7 Tempat Wisata Belitung, Hiasan Batu Raksasa Yang Memikat

|

Tempat wisata Belitung yang paling terkenal ialah Pantai Tanjung Tinggi, secara pantai tersebut merupakan lokasi syuting film besutan Riri Reza yakni Laskar Pelangi pada tahun 2008 silam.

Di film tersebut memang ditampilkan secara nyata bagaimana keindahan dan ciri khas dari Pantai Tanjung Tinggi. Tahukah kamu, bahwa pantai indah di Pulau Belitung bukan hanya Pantai Laskar Pelangi saja. Masih banyak tempat wisata lain di Pulau Belitung yang indah dan wajib untuk kamu kunjungi.

FYI, Belitung dan Bangka itu berbeda tempat atau lokasi namun masih dalam satu provinsi yakni Provinsi Bangka Belitung, yang merupakan provinsi ke 34 di Indonesia.

Setelah sebelumnya nativeindonesia.com sempat mengulas tempat wisata di Bangka, kali ini kami coba hadirkan beberapa tempat wisata menarik dan recommended banget di Belitung.

7 Tempat Wisata Belitung

1. Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tingi
pantai tanjung tingi. google maps. sumber: Zulkarnain Husni

Simak juga: pantai tanjung tinggi

Tempat wisata pertama ialah Pantai Tanjung Tinggi atau biasa juga disebut dengan Pantai Laskar Pelangi. Di sekitar pantai terdapat sebuah tugu sederhana yang mengukuhkan bahwa pantai ini pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Bahkan bukan hanya Laskar Pelangi saja yang pernah syuting di sini film Sang Pemimpi pun pernah mengambil keindahan dari Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih serta hiasan bebatuan alam dengan ukuran yang beragam. Selain itu air lautnya jernih banget, berwarna hijau toska dan biru yang cantik.

Terdapat beberapa ragam keseruan yang dapat kamu lakukan di Pantai Tanjung Tinggi ini, so Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat wisata yang pertama yang harus kamu kunjungi ketika berada di Pulau Belitung.

  • Lokasi: Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Gratis
  • Jam buka: 24 jam

2. Pantai Tanjung Kelayang

pantai tanjung kelayang
pantai tanjung kelayang. google maps. sumber: Vitorio Santosa

Simak juga: 11 tempat wisata Blora

Selanjutnya ada Pantai Tanjung Kelayang, lokasinya berdekatan dengan Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Kelayang memiliki panorama yang tak jauh berbeda dengan Pantai Laskar Pelangi.

Yakni memiliki hamparan pasir putih yang lembut, serta batuan granit yang ikut menghiasi pantainya. Serta air lautnya yang berwarna hijau ke biru-biruan.

Yang menjadi andalan di Pantai Tanjung Kelayang ialah Island Hopping, yakni jelajah pulau-pulau yang ada di sekitar pantai seperti:

  • Pulau Garuda,
  • Pulau Pasir,
  • Pulau Lengkuas,
  • Pulau Kepayang, dan
  • Pulau Berlayar.

Untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut, para wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 450.000 untuk menyewa perahu, yang dapat diisi sekitar 10 sampai 12 orang.

  • Lokasi: Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
  • Jam buka: 24 jam

3. Pulau Langkoas

pulau langkoas
pulau langkoas. google maps. sumber: Brendan A

Simak juga: 11 tempat wisata Nganjuk

Pulau Langkoas merupakan sebuah pulau yang memiliki mercusuar dengan tinggi sekitar 60 meter. Mercusuar tersebut dibangun pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, yang memiliki 17 lantai.

Kamu dapat menaiki tangga yang ada untuk kemudian tiba di ketinggian yang dapat menyaksikan semua keindahan dari Pulau Langkoas ini.

Keindahan bawah lautnya pun tak kalah cantik, banyak pengunjung yang melakukan kegiatan snorkeling atau diving di Pantai Langkoas atau Lengkuas.

  • Lokasi: Sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

4. Danau Kaolin Belitung

danau kaolin belitung
danau kaolin belitung. google maps. sumber: RIYAN YEFTA PURBA

Simak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Pulau Belitung juga sama seperti saudaranya Bangka, yang memiliki Danau Kaolin yang sangat cantik. Danau ini memiliki air yang berwarna biru jika keadaan sedang cerah dan berwarna hijau jika cuaca sedang mendung atau sedang turun hujan.

Namun airnya cukup beracun, sehingga wisatawan yang datang hanya diperbolehkan mengabadikan keindahannya saja.

Lokasi Danau Kaolin Belitung ini berada sekitar 10 – 15 menit dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Tanjung Pinang. Di sekitarnya terdapat tumpukan kaolin yang berwarna putih, mirip banget sama salju.

  • Alamat: Desa Air Raya Tanjung Pandan, Kabupetan Belitung, Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Gratis

5. Batu Baginda

batu baginda
batu baginda. google maps. sumber: Aaron Lisandrio

Simak juga: 11 tempat wisata Pekalongan

Batu Baginda merupakan sebuah batuan granit yang berada di daratan dengan memiliki tinggi sekitar 250 meter, dengan diameter 1,5 meter.

Batu Baginda atau Batu Baginde sangat dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, untuk para pengunjung yang datang mengunjunginya harus mematuhi beberapa aturan yang telah ditetapkan.

Jika biasanya kamu melihat batuan granit di pantai, keberadaan Batu Baginda dapat menjadi tujuan wisata eksotis ketika berada di Pulau Belitung.

  • Lokasi: Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Gratis

6. Bukit Peramun

bukit peramun
bukit peramun. google maps. sumber: Bukit Peramun

Cara lain menikmati keindahan Belitung dari ketinggian ialah dengan mengunjungi Bukit Peramun. Bukit yang berada di ketinggian sekitar 129 mdpl ini pernah dikunjungi Sandiaga Uno loh….

Selain menikmati keindahan alam dari ketinggian, kamu juga dapat menemukan primata langka yang hidup di sekitar hutan yakni tarsius.

  • Lokasi: Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 waktu setempat

7. Air Terjun Gurok Beraye

air terjun gurok beraye
air terjun gurok beraye. google maps. sumber: Anindya Bagus

Simak juga: 11 tempat wisata Kendal

Tempat wisata Belitung yang terakhir akan dibahas ialah sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Gurok Beraye, yang berada di lereng Gunung Tajam.

Air Terjun Gurok Beraye memiliki air yang sangat jernih, meski keadaan debit airnya tergantung pada musim. Saking jernihnya air, kamu sampai-sampai dapat melihat ikan-ikan berenang di kolam dengan bebasnya.

Mandi atau berenang di kolam Air Terjun Gurok Beraye wajib kamu lakukan, airnya yang segar dipadu dengan alamnya yang masih sangat asri juga bersih.

  • Lokasi: Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-