11 Tempat Wisata di Australia, Lokasi Terbaik Untuk Liburan

Tempat wisata di Australia sangat beraneka ragam. Negara Benua tersebut ternyata menyimpan berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Setiap negara bagian yang ada di benua Australia menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.


Tempat wisata di Australia sangat beraneka ragam. Setiap negara bagian yang ada di benua Australia menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.
Tempat Wisata di Australia. Image via: abc.net.au

Sekilas Soal Australia

Australia menjadi salah satu destinasi wisata yang ingin disambangi masyarakat Indonesia. Beberapa kota seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, Victoria dan Perth sudah populer sebagai tujuan wisata publik Tanah Air.

Pihak imigrasi serta Bea Cukai Australia terkenal ketat. Pengunjung akan diperiksa sedikitnya dua kali ketika tiba di bandara. Jangan pernah berbohong mengenai barang bawaan, pasalnya, apabila ketahuan berbohong. Siap-siap untuk dibawa ke detention room.

Australia termasuk negara yang berhasil mengendalikan polusi udara. Beberapa kota di sana mendapat predikat sebagai kota yang nyaman dan layak untuk dijadikan tempat tinggal. Sebut saja Sydney, Melbourne dan Adelaide. Udara di tiga kota itu begitu bersih dari polusi.

Semakin selatan kamu berjalan di benua Australia, maka suhunya akan semakin dingin. Sebaliknya, negara bagian utara justru lebih hangat. Jadi, menyiapkan baju hangat ketika mengunjungi negara-negara di bagian selatan benua Australia. Angin di negara ini juga cukup kencang dengan curah hujan yang sedikit.

11 Tempat Wisata di Australia

  1. Sydney Opera House

Eksterior tempat wisata di Australia ini dibuat dari inspirasi cangkang kerang. Gedung sengaja diletakkan di atas permukaan air dengan bantuan fondasi beton khusus.
Sydney Opera House. Image via: time.com

Simak juga: tempat wisata di Macau

Sydney Opera House merupakan  gedung yang menjadi icon Sydney. Tempat wisata di Australia ini telah mendunia sebagai bangunan abad ke-20 yang paling terkenal karena keunikan. Lokasi gedung terletak di Macquarie Street, tepatnya di Bennelong Point dekat dengan jembatan pelabuhan Sydney dan Royal Botanic Gardens.

Sydney Opera House dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektar dengan luas bangunan 183 m x 120m. Eksterior tempat wisata di Australia ini dibuat dari inspirasi cangkang kerang. Gedung sengaja diletakkan di atas permukaan air dengan bantuan fondasi beton khusus.

Di dalam gedung terdapat aula konser, yang terbagi dalam aula mayor dan aula minor, teater opera, teater drama, playhouse, studio, ruangan Utzon, Forecourt, hingga ruangan studio rekaman. Podium teater luas, panggung artistik, dan koridor sangat unik

Gedung ini bisa membawa pengunjung ke dunia seni yang penuh keajaiban dan menakjubkan. Beberapa kategori pertunjukan yang digelar misalnya balet, opera, teater, drama, tari, musik, komedi, talk show, pertunjukan anak-anak, pertunjukan sulap dan masih banyak lagi

  1. Great Barrier Reef

tempat wisata di Australia Great Barrier Reef dengan luas mencapai 2.300 kilometer, menjadikan lokasi ini sistem terumbu karang terbesar di dunia.
Great Barrier Reef. Image via: fraserfree.com.au

Great Barrier Reef dengan luas mencapai 2.300 kilometer, menjadikan lokasi ini sistem terumbu karang terbesar di dunia. Menjelajahi rumah aneka ragam kehidupan laut dengan warna-warni menawan ini merupakan petualangan yang mengubah kehidupan.

Menjelajahi tempat wisata di Australia ini bisa dilakukan dengan kemewahan atau berhemat. Ada banyak cara untuk melihat langsung Reef. Bisa dengan menyelam scuba, snorkeling, kapal berlantai kaca, jet ski, semi-submersible, kapal layar. Bisa juga dari udara atau bahkan skydive untuk terjun langsung ke dalam keajaiban dunia ini.

Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tempat wisata di Australia yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba.

Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Di tempat wisata di Australia ini juga ada fasilitas Turtle Hospital. Tempat untuk merehabilitasi penyu-penyu yang sakit dan cedera. Tempat ini juga menawarkan penginapan, yang memungkinkan pengunjung mengamati kebiasaan nokturnal makhluk-makhluk penghuni terumbu karang.

  1. Ayers Rock

Kegiatan menyenangkan sekaligus romantis di tempat wisata di Australia ini adalah makan malam di gurun pasir.
Ayers Rock. Image via: independent.co.uk

SImak juga: tempat wisata di Taipei

Untuk anda yang tidak menyukai keramaian, tempat wisata di Australia juga memiliki Taman Nasional Uluru yang cukup jauh dari pusat kota tepatnya berada di Alice Springs, Northern Territory, Australia.

Primadona Uluru adalah Ayers Rock yang merupakan rangkaian formasi batu raksasa yang berukuran lebar 2,4 km serta panjangnya kurang lebih 3,6 km. Sementara tingginya mencapai 348 meter di atas permukaan tanah.

Kegiatan paling favorit saat berkunjung ke Uluru adalah mengitari batuan menggunakan sepeda. Dengan cara ini, traveler bisa melihat batu Uluru dari dekat Untuk menyewa sepeda, traveler perlu menyiapkan 30 dolar Australia selama tiga jam.

Kegiatan menyenangkan sekaligus romantis di tempat wisata di Australia ini adalah makan malam di gurun pasir. Terdapat dua pilihan, yaitu Sounds of Silence dan Tali Wiru. Sounds of Silence dimulai dengan menikmati matahari tenggelam, lalu beranjak untuk makan malam dengan menu buffet. Tarif yang ditawarkan untuk Sounds of Silence yaitu AU$ 195.

Yang paling seru tentu saja jalan-jalan di sekitar gurun pasir dengan menunggang Unta. Biasanya tur ini memakan waktu 45 menit hingga 2,5 jam. Pengunjung yang ingin mengikuti tur naik unta dikenakan biaya AU$ 80

  1. Kangoroo Island

Lebih dari sepertiga dari pulau tempat wisata di Australia ini diisi oleh taman nasional dan konservasi. Taman Nasional Flinders Chase adalah yang terbesar di Pulau Kanguru
Kangoroo Island. Image via: freedomaustralia.co.uk

Pulau yang berada di bagian selatan Australia ini merupakan pulau terbesar ketiga setelah Tasmania dan Pulau Melville. Selain pertanian dan perikanan, pariwisata menjadi faktor penting dalam perekonomian penduduk pulau tempat wisata di Australia ini.

Nama pulau ini memang Pulau Kanguru. Tapi selain hewan berkantung ini, pengunjung juga dapat menjumpai hewan liar lainnya seperti ekidna berparuh pendek, walabi tammar, posum brushtail, bandikot coklat selatan. Pengunjung juga dapat melihat indahnya kehidupan bawah laut, ikan dan naga laut leafy.

Lebih dari sepertiga dari pulau tempat wisata di Australia ini diisi oleh taman nasional dan konservasi. Taman Nasional Flinders Chase adalah yang terbesar di Pulau Kanguru. Di taman ini terdapat Remarkable Rocks yang merupakan batuan besar berbentuk unik yang terbentuk secara alami.

Di Pulau Kanguru, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar. Banyak tanda-tanda di jalan yang membuat dapat belajar juga mengenal keindahan Australia. Jika ingin pengalaman yang menantang, kunjungilah Taman Konservasi Kelly Hill untuk melihat goa dan terowongan batu kapur.

  1. Kakadu National Park

Tempat wisata di Australia Kakadu National Park seluas 20.000 km persegi ini menawarkan berbagai objek wisata yang menarik perhatian pengunjung dengan minat yang berbeda-beda.
Kakadu National Park. Image via: jetstar.com

Si,ak juga: tempat wisata di Taiwan

Kakadu National Park diakui sebagai salah satu lokasi World Heritage karena kebudayaannya yang masih hidup sampai saat ini. Tanah di Kakadu dulunya milik orang Bininj/Mungguy dan saat ini dikelola oleh mereka.

Tempat wisata di Australia Kakadu National Park seluas 20.000 km persegi ini menawarkan berbagai objek wisata yang menarik perhatian pengunjung dengan minat yang berbeda-beda.

Salah satu yang menarik dari Tempat wisata di Australia ini adalah Ubirr. Sebuah rawa yang dipenuhi oleh berbagai macam burung di musim-musim tertentu. Di sana ada sebuah bangunan bird hide, yang bisa dipakai untuk mengamati dan mengintai burung-burung hilir mudik di depan jendela. Selain itu juga ada trek singkat di sekitarnya dan ada banyak hewan liar.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kakadu biasanya bulan Mei-September karena cuacanya paling nyaman dan tidak banyak jalanan yang ditutup akibat banjir. Di Kakadu cuaca panas di siang hari dan banyak serangga di malam hari.

Lebih baik pakai baju lengan panjang dan celana panjang. Pakai topi untuk mencegah sunburn dan minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Kakadu memberlakukan Park Pass seharga 25 AUD per orang untuk 14 hari

  1. Whitsunday Island

tempat wisata di Australia Whitsunday Islands merupakan koleksi menakjubkan dari 74 pulau yang terletak di tengah-tengah Great Barrier Reef Australia.
Whitsunday Island. Image via: whitsundayescape.com

Whitsunday Islands merupakan koleksi menakjubkan dari 74 pulau yang terletak di tengah-tengah Great Barrier Reef Australia. Tempat wisata di Australia ini adalah lokasi sempurna bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kehidupan warna warni bawah laut dengan snorkeling atau scuba diving.

Salah satu bagian terbaik dari tempat wisata di Australia ini adalah sebuah pantai yang bernama Whitehaven Beach. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah di Australia bahkan di dunia. Pantai ini memiliki air yang sangat jernih sehingga kamu dengan sangat mudah bisa melihat dasar laut dengan mata telanjang.

Komposisi pasir pantai yang 98% silika membuat para pengunjung yang berjalan kaki di tepi pantai tanpa alas di bawah terik matahari tidak kepanasan. Ini membuat pengunjung menjadi lebih leluara berjalan-jalan dan menikmati pantai.

Salah satu kegiatan menyenangkan di tempat wisata di Australia ini adalah menyewa perahu dan berlayar sendiri mengelilingi Whitsunday Islands. Pengunjung tidak memerlukan izin berlayar untuk menyewa perahu. Pengunjung bisa bebas menjelajahi panorama dan resor di Whitsunday. Perahunya dapat memuat enam hingga 12 orang.

  1. Blue Mountains National Park

Salah satu cara menikmati taman tempat wisata di Australia ini adalah dengan berjalan kaki di dasar lembah.
Blue Mountains National Park. Image via: temanaustralia.com

Simak juga: tempat wisata di Shenzhen

The Great Blue Mountains sangat terkenal karena pesona alam yang hijau. Tempat wisata di Australia berupa area hutan tropis seluas 140 kilometer yang terdiri dari batu-batu terjal, lembah, air terjun, dan sungai menciptakan panorama indah.

Salah satu cara menikmati taman adalah dengan berjalan kaki di dasar lembah. Yang sangat memukau selama menjelajahi lembah ini adalah keasrian hutan hujan tropis kuno yang masih rimbun. Banyak spot yang dilengkapi keterangan nama, usia, dan kegunaan dari pohon tersebut.

Aktivitas mendaki tebing The Three Sisters juga cukup populer. Untuk naik ke sana, sudah disediakan jalur yang aman berupa tangga-tangga yang sudah dibatasi dengan besi pengaman di sisi kanan dan kiri. Ada 800 anak tangga ke atas yang harus dilalui, dikenal dengan The Giant Stairway.

Fasilitas tempat wisata di Australia ini bukan hanya untuk para pencinta alam yang berjalan kaki. Bagi yang tak ingin berjalan kaki, kamu bisa memanfaatkan fasilitas kereta api ke dasar lembah dan naik kembali dengan menumpang Scenic Railway.

Selain Scenic Railway, pengunjung juga bisa mencoba pengalaman menaiki Scenic Cableway. Saat kereta gantung raksasa ini bergerak, pengunjung  bisa dengan santai menikmati pemandangan alam yang cantik dari ketinggian.

  1. Purnululu National Park

Di salah satu bagian tempat wisata di Australia ini, pengunjung bisa menjelajahi ngarai Cathedral Gorge yang luas, yang terkenal akan akustik alaminya yang memukau.
Purnululu National Park. Image via: hemamaps.com

Taman Nasional Purnululu terletak di Kimberley Timur, sekitar 100 km dari Halls Creek dan 250 km dari Kununurra. Salah satu daya tarik utama tempat wisata di Australia ini adalah keberadaan Bungle Bungle Range, formasi kubah batu pasir dengan warna kecokelatan yang mencolok dan pola menyerupai sarang lebah raksasa.

Bentang alam tersohor Bungle Bungle Range, yang mengambil nama dari peternakan di dekatnya, terletak di bagian selatan taman nasional ini. Menara-menaranya yang menyerupai sarang lebah menjulang hingga ratusan meter di tepian perbukitan, menaungi ngarai-ngarai yang luas, dan kolam batu yang dikitari pohon palem.

Di bagian tempat wisata di Australia ini, pengunjung bisa menjelajahi ngarai Cathedral Gorge yang luas, yang terkenal akan akustik alaminya yang memukau. Pengunjung bisa pula menjalajahi jalan lingkar sejauh 3 km atau lanjutkan terus ke ngarai Piccaninny Gorge. Lokasi pengunjug  bisa berkemah melewati malam.

Di Purnululu utara, ngarai-ngarai yang jauh lebih sempit menyuguhkan pengalaman yang benar-benar berbeda. Dengan berjalan kaki santai sejauh 2 km, pengunjung akan tiba di jurang Echidna Chasm. Tempat di mana pengunjung bisa memandang penuh kekaguman pada dinding batu curam yang menjulang ratusan meter di kedua sisi.

  1. Great Ocean Road

Great Ocean Road ialah sebuah jalan di Melbourne. Di sepanjang jalan tempat wisata di Australia ini terdapat banyak sekali objek wisata.
Twelve Apostles  di Great Ocean Road. Image via: travelingprecils.com

Simak juga: tempat wisata di Guangzhou

Great Ocean Road ialah sebuah jalan di Melbourne yang terbentang sepanjang 243 Km yang melingkar bagai sabuk menyusuri Benua Australia bagian selatan dari kota Torquay sampai kota Warrnambool. Di sepanjang jalan tempat wisata di Australia ini terdapat banyak sekali objek wisata.

Objek pertama yang ditemui adalah Bells Beach. Bells Beach adalah sebuah pantai yang sangat terkenal di kalangan surfer-surfer internasional. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang menantang bagi para surfer. Pada setiap tahun pantai ini selalu melangsungkan festival internasional yang bernama The Rip Curl Pro Surf & Music Festival.

Ojek paling iconik di jalur ini adalah Twelve Apostles. Walaupun namanya Twelve, ternyata Twelve Apostles tidak berjumlah 12., tapi hanya 9. Terlepas dari namanya, Twelve Apostles juga mempunyai panorama yang cukup indah. Hamparan pasir putih dan birunya air laut yang jernih membikin wisatawan sangat tertarik berkunjung ke tempat ini.

Sayangnya pada tahun 2005 dan 2009, tumpukan batu kapur yang berjumlah 9 itu berkurang karena erosi oleh air laut yang mengakibatkan tumpukan ini runtuh. Sampai saat ini Twelve Apostles masih bersisa 7 tumpukan.

  1. Fraser Island

Banyak yang memilih berlibur dengan cara mendirikan kemah di tempat wisata di Australia ini.
Fraser Island. Image via: eurong.com.au

Pulau Fraser adalah sebuah pulau pasir yang berlokasi di kawasan timur Australia, kurang lebih 200 kilometer utara Brisbane, Queensland. Pulau Fraser nyaman ditinggali sebagai tempat berlibur. Banyak yang memilih berlibur dengan cara mendirikan kemah di tempat wisata di Australia ini.

Pulau ini membentuk Great Sandy Region dengan ketinggian sekitar 260 m, dengan panjang 175 km, karena itulah Pulau Fraser disebut juga sebagai Taman Nasional Great Sandy. Pulau Fraser benar-benar pulau yang unik karena sebagian besarnya adalah pasir, sehingga menjadi pulau pasir terbesar di dunia.

Seperti ketika mengunjungi pulau-pulau lainnya, rekreasi yang paling sering dilakukan di tempat wisata di Australia ini ialah berenang, bermain air di Fraser island. Pengunjung bisa mengisi waktu dengan berenang, atau mengapung di atas kolam renang alami, danau Lake McKenzie.

Tidak hanya menikmati pemandangan alam saja yang bisa dilakukan di Fraser Island. Pengunjung juga bisa mengamati kehidupan margasatwa liar di pulau Fraser pada malam hari. Sebagian besar margasatwa yang tinggal di Pulau Fraser akan bermunculan ketika senja tiba.

  1. Cable Beach

Tempat wisata di Australia Cable Beach adalah pantai yang panjang dan datar, dengan ombak kecil yang bergulung, sempurna untuk berenang, berjemur, dan menyusuri pantai.
Camel Safari Cable Beach. Image via: tripadvisor.co.nz

Simak juga: tempat wisata di Beijing

Cable Beach di Broome terkenal di dunia karena pasir putihnya yang terbentang sepanjang 22 km, perairan biru kehijauan, tanah merah yang kaya, dan matahari terbenam di Samudra Hindia yang spektakuler.

Tempat wisata di Australia Cable Beach adalah pantai yang panjang dan datar, dengan ombak kecil yang bergulung, sempurna untuk berenang, berjemur, dan menyusuri pantai. Di ujung selatan Cable Beach terdapat Gantheaume Point. Saat laut surut,pengunjung dapat melihat jejak kaki dinosaurus berusia 130 juta tahun.

Matahari terbenam di Cable Beach sungguh menakjubkan. Salah satu aktivitas paling populer di tempat wisata di Australia ini adalah menunggang unta di sepanjang pantai. Mengendarai 4WD ke pasir untuk menuju lokasi makan malam piknik dan memancing juga sangat mengasikkan.

Broome terkenal sebagai pusat mutiara Australia dan asal muasal mutiara South Sea. Pengunjung bisa menyaksikan proses mutiara Broome dipanen dalam perjalanan ke peternakan mutiara setempat. Pengunjung bisa membeli kenang-kenangan perjalanan di ruang pameran mutiara di Pecinan Broome.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment