19 Tempat Wisata Di Bogor Populer Ini Wajib Anda Kunjungi Lho

Bogor merupakan salah satu kota yang bisa menjadi pilihan bagi warga Jakarta dan sekitarnya,untuk berwisata maupun melepas penat di akhir pekan. Di kota seluas 118,50 km2 ini terdapat beragam pilihan wisata yang bisa dilakukan mulai dari wisata alam maupun wisata kuliner semuanya lengkap tersedia di sini.

Ya, kota Bogor yang memperingati hari jadinya setiap tanggal 3 juni ini memang mempunyai banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Daftar Tempat Wisata di Bogor

Berikut adalah beberapa pilihan tempat wisata di Bogor yang bisa dipertimbangkan untuk kamu datangi ketika liburan nanti bersama teman atau keluarga.

Semoga bermanfaat ya.

1. Istana Bogor

Jika ditanya apakah tempat wisata yang wajib pertama kali dikunjungi ketika berlibur ke Bogor, mungkin jawabannya adalah Istana Bogor. Istana kepresidenan yang sekarang menjadi tempat tinggal Presiden Joko Widodo ini merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor.

Istana Bogor View
Image via: www.instagram.com/4g4th4nit4

Salah satu hal yang membedakan istana Bogor dari Istana kepresidenan lainnya dan menjadi ciri khasnya adalah adanya rusa-rusa yang dipelihara di Istana tersebut. Warga bogor dan sekitarnya biasanya mengisi akhir pekan atau liburan dengan berjalan-jalan di sekitar sambil memberi makan rusa-rusa tersebut.

Istana Bogor yang dibangun tahun 1744 di tanah seluas 28 hektar ini ini pada awalnya merupakan tempat peristirahatan bagi gubernur Belanda.Istana yang pada zaman Belanda ini disebut istana Buitenzorg pernah di renovasi tahun 1850 karena rusak parah akibat gempa bumi.

Istana Bogor ini mempunyai bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan yang mempunyai fungsi masing-masing. Bangunan induk digunakan untuk penyelenggaraan acara kenegaraan, bangunan sayap kiri digunakan untuk menyambut tamu negara luar, dan bangunan sayap kanan untuk menyambut kepala negara dari luar negeri.

Selain itu, pengunjung juga terdapat ruang kantor pribadi kepala negara, perpusatakaan, dan juga berbagai koleksi karya seni hadiah dari tamu negara. Koleksi karya seni tersebut antara lain lukisan, patung, keramik, dan juga perabotan kayu dari Jepara.

Istana Bogor Rusa
Image via: www.instagram.com/ranggasaputra1138

Walaupun sekarang istana tersebut menjadi tempat tinggal presiden, namun masyarakat umum tetap bisa berkunjung ke dalamnya, tentu dengan meminta izin ke pihak istana terlebih dahulu.

2. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata kebun Raya Bogor ini masih satu wilayah dengan Istana Bogor.Jadi setelah melihat istana bogor, pengunjung juga bisa melihat beragam koleksi tanaman dari berbagai macam negara di Kebun Raya Bogor.

Diperkirakan ada sekitar 15.000 pohon dan anaman dari dalam maupun luar negeri yang menjadi koleksi dari kebun raya bogor saat ini. Selain beragam tanaman, di kebun raya bogor ini juga terdapat museum zoologi yang mengkoleksi kerangka hewan dan juga hewan yang telah diawetkan.

Selain museum zoologi, salah satu spot di Kebun Raya Bogor yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto adalah jembatan Gantung merah. Jembatan gantung merah ini memang sering sekali digunakan untuk pemotretan, terutama untuk prewedding karena mempunyai latar pemandangan yang indah.

Selain yang sudah disebutkan diatas, di Kebun Raya Bogor ini pengunjung juga bisa membeli souvenir atau bibit tanaman di Garden shop. Pengunjung juga bisa melihat fasilitas lainya yang ada di kebun raya bogor seperti taman meksiko, Kolam teratai, tugu reindwart dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Bogor Flower Collection
Image via: www.instagram.com/yonskm

Jika dilihat dari sejarahnya, kebun raya bogor ini dahulu adalah hutan buatan yang dibuat pada masa pemerintahan prabu suliwangi dari kerajaan pajajaran. Di zaman pemerintahan Gubernur Inggris, Thomas Stamford Raffles, ketika tinggal di istana Bogor,hutan buatan itupun kembali dikembangkan menjadi sebuah taman yang cantik.

Kebun Raya Bogor seluas kurang lebih 47 hektar ini akhirnya diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817 dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg. Kebun Raya Bogor ini juga menjadi tempat penelitian beberapa tanaman baik dari dalam maupun luar negeri oleh para ahli botani.

Kebun Raya Bogor Fresh Dome
Image via: www.instagram.com/tioalifr

Tiket masuk ke Kebun Raya Bogor ini adalah mulai dari 16.000 rupiah per orangnya, dan tempat wisata ini buka mulai pukul 8.00-16.00 WIB. Untuk mengelilingi kebun Raya ini , selain berjalan kaki pengunjung juga bisa menyewa sepeda atau mobil wisata berkapasitas maksimal 7 orang seharga 15.000 rupiah per orangnya.

Simak review selengkapnya di artikel Kebun Raya Bogor.

3. Taman Safari Indonesia Bogor

Salah satu tempat wisata di bogor yang juga terkenal di kalangan para wisatawan adalah Taman Safari Indonesia yang ada di Cisarua, Bogor. Di tempat wisata ini pengunjung akan berkeliling menggunakan mobil dan dapat berinteraksi lebih dekat lagi dengan berbagai jenis hewan yang ada di sana.

Sebelum menjadi Taman Safari seperti sekarang ini, dahulu tempat ini adalah kawasan perkebunan kina seluas 50 hektar yang sudah tidak produktif lagi. Tempat ini pun akhirnya dikembangkan dan dibuat menjadi pusat penangkaran satwa liar di Indonesia dan diresmikan tanggal 16 Maet 1990.

Taman Safari Icon
Image via: www.instagram.com/eduyoga

Di Taman Safari Bogor seluas 168 hektar ini pengunjung dapat melihat sekitar 2.500 satwa berbagai jenis dari seluruh dunia, seperti harimau Benggala, singa, gajah, dan lainnya. Selain bersafari melihat beragam hewan, di sana pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana rekreasi dan juga melihat pentas atraksi hewan.

Salah satu program yang ditawarkan pengelola taman safari yang bisa dinikmati oleh para wisatawan adalah Night Safari atau Safari Malam. Di sini pengunjung akan merasakan pegalaman bersafari melihat kehidupan hewan-hewan tersebut di malam hari.

Dengan menggunakan kereta mini terbuka yang sudah disediakan, pengunjung akan berkeliling di taman safari di temani oleh guide yang akan memandu perjalanan. Saat Safari night ini pengunjung juga bisa berwisata kuliner di Tsavo Lion Restaurant sambil ditemani singa yang berkeliaran di malam hari.

Setelah bersafari malam, pengunjung juga dapat menikmati beragam pertunjukan yang disajukan di Night Safari tersebut, seperti pertunjukan tentang drama perburuan hewan dan juga fire dance.

Night Safari itu sendiri berlangsung setiap hari sabtu atau di hari libur mulai pukul 18.30 sampai 21.00 WIB.

Taman Safari Tour
Image via: www.instagram.com/krishnov_adrian

Lokasi Taman Safari Bogor yang ada di daerah Cisarua cukup strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan umum maupun kendaraan probadi.

Untuk Jam operasionalnya sendiri tempat ini dibuka mulai pukul 9.00-17.00 WIB, dan harga tiket masuk yang ditawarkan untuk berkunjung ke Taman Safari ini adalah sebesar 140.000 hingga 150.000 rupiah per orangnya.

Lihat review Taman Safari Bogor disini.

4. The Jungle Water Adventure

Tempat wisata di Bogor lainnya yang bisa dikunjungi bersama teman dan juga keluarga adalah The Jungle Water Adventure. Di tempat wisata ini pengunjung dapat menikmati beragam wahana permainan air dengan latar pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango.

Ada 12 wahana permainan air yang ada di tempat wisata seluas 3,8 hektar yang sudah berdiri sejak tahun 2008 ini. Kedua belas wahana itu antara lain Kiddy pool, Aqua pool Fountain Futsal, leisure pool, lazy river, racer slide, dan yang lainnya.

The Jungle Kiddy Playground
Image via: www.instagram.com/thejunglebogor

Di The Jungle Water Adventure ini pengunjung juga dapat menonton film 4 dimensi sesuai jadwal yang sudah disiapkan pengelola. Sama seperti menonton film 4D di bioskop, pengunjung akan menikmati menonton menggunakan kacamata 4D dan juga merasakan sensasi seperti kursi bergoyang, semburan air dan bau terbakar.

Selain wahana air yang beragam, Jungle water adventure juga mempunyai bird park atau taman burung yang mengkoleksi puluhan jenis burung. Selain bisa menjadi sarana edukasi bagi pengunjung, terutama anak-anak, pengunjung juga dihibur dengan pentas aksi burung-burung yang lucu di “Bird Show”

Tak hanya taman burung, di The Jungle ini juga terdapat wahana Snow World yang membuat pengunjung merasakan salju seperti saat musim dingin. Disini pengunjung juga bisa melakukan berbagai permainan seperti bermain lempar bola salju, membuat boneka salju, bermain seluncur dan lain sebagainya.

The Jungle Kiddy Fun
Image via: www.instagram.com/thejunglebogor

Untuk menuju ke lokasi The jungle Water Adventure ini aksesnya cukup mudah, karena lokasinya strategis tak jauh dari tol Bogor, tepatnya di Bogor Nirwana Residence. Dan untuk menuju ke The Jungle ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Untuk Jam oprasionalnya, The Jungle Waterpark ini buka di hari senin sampai jumat mulai pukul 10.00-18.00 WIB dan di akhir pekan mulai pukul 9.00-18.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sendiri dibanderol mulai dari 80.000 hingga 100.000 rupiah per orangnya.

Lihat review selengkapnya di artikel The Jungle Bogor.

5. Jungleland Adventure Theme Park

Satu lagi tempat wisata yang berisi banyak wahana permainan di kota Bogor yang bisa jadi referensi untuk berlibur bersama keluarga dan teman, yaitu Jungleland Adventure Waterpark. Ada sekitar 37 wahana permainan yang dapat dicoba di tempat wisata seluas 35 hektar dan dapat menampung sekitar 37.000 orang ini.

Ke 37 wahana permainan tadi terbagi ke dalam 4 zona, yaitu Mysteria, Carnivallia, Tropicalia, dan juga Explora. Masing-masing wahana yang ada di keempat zona ini wajib dicoba karena mempunyai keseruannya tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Jungleland Haunted House
Image via: www.instagram.com/digitamagabumon

Di zona Mysteria pengunjung bisa menemukan 8 wahana permainan, yaitu Magic Bike, Snake Coaster, Mega Drop, Fire Pots, Boat Blaster, Jeep Tour dan Jump Around. Sedangkan di zonaCarnivaliaterdapat 13 wahanayaitu Daytona, Bumper Car, Air race, 3 Point Basketball, Kiddy land, Discovery, Disk O, Mini Drop, Haunted House, Ferrish Wheel, Rainbow Train, Midway Games, Mini Swinger dan Carousel.

Zona ketiga, yaitu Zona Tropicallia mempunyai 11 wahana permainan yang bisa dicoba, yaitu Convoy 6, Happy Swing, Harvest Time, Happy Train, Mini Bumper Car, Mini Ferris Wheel, North Pole, Ship Adventure, Texan Train, Water Flume dan Wave Swinger.

Sedangkan di Zona terakhir, yaitu Zona Explora pengunjung dapat merasakan keseruan bermain di 3 wahana, yaitu Octopus, Safari Dino, dan Animal Corner.

Lokasi tempat wisata Jungleland Adventure Theme park ini juga mudah di jangkau. Jika berkendara dari Jakarta bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar melalui tol Sentul City atau Tol Sirkuit Sentul.

Pengunjung juga bisa menggunakan shuttle bus dari wilayah Blok M, Grogol, atau Rawamangun untuk menuju ke Jungle Land Adventure Theme Park ini secara gratis.

Jungleland Wheel
Image via: www.instagram.com/ubay_grevan12

Jungleland Adventure Theme Park ini dibuka untuk pengunjung dari hari Senin sampai Jum’at jam 10.00-17.00 WIB dan pada akhir pekan dibuka mulai pukul 9.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya sendiri dibanderol mulai dari 150.000 rupiah per orangnya.

6. Taman Buah Mekarsari

Salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal dan menjadi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Bogor adalah Taman Buah Mekarsari. Sesuai dengan namannya, tempat wisata ini juga menjadi tempat konservasi dan pengembangan beragam jenis tanaman, khususnya buah-buahan.

Taman Buah Mekarsari Main
Image via: www.instagram.com/favscenery

Di tempat wisata Taman buah Mekarsari ini terdapat setidaknya 1.470 varietas buah dan sekitar 100.000 pohon dari beragam jenis dari seluruh wilayah indonesia dan mancanegara. Hal ini menjadikan Taman buah Mekasrsari seluas 264 hektar ini sebagai taman buah terbesar di dunia.

Ada beberapa hal yang bisa pengunjung lakukan di taman buah mekarsari ini. Antara lain berkeliling melihat taman buah ini dengan kereta, yang untuk menaikinya pengnjung dikenakan biaya 15.000 rupiah per orangnya.

Selain itu pengunjung juga bisa piknik di pinggir danau yang ada di taman ini bersama keluaga dan menikmati pemandangan yang indah di sekitar danau. Tentu juga kurang afdol rasanya jika berkunjung ke taman buah ini kalau tidak memetik buah yang ada di taman tersebut, terutama ketika sedang musim panen

Selain yang sudah disebutkan di atas, di taman buah mekarsari ini pengunjung juga bisamenikmati beberapa wahana permainan air seperti sepeda air,banana boat, kano dan perahu naga.
Berbicara mengenai wahana permainan air, di Taman buah Mekarsari juga terdapat taman permainan air bernama Water Kingdom seluas 5,2 hektar dan dapat menampung sekitar 15.000 pengunjung.

Selain beragam wahana permainan air, di taman biah mekarsari ini juga terdapat wahana permainan outbondseperti fying fox, spider web, rumah pohon, paintball dan lainnya. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan kota bogor dan taman buah Mekarsari dari menara setinggi 30 meter yang ada di tempat ini.

Taman Buah Mekarsari Culture
Image via: www.instagram.com/duniabuah_

Lokasi Taman buah Mekarsari yang ada di Cileungsi Bogor ini cukup mudah untuk dijangkau. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa melaluii Tol Jagorawi dan keluar di gerbang tol cibubur menuju Cileungsi kemudian berkendara selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke tempat wisata ini.

Untuk memasuki tempat wisata ini pengunjung membayar tiket masuk seharga 15.000 rupiah dan gelang RFID seharga 10.000 rupiah. Gelang RFID ini digunakan untuk mengisi saldo agar dapat bermain di wahana maupun berbelanja di Taman Buah Mekarsari.

Taman buah mekarsari dibuka uuntuk pengunjung hari senin sampai dengan jumat mulai dari jam 9.00-16,30 WIB. Untuk hari Sabtu dan Minggu dibuka mulai dari jam 08.00-17.00 WIB.

Lihat disini review Taman Buah Mekarsari

7. Little Venice Kota Bunga Bogor

Jika ingin merasakan suaasana ala kota Venezia di Italia, tak perlu jauh-jauh untuk terbang kesana. Di Bogor, tepatnya di kota puncak ada tempat wisata bernama Litte Venice, yang dibangun sedemikian rupa sehingga pengunjung yang datang dapat merasakan suasana seperti di kota Venezia, Italia.

Little Venice Couple
Image via: www.instagram.com/trisna_tiktok

Di tempat wisata seluas 125 hektar ini pengunjung bisa merasakan berkeliling naik perahu Gondola sambil menikmati bangunan-bangunan dengan arsitektur eropa. Keindahan lokasi wisata sangat pas dijadikan tempat untuk berfoto, bahkan untuk pemotretan pre wedding.

Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjun dikenakan tiket masuk mulai dari 25.000 rupiah per orangnya. Sedangkan untuk mengelilingi Little Venice menggunakan Gondola atau yang lainnya, pengunjung dikenakan biaya mulai dari 20.000 per orangnya

Little Venice kota bunga ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 9.00 pagi hingga 16.00 sore.

8. Pasar Ah Poong

Salah satu tempat wisata kuliner yang menjadi favorit untuk dikunjungi bersama teman atau saudara ketika ke Bogor adalah Pasar Ah Poong. Di tempat makan yang sudah dibangun sejak 2013 ini pengunjung bisa melihat pemandangan indah dari tepi sungai cikeas disertai dengan kesejukan suasana alam pegunungan.

Pasar Ahpoong
Image via: www.instagram.com/igers369ballamu

Walauun namanya pasar Ah Poong, pengunjung tidak akan berbelanja membeli makanan pada perahu-perahu yang mengapung di sungai tersebut. Pengunjung tetap membeli makanan pada kedai-kedai makanan yang sudah disediakan.

Pasar Ah Poong menyediakan 80 tenant yang menyajikan beragam kuliner nusantara maupun mancanegara yang terbagi menjadi 3 zona. Beberapa kuliner yang disajikan antara lain soto mie, mie kepiting, siomay bandung, tahu pong, serabi, dan masih banyak lagi.

Untuk sistem pembayaran di pasar ah poong sendiri menggunakan kartu deposit khusus dari Eat and eat. Kartu deposit ini hanya bisa digunakan di pasar ah poong saja dan tidak bisa digunakan di cabang Eat and eat lainnya.

Pengunjung bisa membeli kartu tersebut dan mengisi saldonya pada kasir yang ada di Pasar Ah Poong sebelum bertransaksi membeli makanan. Saldo yang ada id kartu tersebut berlaku selama 30 hari daan saldo minimun di kartu tersebut adalah 5.000 rupiah

Selain beragam kuliner yang disajikan, di pasar Ah poong ini pengunjung juga bisa mengitari sungai cikeas ini menggunakan perahu sampan secara gratis. Selain itu di Pasar Ah poon ini juga banyak terdapat wahana permainan yang tentu menambah keseruan ketika berwisata ke tempat ini.

Pasar Ah Poong Feature
Image via: www.instagram.com/murtiyarini

Pasar Ah Poong yang berlokasi di kawasan Sentul City ini dapat dijangkau dengan mudah. Jika dari Jakarta bisa berkendara menuju tol Jagorawi dan keluar di Exit Tol Sentul Selatan 1. Jika dari Arah Bogor bida keluar di Exit Tol Sentul Selatan 2.

Pasar Ah Poong ini buka dari hari senin sampai jumat pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Di hari sabtu, minggu dan hari libur nasional tempat wisata ini buka lebih awal, yaitu pukul 7.00 hingga 22.00 WIB.

9. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Ternyata tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang dan mengeluar untuk melihat keindahan bunga sakura. Di Bogor ada tempat wisata dimana pengunjung bisa menikmati keindahan pohon khas jepang ini.

Di Taman sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas ini ada sekitar 435 pohon dengan 7 jenis sakura yang sudah ditanam mulai sejak tahun 1938. Hebatnya lagi, jika di Negara asalnya, yaitu Jepang, bunga sakura hanya mekar sekali setahun saat musim semi, bunga sakura yang ada di Kebun raya Cibodas ini mekar 2 kali setahun, yaitu antara bulan Januari dan Februari serta bulan Juli dan Agustus.

Di tempat wisata ini pengunjung juga bisa piknik di tepi sungai menggelar tikar dan bercengkrama bersama teman atau keluarga sambil menikmati keindahan bunga sakura. Jika tidak membawa tikar, pengunjung bisa menyewa tikar disini seharga 5.000 per jamnya.

Selain piknik tentu pengunjung tidak lupa berfoto untuk mengabadikan keindahan tempat wisata ini. Ya, di taman sakura yang ada di kebun raya Cibodas ini kuga sering digunakan uuntuk pemotretan dan juga foto pre wedding karena latar pemandangannya yang indah.

Taman Sakura Cibodas
Image via: www.instagram.com/c.i.s.k.4

Taman Sakura ini masih berada di Lingkungan Kebun Raya Cibodas. Selain Raman Sakura, pengunjung juga dapat melihat taman lainnya Taman Lumut, Taman Rhododendron, dan juga bisa melihat koleksi tanaman lainnya yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Lokasi Lebun Raya Cibodas ini berada sekitar 85 km dari Jakarta, yang jika menggunakan kendaraan pribadi dapat ditempuh 90 menit perjalanan. Untuk menuju ke Kebun Raya Cibodas ini bisa juga menggunakan kendaraan umum dari persimpangan Cimacan atau pasar Cipanas.

Untuk masuk ke Kebun Raya Cibodas ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 9.500 perorangnya. Jika membawa motor pengunjung dikenakan biaya tamabhan 5.000 rupiah dan mobil 16.000 rupiah jika ingin membawa berkeliling ke kebun raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

10. Taman Wisata Matahari

Tempat wisata di Bogor yang satu ini selain mempunyai banyak wahana permainan yang seru juga bisa menjadi sarana mengkedukasi anak-anak untuk lebih dekat dengan alam. Beberapa wahana yang ada seperti wahana Agro sawah, wahana ternak, wahana pendidikan alam, dapat mengkedukasi anak-anak untuk semakin mengenal dan dekat dengan alam.

Selain untuk pendidikan, ada juga beragam wahana permainan yang seru seperti waterpark, sepeda air, perahu motor, dan masih banyak lagi. Di Taman Wisata Matahari ini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam Gunung Gede Pangrango dan sungai Ciliwung dari menara pandang setinggi 12 meter.

Taman Wisata Matahari 1
Image via: www.instagram.com/tamanwisatamatahari

Taman wisata Matahari ini belokasi di Jalan Raya Puncak KM 77 Cisarua, Bogor. Jaraknya dapat di tempuh kurang lebih 2 jam dari Jakarta, bila melalui tol Jagorawi dan keluar di tol Gadok menuju Cisarua.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam juga sudah banyak tempat penginapan yang tersedia di sekitar tempat wisata ini, seperti wumah menado, hotel matahari, Villa Ciliwung, dan lainnya.

Untuk masuk ke Taman Matahari pengunjung dikenakan tiket sebesar 50.000 rupiah pada hari biasa dan 60.000 rupiah di akhir pekan atau hari libur. Taman Wisata Matahari itu sendiri dibuka setiap Senin sampai Jumat mulai pukul 8.00-16.00 WIB dan di akhir pekan dan hari libur buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore WIB.

11. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Satu lagi tempat wisata alam yang cukup populer dan bisa menjadi rekomendasi wisata di Bogor adalah Taman wisata alam Gunung Pancar. Tempat wisata alam Gunung Pancar seluas 4.475 ini terletak di puncak Gunung Pancar di ketinggian 800 mdpl.

Di tempat wisata ini pengunjung akan menemukan hutan pinus yang memberikan suasana sejuk dan romantis. Maka tak heran, tempat wisata alam Gunung Pancar ini sering menjadi lokasi pemotretan, terutama untuk pemotretan pre wedding karena suasananya itu.

Gunung Pancar
Image via: www.instagram.com/remax.project

Setelah puas berkeliling menelusuri hutan pinus di Taman Wiisata alam Gunung pancar ini, pengunjung juga bisa berelaksasi di permandian air panas yang letaknya tak jauh dari tempat wisata ini. Tempat pemandian air panas ini juga buka 24 jam dengan tarif yang dibayarkan sekitar 15.000-25.000 rupiah per orang.

Jika ingin bermalam di Taman Wisata Gunung pancar ini, pengunjung pun juga bisa berkemah di Tempat wisata Alam Gunung Pancar ini. Pihak pengelolapun sudah menyediakan beragam paket camping untuk pengunjung.

Untuk Masuk ke kawasan tempat wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk 5.000 rupiah per orangnya. Jika membawa kendaraan roda 4 dikenakan tambahan biaya 10.000 dan jika membawa kendaraan roda 2 dikenakan biaya tambahan 5.000 rupiah per kendaraan.

Lihat disini untuk review Gunung Pancar

12. Gunung Munara

wisata Gunung munara bogor

Salah satu gunung yang menjadi tujuan hiking dan trekking di Bogor. Gunung Munara cukup mudah di jangkau. Daya tarik dari gunung ini adalah view indah dan lepas yang bisa anda nikmati saat mencapai puncaknya nanti.

Silahkan lihat review Gunung Munara disini.

13. Devoyage Bogor

spot foto di devoyage bogor
image dari https://www.instagram.com/ikram_ajb/

Devoyage bisa dikatakan salah satu tempat wisata di Bogor yang terbilang masih baru. Meski demikian, tempat ini langsung menyedot banyak pengunjung. Devoyage Bogor menawarkan wisata foto dengan berbagai wahana dan spot indah.

Review selengkapnya simak di artikel Devoyage Bogor.

14. Curug Ciherang

Curug Ciherang Swim
Image via: www.instagram.com/hanifsyaifulloh

Mau bermain air? Curug Ciherang bisa anda jadikan tujuan. Tempat ini masih terbilang alami, sehingga bisa dinikmati lebih nyaman. Tidak hanya air terjun saja, anda juga bisa berfoto di rumah pohon dan jembatan gantung yang berada tidak jauh dari curug Ciherang.

Simak artikel selengkapnya di review Curug Ciherang

15. Kawah Ratu Gunung Salak

Kawah Ratu Boys
Image via: www.instagram.com/agungbharoto

Anda suka hiking? Kawasan Kawah Ratu di Gunung Salak bisa anda jadikan tujuan nih. Anda bisa menyusuri jalur hiking sepanjang kurang lebih 5 KM sampai menuju ke lokasi. Tentunya, suasana masih alami dan asri banget. Siapkan saja fisik yang cukup prima ya..

Lihat selengkapnya di review Kawah Ratu di Gunung Salak.

16. Taman Bunga Nusantara

menara pandang taman bunga bogor 1

Sebetulnya secara adminsitratif, Taman Bunga Nusantara berada di kawasan Cianjur. Tapi karena terbilang dekat dari Puncak, maka sering disebut juga Taman Bunga Nusantara Bogor. Di taman agrowisata ini, anda bisa menikmati keindahan taman yang tertata rapi dan indah, dengan fasilitas yang lengkap.

Simak review selengkapnya di artikel Taman Bunga Nusantara.

17. Curug Nangka

Curug Nangka Fresh 1
Image via: www.instagram.com/yvonnevisse

Salah satu air terjun di Bogor yang banyak di kunjungi adalah Curug Nangka. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 25 meter saja. Meskipun demikian, tempat ini memiliki keindahan yang masih alami. Anda juga bisa sedikit berpetualang saat menempuh jalan ke curug Nangka.

Simak reviewnya di artikel Curug Nangka

18. Kuntum Farmfield

Kuntum Farm Horse Riding
Image via: www.instagram.com/funwithnayfa

Mencari tempat wisata keluarga di Bogor yang cocok buat si kecil? Kuntum Farmfield bisa anda jadikan pilihan. Tidak hanya suasananya yang adem dan segar, di tempat ini si kecil bisa mengikuti berbagai kegiatan dan petualangan yang seru.

Simak reviewnya di artikel Kuntum Farmfield

19. Museum Zoologi

Museum Zoologi Koleksi Purba
Image via: www.instagram.com/yoexplore

Terletak di dalam area Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi menarik juga buat dikunjungi lho. Disini kita bisa berwisata sambil mengenalkan aneka ragam hewan pada anak. Ngga hanya hewan yang sekarang ada, tapi juga terdapat berbagai koleksi hewan pra sejarah. Si kecil bakal ternganga melihat kerangka dinosaurus yang dipajang di sini.

Simak reviewnya di artikel Museum Zoologi.

Demikian info beberapa tempat wisata di Bogor yang populer di kalangan wisatawan. Anda bisa klik pada setiap link yang tersedia untuk melihat review selengkapnya dari berbagai tempat wisata di Bogor ini.

Selamat berlibur!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.