11 Tempat Wisata Bojonegoro, Mulai dari Api Abadi Hingga Wisata Keluarga Malam

Tempat wisata Bojonegoro merupakan pilihan lain untuk berwisata di Provinsi Jawa Timur, karena di kabupaten tersebut terdapat beberapa objek wisata dengan tema beragam yang dapat kamu kunjungi.

Dari mulai keindahan alam yang eksotis hingga theme park yang modern, ada di Kabupaten tempat Blok Cepu berada.

Topografi Bojonegoro yang terdiri dari rangkaian pegunungan membuatnya memiliki beberapa bukit dengan panorama alam yang mengagumkan.

Akses menuju Bojonegoro pun dapat menggunakan beragam moda transportasi, jika menggunakan pesawat terbang dapat mendarat di Bandara Internasional Sidoarjo.

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus atau taksi menuju Terminal Rajekwesi Bojonegoro. Lokasinya yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban, Nganjuk, Ngawi dan Blora membuat Bojonegoro dapat dilalui dengan mudah.

Berikut 11 tempat wisata Bojonegoro yang dapat kamu singgahi dan eksplor bersama keluarga tercinta ataupun orang terkasih.

11 Tempat Wisata Bojonegoro

1. Kayangan Api

kayangan api
kayangan api. google maps. sumber: jamhuri jhem

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Tempat wisata yang pertama kita bahas ialah Kayangan Api, yakni sumber api abadi yang berada di kawasan hutan lindung, konon katanya sudah ada sejak zaman Kerajaaan Majapahit.

Api ini pernah diambil untuk menyalakan api PON dan Seagames di Istora Senayan beberapa waktu lalu. Kayangan Api terbentuk akibat fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam bumi kemudian tersulut api.

Api di Kayangan Api tak pernah padam sekalipun turun hujan. Dan sumber api di Kayangan Api Bojonegoro ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu masih ada keajaiban alam lainnya seperti:

Sumur Blukutuk sumber mata air panas, namun anehnya airnya tidak panas sama sekali dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit

Sebuah pohon yang menyatu dan membentuk lambang hati, atau biasa disebut Pohon Cinta. Yang katanya dapat melanggengkan sepasang kekasih yang melewatinya.

Lokasi: Ngembul, Sendangharjo, Kec. Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Saat ini tidak dikenakan biaya tiket masuk
Jam Buka: 24 Jam

2. Negeri di Atas Angin

negeri atas angin
negeri atas angin. google maps. sumber: fajar hengki wijaya

Tempat wisata alam yang ada di Bojonegoro ini bernama Negeri Atas angin, yang berada di ketinggian sekitar 650 mdpl. Yang berada di tengah kawasan hutan jati, dan konon katanya sudah ada sejak zaman Mataram Hindu.

Dengan berada di atas bukit kamu akan menikmati suasana alam yang indah serta hening, jauh dari yang namanya kebisingan kota. Serta menikmati cantiknya sunrise maupun sunset.

Deretan pegunungan akan dapat kamu saksikan tampil pula Gunung Kembar yakni Gunung Lawang dan Gunung Kendil. Untuk dapat menikmatinya memang kamu harus menaiki jalan setapak menuju puncak bukit.

Untuk yang tidak bisa mencapai puncaknya ngga perlu khawatir, karena pemandangan di bawah bukit pun tak kalah cantiknya. Kamu dapat bersantai di sebuah gazebo sambil menyaksikan alam yang tersaji.

Lokasi: Deling, Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.30-23.00

3. Bukit Tono

salah satu spot foto di buton
salah satu spot foto di buton. google maps. sumber: nadya Ling

Simak juga: 11 tempat wisata Ungaran

Bukit Tono atau biasa disingkat Buton, merupakan objek wisata yang akan memanjakan para penggiat sosial media, karena disini banyak tersedia aneka spot foto yang kece banget.

Apalagi ditambah dengan posisinya yang berada di ketinggian membuatnya dapat menyaksikan keindahan hutan jati serta deretan Pegunungan Kendeng.

Spot-spot foto yang ada di Bukit Tono diantaranya:

  • Tempat bersemayan burung
  • Rangka rumah
  • Gardu pandang dengan panorama alam yang cantik

Dan masih banyak lagi aneka ragam spot foto yang dapat kamu nikmati ketika berada di Buton.

Lokasi: Sambongrejo, Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Rp. 3.000,-
Jam Buka: 24 Jam

4. Air Terjun Kedung Maor

air terjun maor
air terjun maor. google maps. sumber: Leo Handoko

Kemudian kita akan menjelajahi air terjun yang ada di Bojonegoro, yang pertama ialah Air Terjun Kedung Maor, yang memiliki kolam atau kedung yang sangat jernih.

Selain memiliki alam yang indah Air Terjun Kedung Maor juga ternyata memiliki nilai situs geoheritage yang tinggi. Disematkan kata Maor karena suara deburan airnya sangat keras mirip dengan hewan buas.

Ketika berada di Kedung Maor, kamu dapat bermain segarnya air, serta melakukan body jumping atau melompat dari tebing yang berada di sampingnya menuju jernihnya kolam.

Lokasi: Desa Kedungsumber, Kec. Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

5. Air Terjun Kedunggupit

air terjun kedunggupit
air terjun kedunggupit. google maps. sumber: Nurma Zia

Simak juga: 11 tempat wisata Bangka

Wisata alam selanjutnya yang ada di Bojonegoro berupa air terjun yang bernama Air Terjun Kedunggupit atau disebut juga Air Terjun Krondonan.

Objek wisata yang satu ini masih dibalut suasana alam yang asri, karena belum banyak pengunjung yang datang. Air terjun ini mengalir di tebing batu yang tampak gagah serta dihiasi hijaunya tumbuhan.

Letaknya yang berada di sudut membuat kita dapat menenangkan diri dengan hanya mendengarkan aliran airnya sambil duduk menikmati suasana yang tercipta.

Kamu juga dapat bermain aliran air yang datang diantara bebatuan yang sangat besar. Untuk dapat menikmatinya kamu harus melakukan trekking dengan jarak tempuh sekitar 50 km.

Lokasi: Perbatasan Desa Krondonan, Kecamatan Gondan dengan Dusun Dayam, Desa Klino, Kec. Sekar, Bojonegoro,
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

6. Air Terjun Kedung Peti

air terjun kedung peti
air terjun kedung peti. google maps. sumber: dafid blc

Wisata air terjun selanjutnya ialah Air Terjun Kedung Peti, dengan tipe berundak yakni terdiri dari dua undakan. Dengan ketinggiannya sekitar 10 meter.

Airnya mengalir menuju sebuah telaga atau kolam alami dengan kedalaman sekitar paha orang dewasa, sehingga dapat digunakan untuk berenang atau bermain dengan aman.

Suasana alam yang masih sangat alami mengalahkan rasa lelah dan penat akan jalur trekking yang dilalui. Ya, karena Air Terjun Kedung Peti masih sangat alami, untuk menuju lokasinya pun masih sangat terbatas.

Dengan melakukan trekking menyusuri jalan setapak, area pesawahan, perkebunan, bahkan sungai jarak tempuhnya mencapai 2 km harus kamu lalui.

Lokasi: Dusun Gaplok, Katileng, Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

7. Watu Gandul

watu gandul
watu gandul. google maps. sumber: Hadi Siswanto

Simak juga: 11 tempat wisata Magetan

Watu Gandul merupakan tempat wisata yang unik dan menarik dimana ada tumpukan bebatuan andesit yang berukuran sangat besar.

Yang paling menarik adanya tiga buah batu yang saling tumpang tindih, dan banyak dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung yang datang.

Itulah yang melatarbelakangi penamaan Watu Gandul yang berarti Batu Menggantung. Selain itu hadir pula panorama alam yang sangat indah ikut menghiasi.

Untuk menuju Watu Gandul memerlukan perjuangan yang cukup menguras tenaga, aksesnya hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan motor trail. Kemudian dilanjutkan dengan mendaki bukit.

Lokasi: Hutan, Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

8. Waduk Pacal

landmark waduk pacal
landmark waduk pacal. google maps. sumber: Izzi Zizah

Waduk lainnya yang ada di Bojonegoro bernama Waduk Pacal, yang dibangun sejak zaman penjajahan kolonial Belanda yakni pada tahun 1924 dan mulai diresmikan sekitar tahun 1933.

Waduk Pacal ini bermanfaat untuk mengairi area sawah yang ada di sekitar waduk, apalagi ketika musim hujan tiba debit airnya akan sangat melimpah.

Kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Waduk pacal ialah menikmati keindahan alam tang tersaji, apalagi saat terbenamnya matahari.

Terdapat sebuah jembatan yang bernama Jembatan Kedungjati, untuk menikmati keindahan Waduk Pacal. Untuk kamu yang hobi memancing dapat juga melakukannya di sekitar area waduk.

Lokasi: Kedungsumber, Kec. Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

9. Agrowisata Belimbing

agrowisata kebun belimbing ngringinrejo
agrowisata kebun belimbing ngringinrejo. google maps. sumber: riski muzaka

Simak juga: 11 tempat wisata Tuban

Lokasi wisata selanjutnya bertemakan agrowisata yang bernama Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo, yang memiliki luas sekitar 20 hektar.

Disini kamu dapat mencicipi belimbing yang langsung dipetik dari pohonnya, serta mencoba olahan dari buah belimbing yang tentunya menggugah selera.

Seperti manisan belimbing, sari belimbing serta kerupuk belimbing. Agrowisata ini cocok untuk kamu yang ingin berpiknik buah-buahan bersama keluarga, apalagi terdapat beberapa gazebo yang tersebar di setiap sudutnya.

Selain memakan buah belimbing secara langsung, kamu juga dapat membelinya kemudian menikmati segarnya buah belimbing setelah tiba di rumah.

Dengan dilengkapi beberapa spot foto yang kece, membuat pengunjung semakin betah berlama-lama ada di Agrowisata Kebun Belimbing yang satu ini.

Lokasi: Desa Ngeringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
Tiket: Rp. 10.000,-
jam Buka: 06.00-17.00

10. Wana Wisata Dander

wana wisata dander
wana wisata dander. google maps. sumber: andi yulianto

Wana Wisata Dander merupakan salah satu lokasi favorite yang banyak dikunjungi wisatawan apalagi jika weekend atau hari libur tiba.

Selain memiliki alam yang sejuk wana wisata ini memiliki ragam wahana yang seru diantaranya:

  • Sebuah kolam renang atau bernama Water Park Dander yang menawarkan kolam air dengan ukuran yang luas dan dilengkapi dengan seluncuran serta wahana seru lainnya.
  • Lapangan golf untuk kamu yang ingin bermain golf atau hanya sekedar duduk-duduk dengan suasana rindangnya pepohonan.
  • Bermain serunya outbound
  • Berfoto bersama dengan sebuah bangkai pesawat tempur tipe F-86 Sabre buatan Amerika Serikat.

Lokasi: Desa Dander, Kec. Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 08.00-16.00 tiap hari Senin tutup

11. GoFun Entertainment Complex Bojonegoro

salah satu spot di go fun theme park
salah satu spot di go fun theme park. google maps. sumber: Setiya Aris

Simak juga: 11 tempat wisata Cilacap

Tempat wisata Bojonegoro yang terakhir ialah lokasi wisata modern yang bernama Go Fun Entertainment Complex Bojonegoro. Disini tersedia beragam wahana seru dengan tema beragam yang akan membuat senyummu lebih mengembang.

Di Go Fun Bojonegoro ini terdapat beberapa fasilitas seperti:

  • Go Fun Theme Park
  • Go Fun Waterpark
  • Wisata Belanja

Dengan banyaknya ragam wisata seru yang ada membuat Go Fun Entertainment Complex Bojonegoro menjadi pilihan berlibur seluruh anggota keluarga.

Apalagi jika malam tiba, suasana yang tercipta akan berbeda dari siang hari. Dengan dihiasi lampu yang berwarna warni di sekitar wahana.

Lokasi: Jl. Veteran Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur,
Tiket: Rp. 20.000,- hingga Rp. 70.000,-
Jam Buka: Go Fun Waterpark buka pukul 08.00-18.00                                                                                                                         Go Fun Theme Park buka pukul 16.00-22.00


Leave a Comment