11 Tempat Wisata Blora, Berbagai Keindahan di Kota Sate

Seperti halnya tempat lain di Indonesia, tempat wisata blora juga tidak kalah indahnya. Di sini tersedia Tempat Wisata Alam, Wisata Keluarga, Wisata Anak, Air Terjun, dan Danau. Beberapa diantaranya bahkan masuk katagoti terindah dari obyeks ejenisnya.


tempat wisata blora juga tidak kalah indahnya. Di sini tersedia Tempat Wisata Alam, Wisata Keluarga, Wisata Anak, Air Terjun, dan Danau.
Tempat Wisata Blora. Image via: harianjateng.com

Sekilas Soal Blora

Menurut cerita rakyat Blora berasal dari kata BELOR yang berarti lumpur, kemudian berkembang menjadi mbeloran yang akhirnya sampai sekarang lebih dikenal dengan nama BLORA. Jadi nama Blora berarti tanah rendah berair, ini dekat sekali dengan pengertian tanah berlumpur.

Blora diujuluki kota sate, karena Blora terdapat sate khas dengan bumbu khas Blora. Blora juga kadang dijuluki kota barongan, karena Blora adalah kota yang paling gencar melestarikan seni budaya Barongan. Blora juga dikenal kota Kayu Jati, Kayu Jati dari Blora dikenal memiliki kualitas paling baik se Indonesia.

Selain mempunyai tempat wisata unggulan, Kota Blora juga memilki makanan, minuman, kue tradisional dan jananan pasar yang menjadi khas kota Blora. Sate Ayam khas Blora dikenal hampir seluruh nusantara.

Blora dilalui jalan provinsi yang menghubungkan Kota Semarang dengan Surabaya lewat Purwodadi. Jalur kereta api melewati wilayah Kabupaten Blora, namun tidak melintasi ibukota kabupaten. Stasiun Cepu merupakan yang terbesar. Untuk jalur udara, Blora punya Bandar Udara Ngloram.

11 Tempat Wisata Blora

  1. Goa Terawang

Eksotisme tempat wisata Blora Goa Terawang Blora, banyak memikat puluhan fotografer, baik lokal maupun nasional,
Goa Terawang. Image via: estutrans.com

Simak juga: 11 tempat wisata Nganjuk

Eksotisme tempat wisata Blora Goa Terawang Blora, banyak memikat puluhan fotografer, baik lokal maupun nasional, untuk datang langsung guna hunting bersama, berkreasi, mencari angle terbaik.

Saat datang ke sana, tentu yang paling dicari dan ditunggu-tunggu adalah turunnya sinar matahari memasuki goa melalui celah dinding atap di tengah kegelapan, sehingga memunculkan siluet cahaya indah, layaknya sinar surga.

Goa Terawang adalah sebuah goa yang memanjang, dimana di dalamnya terdiri dari 5 goa yang sambung-menyambung. Di tempat wisata Blora ini, Goa paling depan atau luar adalah Terawang 1, begitu seterusnya sampai Terawang 5 yang ada di bagian terdalam.

Di langit-langit gua terdapat beberapa lubang alami yang lebarnya bervariasi. Lubang-lubang tersebut memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam gua, dan dari sinilah nama Terawang berasal. Lubang-lubang tersebut menjadi semacam ventilasi sehingga sirkulasi udara di dalam gua cukup baik dan tidak terasa pengap.

Detail dinding goa yang khas berikut stalaktit-stalagmitnya yang khas cukup mudah untuk dilihat. Meski ada beberapa bagian goa yang sedikit gelap, namun pengunjung masih bisa berjalan menyusuri Terawang 1 sampai 5 yang total dalamnya mencapai sekitar 500 meter.

Lokasi: Kedungwungu Todanan, Area Sawah Dan Perkebunan, Kabupaten, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: 10,000

  1. Kracakan Watu Gong

Tempat Wisata Blora yang terjadi hanya pada bulan kemarau ini sangat dikagumi akan keeksotisannya
Kracakan Watu Gong. Image via: pandu.mu

Kemarau dibulan Agustus membuat Si Bengawan Solo menjadi primadona para pecinta wisata alam. Kracakan Watu Gong sebutannya. Kawasan tersebut terbentuk oleh batuan padas, dalam bahasa lokal disebut “Kracak” dan terdapat batu menyerupai Gong.

Tempat Wisata Blora yang terjadi hanya pada bulan kemarau ini sangat dikagumi akan keeksotisannya. Air yang mengalir dan jatuh melewati tanah padas menjadikan Si Bengawan Solo bak Niagara Water Fall yang ada di Kanada.

Air yang mengalir dan jatuh melewati tanah padas mengakibatkan peristiwa Air terjun-Air terjun Niagara mini. Dikatakan mini karena Air terjun ini alirannya tidak terlalu deras seperti aslinya yang berada di Kanada.

Wisata alam musiman ini terjadi hanya terjadi disepanjang daerah yang dilewati aliran air sungai Bengawan Solo khususnya Desa Ngloram Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Wisatawan yang berbondong-bondong tidak hanya dari daerah setempat saja namun juga dari luar daerah.

Banyak masyarakat sekitar tempat wisata blora ini yang berjualan makanan dan hasil ikan tangkapan mereka dari sungai tersebut. Hal itu menjadikan masyarakat sekitar KWG menjadi sejahtera.

Lokasi: Jl. Lap. Terbang, Ngloram, Kapuan, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

  1. Air Terjun Masohan

Air Terjun Masohan bukan hanya menyajikan keindahan alam yang begitu eksotis, namun juga menyimpan cerita sejarah di masa lampau.
Air Terjun Masohan. Image via: pikdo.net

Simak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Air terjun Masohan berada di lokasi yang tersembunyi. Dibutuhkan sedikit usaha keras untuk bisa sampai ke tempat wisata blora ini. Di sini, kamu akan menemukan aliran sungai yang terjun dari tebing yang tidak cukup tinggi.

Namun, yang menjadikan air terjun tempat wisata di Blora ini menarik adalah pesona alam yang sangat natural di sekelilingnya. Tidak hanya menghadirkan udara segar, kamu juga bakal menikmati pemandangan hijau yang menenangkan, tebing dan aliran sungai yang menawan.

Air Terjun Masohan bukan hanya menyajikan keindahan alam yang begitu eksotis, namun juga menyimpan cerita sejarah di masa lampau. Disebut dengan Masohan karena konon Sunan Janjang membasuh (masoh) muka di tempat ini sebelum melaksanakan sholat.

Butuh keberanian ekstra untuk mencapai lokasi air terjun tempat wisata Blora ini, karena jalur yang dilalui cukup menantang. Namun perjalanan tidak akan sia-sia dengan pesona air terjun yang begitu luar biasa indahnya.

Lokasi: Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

  1. Bukit Kunci

di Bukit Kunci. Salah satu tempat wisata Blora yang mulai populer.
Bukit Kunci. Image via: infopublik.id

Panorama indah sunrise dan pemandangan Gunung Lawu di pagi hari menjadikan salah suasana yang menyejukkan. Hal itu bisa disaksikan di Bukit Kunci. Salah satu tempat wisata Blora yang mulai populer.

Destinasi wisata yang baru di rintis para pemuda karang taruna itu menjadikan pilihan utama bagi para pemburu moment sunrise di pagi hari. Didukung akses jalan yang mudah dijangkau para wisatawan, Bukit Kunci mulai ramai pengunjung.

Ada berbagai properti dan konstruksi warna-warni terbuat dari kayu maupun bambu dan bahan lainnya di atas bukit. Selain bisa digunakan sebagai tempat bersantai memandang area perbukitan. Juga bisa digunakan sebagai tempat atraksi maupun hunting foto.

Pengunjung tempat wisata Blora ini bisa membawa oleh oleh khas Blora baik dari segi makanan maupun souvenirnya dari daerah sana. Temukan berbagai kisah menarik yang dipadukan dengan indahnya panorama deretan Bukit Kunci di Blora.

Lokasi: Dukuh, Watugunung, Bangoan, Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

  1. Sungai Kalinanas

tempat wisata Blora ini tampak dindingnya dibentuk sedemikian rupa seperti rak terbuka berukuran besar
Sungai Kalinanas. Image via: infodesanews.com

Simak juga: 11 tempat wisata Pekalongan

Sungai Kalinanas diapit oleh dua dinding batu yang membentuk ukiran unik. Jika dilihat sepintas, tempat wisata Blora ini tampak dindingnya dibentuk sedemikian rupa seperti rak terbuka berukuran besar. Dinding ini terbentuk secara alami karena kikisan air sungai yang terjadi selama jutaan tahun.

Formasi yang dihasilkan dari dinding sungai ini menunjukkan setitik jejak sungai purba. Sehingga banyak orang menyebutnya sebagai Sungai Purba Japah.

Dinding ini pun menjadi salah satu tempat paling diburu di Blora untuk dijadikan sebagai spot foto. Bagi pengunjung yang senang berburu fotografi, dinding sungai tempat wisata Blora ini akan menghasilkan fotografi yang begitu indah.

Selain eksotisme dinding Kalinanas, pengunjung juga disuguhi sensasi keindahan jembatan kuno peninggalan kolonial Belanda. Jembatan ini oleh masyarakat sekitar diberi nama Jembatan Merah, dikarenakan pada waktu masa penjajahan kolonial Belanda jembatan tersebut bercat warna merah.

Jembatan di tempat wisata Blora ini diperkirakan berumur 1 abad lebih. Dulunya dibuat oleh Belanda yang difungsikan sebagai jalan lori untuk transportasi pengangkutan kayu dari hutan melewati ketinggian jurang dan tebing terjal.

Lokasi: Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

  1. Bukit Pencu

Tempat wisata blora Bukit Pencu 1.5 jam dari pusat kota Blora. Bukit Pencu memiliki ketinggian sekitar 400 m di atas permukaan laut.
Bukit Pencu. Image via: bloraupdates.com

Blora memiliki banyak tempat untuk menikmati sunrise dari puncak tertinggi. Salah satunya bisa kita saksikan di bukit Pencu.Konon kawasan bukit Pencu dulunya dikenal sebagai tempat orang bertapa atau mengasingkan diri. Kini ramai dikunjungi karena telah menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan.

Tempat wisata blora Bukit Pencu  1.5 jam dari pusat kota Blora. Bukit Pencu memiliki ketinggian sekitar 400 m di atas permukaan laut. Wilayah tersebut merupakan daerah pegunungan. Di bawah tebing batuan yang terdapat aliran sungai yang jernih.

Dari atas puncak tempat wisata blora ini, sepanjang mata memandang hutan jati terbentang luas. Lokasi ini sering digunakan untuk mengabadikan pemandangan yang tampak dari atas. Sejenak kita dapat “melupakan” tugas dan beban kerja dengan menghirup segarnya udara dari atas pegunungan sambil berfoto ria berlatar belakang pemandangan alam.

Akses menuju kawasan ini berupa perbukitan dengan jalan cukup menanjak. Ada yang sudah dibeton, sisanya  masih makadam. Pengunjung harus memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan, kemudian berjalan kaki kurang lebih 500 meter menuju puncak bukit.

Lokasi: Tegaldowo, Gunem, Ladang,Hutan, Tegaldowo, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Harga tiket: 2,000

  1. KDR Park

Tempat wisata Blora ini berlokasi di ujung barat Kabupaten Blora, berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Blora
KDR Park. Image via: @exploreblora

Simak juga: 11 tempat wisata Kendal

KDR PARK merupakan kependekan dari Kunduran Distrik Refresh. Tempat wisata Blora ini berlokasi di ujung barat Kabupaten Blora, berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Blora ke arah Barat berbatasan dengan wilayah Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan.

Daya tarik wisata ini dikelola oleh KPH Perhutani Blora dengan luas kurang lebih 1,2 Hektar. Daya tarik wisata ini berupa taman bermain untuk anak-anak maupun keluarga dengan dilengkapi permainan ATV, Kereta Mini, Panahan, Kolam Renang anak-anak.

KDR Park juga bagus digunakan lokasi berburu foto. Ada beberapa spot yang sengaja disediakan oleh pengelola. Berupa rumah pohon disertai spot-spot foto untuk berswafoto. Lokasi tempat wisata BLora ini juga sangat cocok untuk out bound anak-anak usia PAUD, TK sampai dengan SD.

Selain sejuk dan teduh, KDR Park juga memiliki pepohonan yang dibalut tumbuhan merambat, yang menyajikan pesona seperti di De Djawatan Benculuk, yaitu nuansa hutan yang eksotis.

Lokasi: Kunduran, Sambiroto, Kunduran, Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: 3,000

  1. Gunung Cengklik

Gunung Cengklik, sebuah perbukitan dengan ketinggian 300 mdpl yang memiliki pemandangan bentang alam hijau mempesona
Gunung Cengklik. Image via: infoblora.com

Gunung Cengklik, sebuah perbukitan dengan ketinggian 300 mdpl yang memiliki pemandangan bentang alam hijau mempesona. Berlatar belakang hutan jati hijau di gugusan Pegunungan Kendeng Utara membuat mata enggan beralih untuk menatap indahnya alam ciptaan Tuhan YHE.

Banyaknya para pemuda yang datang untuk selfie dan memostingnya di media sosial, membuat tempat ini melejit sehingga banyak dikenal terutama para pegiat instagram, twitter dan facebook. Bahkan bisa dikatakan, tempat wisata Blora ini sekarang ngehits di kalangan pemuda Blora.

Kreatifitas pemuda desa setempat yang berinisiatif membangun sejumlah fasilitas pendukung untuk wahana foto selfie sangat bermanfaat bagi para pengunjung untuk berburu moment. Yang paling disukai adalah tempat duduk serupa rumah pohon dengan posisi lebih tinggi berlatar belakang pegunungan.

Anak-anak Desa Bicak ini sangat paham bahwa saat ini semua orang gandrung berfoto ria. Karenanya mereka menciptakan berbagai shelter yang ciamik menjadi obyek foto. Dalam beberapa minggu saja, di tempat wisata Blora ini tercipta tempat duduk, gardu pandang dan beberapa rumah pohon.

Lokasi: Bicak, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: 5,000

  1. Gunung Manggir

Tempat wisata Blora ini terletak di perbukitan kapur dengan ketinggian 250 meter dari permukaan laut
Gunung Manggir. Image via: wisatahits

Simak juga: 11 tempat wisata Wonosobo

Bagi anda yang ingin berwisata dengan tema yang sejuk dan menyenangkan, Pegunungan Manggir yang terletak di Kabupaten Blora ini menjadi pilihan tepat berwisata anda, udaranya yang sejuk dan segar membuat orang betah berlama lama di tempat itu.

Tempat wisata Blora ini terletak di perbukitan kapur dengan ketinggian 250 meter dari permukaan laut,wisata yang sangat indah ini memiliki luas tempat 4 hektar yang terdapat goa yang letaknya terdapat di dekat pucuk gunung.

Terdapat 3 trap atau tingkatan pada goa itu. Trap Pertama yang mempunyai dalam hingga 15 meter dari permukaan trap. Trap Tengah yang mempunyai kedalaman hingga 7 meter dari permukaan trap dan di dalam goa itu terdapat stalagmit yang unik dan menarik.

Di pucak Gunung Manggir terdapat tanah terbuka kurang lebih 5 meter persegi. Di puncak gunung terdapat pemandangan yang sangat menawan,anda dapat melihat sawah sawah dan pepohonan jadi yang lebat miliki masayarakat setempat,serta arela pemukiman masyarakat yang cukup luas.

Lokasi : Perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia
Tiket: 5.000

  1. Wisata Kereta Uap Cepu

Tempat wisata Blora berupa Kereta wisata yang ditarik lokomotif tua ini baru saja diluncurkan pada Januari 2018
Wisata Kereta Uap Cepu. Image via: hiveminer.com

Heritage Loko Tour yang ada di kawasan KPH Cepu, Kabupaten Blora jadi alternatif wisata edukasi selain Museum Kereta Api Ambarawa. Tempat wisata Blora berupa Kereta wisata yang ditarik lokomotif tua ini baru saja diluncurkan pada Januari 2018. Lokomotif wisata ini merupakan paket perjalanan melintasi hutan jati KPH Cepu.

Kereta wisata ini ditarik dengan lokomotif tua buatan Berliner Maschinnenbaun Jerman tahun 1928. Jarak tempuhnya 60 kilometer per jam, dengan kecepatan maksimum lokomotif ini 20 kilometer per jam. Kereta wisata memiliki kapasitas 25 orang penumpang per gerbong .

Khusus loko uap ini memang bahan bakarnya lebih mahal karena menggunakan kayu. Sistemnya kami semacam carter begitu, Rp 17 juta nanti menempuh rute dari Ngelo sampai Gubugpayung di Kecamatan Jepon.

Selain paket kreta uang dan kreta diesel, tempat wisata blora ini juga menyediakan tambahan gerbong bagi rombongan yang ingin mendapatkan tambahan gerbong. Untuk tambahan, pengunjung dikenakan tarif Rp 250 ribu per gerbong. Gerbong tambahan yang disediakan adalah gerbong terbuka.

Lokasi : Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
Tiket: 15.000

  1. Waduk Greneng

Di Waduk Greneng ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah dan memanjakan mata.
Waduk Greneng . Image via: blorakab.go.id

Simak juga: 11 tempat wisata Tawangmangu

Waduk Greneng ini ada di Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora yang relatif dekat dengan Alun-alun Blora. Pengunjung dapat juga menyewa pancing untuk memacing di waduk itu.Waduk Greneng adalah satu diantara tempat wisata Blora yang banyak dikunjungi.

Di Waduk Greneng ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah dan memanjakan mata. Waduk Greneng ini juga dikelilingi hutan jati yang mana kamu akan mendapatkan udara dan suasana alam yang sejuk nan asri di Waduk Greneng ini.

Untuk menikmati keindahan waduk tempat wisata Blora ini secara menyeluruh, pengunjung dapat melingkari waduk dengan menyewa perahu punya warga sekitaran. Dengan biaya 5 ribu rupiah per orang sekali jalan.

Sesudah capek melingkari waduk, pasti perut bakal merasa lapar. Ikan bakar jadi menu yang pas untuk disantap berbarengan keluarga. Sebelumnya pulang, rugi tanpa ada meluangkan singgah di sentra madu lebah untuk jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Lokasi : Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia
Tiket: 5.000

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment