11 Tempat Wisata Banyumas, Wisata Alam Yang Dibalut Sejarah

Kabupaten Banyumas berdasarkan sejarah yang tersurat memiliki banyak sekali tokoh-tokoh besar pada zamannya. Diantaranya Adi Pati Wirasaba, Joko Kaiman, kemudian ada Jendral Soedirman, Gatot Subroto, Sony Harsoeno, Soparjo Roestam, dan lain sebagainya.

Selain memiliki banyak ksatria atau tokoh yang dikenang hingga saat ini, Banyumas memiliki banyak sekali lokasi wisata yang dapat kamu datangi.

tempat wisata di banyumas
tempat wisata di banyumas. google maps. sumber: Sidiq Rohmadi

Yang paling populer di Banyumas diantaranya Baturaden dan Gunung Slamet, namun masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang harus kamu kunjungi bersama kawan atau keluarga tercinta.

Untuk menuju Banyumas dapat dilalui dengan menggunakan berbagai jenis moda transportasi, baik melalui jalur darat maupun udara, menggunakan kendaraan pribadi, bus, kereta api, atau bahkan pesawat terbang.

Berikut 11 tempat wisata yang ada di Banyumas yang harus kamu kunjungi:

11 Tempat Wisata Banyumas

1. Lokawisata Baturraden

lokawisata baturraden
lokawisata baturraden. google maps. sumber: Himah Hasbi

Simak juga:11 tempat wisata BIntan

Lokawisata Baturraden berada di lereng Gunung Slamet sehingga membuatnya memiliki panorama alam yang sangat indah serta udara yang sejuk.

Destinasi wisata yang satu ini merupakan lokasi favorite keluarga di Banyumas, selain memiliki alam yang indah Lokawisata Baturraden memiliki banyak ragam wisata yang seru banget.

Seperti berenang di alam terbuka, menyaksikan alam yang begitu indah, bermain air di Curug Gumawang, bermain wahana permainan yang ada, serta hunting spot foto yang seru.

Oleh karena itu Lokawisata Baturraden merupakan wisata unggulan yang selalu dikunjungi banyak wisatawan yang datang dari dalam daerah maupun luar daerah Banyumas.

Lokasi: Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Tiket: RP. 20.000 hingga Rp. 25.000
Jam Buka: 07.00-15.00

2. Pancuran Telu

Pancuran Telu terdapat di Kompleks Lokawisata Baturraden, yang merupakan sumber mata air panas yang berasal dari Gunung Slamet.

Jadi, ketika bermain air di Pancuran Telu kamu akan berendam layaknya sedang spa dengan suasana alam di sekitar yang masih asri dan sejuk.

Airnya keluar dari dalam bilik-bilik kecil yang terdiri dari 3 pancuran, maka dari itu disedbut dengan nama Pancuran Telu. Namun, di sekitarnya terdapat sebuah air terjun kecil yang mengalirkan air dingin. Perpaduan yang sangat unik sekali bukan!

Dengan berendam di Pancuran Telu ini dipercaya dapat menghaluska kulit serta dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit dan rematik.

Lokasi: Berada di kawasan Lokawisata Baturraden, sekitar 500 m dari pintu masuk.
Tiket: Rp. 13.000,-
Jam Buka: 07.00-15.00

3. Telaga Sunyi

telaga sunyi
telaga sunyi. google maps. sumber: Sahara S

Simak juga:11 tempat wisata Pati

Telaga Sunyi merupakan sebuah sungai atau telaga yang berada di tengah hutan, sehingga suasana tenang dan damai dapat kita rasakan.

Ada yang bilang penyematan kata “Sunyi” merupakan akronim dari “Surga Tersembunyi”, ada pula yang menyebutkan diberi nama Telaga Sunyi karena lokasi ini sering dijadikan tempat untuk bertapa atau menyendiri.

Karena berada di tengah hutan, untuk dapat menikmati kedamaian alam di Telaga Sunyi kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu akan tetapi tidak terlalu susah.

Telaga Sunyi memiliki kolam yang bening, airnya berwarna biru toska dan memiliki kedalaman hingga mencapai 3 meter. Sehingga banyak pengunjung yang melakukan snorkeling, untuk menyaksikan keindahan di dasar kolam.

Di sekitar Telaga Sunyi terdapat sebuah air terjun yang airnya bersumber dari mata air Gunung Slamet, serta alamnya dikelilingi pohon damar dan pinus yang menambah sejuknya suasana.

Lokasi: Limpakuwus, Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 13.000,-
Jam Buka: 07.00-17.00

4. Curug Ceheng

curug ceheng
curug ceheng. google maps. sumber: Kuswandi Ria

Simak juga: pesona alam curug ceheng

Curug Ceheng memiliki ketinggian sekitar 13 meter, air yang dialirkannya bersih juga jernih berasal dari Kali Pelus. Di bawahnya terdapat sebuah kolam alami yang cukup besar juga dalam.

Sebelum menikmati keindahan Curug Ceheng, kamu harus melakukan trekking menuruni anak tangga terlebih dahulu. Meskipun sedikit melelahkan namun panorama alam yang disajikan menghempaskan semua penat yang dirasakan.

Ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Ceheng diantaranya bermain alir di sekitar aliran air terjun yang banyak terdapat bebatuan.

Dan yang tidak boleh kamu lupakan tentu saja, berfoto bersama Curug Ceheng itu sendiri serta keindahan alam di sekitarnya yang masih alami.

Lokasi: Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah
Tiket: Rp. 6.000,-
Jam Buka: 24 Jam

5. Curug Jenggala

curug jenggala
curug jenggala. google maps. sumber: udi arti

Simak juga:11 tempat wisata Sumba

Curug Jenggala memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan memiliki 3 aliran air terjun dengan tipe yang berbeda. Awalnya curug ini bernama Curug Tempuan, karena merupakan hasil pertemuan beberapa sungai sehingga disebut Curug Jenggala.

Menuju Curug Jenggala kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu, menyusuri jalan setapak sejauh 800 meter dengan melalui jalur pipa air PLTA Ketenger, area sawah, dan kebun.

Di Curug Jenggala kamu dapat bermain air hanya di sekitar aliran sungainya, karena debit air dan arus yang dialirkannya cukup berbahaya.

Yang paling sering dikunjungi para pengunjung ialah sebuah dek kayu yang berbentuk hati tepat berada di depan air terjun. Kamu dapat melihat dari ketinggian keindahan Curug Jenggala serta berfoto dengannya.

Lokasi: Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 8.000,-
Jam Buka: 07.00-17.00

6. Museum Jenderal Sudirman

museum jenderal soedirman
museum jenderal soedirman. google maps. sumber: Dirty Harry

Museum ini dibuat dengan tujuan untuk mengenang jasa dan pengabdian Jenderal Sudirman, sebagaimana kita tahu bahwa Jenderal Sudirman merupakan salah satu pahlawan nasional yang berhasil berebut Yogyakarta kembali sebagai Ibukota Indonesia pada saat itu.

Di dalam museum tersebut kamu dapat melihat diorama kehidupan serta perjuangan beliau semasa hidup. Kita seakan-akan berada didalam situasi yang sama.

Selain itu, museum ini dilengkapi dengan taman yang tertata dengan baik, sehingga tepat dijadikan sebagai tempat wisata sejarah untuk anak-anak.

Museum Sasmitaloka ini merupakan lokasi wisata yang tepat untuk mengajarkan sejarah pada anak-anak sejak dini. Biar mereka sendiri yang merasakan perjuangan Jend. Sudirman.

Lokasi: Jl. Patimura No.24, Dusun II Pasir Kidul, Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 2.500,-
Jam Buka: 08.00-16.25

7. Masjid Saka Tunggal

masjid saka tunggal
masjid saka tunggal. google maps. sumber: Ezza Satriya

Simak juga:11 tempat wisata Banjarnegara

Masjid Saka Tunggal atau nama lainnya Masjid Baitussalam berada di Desa Cikakak, dan dipercaya sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu.

Temboknya terbuat dari anyaman bambu dengan motif wajik, serta terdapat beberapa tiang penyangga dengan tinggi sekitar 5 meter.

Di dalam masjid sendiri kamu akan merasakan ketenangan yang luar biasa, dengan semilir angin yang menembus masuk lewat celah-celah dindingnya.

Di sekitar Masjid Saka Tunggal terdapat pepohonan dengan lereng bukit yang cukup lebat, maka tak heran jika terkadang kamu dapat melihat monyet ekor panjang yang bergelantungan kesana kemari.

Lokasi: Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.
Tiket: –
Jam Buka: 07.00-17.00

8. Goa Maria Kaliori

gua maria kaliori
gua maria kaliori. google maps. sumber: Benedikta Siboro

Destinasi selanjutnya masih dengan tema religi, dimana kali ini kamu akan saya ajak ke Goa Maria kaliori yang sudah dibangun sejak tahun 1989 silam.

Gua ini berada di komplek penziarahan seluas 5,6 ha, dan selalu ramai dikunjungi umat Katholik ketika bulan Desember yang datang untuk berziarah.

Meskipun Gua ini identik dengan umat Katholik, namun terbuka juga untuk umum dan dijadikan sebagai destinasi wisata ketika mengunjungi Banyumas.

Karena alam di sekitar Gua Maria ini sangat indah dan layak untuk dinikmati siapa saja. Di sini juga terdapat Aula St. Yoseph, pemakaman Uskup dan Imam, Taman Rosario Hidup, gereja, toko souvenir Gua Maria, Jalan Salib, Kapel Ratu Surga, pendopo bagi peziarah, ruang pengakuan dosa, serta Rumah Retret Maria Immaculata yang mampu menampung hingga 150.

Lokasi: Jl. Gua Maria Kaliori, Kecamatan Kalibangor, Banyumas, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-17.00

9. Gunung Slamet

gunung slamet
gunung slamet. google maps. sumber: Suradi & Mufti

Simak juga:11 tempat wisata Brebes

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, yang terletak di empat Kabupaten, yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif, dan masih sering mengalami erupsi kecil. Meskipun begitu Gunung Slamet merupakan sasaran pendakian atau trekking yang dikenal sulit dan menjadi jalur favorite bagi mereka para pecinta alam.

Ketika hendak mendaki Gunung Slamet kamu akan melewati beberapa pos. Hindari melakukan pendakian ketika musim penghujan, karena jalur yang dilewati akan jauh lebih ekstrim dan berbahaya.

Lokasi: Banyumas, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 25.000,-
Jam Buka: 24 Jam

10. Situs Batur Agung

situs batur agung
situs batur agung. google maps. sumber: Susilo Ardy

Situs Batur Agung merupakan destinasi alam yang dibalut sejarah, dengan luas mencapai 1,8 ha. Konon katanya merupakan tempat pertapaan Raden Kamandaka dari Kerajaan Pajajaran.

Situs Batur Agung merupakan batuan punden berundak dengan tiga teras. Dimana di sebelah timur terdapat sebuah sungai, yang dipercaya dulunya digunakan sebagai tempat bersuci sebelum menuju tempat pemujaan.

Ketika berada disini kamu akan melihat secara langsung 3 buah patung batu andesit yang menggambarkan nenek moyang dengan bentuk yang sangat sederhana.

Ada pula sebuah batu lumpang dengan memiliki tinggi sekitar 20 cm, garis tengah 17 cm, dan tebalnya mencapai 4 cm. Semuanya dapat ditemukan di teras ketiga yang berfungsi sebagai sarana pelengkap upacara ritual pemujaan.

Lokasi: Dusun Pondok Lakah, Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah.
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 05.00-18.00

11. Pemandian Kalibacin

pemandian kali bacin
pemandian kali bacin. google maps. sumber: Neo Raleigh

Simak juga:11 tempat wisata Gresik

Pemandian Kalibacin ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, namun ternyata airnya dingin loh,,,ga panas seperti pemandian belerang pada umumnya.

Karena mengandung belerang yang cukup tinggi, sehingga banyak yang mempercayai airnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Maka tak heran jika pemandian Kalibacin selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi sekarang telah dilengkapi dengan kolam renang yang membuat anak-anak pasti akan sangat menyukainya.

Selain itu kamu juga dapat menikmati sajian alam yang indah, dimana masih banyak pepohonan rindang yang berada di sekitarnya.

Lokasi: Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 2.500,-
Jam Buka: 07.00-17.00


Tinggalkan komentar