangan yang terhampar luas dari atas ketinggian. Dari sini, tidak hanya melihat pemandangan Taman Bunga saja, Pengunjung juga bisa menikmati senja sembari melihat tenggelamnya matahari.

Alamat: Malangan, Srigading,Sanden,Bantul,DI Yogyakarta
Tiket: 8.000
Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Kebun Bunga Celosia

Tempat wisata Bantul ini cocok untuk selfie dan foto pre wedding. Di taman bunga ini juga terdapat properti seperti payung nan cantik, dan caping petani warna warni
Kebun Bunga Celosia. Image via: @tamanbungasri

SImak juga: Wisata Floating Market Lembang

Perkebunan ini memiliki luas sekitar 600 meter persegi dengan didominasi bunga celosia atau lebih dikenal dengan bunga kertas. Selain hamparan bunga, di sini juga terdapat aneka spot foto menarik seperti rumah-rumahan hias sepeda hias hingga taman bunga matahari juga ada di sini.

Mekarnya bunga celosia warna merah dan kuning mendominasi hamparan taman ini. Tempat wisata Bantul ini cocok untuk selfie dan foto pre wedding. Di taman bunga ini juga terdapat properti seperti payung nan cantik, dan caping petani warna warni untuk sarana foto yang disediakan gratis tanpa menyewa.

Selain terdapat bunga celosia yang dominan, di taman bunga asri juga terdapat bunga matahari dan bunga kertas. Di sini juga menyediakan bibit bunga celosia, bunga matahari, dan bunga kertas. Kalian bisa membeli di sini jika ingin mencoba menanam bunga celosia di rumah.

Taman Bunga tempat wisata bantul ini merupakan salah satu wisata baru dan kekinian sekaligus tempat bersantai di Bantul yang rekomended untuk dikunjungi. Kawasan ini rekomended untuk dikunjungi buat kamu yang suka foto dan buat kamu yang ingin melipir sejenak dari keriuhan kota.

Alamat: Dusun Tegalsari, Srigading, Sanden, Bantul.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Pantai Kuwaru

Terdapat kapal-kapal nelayan yang diparkir di sepanjang pantai tempat wisata Bantul ini, dan pohon-pohon cemara
Pantai Kuwaru. Image via: indonesia-tourism.com

Pantai Kuwaru adalah sebuah destinasi wisata pantai tempat wisata Bantul yang menarik. Keindahan pantai ini ada pada pasir hitam dan gugusan laut luas Samudera Hindia. Layaknya pantai-pantai lain di sekitar Yogyakarta, pantai Kuwaru memiliki gulungan ombak yang cukup deras dengan pasir luas namun agak sedikit miring.

Pantai Kuwaru menawarkan pantai yang rindang dengan dukungan pohon cemara udang yang menyebar di sepanjang pantai. Pohon cemara udang ini membuat pengunjung yang berlibur ke Pantai Kuwaru merasakan udara sejuk dengan sepoi angin.

Di sekitar pantai anda akan menemukan pasar ikan yang khusus disediakan kepada pengunjung yang ingin bersantap ria di pantai Kuwaru. Ada berbagai macam ikan yang dapat anda pilih misal ikan bawal, kakap, cumi, udang, dan cumi-cumi.

Selagi anda menunggu masakan, pengunjung bisa mencoba berbagai wahana yang ada di sekitar pantai Kuwaru. Misalnya bermain motor ATV untuk menyusuri keindahan pasir dan ombak yang bergulung-gulung di sekitar pantai.

Spot foto yang tersedia di Tempat wisata bantul ini cukup bagus. Terdapat kapal-kapal nelayan yang diparkir di sepanjang pantai dan pohon-pohon cemara udang yang ditanam secara rapi. Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Pantai Kuwaru adalah sore hari.

Alamat: Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Samas

Untuk melengkapi cantiknya panorama alam pantai tempat wisata Bantul ini, penduduk lokal menambahi lagi pesona itu dengan membangun jembatan
Pantai Samas. Image via: nativeindonesia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Belitung

Satu hal yang spesial dari pantai tempat wisata Bantul ini yang tidak ada di pantai lain adalah, delta sungai dan lagunanya yang terbentuk di muara kali Opak . Oleh penduduk lokal delta ini diberi nama wedi kengser dan lagunanya disebut Pengklik.

Selain itu, di kawasan Pantai Samas  ada program perlindungan penyu. Pantai ini merupakan tempat persinggahan penyu-penyu langka. Penyu seperti seperti penyu blimbing, penyu sisik dan penyu hijau rutin singgah di pantai ini. Penyu-penyu langka itu singgah di pantai samas jogja untuk bertelur.

Selain pesona alam, di Pantai Samas Jogja ini ada pesona budaya. Kegiatan budaya yang menjadi daya tarik dari Pantai Samas ini adalah acara adat keagamaan. Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan acara Labuhan Sedekah Laut rutin digelar di pantai ini.

Selain keindahan pantai, yang menarik di pantai samas terdapat objek buatan yang tak kalah indahnya untuk dijadikan lokasi foto. Di sana ada jembatan bambu yang menjorok ke laut. Jembatan bambu ini berada tepat di bagian belakang tulisan Pesona Pengklik.

Untuk melengkapi cantiknya panorama alam pantai tempat wisata Bantul ini, penduduk lokal menambahi lagi pesona itu. Mereka membangun lokasi Taman Bunga Matahari Pantai Samas.

Alamat: Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta
Tiket: 4.000
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah gundukan pasir yang terletak di dekat pantai. Tempat wisata Bantul ini terbentuk secara alami dengan jangka waktu yang lama.
Gumuk Pasir Parangkusumo. Image via: travel.kompas.com

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah gundukan pasir yang terletak di dekat pantai. Tempat wisata Bantul ini terbentuk secara alami dengan jangka waktu yang lama. Yang membuat istimewa adalah Gumuk Pasir Parangkusumo ini hanya terdapat 2 di Dunia yaitu di Mexico dan satu lagi ada di Bantul.

Konon keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo ini berkaitan langsung dengan keberadaan Gunung Merapi yang berada di sebelah utara kota Yogyakarta. Gunung Merapi pernah meletus dengan kekuatan super dahsyat. Lambat laun pasir terbawa aliran sungai hingga bermuara di Pantai Selatan.

Di Gumuk Pasir Parangkusumo ini anda dapat melakukan berbagai aktivitas sesuai keinginan. Salah satu aktivitas kekinian yang mulai banyak diburu wisatawa adalah bermain sand boarding atau meluncur di gundukan pasir menggunakan papan.

Untuk pengunjung yang hobi fotografi, Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat yang sangat tepat. Di tempat wisata Bantul ini, pengunjung bisa berburu gambar menarik. Terutama saat sore hari tiba untuk berburu sunset.

Saat pengunjung sudah puas berkeliling di kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung dapat mengisi perut dan mencoba lezatnya olahan seafood khas Pantai Samas. Yang pastinya sangat fresh karena berasal dari tangkapan nelayan setempat.

Alamat: Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Pantai Goa Cemara

Tempat Wisata Bantul Pantai goa cemara memiliki lahan luas yang ditumbuhi ribuan pohon cemara.
Pantai Goa Cemara. Image via: thetripcorner.com

Simak juga: 11 tempat wisata Sragen

Tempat Wisata Bantul Pantai goa cemara memiliki lahan luas yang ditumbuhi ribuan pohon cemara. Inilah yang menjadi daya tarik pantai ini. Satu pohon dengan pohon lain akan membentuk semacam goa yang sangat panjang dan seolah-olah tanpa batas.

Pohon cemara yang ditanam di pantai ini adalah dari jenis cemara udang. Jumlahnya kurang lebih 6000 pohon yang berdiri di atas lahan pinggiran pantai seluas 20 hektar. Saking banyak dan rimbun pepohonan,membuat suasana menjadi lebih rindang serta sejuk.

Berfoto di tempat wisata bantul ini dengan latar belakang pepohonan cemara, menjadi incaran para pemuda pemudi untuk berburu foto kekinian. Hal ini wajar terjadi karena pepohonan cemara tersebut sangat instagramable jika diambil dari sudut yang tepat.

Hal yang menarik lainya dari pantai goa cemara adalah terdpat sebuah mercusuar setinggi kurang lebih 40 meter. Mercusuar ini boleh dinaiki oleh pengunjung, hanya saja dibatasi 2 pengunung sekali naik. bahkan tiket untuk naik relatif murah. hanya membayar 5.000 rupiah untuk 2 orang.

Dari atas mercusuar pantai tempat wisata Bantul ini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai di sekitar pantai goa cemara, pemandangan tambak udang yang ada disana, dan hamparan hutan pohon cemara yang menyebar sepanjang pantai.

Alamat: Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 24 jam

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment