10 Tempat Wisata di Balikpapan Rekomendasi Untuk Liburan

| | ,

Tumbuh menjadi salah satu kota terbesar di pulau Kalimantan dengan potensi minyaknya membuat Balikpapan begitu memikat. Balikpapan sendiri hampir 85 % wilayahnya merupakan kawasan perbukitan dan sisanya merupakan dataran rendah pesisir.

Karenanya tak mengherankan jika kota ini tak hanya menjadi kota tujuan bisnis, tetapi juga menyuguhkan banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Ingin menghabiskan waktu libur ke Balikpapan? Yuk simak rekomendasi pilihan tempat wisata di Balikpapan berikut ini.

dago dream park
dago dream park

1. Kampung Atas Air Margasari

kampung atas air
Kampung Atas Air Margasari. Image via: instagram.com/nitha_nyitnyit17/

Di satu sudut kawasan pesisir Balikpapan, ada Kampung Atas Air Margasari yang bisa jadi destinasi seru untuk berakhir pekan. Menikmati indahnya pesisir pantai ditemani hijaunya hutan mangrove yang cantik sambil menanti matahari tenggelam jadi satu hal mengasyikan di sini. Meskipun berada di atas laut, suasana kampung seluas 6,7 hektar ini begitu hijau nan asri.

Di sepanjang jembatan kayu terdapat banyak gazebo untuk beristirahat menikmati suasana yang tak terlukiskan. Tak lupa juga stand-stand kuliner berderet di dekat gazebo yang akan memanjakan perut.

Informasi:

  • Nama: Kampung Atas Air
  • Alamat: Jl. Sepaku, Baru Tengah, Balikpapan Barat, Kota Balikpapan – Kalimantan Timur

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

2. Pantai Monpera

Pantai Monpera
Pantai Monpera. Image via: rezkyrentcar.com

Berlokasi di pusat kota, tempat wisata di Balikpapan ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau saat liburan datang. Pantai Monumen Perjuangan rakyat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Monpera ini memiliki suasana yang bersih dan indah dengan pasir putih serta ombaknya yang tak terlalu besar.

Yang unik di pantai ini ialah adanya sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang para pahlawan kemerdekaan. Sehingga tak hanya menikmati indahnya pantai tetapi juga sekaligus mengenal sejarah lebih dekat. Kawasan pantai juga punya banyak spot foto selfie dan juga kuliner, lho!

Informasi:

  • Nama: Pantai Monumen Perjuangan Rakyat/ Monpera
  • Alamat: Jl. Jendral Sudirman No. 1, Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, Balikpapan – Kalimantan Timur
  • Parkir: Rp 2.000,- (roda dua), Rp 5.000,- (roda empat)

3. Magrove Center Graha Indah

Mangrove Graha Indah
Magrove Center Graha Indah. Image via: budisusilo85.blogspot.com

Menyusuri sungai yang membentang di tengah hutan bakau sambil melihat kera hidung mancung menjadi salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di Mangrove Center Graha Indah. Tak hanya itu Anda juga dapat mengenal berbagai macam jenis tanaman bakau yang tumbuh di tempat wisata di Balikpapan ini.

Untuk menyusurinya Anda perlu menyewa perahu klotok dengan tariff Rp 300.000,- sekali jalan yang bisa dinaiki 7 hingga 10 penumpang. Perahu inilah yang akan memandu Anda menikmati eksotisnya hutan bakau yang dihuni oleh bekantan selama hampir 1 jam.

Informasi:

  • Nama: Mangrone Center Graha Indah
  • Alamat: Batu Ampar, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan – Kalimantan Timur
  • Jam buka: 06.00 – 18.00

Baca: review destinasi wisata di Yogyakarta

4. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin
Danau Cermin Lamaru. Image via: instagram.com/tau_nggak_sih_/

Satu lagi tempat wisata di Balikpapan yang tak boleh dilewatkan, Danau Cermin Lamaru. Danau yang memiliki air yang sangat jernih ini memiliki banyak nama julukan, seperti Danau Hijau dan Danau Cermin. Tentu tak mengherankan sebab airnya tampak berwarna kehijauan di bagian tengahnya dan layaknya cermin yang memantulkan objek disekitarnya dengan begitu jelas.

Danau ini sebetulnya terbentuk tanpa sengaja, karena adanya pengerukan tanah untuk digunakan membangun lapangan tembak. Meski terbentuk tanpa disengaja, kini danau ini jadi begitu ngehits dan banyak jadi destinasi pilihan untuk hunting foto instagramable dan menghabiskan waktu senggang saat akhir pekan.


Informasi:

  • Nama: Danau Cermin Lamaru
  • Alamat: Lamaru, Balikpapan Timur, Balikpapan – Kalimantan Timur

5. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Pantai Kemala. Image via: kompaswisata.com

Tempat wisata di Balikpapan yang selanjutnya ini tak kalah cantik dengan Pantai Monpera, namanya Pantai Kemala. Saat singgah di pantai ini Anda akan dibuat terpesona dan jatuh hati dengannya. Banyak hal seru dan menarik yang bisa dilakukan di tempat cantik ini selain berburu sunset-nya.  Misalnya saja main air atau pasir hingga seru-seruan menaiki banana boat maupun flying fox.

Untuk memasuki kawasan pantai Anda tak perlu merogoh kocek karena pantai ini bisa dinikmati secara gratis. Tak heran jika tempat ini jadi spot favorit warga kota untuk menghabiskan waktu liburnya. Tapi setiap wahana permainan dikenakan biaya tersendiri tergantung pengelolanya.

Informasi:

  • Nama: Pantai Kemala
  • Alamat: Jl. Sudirman Balikpapan Kota, Balikpapan – Kalimantan Timur
  • Jam buka: 08.00 – 22.00 WITA

Simak: daftar tempat wisata di Bukittinggi

6. Kebun Raya Balikpapan

kebun raya
Kebun Raya Balikpapan. Image via: instagram.com/bpp_kece/

Berlokasi di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, tempat wisata di Balikpapan yang satu ini merupakan konservasi bagi tumbuh-tumbuhan. Tempat untuk mempelajari serta mengembangkan berbagai macam tumbuhan yang terancam punah serta mengembangkan varietas bibit unggul. Meskipun begitu kebun raya ini tak kalah menyuguhkan pesona yang mmenarik perhatian.

Di dalam area kebun ini terdapat beragam fasilitas pendukung untuk mendukung kegiatan konservasi, seperti dari museum, perpustakaan, ruang belajar, ruang kaca, laboratorium hingga ruang percobaan. Untuk pengunjung tersedia juga fasilitas yang cukup menarik, mulai dari zona propagasi, rumah singgah, rumah kaca hingga rumah panggung dan rumah untuk pementasan seni. Jadi tak hanya mempelajari keragaman hayati tetapi juga tetap bisa eksis dengan spot-spot foto selfienya yang kece abis.

Informasi:

  • Nama: Kebun Raya Balikpapan
  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan – Kalimantan Timur
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WITA

7. Taman Bekapai

taman bekapai
Taman Bekapai. Image via: ksmtour.com

Meski dikenal sebagai kota pelabuhan dengan iklimnya yang sedikit lebih hangat, ternyata ada tempat wisata di Balikpapan yang memiliki suasana sejuk dan asri. Berada di jantung kota Balikpapam, tempat tersebut ialah Taman Bekapai. Taman kota ini menjadi salah satu tempat favorit warga di sekitar untuk menghabiskan waktu senggang saat libur atau sekedar nongkrong sambil menikmati susasana taman yang sahdu.

Selain itu, banyak ornamen-ornamen di taman yang cukup unik yang bisa jadi spot foto yang instagramable. Salah satunya ikon taman ini berupa air mancur yang dikelilingi salur yang tampak meliuk dan terbuat dari besi, serta masih banyak lagi spot yang kece di sini.

Informasi:

  • Nama: Taman Bekapai
  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Klandasan Ulu, Kota Balikpapan – Kalimantan Utara
  • Buka : 24 jam (Setiap Hari)
  • Harga tiket: Gratis

Simak juga: daftar tempat wisata di Depok

8. Pantai Banua Patra

Pantai banua patra
Pantai Banua Patra. Image via: instagram.com/warrdie/

Letaknya yang tak jauh dari pusat kota membuat destinasi seru di Balikpapan ini cukup mudah dijangkau dan dijelajahi keindahannya. Pantai Banua Patra atau Pantai Batu-Batu begitu tempat wisata di Balikpapan ini kerap disebut. Ini karena di sekitar pantai banyak ditemukan batu karang yang muncul secara alami dan menjadi pelindung pantai dari adanya abrasi.

Meski banyak bebatuan di sepanjang pantainya hingga cukup berbahaya kalau ingin berenang, namun pantai ini memiliki eksotismenya tersendiri. Tak heran jika banyak penggila fotografi kerap mengambil lokasi ini untuk jadi background fotonya.

Informasi:

  • Nama: Pantau Banua Patra atau Pantai Batu-Batu
  • Alamat: Prapatan, Kota Balikpapan – Kalimantan Timur
  • Harga tiket: Gratis

8. Konservasi Beruang Madu

Konservasi beruang madu
Konservasi Beruang Madu. Image via: getborneo.com

Menjelajahi tempat wisata di Balikpapan rasanya tak lengkap jika tak mampir sebentar untuk mengenal lebih dekat maskot kota ini yakni beruang madu. Beruang madu merupakan salah satu hewan langka dan dilindungi yang keberadaannya kini semakin menyusut dan terancam punah. Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan menjadi ruang untuk konservasi binatang langka tersebut.

Di sini Anda tak hanya dapat melihat beruang madu di habitat aslinya tetapi juga beberapa hewan liar lainnya yang turut serta ditampung di kawasan konservasi ini. Untuk menjelajahi kawasan tersebut disediakan jembatan kayu setinggi kurang lebih 2 meter untuk memudahkan mengamati beruang madu tanpa mengganggunya.

Di bagian pusat informasi, Anda akan mendapatkan sedikit wawasan tentang beruang madu serta beruang jenis lain yang ada di dunia termasuk habitat serta jenis makanannya. Juga terdapat rumah tradisional Kalimantan yang di dalamnya menjual merchandise yang berhubungan dengan beruang madu tersebut. Dengan membelinya Anda akan turut berpartisipasi memberikan donasi untuk langkah penyelamantannya.

Informasi:

  • Nama: Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup Balikpapan/Konservasi Beruang Madu
  • Alamat: Jl. Soekarno-Hatta Balikpapan – Samarinda Km. 23, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Jam buka: 08.00 – 17.30 WITA

Baca: review tempat wisata di Subang

9. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari
Pantai Manggar Segara Sari. Image via: wisataupi.blogspot.com

Balikpapan yang berada di kawasan pesisir membuatnya memiliki banyak kawasan pantai yang mempesona dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Seperti Pantai Segara Sari ini misalnya. Meskipun namanya Pantai Segara Sari namun banyak yang menyebutnya Pantai Manggar sebab lokasinya yang berada di kecamatan Manggar, Balikpapan Timur

Seperti kebanyakan destinasi pantai cantik lainnya, tempat wisata di Balikpapan ini juga menyuguhkan hamparan pasir putih dengan air laut jernih serta ombak yang tenang. Ditambah lagi fasilitasnya yang cukup memadai, termasuk wahana permainan seru baik untuk anak maupun dewasa. Sehingga tak mengherankan jika destinasi ini jadi favorit banyak keluaga untuk liburan di akhir pekan.

Informasi:

  • Nama: Pantai Manggar Segara Sari
  • Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WITA

10. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran buaya
Penangkaran Buaya Teritip. Image via: travel.detik.com

Berlokasi di Kecamatan Teritip dan tak jauh dari Pantai Lamaru dan Pantai Manggar, tempat wisata ekstrem di Balikpapan ini berada di atas lahan seluas 5 hektar. Penangkaran Buaya Teritip ini dihuni oleh 1.450 ekor buaya, jumlah ini merupakan yang terbanyak di Kalimantan Timur. Buaya yang ditangkarkan ditempat ini ada beberapa jenis, seperti buaya muara, buaya air tawar dan juga buaya supit.

Di sini pengunjung akan diajak mengenal buaya lebih dekat, misalnya dengan menyaksikan atraksi pemberian makan yang tampak sedikit lebih ekstrem. Selain itu Anda juga bisa mencoba menjelajahi kawasan penangkaran buaya ini dengan menunggang gajah, tentu ini hal yang tak biasa. Jika Anda gemar kuliner ekstrem, Anda bisa mencoba sajian kuliner dari daghing buaya. Berani mencoba?

Informasi:

  • Nama: Penangkaran Buaya Teritip
  • Alamat: Jl. Mulawarman, Teritip, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WITA
  • Harga tiket: Rp 15.000,

Bagaimana menarik bukan tempat wisata di Balikpapan ini? Agar makin ceria, jangan lupa ajak semua I saudara dan kawan untuk menjelajahi Balikpapan. Dijamin pasti akan sangat seru menjelajahi Kalimantan Timur terutama Balikpapan.

Tunggu apa lagi yuk jelajah Balikpapan!

10 Tempat Wisata di Balikpapan Rekomendasi Untuk Liburan
4.6 (92%) 5 votes

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Wisata Alam dan Budaya di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Liburan ke Dunia Fantasi Ancol ( Dufan ), Mewujudkan Fantasi Jadi Nyata

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment