30 Tempat Wisata Di Bali Yang Hits & Berkesan Buat Liburan

Siapa yang tidak mengenal Pulau Bali? Destinasi wisata ini menjadi kebanggan dari Indonesia karena cukup populer dengan keindahan di dalamnya yang cukup mempesona yang membuatnya banyak dikunjungi, baik wisatawan domestic hingga wisatawan asing.

Bali selalu menjadi wisata yang direkomendasikan untuk menghabiskan waktu liburan dan membangun momen-momen indah yang tidak akan terlupakan. Apa saja wisata-wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi?

Daftar Tempat Wisata di Bali

Berikut ini 26 tempat wisata di Bali yang wajib untuk anda kunjungi saat musim liburan.

1. Bukit Campuhan

bukit campuhan ridge walk ubud bali
foto: baliteen-adventure.blogspot.com

Wisata alam di Bali ini memang cukup viral di instragram akhir-akhir ini karena menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona. Perbukitan yang hijau dipenuhi dengan pepohonan tropis yang lengkap dengan area persawahan dan lembah. Karena tempatnya yang begitu romantis dan eksotis, Bukit ini juga dijuluki sebagai Bukit Cinta Campuhan.

Sayangnya karena lokasinya yang memang agak tersembunyi, menyebabkan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Namun karena itulah kawasan ini masih sangat alami dan terjaga keasriannya. Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan, mulai dari jogging, trekking, maupun mengambil foto-foto terbaik di Bukit Campuhan.

Baca selengkapnya artikel Bukit Campuhan Ubud disini.

2. Pantai Pandawa

kano di pantai pandawa
kano di pantai pandawa, foto: www.instagram.com/isnan_zk/

Pantai berpasir putih ini cukup populer akhir-akhir ini karena menawarkan pemandangan yang begitu eksotis dan mempesona. Berada di Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung,pantai ini memiliki hamparan garis pantainya yang landai, bersih, serta bibir pantai yang agak luas, sehingga sangat cocok untuk dijadikan wisata bersama keluarga.

Ada banyak aktivitas yang bisa anda coba di tempat ini mulai dari berenang, bermain kano, mengunjungi 5 patung ksatria Pandawa, berselancar, merilekskan diri sejenak dengan pijat tradisional, dan masih banyak lainnya.

Selengkapnya baca di artikel Pantai Pandawa.

3. Waterbom Bali

wisata air di bali
foto: waterbom-bali.com

Wisata taman air di Pulau Bali ini sudah 3 tahun berturut-turut mendapatkan title sebagai waterpark terbaik yang ada di Asia serta kedua terbaik di dunia. Sehingga bisa dibayangkan bagaimana keseruan dari wahana-wahana air yang ada di waterboom bali. Jika anda menyukai permainan yang dapat menguji adrenalin, maka anda dapat mencoba wsuper bowl, jungle rides, ace track, boomerang, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya wahananya yang menarik, pemandangan yang di sekitar waterboom bali juga benar-benar patut mendapatkan apreasiasi. Taman tropis di kawasan wisata ini begitu mempesona dan memanjakan mata. Wisata yang berada di area seluas 3,8 hektar ini buka setiap harinya mulai jam 9 pagi hingga 6 sore WITA.

Selengkapnya di artikel Waterbom Bali.

4. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

patung garuda wisnu kencana bali
foto: instagram.com/ellchintya/

Garuda wisnu kencana atau GWK merupakan salah satu taman wisata budaya yang berada di Bali Selatan. Wisata ini memang cukup populer, terlebih saat ini pembangunan patung raksasai Garuda Wisnu Kencana sudah berhasil diselesaikan.

Anda bisa menikmati kemegahan patung karya I Nyoman Nuarta yang juga ditemani dengan keindahan bukit-bukit kapur di sekitarnya. Dan tak hanya itu saja, di GWK terdapat teater seni yang dimana anda bisa melihat berbagai jenis kesenian dan tarian bali setiap harinya.

Lihat selengkapnya di review Garuda Wisnu Kencana.

5. Pantai Kuta

pantai kuta sunset
foto: instagram.com/jinivami

Siapa yang tidak mengenal Pantai Kuta? Wisata pantai ini rasanya menjadi salah satu ikon wisata Pulau Dewata. Pesona dan keeksotisan di Pantai Kuta benar-benar tak bisa diragukan lagi. Sehingga tak heran jika setiap harinya pantai Kuta dipenuhi dengan wisatawan lokal maupun asing.

Karena itu lah jika anda ingin mengunjungi pantai Kuta, maka anda bisa mencoba menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki dari spot-spot tertentu karena memang kawasan ini cukup ramai. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa anda lakukan selama berada di Pantai Kuta, mulai dari berjemur, bermain sepak bola pantai atau voli, berselancar, berjemur, dan masih banyak lainnya. pantai Kuta terbuka untuk umum dan pengunjung sama sekali tidak dikenakan tiket masuk.

Selengkapnya cek disini: review Pantai Kuta Bali.

6. Pura Besakih

pura agung besakih
foto: instagram.com/depedyse/

Pura terbesar umat Hindu ini berada di Desa Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, tepatnya Pura ini berdiri kokh di kaki Gunung Agung, yang menjadi gunung tertinggi di Pulau Bali. Di kompleks Pura Besakih ini terdapat 1 pura Basukian serta 17 pura lainnya. Dapat dikatakan, jika Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Pulau Bali.

Pura Besakih tak hanya kental akan suasana religiusnya, namun pemandangannya yang indah dengan latar belakang Gunung Agung. Tak heran jika Pura yang dibangun sejak 1007 Masehi ini masuk ke dalam salah satu warisan Dunia. Karena tempat yang sangat suci, pastikan anda mengenakan pakaian Sopan saat sedang memasuki kawasan ini, Bagi wanita yang sedang haid, tidak diperkenankan untuk memasuki kawasan Pura Besakih.

Silahkan baca artikel tentang Pura Besakih disini.

7. Bali Bird Park

Wisata bali bird park
foto: www.balibirdpark.com

Wisata keluarga ini dibuka pertama kalinya pada tahun 1995. Berada di area seluas 2 hektar, Bali Bird Park ini menjadi salah satu taman burung yang terbesar di Indonesia. Kurang lebih terdapat 1.000 satwa dari 250 jenis spesies ungags yang berada di Bali Bird Park.

Tak hanya dapat melihat berbagai macam burung-burung yang menarik secara langsung, namun pengunjung juga dapat merasakan sensasi berada di teater 4D. Wisata ini buka setiap harinya, kecuali saat hari Raya Nyepi mulai dari jam 9 pagi hingga 17.30 WITA.

Selengkapnya silahkan baca di artikel wisata Bali Bird Park.

8. Bali Safari And Marine Park

wisata bali safari and marine park
foto: www.balisafarimarinepark.com

Bali Safari and Marine Park merupakan Taman Safari Indonesia 3 yang menjadi wisata menarik lainnya yang dapat anda kunjungi selama di Bali. Tempat ini menjadi tempat penangkaran bagi hewan-hewan yang rawan punah. Konsep dari Bali Safari and Marine park ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman bersafari dimulai dari derah Bali Modern dan kemudian masuk ke daerah Bali kuno yang memberikan beberapa edukasi seputar sejarah, mitos, filosofi, dan lainnya yang berhubungan dengan kehidupan liar.

Satwa yang tinggal di Bali Safari and Marine Park ini merupakan jenis satwa yang berasal dari 3 wilayah, yaitu, India, Indonesia, dan Afrika. Kurang lebih sekitar 400 satwa mulai dri rusa tutul, harimau sumatera, beruang madu, jalak putih, beruang Himalaya, black buck, onta punuk satu dan masih banyak lainnya yang dapat anda lihat.

Lihat review Bali Safari and Marine Park di link ini.

9. Pantai Sanur

berlibur di pantai sanur
foto: instagram.com/erickkuro/

Pantai Sanur ini lokasinya berada di Denpasar bagian timur. Salah satu daya tarik istimewa yang ada di Pantai Sanur ini adalah momen matahari terbitnya yang mempesona. Karena pantai ini buka 24 jam, anda bisa datang kapanpun yang anda inginkan. Sekedar duduk santai sambil menikmati suasana pantai Sanur juga menjadi hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan.

Untuk bisa masuk ke Pantai Sanur, pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya masuk. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir untuk motor sebesar Rp 5.000 dan untuk mobil sebesar Rp 10.000.

Lihat artikel selengkapnya di tulisan wisata pantai Sanur.

10. Pantai Uluwatu

pantai uluwatu bali
foto: Instagram.com/fillej_bball/

Pantai Uluwatu menjadi wisata selanjutnya yang wajib anda kunjungi saat berada di Pulau Bali. Meskipun lokasi pantai ini cukup tersembunyi, namun keindahan alam yang ada di dalamnya bak surge yang tersembunyi. Pantai yang dikenal dengan nama lain Blue Point ini mengharuskan pengunjung untuk menuruni beberapa anak tangga yang sempit untuk bisa sampai ke Pantai Uluwatu.

Meskipun begitu, pemandangan laut yang ditawarkannya sama sekali tidak akan membuat anda kecewa. Uniknya, kebanyakan orang yang datang berkunjung ke Pantai Uluwatu merupakan wisatawan-wisatawan asing. Sangat jaran ditemukan wisatawan lokal yang bermain di Pantai ini. Kebanyakan wisatawan datang ke Pantai Uluwatu untuk sekedar berjemur atau berselancar. Untuk bisa menikmati keindahan pantai, anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000.

11. Monkey Forest Ubud

monkey forest ubud
foto: instagram.com/jenysa/

Salah satu daya tarik yang ada di Monkey Forest Ubud adalah disini anda bisa langsung berinteraksi dengan kera ekor panjang yang memang menghuni kawasan wisata ini. Di kawasan ini, kera-kera memang hidup bebas. Warga setempat menganggap jika kera-kera tersebut adalah keramat yang tidak boleh diganggu. Sehingga anda benar-benar bisa merasakan suasana seperti menyatu dengan alam.

Ditambah lagi dengan suasana alamnya yang sangat sejuk tentu akan sangat cocok bagi anda yang mencari tempat terbaik untuk refreshing sejenak. Namun karena banyaknya kera-kera yang menghuni tempat ini, jangan membawa barang-barang yang terlihat mencolok. Hal ini karena dapat mengundang kejahilan para kera yang tiba-tiba dapat mengambil barang-barang bawaan anda. untuk wisatawsan domestik, dikenakan biaya masuk sekitar Rp 30.000. anda bisa berkunjung ke wisata alam ini mulai dari 08.30 – 18.00 WITA.

Simak review lengkap Monkey Forest Ubud disini

12. Desa Penglipuran

desa penglipuran bali
foto: instagram.com/maddykusuma/

Jika anda sering melihat sinetron-sinetron di salah satu stasiun televisi, mungkin anda usdah tidak asing lagi dengan tampakan Desa Penglipuran. Desa asat di Bali ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur di Pulau Bali. Berada di desa Kubu, Kab. Bangli, desa penglipuran ini bertempat di ketinggian 700 mdpl. Sehingga bisa dibayangkan sendiri bagaiaman sejuknya udara saat anda masuk ke kawasan Desan penglipuran.

Di desa Pengliperan, anda masih bisa melihat suasana adat Bali yang begitu kental. Anda bisa melihat tampakan rumah-rumah penduduk yang bentuknya hampir sama. Bahkan kemiripannya tersebut dapat dilihat pada bagian atap, dinding, hingga pintu rumah. keunikan dari Desa penglipuran bisa menjadi wisata menarik yang dapat anda kunjungi saat liburan.

Simak review Desa Penglipuran disini

13. Danau Batur

danau batur bali
foto: instagram.com/ponco_mo/

Danau eksotis ini berada di kawasan Kintamani, Bali. Nama “batur” ini merujuk pada nama sebuah Gunung yang letaknya tidak jauh dari danau ini yaitu Gunung Batur. Danau Batur berada tepat di lereng Gunung Batur, di ketinggian 1.050 mdpl sehingga udara di sekitar danau ini akan terasa sangat sejuk. Air danau yang berwarna biru kehijauan yan tenang membuat siapapun yang berkunjung ke danau ini akan merasa damai. Ditambah lagi dengan pesona alamnya yang sangat mempesona, membuat wisatawan merasa betah untuk berlama-lama di kawasan Danau Batur ini.

Tak hanya dapat menikmati keindahan Danau Batur, pengunjung juga dapat berlayar ke tengah danau maupun mencoba memancing di sekitaran danau. Dan jika anda ingin melihat keseluruhan dari pemandangan yang ada di Danau Batur Kintamani, anda bisa langsung ke desa Penelokan. Disini anda bisa melihta pemandangan Danau Batur dari atas ketinggian yang sangat elok dengan latar belakang Gunung Batur.

Selengkapnya lihat di artikel Danau Batur Bali

14. Pantai Lovina

pantai lovina bali
foto: instagram.com/firakwan/

Mungkin bagi sebagian besar wisatawan yang pernah berkunjung ke bali,nama Pantai Lovina masih sangat asing didengar. Pantai Lovina merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan Bali Utara, tepatnya dekat dengan Kota Singaraja. Disini anda bisa melihat kumpulan lumba-lumba yang berenang sambil meloncat-loncat karena pantai Lovina ini memang habitat asli dari para lumba-lumba.

Jika anda berkeinginan untuk emlihat sekumpulan lumba-lumba ini, anda harus datang di pagi hari. Biasanya pada jam-jam tersebut, lumba-lumba yang ada di Pantai Lovina sedang bermain di tepian pantai.

Selengkapnya di artikel Pantai Lovina 

15. Pantai Melasti

pantai melasti
foto: instagram.com/chitoezz/

Wisata pantai lainnya yang bisa anda kunjungi di Pulau Bali adalah Pantai Melasti. Pantai yang berada di kawasan Bali Selatan ini memiliki daya tarik yang cukup unik, sepanjang perjalanan menuju lokasi anda harus melalui jalanan yang berliku dan turunan yang berada di atas tebing-tebing kapur yang kokoh berdiri tinggi. Keeksotisan dari tebing kapur ini lah yang membuatnya menjadi tempat yang sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan untuk pre wedding.

Disini anda bisa duduk santai sambil melihat keindahan yang ada di kawasan Pantai Melasti. Karena ombaknya yang tidak begitu besar, pantai ini juga aman jika anda ingin bermain air atau berenang. Bagi anda yang menyukai aktivitas snorkeling, anda bisa membawa peralatan anda karena air laut disini begitu jernih dengan pemandangan bawah laut yang ada di pinggiran pantai yang sangat indah.

Selengkapnya lihat di artikel Pantai Melasti

16. Taman Nasional Bali Barat

taman nasional bali barat
foto: instagram.com/budi.astawa/

Mungkin tidak bisa sembarang orang yang dapat mengunjungi taman Nasional bali Barat karena kawasan ini memang dilindungi oleh Pemerintah. Untuk itu lah, anda membutuhkan izin dari petugas setempat jika ingin memasuki kawasan taman nasional ini. Kawasan ini dijadikan sebagai tempat penelitian margasatwa yang sudah berdiri sejak tahun 1911. ada 2 alternatif bagi anda yang ingin mengunjungi Taman Nasional Bali Barat ini.

Jika anda dari Gilimanuk, maka anda bisa langsung mengunjungi kantor Balai di Desa Gilimanuk. Namun jika anda dari Denapasar dan ingin mengunjungi Pulau Menjangan, anda dapat melalui Teluk Labuhan Lalang. Disini anda hanya pelru membayar tiket Rp 2.500- 20.000.

Lihat artikel review Taman Nasional Bali Barat disini.

17. Danau Beratan

danau beratan
foto: instagram.com/balitransport88/

Danau Beratan, atau yang dikenal sebagai Danau Bratan merupakan wisata danau yang berada di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Tabanan, Bali. Karena berada di ketinggian 1.240 mdpl, tak heran jika suhu udara yang ada di sekitar danau sangat sejuk dan segar. Danau terluas kedua di bali ini memiliki fungsi utama sebagai sumber irigasi di daerah-daerah yang terletak di bagian tengah Bali.

Meskipun begitu, pemandangan alam yang ada di sekitar danau sangat menakjubkan yang membuatnya menjadi 20 danau terbaik dan terindah yang ada di dunia. Salah satu daya tarik yang ada di Danau ini adalah adanya Pura Ulun Danau Berayan yang ada di bagian ujung Danau. Keeoksotisan danau dengan adanya Pura Ulun ini menjadi pesona tersendiri yang tak boleh terlewatkan.

Selengkapnya di artikel review Danau Beratan

18. Danau Tamblingan

danau tamblingan
foto: instagram.com/harimaolee/

Danau tamblingan ini merupakan danau terkecil dari ketiga danau yang ada di kawasan Bedugul. Jika dilihat dari kejauhan, mungkin danau Tamblingan ini sama sekali tidak menarik. Namun ketika anda mulai mendekat, Danau Tamblingan ini memiliki karakteristik tersendiri yang tak terbantahkan. Kebanyakan pengunjung yang datang ke Danau Tamblingan, mencoba menikmati pemandangan yang ada di sekitarnya dengan berkemah atau camping.

Suasananya yang sangat sunyi dan tenang, membuat pikiran semakin fresh. Anda juga bisa mencoba untuk memancing maupun menaiki sampan berkeliling danau, namun sebaiknya anda tidak berenang di kawasan Danau Tamblingan.

Simak selengkapnya info seputar Danau Tamblingan

19. Pantai Tegal Wangi

pantai tegal wangi bali
foto: instagram.com/_gregcolin/

Pantai tegal wangi ini berada di Desa Adat Jimbaran, jaraknya hanya sekitar 30 menit dari bandara Ngurah Rai. Keunggulan dari Pantai Tegal wangi ini adalah panorama dari tebing-tebing tinggi yang dihiasi pepohonan hijau yang membentang luas sebelum memasuki kawasan Pantai Tegal Wangi.

Simak juga: Cara Membuat Travel Blog

Pantai ini termasuk salah satu pantai tersembunyi di Pulau Bali, sehingga untuk mencapai lokasi pantai anda harus melewati jalanan setapakn bebatuan kapur yang cukup terjal. Namun meskipun begitu, sesampainya di Pantai anda bisa melihat pemandangan pantai yang begitu indah dengan bentangan pasir putih yang cantik serta airnya yang jernih berwarna biru kehijauan.

20. Pantai Seminyak

pantai seminyak bali
foto: instagram.com/yaniputrie/

Karena lokasinya yang berada di satu garis pantai bersama dengan Pantai legian dan Pantai Kuta, tak heran jika karakter yang dimiliki Pantai Seminyak tak jauh beda. Ombaknya cukup besar sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berselancar.

Pasir putihnya yang landau dan pemandangan matahari terbenamnya menjadi daya tarik yang membuatnya ramai dikunjungi. Di sekitar kawasan Pantai Seminyak, anda juga bisa menemukan banyak fasilitas-fasilitas hiburan seperti bungalow, hotel, mall, dan masih banyak lainnya.

Review selengkapnya di artikel Pantai Seminyak

21. Pantai Canggu

pantai canggu bali
foto: instagram.com/ariesta_sanjaya/

Mungkin nama Pantai Canggu sudah tidak asing lagi di lingkungan para peselancar lokal hingga asing. Pantai dengan dihiasi pasir hitam ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk ajang ISC (Indonesia Surfing Championship) yang berskala internasional.

Tak hanya bisa menikmati deburan ombak besar yang ada di Pantai Canggu, anda juga bisa melihat pemandangan hamparan sawah serta burung-burung yang berterbangan diatas langit yang ada di seberang pesisir pantai.

22. Pasar Sukawati

Tak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Pulau Bali tanpa membeli oleh-oleh khas Pulau Dewata. Jika anda ingin membeli barang-barang seni khas Bali, maka wajib bagi anda untuk menyempatkan diri mengunjungi Pasar Sukawati. Disini berbagai barang dapat anda temukan, bahkan menariknya anda bisa menawar untuk mendapatkan barang-barang yang ingin anda beli.

Sedikit saran, datanglah ke pasar Sukawati saat kisaran jam 08.00-10.00 WITA, setelah penjual-penjual selesai bersembahyang. Biasanya pada jam-jam ini harga yang ditawarkan akan semakin murah.

23. Pura Uluwatu

pura uluwatu
foto: instagram.com/luciersu/

Wisata Pura yang satu ini berada di Desa Pecatu, Bali bagian selatan. Wisata ini tak pernah kesepian pengunjung. Disini anda bisa melihat kemegahan Pura Uluwatu yang memiliki ketinggian hingga 97 meter dengan dilengkapi pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda bisa melihat langsung hamparan laut lepas dari Samudra Hindia dari atas tebing.

Pura Uluwatu ini buka setiap hari, mulai jam 09.00-19.00 WITA, namun waktu terbaik untuk menikmati pemandangan yang ada di kawasan Pura Uluwatu ini adalah saat matahari terbenam. Jika anda berkeinginan untuk melihat pertunjukan tari kecak khas Bali di tempat ini, anda bisa merogoh kocek sekitar Rp 85.000.

24. Gunung Batur

gunung batur bali
foto: instagram.com/ardaparahita/

Salah satu lokasi terbaik di Bali untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit adalah di puncak Gunung Batur. Untuk mencapai puncak Gunung Batur, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Sambil trekking, anda bisa melihat pemandangan yang indah di sekitar kawasan Gunung Batur.

Tak seperti Gunung Agung, anda tidak harus menyewa pemandu untuk menemukan lokasi puncak Gunung Batur. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

25. Elephant Safari Park

elephant safari park bali
foto: instagram.com/lilbeandip/

Di area seluas 2 hektar ini, anda bisa mencoba untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berkesan bersama gajah. Tak hanya dapat menunggangi gajah, namun di Elephant Safari Park ini anda dapat memberi makan gajah, berfoto bersama gajah, menikmati pertunjukan gajah yang bermain bola dan melukis, serta masih banyak lainnya. Elephant Safari Park ini buka setiap harinya, mulai jam 08.00-18.00 WITA

26. Tanah Lot

tanah lot bali
foto: instagram.com/iannoying/

Siapa yang tidak mengenal dengan wisata Pura Tanah Lot? Wisata yang satu ini terkenal dengan keindahan pemandangannya, terutama menjelang matahari terbenam. Keunikan utama yang ada di wisata tanah lot ini adalah adanya pura yang berada di sebuah batu karang besar yang ada di pinggiran laut.

Saat laut sedang pasang, maka anda tidak dapat mendekati pura karena kawasan di sekitar batu karang akan digenangi dengan air laut. Saat air surut, anda dapat melihat beberapa ular laut yang jinak. Konon warga setempat meyakini jika ular-ular ini merupakan penjaga pura Tanah Lot. Selain itu, di kawasan Tanah Lot anda juga bisa mencoba memegang ular suci yang sama sekali tidak berbahaya.

27. Pantai Amed

Pantai Amed Fun
Image via: www.instagram.com/jusdejujube

Salah satu pantai di Bali yang masih terbilang sepi dari pengunjung. Pantai Amed ini beda dengan pantai lainnya di Bali. Pasirnya berwarna hitam, tidak seperti tipikal pantai di Bali yang populer.

Terlepas dari ini, pantai Amed memiliki kekayaan bawah air yang indah banget lho. Pantai ini bisa jadi tujuan alternatif liburan anda di Bali.

Simak review pantai Amed di link ini.

28. Museum Blanco

Museum Blanco Gate
Image via: www.instagram.com/blancomuseum

Salah satu alternatif wisata di Bali adalah mengunjungi museum Blanco. Di museum ini anda bisa menikmati berbagai karya seni kelas dunia yang indah. Tidak hanya itu, suasana museum dan sekitarnya kental banget dengan nuansa Bali yang khas.

Lihat review Museum Blanco disini.

29. Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul Paku
Image via: www.instagram.com/fortunetraveling

Kebun Raya Bali, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bedugul, adalah salah satu tempat wisata sekaligus edukasi di Bali yang sering terlupakan. Padahal, tempat ini menyimpan banyak koleksi kekayaan alam yang memukau lho. Selain liburan, kita juga bisa menambah pengetahuan seputar botani.

Simak disini review Kebun Raya Bedugul di Bali

30. Nusa Penida

Nusa Penida Angel Billabong
Image via: www.instagram.com/viajeseumundo

Mencari surga tersembunyi di Bali? kunjungi saja Nusa Penida. Pulau kecil ini menyimpan banyak keindahan alam yang masih relatif belum banyak terjamah. Tidak seperti di Bali, keindahan pantai disini masih bersih, jauh dari hingar bingar pendatang.

Simak infonya di artikel Nusa Penida.

Nah itu tadi daftar wisata di Pulau Bali yang wajib anda kunjungi saat liburan. Jadikan momen liburan semakin istimewa dengan mengunjungi Pulau Dewata bersama keluarga maupun orang terdekat. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda.

80%
Awesome
  • Keindahan
  • Lokasi
  • Akses
You might also like
1 Comment
  1. […] juga: rekomendasi tempat wisata di Bali yang […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.