11 Tempat Wisata Belitung, Napak Tilas Pasukan Laskar Pelangi

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata Belitung yang paling sesuai dengan keinginan anda, Tulisan ini akan menyajikan 11 wisata belitung yang paling populer. Wisata belitung tidak bisa dilepaskan dari Pantai dan Laut.


Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata Belitung yang paling sesuai dengan keinginan anda, Tulisan ini akan menyajikan 11 wisata belitung yang paling populer
Tempat Wisata Belitung. Image via: skyfocus.nl

Sekilas Soal Belitung

Belitung disebut juga Belitong. Nama ini dalam bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut. Belitung sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra. Pulau ini terkenal dengan lada putih, yang dalam bahasa setempat disebut sahang.

Pariwisata Belitung mulai mengalami peningkatan yang pesat sejak Boomingnya Film Laskar Pelangi pada tahun 2008. Destinasi wisata di Belitung seperti Gantung, Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas mulai dikenali oleh wisatawan.

Kabupaten Belitung mempunyai iklim tropis dan basah dengan variasi curah hujan bulanan antara 3,3 mm sampai 691,6 mm. Jumlah hari hujan antara 1 hari sampai 30 hari setiap bulannya. Curah Hujan tertinggi bulan Desember. Rata-rata suhu 24,0 °C sampai 27,9 °C.

Ada beberapa alternatif dan cara menuju Belitung yang bisa kamu pilih. Cara ke Belitung yang paling disukai tentu saja naik pesawat terbang karena dianggap lebih mudah dan praktis. Penerbangan dari Jakarta ke Tanjung Pandan (Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin) memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan penerbangan langsung.

11 Tempat Wisata Belitung

  1. Pulau Memperak

Pesona tempat wisata Belitung ini memikat hati. Pasir putih halus lengkap dengan birunya air laut yang sebening kaca,
Pulau Memperak. Image via: ayotraveling.co.id

Simak juga: 11 tempat wisata Sragen

Pulau Memperak memiliki pasir putih halus yang berpadu dengan birunya air laut sebening kaca. Pantainya yang cantik di hiasi untaian pepohonan kelapa di pesisirnya. kelebihan dari wisata pulau ini adalah keindahan bawah lautnya yang menawan.

Pesona tempat wisata Belitung ini memikat hati. Pasir putih halus lengkap dengan birunya air laut yang sebening kaca, membuat pulau Memperak begitu mempesona. Kecantikan dari pantai ini semakin sempurna dengan hiasan pepohonan kelapa yang berjejer di pinggir pantai.

Pulau tempat wisata Belitung ini menawarkan berbagai kegiatan wisata minat khusus seperti Diving, Snorkeling dan Hiking. disini anda juga dapat melakakukan kegiatan lain seperti memancing, menyelam dan berjemur.

Bagi pecinta diving, pulau Memperak ini menjadi salah satu pulau yang wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, keindahan bawah laut yang terdiri dari terumbu karang cantik yang masih sangat alami, membuat aneka ragam ikan betah menghiasai terumbu karang di tempat ini.

Pada saat menyelam, jarak pandang lautnya kurang lebih 15 meter. Anda bisa melihat pemandangan bawah lautnya yang unik, yang banyak ditumbuhi terumbu karang, anemo, spons dan aneka ikan juga hewan laut yang berwarna-warni indah.

Lokasi: Pulau Buku Limau, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung
Tiket: 150.000
Jam Buka:24 jam

  1. Pulau Lengkuas

Tempat wisata Belitung ini memiliki keindahan yang luar biasa, pasir putih dengan air yang biru jernih membuat kita dapat menikmati dasar pantai di pulau lengkuas .
Pulau Lengkuas. Image via: tokopedia.com

Pulau Lengkuas , sebuah pulau kecil yang berada di sebelah timur pulau belitung. Sebuah pulau kecil yang sejak zaman penjajahan sudah terkenal dan memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa indonesia.

Tempat wisata Belitung ini memiliki keindahan yang luar biasa, pasir putih dengan air yang biru jernih membuat kita dapat menikmati dasar pantai di pulau lengkuas . Kumpulan bongkahan batu granit raksasa yang berada di pantai lengkuas ini juga menambak eksotisme pantai di pulau lengkuas.

Selain memiliki pantai yang indah, keindahan pulau lengkuas juga bsia dinikmati dari atas mercusuar. Dari atas akan terlihat sekeliling  pulau lengkuas, bahkan beberapa pulau kecil yang mengelilingi pulau lengkuas.

Pengunjung pulau wisata Belitung ini bisa mencoba mandi di kolam bidadari. Kolam Bidadari adalah kolam alami yang terbentuk dari batu-batu granit yang saling bmenyatu.  Sehingga air laut dari pantai pulau lengkuas  berkumpul di dalam kolam tersebut.

Pulau lengkuas juga terkenal dengan spot mancing terbaik di wilayah kabupaten belitung. Para oenghobi mancing bisa menyewa kapal untuk menuju ke spot tersebut dengan menyewa kapal milik pengelola pulau lengkuas.

Lokasi:  Utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.
Tiket: 50.000
Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Tanjung Kelayang

pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menetapkan kawasan tempat wisata belitung ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis pariwisata.
Pantai Tanjung Kelayang. Image via: idntimes.com

SImak juga: 11 tempat wisata Blora

Tanjung Kelayang merupakan suatu nama kawasan tempat wisata Belitung yang memiliki pantai nan indah. Tak salah bila pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menetapkan kawasan ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis pariwisata.

Pemandangan pantai Tanjung Kelayang memanglah memesona. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah birunya air laut, yang sangat jernih pula. Pasir di sepanjang Pantai Tanjung Kelayang tampak putih berseri, halus bak tepung terigu.

Pengunjung tempat wisata Belitung ini bisa bermain air, sambil berenang melihat ikan-ikan karena airnya sangat jernih. Di bagian ujung pantai, pemandangan juga tak kalah menakjubkan. Ada jembatan yang sengaja dibangun bagi para pengunjung supaya leluasa menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai sebelah Timur, pengunjung biasanya berjalan sepanjang pantai kurang lebih 300m ke arah Utara, dimana bisa ditemukan bebatuan granit, tersebar sepanjang ujung semenanjung dan juga di permukaan laut. Salah satunya yang berbentuk seperti burung kelayang.

Tanjung kelayang merupakan juga tempat start jika anda ingin tur ke pulau-pulau kecil di sekitar tanjung kelayang. Di sekitar pantai tempat wisata Belitung ini terdapat banyak perahu nelayan yang bisa disewa. Dengan jarak yang begitu dekat dari pantai, perjalanan dengan perahu kurang lebih hanya 30 menit.

Lokasi: Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Belitung, Bangka Belitung.
Tiket: 8.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai tempat wisata belitung Tanjung Tinggi Belitung memiliki ini memiliki luas tak kurang dari 80 hektar yang didominasi pasir putih.
Pantai Tanjung Tinggi. Image via: hipwee.com

Pantai Tanjung Tinggi sendiri adalah obyek wisata yang masuk wilayah Pulau Belitung, dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang yang berjarak kurang lebih 31 kilometer dari Kota Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung memiliki ini memiliki luas tak kurang dari 80 hektar yang didominasi pasir putih. Terdapat juga ratusan batu granit berukuran besar yang tersebar di sekitar pantai. Ukuran batu granit bervariasi. Ada yang mencapai ratusan kubik sehingga lebih besar dari rumah.

Perpaduan hamparan pasir putih, batuan granit, serta air laut yang tenang menciptakan panorama pantai dengan keindahan sempurna di tempat wisata Belitung ini. Kondisi ini yang menjadikan Pantai Tanjung Tinggi kemudian menjadi lokasi wisata favorit di Belitung.

Dibanding pantai lain, Pantai Tanjung Tinggi memiliki pasir putih dengan air paling jernih. Di sini kita tetap aman jika ingin berenang karena ombaknya tergolong kecil dan tenang. Bahkan antara pasang naik dan pasang surut perbedaannya sangat kecil.

Selain berenang dan menyelam, aktivitas yang tak kalah menyenangkan di Pantai tempat wisata Belitung ini adalah bermain dan naik di batu-batu granit raksasa.

Lokasi: Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Belitung, Bangka Belitung
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Bukit Berahu

Tempat wisata Belitung, pantai bukit berahu terletak di belakang bukit.
Pantai Bukit Berahu. Image via: belitungoktour.com

Simak juga: 11 tempat wisata Nganjuk

Pantai Bukit Berahu Belitung  tersembunyi di balik sebuah bukit. Bukit Berahu nama bukit itu. Dinamai begitu karena bentuk bukit tersebut seperti bentuk perahu yang terbalik jika dilihat dari kejauhan. Tempat wisata Belitung, pantai bukit berahu terletak di belakang bukit.

Ada sekitar 60-70 anak tangga menuju pantai. Di ujung pantai, berjajaran tak beraturan batuan granit yang menjadi ciri dari pantai-pantai di Belitung. Di ujung kanan, pantai lebih lapang. Berdiri di atas bebatuan rasanya lebih tenang menatap mentari yang perlahan turun menuju peraduan.

Di tempat wisata Belitung ini, bila bosan berenang di laut bisa renang di kolam restoran tepi pantai. Makan dan berenang menjadi kegiatan menarik di sini. Bisa juga menginap di cottage yang berada di tepi pantai.

Di pantai tempat wisata Belitung ini ada tempat makan di luar ruangan yang memiliki udara sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan rindang. Di sini, pengunjung dapat duduk-duduk sambil minum teh atau kopi dan mengobrol dengan teman-teman perjalanan.

Lokasi: i jl. kmp, Jl. Bugis, Tj. Binga, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Punai

Pemandangan tempat wisata Belitung ini terasa alami. Pengunjung dapat menyaksikan nelayan lokal yang pulang melaut dengan berbagai macam hasil tangkapan
Pantai Punai. Image via: belitungtimurkab.go.id

Nama Pantai Punai sendiri sebenarnya berasal dari salah satu nama jenis burung yang banyak hidup bebas di pepohonan hijau yang ada di kawasan wisata pantai ini. Nama burung tersebut yaitu Burung Punai.

Pantai berpasir putih yang masih sangat alami ini memiliki bebatuan granit yang tersebar di pinggir pantai. Dari ukuran yang besar hingga kecil. Tempat wisata Belitung ini memiliki air laut yang biru jernih serta nyiur yang melambai di sepanjang pantai.

Di depan pantai ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Punai. Jika air laut sedang surut, pengunjung bisa berjalan kaki ke Pulau Punai ini. Pulau itulah yang dahulu terkenal dengan banyak burung punai. Ombak yang tenang, serta air laut yang jernih dan bersih menjadikan pantai ini dapat dijadikan tempat berenang.

Pemandangan tempat wisata Belitung ini terasa alami. Pengunjung dapat menyaksikan nelayan lokal yang pulang melaut dengan berbagai macam hasil tangkapan. Pengunjung yang suka dengan makanan laut, bisa membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan.

Lokasi: Tanjung Kelumpang, Simpang Pesak, Belitung Timur, Bangka Belitung
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 jam

  1. Pulau Pasir

Di pulau pasir tempat wisata Belitung ini, pengunjung bisa bermain-main dengan pasirnya yang putih dan lembut. Selain itu pengunjung juga bisa berfoto-foto bersama dengan bintang laut
Pulau Pasir. Image via: belitungid.com

SImak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Pulau Pasir di Belitung atau sering juga disebut gusong ini tidak bisa dilihat setiap saat. Pulau Pasir ini memang hanya bisa dilihat dan dinikmati pada saat air laut surut. Kalau laut sedang pasang, pulau kecil tempat wisata Belitung ini akan tenggelam dan hilang sama sekali.

Untuk menikmati pesona pulau gusong pengunjung harus menggunakan boat tradisional. Pengunjung bisa menyewa kapal nelayan yang banyak bersandar di tepian pantai Tanjung Kelayang. Harga sewa-nya tergantung negosiasi dan kapasitas kapal. Semakin besar kapal semakin mahal harganya.

Ada hewan unik yang bsai pengunjung temui di tempat wisata Belitung ini. Bintang laut besar yang tersebar di perairan di sekitar lokasi. Saat melihat binatang tersebut muncul ke permukaan banyak yang tidak melewatkan untuk berfoto dengan hewan-hewan laut unik tersebut.

Di pulau pasir tempat wisata Belitung ini, pengunjung bisa bermain-main dengan pasirnya yang putih dan lembut. Selain itu pengunjung juga bisa berfoto-foto bersama dengan bintang laut yang banyak terdapat di sekitar pulau pasir Belitung atau pulau gusong ini.

Lokasi: lepas pantai Tanjung Kelayang
Tiket: Gratis (bayar sewa perahu saja)
Jam Buka: 24 jam

  1. Danau Kaolin
danau tempat wisata Belitung ini merupakan galian bekas tambang yang setelah bertahun-tahun ditinggalkan dan akhirnya membentuk kolam air beraneka warna.
Danau Kaolin. Image via: travelingyuk.com

Danau Kaolin, begitu masyarakat setempat menyebut danau tempat wisata Belitung ini. Danau ini merupakan galian bekas tambang yang setelah bertahun-tahun ditinggalkan dan akhirnya membentuk kolam air beraneka warna.

Danau Kaolin adalah saksi bisu kekayaan tambang Belitung. Danau itu terbentuk dari ceruk besar bekas penggalian kaolin yang dieksploitasi besar-besaran di kawasan tersebut. Datang ke tempat wisata Belitung ini sebaiknya pada pagi atau sore, sebab suhu di kawasan itu sangat panas di siang hari.

Warna air yang mencolok dari Danau Kaolin terlihat begitu jelas saat tertimpa terik matahari. Terdapat sebanyak dua kolam danau yang masing-masing seukuran lapangan bola memiliki warna berbeda, yakni warna biru dan warna hijau.

Para pengunjung pun bisa masuk kawasan Danau Kaolin tanpa dipungut biaya. Di Danau Kaolin pengunjung bisa berfoto sepuasnya atau sekadar bersantai menikmati pemandangan danau dan gugusan bekas galian tambang di sekitarnya.

Di sekitar Danau Kaolin terdapat pondok-pondok yang menjual makanan dan minuman. Jadi sembari melepas penat anda bisa bersantai dan mencicipi minuman segar seperti buah kelapa.

Lokasi: Perawas, Tanjung Pandan, Belitung, Bangka Belitung
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Penyabong

Lokasi tempat wisata Belitung ini terpencil. Padahal keindahan pantai pasir putih dan bebatuan granitnya tak kalah dengan pantai lainnya.
Pantai Penyabong. Image via: indonesiakaya.com

SImak juga: 11 tempat wisata Pekalongan

Lokasi tempat wisata Belitung ini terpencil. Padahal keindahan pantai pasir putih dan bebatuan granitnya tak kalah dengan pantai lainnya. Selain itu pepohonan di Pantai Penyabong begitu rindang. Sehingga begitu sejuk berada di sini.

Untuk sampai ke pantai yang memiliki banyak batu-batuan granit indah ini, pengunjung harus melewati jalan tanah yang panjang dan berliku. Pemandangan hijaunya pepohonan dan bukit-bukit dapat disaksikan di sepanjang perjalanan menuju Pantai Penyabong.

Berbeda dengan pantai-pantai di Belitung yang memiliki ombak tenang, Pantai tempat wisata Belitung satu ini memiliki jenis ombak yang berbeda. Ombak di pantai ini cukup besar.

Pemandangan pulau-pulau yang berada di tengah laut menjadi sajian yang indah di pantai ini. Salah satu pulau yang bisa dilihat dari sini adalah Pulau Belatuk yang bentuknya memanjang  dan ditumbuhi pepohonan yang hijau.

Menaiki batu granit dan melihat laut lepas menjadi hal yang menyenangkan di pantai ini. menikmati hembusan angin dan sejuknya suasana pantai membuat pengunjung ingin berlama-lama berada di pantai ini.

Lokasi:  Padang Kandis, Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Nyiur Melambai

Tidak seperti kebanyakan pantai tempat wisata Belitung, yang identik dengan bebatuan besar, pantai-pantai di Kecamatan Manggar memiliki pesona dengan hamparan pasir putih dan jejeran perahu tradisional kater yang berwarna-warni.
Pantai Nyiur Melambai. Image via: indolah.com

Begitu menginjakan kaki di Pantai Nyiur Melambai, pengunjung akan disambut pasir putih yang lembut. Sejuknya angin yang bertiup di pantai ini membuat suasana nyaman begitu terasa. Berjalan di pinggir pantai sambil sesekali merasakan hangatnya air laut sejenak membuat lupa kepenatan rutinitas sehari-hari.

Tidak seperti kebanyakan pantai tempat wisata Belitung, yang identik dengan bebatuan besar, pantai-pantai di Kecamatan Manggar memiliki pesona dengan hamparan pasir putih dan jejeran perahu tradisional kater yang berwarna-warni.

Pemandangan hijaunya pepohonan di Bukit Samak bisa dilihat di sebelah kiri Pantai Nyiur Melambai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan para pemancing yang berjajar di pinggir pantai.

Di sekitar pantai tempat wisata Belitung ini, juga terdapat panggung yang sering menggelar pertunjukan kesenian khas Belitung. Selain itu, ada pula sarana wall climbing yang dapat digunakan pengunjung yang memiliki hobi memanjat.

Lelah menikmati suasana pantai, pengunjung dapat menikmati kuliner yang dijajakan kedai-kedai yang berada di sekitar Pantai Nyiur Melambai. Buat yang penasaran dan ingin mencicipi makanan khas Belitung seperti gangan dan mie Belitung, dapat menikmatinya di kedai-kedai ini.

Lokasi: pantai nyiur melambai, Manggar, Kab. Belitung Tim., Kepulauan Bangka Belitung, Lalang, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 jam

  1. Museum Kata

Dimulai dari kesuksesannya dari karya sastra dan film Laskar Pelangi. Andrea Hirata pun membuat Museum Kata di kampung halamannya sendiri pada tahun 2010.
Museum Kata. Image via: odiesign.com

Simak juga: 11 tempat wisata Kendal

Museum Kata menjadi museum literature pertama di Indonesia. Bangunan yang ia pakai adalah rumah yang sudah berusia 200 tahun. Selain potongan kisah Laskar Pelangi yang di tulis oleh Andrea Hirata. Disini juga banyak kata-kata ajaib yang membuat kita lebih semangat mengejar cita-cita kita

Dimulai dari kesuksesannya dari karya sastra dan film Laskar Pelangi. Andrea Hirata pun membuat Museum Kata di kampung halamannya sendiri pada tahun 2010. Museum yang berisikan berbagai literature dari berbagai macam jenisnya.

Ada banyak kata-kata mutiara yang inspiratif bertebaran di tembok-tembok museum ini. Museum yang penuh warna ini menjadikannya sangat unik. Pintu masuk dan pintu lain dari rumah yang di cat warna-warni bagai pelangi.

Ruang mahar adalah yang Paling unik. Mahar adalah sosok bocah yang mengemari seni, dari seni gambar dan bernyanyi. Banyak pajangan gambar-gambar Mahar yang unik di ruang ini.  Museum ini juga ada Buku yang kita bisa baca dari para penulis sastra terkenal di seluruh dunia.

Lokasi: Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur
Tiket: 50.000
Jam Buka: 09.0-17.00

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment