23 Tempat Wisata di Cirebon, Yang Hits Dan Perlu Anda Kunjungi

|

Tempat wisata di Cirebon kaya akan nilai sejarah dan budayanya, seperti kita ketahui bahwa Cirebon memiliki sejarah panjang yang menjadikannya sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

Cerita sejarah yang kental dan sangat terkenal ialah kisah dari Ampel dan Sunan Gunung Jati, yang merupakan bagian dari Wali Songo dimana bertugas untuk menyebarkan ajaran agama Islam.

Selain kental akan nilai sejarah dan budaya, Cirebon juga memiliki beberapa tempat wisata hits dan kekinian yang dapat menjadi referensi wisata untuk liburan nanti.

Keragaman tempat wisata yang tersuguh di Kota Udang ini siap menemani masa liburan Anda, mulai dari wisata sejarah, ziarah, belanja, hutan, hingga waterland.

Tempat Wisata di Cirebon

Berikut 23 tempat wisata di Cirebon yang layak dikunjungi untuk mengisi liburan Anda dan keluarga.

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

landmark keraton kasepuhan cirebon
landmark keraton kasepuhan cirebon. google maps. sumber: Renny Anggraeni

simak: keraton kasepuhan cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon bukan hanya sekedar bangunan biasa, karena merupakan saksi sejarah awal mulai terbentuknya Cirebon serta perkembangan sejarah perkembangan Islam di Jawa Barat.

Arsitektur dari Keraton Kasepuhan sendiri memiliki konsep akulturasi dari kebudayaan Jawa, Tiongkok, dan Eropa. Dan memiliki dua gerbang utama yang kaya akan nilai filosofis.

  • Lokasi: Jl. Kasepuhan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

2. Keraton Kanoman Cirebon

area keraton kanoman cirebon
area keraton kanoman cirebon. google maps. sumber: Estebu Manis Seger

simak: keraton kanoman cirebon

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Menurut sejarahnya, keraton Kanoman Crebon dibangun karena terjadi perselisihan dalam menentukan pewaris Keraton Kasepuhan.

Dalam perjalanan sejarahnya, Keraton Kanoman Cirebon kemudian difungsikan sebagai tempat kediaman wakil sultan. Dan masih ditempati oleh Sultan Ke dua belas yang bernama Raja Muhammad Emiruddin beserta anggota keluarganya.

Keraton Kanoman memiliki area yang cukup luas, yakni dibangun di atas tanah seluas 6 hektar. Dengan memiliki beberapa pintu masuk yang memiliki nama dan fungsinya tersendiri.

  • Lokasi: Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 -17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

salah satu masjid bersejarah di cirebon
salah satu masjid bersejarah di cirebon. google maps. sumber: Wisnu Widiyantoro

simak: masjid agung sang cipta rasa

Keberadaan Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang layak dikunjungi. Lokasinya berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Nah, selain bisa berwisata sejarah, pengunjung juga bisa sekaligus berwisata religi.

 

Tak hanya menarik dari sisi arsitektur bangunan yang indah saja, tetapi masjid ini juga memiliki keunikan pada bangunannya. Pintu masuk di masjid agung ini sengaja didesain tidak terlalu tinggi sehingga pengunjung harus menundukkan tubuhnya untuk bisa masuk.

  • Lokasi: berada di kawasan Keraton Kasepuhan
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

4. Makam Sunan Gunung Jati

tempat wisata religi
tempat wisata religi. google maps. sumber: Abror Jogjatrip

simak: makam sunan gunung jati

Keberadaan Makam Sunan Gunung Jati menambah deretan tempat wisata di Cirebon yang layak dikunjungi. Objek wisata yang satu ini merupakan tempat wisata ziarah yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Selain Makam Sunan Gunung Jati disini kamu juga akan mendapati makam Putri Ong Tien Nio, yang merupakan istri dari Sunan Gunung Jati keturunan Cina.

  • Lokasi: Jl. Alun-Alun Ciledug, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

5. Gua Sunyaragi

landmark gua sunyaragi
landmark gua sunyaragi. google maps. sumber: Tommy Tjahjono

simak: gua sunyaragi

Sunyaragi berasal dari bahasa Sansekerta, sunya yang berarti sunyi dan ragi yang artinya raga. Gua Sunyaragi disebut juga dengan Taman Sari Sunyaragi yang berbeda dengan tempat wisata gua pada umumnya, nggak ada tuh gelap-gelapan.

Di sini kamu akan dapat menyusuri setiap gua yang ada serta beberapa bangunan lainnya, Gua Sunyaragi merupakan gua buatan yang memiliki daya tarik utama ialah bentuk bangunnya yang dihiasi oleh batuan karang hampir di setiap sisinya.

  • Lokasi: Jl. By Pass Brigjen Dharsono, Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.30
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

6. Kawasan Batik Trusmi

kawasan wisata batik trusmi
kawasan wisata batik trusmi. google maps. sumber: Aura Sutra Mahrani

simak: kawasan batik trusmi

Selain udang, Cirebon juga dikenal dengan motif batik mega mendungnya. Batik merupakan kain khas yang berasal dari Indonesia, yang sudah diakui oleh dunia dan setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri.

Untuk berbelanja batik khas Cirebon ini, dapat hunting di Kawasan Batik Trusmi yang sudah ada sejak dulu. Dan selalu menjadi tujuan utama para pelancong yang datang dari luar daerah Cirebon.

  • Lokasi: Jalan Trusmi, Desa Plered, Kabupaten Cirebon
  • Jam buka: 08.00 – 21.00
  • Tiket masuk: gratis

7. Situ Sedong

situ sedong surganya memancing
situ sedong surganya memancing. google maps. sumber: Jejak Wisata

simak: situ sedong

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya bernama Situ Sedong atau Setu Sedong yang merupakan danau buatan dengan memiliki fungsi sebagai irigasi pertanian yang ada di sekitarnya.

Situ Sedong berada di ketinggian sekitar 300 mdpl, dengan menyajikan pemandangan yang indah. Bisa dibilang Situ Sedong merupakan surganya para mancing mania.

  • Lokasi: Desa Sedong, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

8. Wanawisata Ciwaringin

simak: wanawisata ciwaringin

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini terletak di Desa Ciwaringin. Sebagai objek wisata hutan, Wanawisata Ciwaringin menyajikan panorama yang indah. Banyak pepohonan rindang yang menyejukkan dan tentu saja menyegarkan. Uniknya, di sini terdapat banyak pohon kayu putih.

Kegiatan yang dapat dilakukan ketika berada di Wanawisata Ciwaringin selain menikmati alamnya yang sejuk, ialah memancing di Danau Ciranca.

  • Lokasi: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

9. Desa Wisata Cikalahang

pemandangan yang indah
pemandangan yang indah. google maps. sumber: Irvan Fajar

simak: desa wisata cikalahang

Apa sih yang tidak ada di Cirebon? Mulai dari wisata sejarah, ziarah, belanja, hingga kuliner tersaji di kota ini. Salah satunya adalah Desa Wisata Cikalahang yang semakin menambah panjang daftar tempat wisata di Cirebon yang mesti dikunjungi.

Desa Wisata Cikalahang, adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Dukupantang, cocok banget buat kalian yang mau berlibur ngabisin Quality time bareng orang terkasih atau healing sendirian.

Suasana khas pedesaan akan terasa begitu kental di sini, oh iya Desa Wisata Cikalahang juga berdampingan dengan Telaga Remis loh.

  • Lokasi: Desa Cikalahang, Kec. Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

10. Banyu Panas Palimanan

kolam terapi
kolam terapi. google maps. sumber: imas Badriyah hayati

simak: banyu panas palimanan

Banyu Panas Palimanan merupakan kolam air panas alami yang tidak sengaja ditemukan, namun akhirnya dapat menjadi lokasi wisata yang digemari.

Dimana kamu dapat berendam di kolam air panasnya yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit ataupun penyakit lainnya.

  • Lokasi: Desa Palimanan, Kecamatan Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

11. Taman Ade Irma Suryani

taman ade irma suryani
taman ade irma suryani. google maps. sumber: Frinda Jeane

simak: taman ade irma suryani

Taman Ade Irma Suryani atau saat ini bernama Cirebon Waterland, merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang tidak pernah sepi pengunjung.

Betapa tidak, di Ade Irma Waterland ini dilengkapi fasilitas yang akan membuat siapa saja nyaman. Dan terdapat penginapan di tepi laut juga, untuk kamu yang datang dari luar Cirebon.

  • Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

12. Apita Waterboom

apita waterboom
apita waterboom. google maps. sumber: Jajang Hermawan

simak: apita waterboom

Apita Waterboom merupakan tempat yang menjadi favorit bagi anak-anak, dimana tersedia area kolam renang yang dilengkapi dengan beragam keseruan lainnya.

Apita Waterboom memiliki tiga jenis kolam, yakni kolam renang, kolam hujan, dan juga kolam prestasi. Yang menjadi nilai plus nya ialah di suasananya yang adem banget, dengan ditumbuhi banyak pepohonan di setiap sisinya.

  • Lokasi: berada di belakang Hotel Apita
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 20.000,-

13. Belawa Cirebon

tempat wisata cikuya belawa
tempat wisata cikuya belawa. google maps. sumber: hanii k

simak: belawa cirebon

Belawa Cirebon  atau nama tempat wisatanya Cikuya merupakan destinasi wisata dan edukasi keluarga di Cirebon yang menyuguhkan keunikan hewan kura kura khas Belawa.

Kura-Kura Belawa memiliki nama latin Aquatic Tortose Ortilla Norneensis adalah jenis kura kura yang tempurungnya mirip punggung manusia dan spesies ini hanya ada di Desa Belawa, Cirebon.

  • Lokasi: Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-

14. Masjid Merah Cirebon

masjid merah panjunan
masjid merah panjunan. google maps. sumber: Linah Sapitri

simak: masjid merah cirebon

Masjid Merah Cirebon merupakan masjid bersejarah karena merupakan saksi bisu akan penyebaran Islam di Cirebon. Di Masjid Merah inilah para wali disahkan oleh Sunan Gunung Jati.

Sesuai dengan namanya Masjid ini memiliki warna dominan yaitu merah, dan dinding bagian dalamnya dihiasi oleh keramik yang berornamen khas Cina.

Keberadaanya tak dapat dipisahkan dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa, karena kegiatan shalat Jumat kemudian dipindahkan ke masjid tersebut hingga saat ini.

  • Lokasi: Jl. Panjunan No.43, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

15. Museum Trupak

trupak museum
trupak museum. google maps. sumber: Pras

simak: museum trupak

Museum Trupak  salah satu tempat wisata edukasi tentang batik yang ada di Cirebon, dimana kamu akan mengetahui jenis-jenis batik khususnya batik khas Cirebon.

Museum Trupak tak seperti museum-museum pada umumnya, yang terlihat monoton dan membosankan. Dengan menyuguhkan konsep kekinian, membuat kita lebih betah melihat-lihat koleksi batik yang ada di sini.

  • Lokasi: berada di kawasan sentra Batik Trusmi
  • Jam buka: 08.00 – 20.00
  • Tiket masuk: Rp. 50.000,-

16. Wisata Kera Plangon Cirebon

serbuan kawanan monyet
serbuan kawanan monyet. google maps. sumber: Hilman Firdaus Hasan

simak: wisata kera plangon cirebon

Selanjutnya merupakan tempat wisata yang dibilang unik, namun memiliki kisah dan sejarah. Di tempat wisata ini kedatanganmu akan disambut oleh ratusan ekor monyet.

Selain itu, di Puncak Plangon terdapat dua buah makam yang dikeramatkan. Yakni makam dari Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan, yang menjadi tujuan berziarah pengunjung yang datang ke objek wisata Kera Plangon.

  • Lokasi: di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-

17. Pantai Kejawanan Cirebon

berfoto bersama senja
berfoto bersama senja. google maps. sumber: Gina Febiana

simak: pantai kejawanan cirebon

Pantai Kejawanan Cirebon dapat menjadi tujuan wisata bahari anda ketika berada di Cirebon, setelah sebelumnya kita ulas tentang pesona batiknya, wisata ziarahnya, dan desa wisatanya.

Pantai Kejawanan atau disebut juga Pelabuhan Kejawanan memiliki spot memancing yang selalu ramai dikunjungi, apalagi jika weekend tiba.

  • Lokasi: Desa Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 6.000,-

18. Waterpark Kyai Masni Cirebon

waterpark kyai masni ciperna
waterpark kyai masni ciperna. google maps. sumber: Iim Rohimah

simak: waterpark kyai masni

Waterpark Kyai Masni atau sering pula disebut Waterpark Ciperna merupakan tempat wisata di Cirebon yang menggabungkan antara wahana air modern dengan sentuhan alam yang menyejukkan.

Selalu menjadi tujuan untuk berlibur bersama keluarga, dengan menikmati fasilitas yang ada seperti kolam renang, taman cantik, mini zoo, danau, spot foto kekinian, dan lain sebagainya. Yang akan membuat kalian betah bermain di Waterpark Kyai Masni ini.

  • Lokasi: Perumahan Taman Kota, Jalan Sudirman, Desa Ciperna, Kecamatan Talun, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.30
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

19. Telaga Remis

wahana permainan yang ada
wahana permainan yang ada. google maps. sumber: Agung Munizar

simak: telaga remis

Telaga Remis atau orang sunda biasa menyebutnya Talaga Remis, merupakan sebuah tempat wisata di Sumedang yang pernah dibuat menjadi sebuah lagu pop sunda sekitar tahun 80 hingga 90an.

Suasana di Telaga Remis juga terkenal dengan kesejukannya, alamnya yang masih asri dipadukan dengan adanya wahana permainan membuatnya cocok untuk dikunjungi weekend ini bersama keluarga tercinta.

  • Lokasi: berada di Kabupaten Kuningan namun secara geografis lebih dekat ke Cirebon.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 7.500,-

20. Bukit Gronggong

panorama alam yang indah
panorama alam yang indah. google maps. sumber: John Arif

simak: bukit gronggong

Bukit Gronggong menjadi pilihan yang tepat untuk anda kunjungi bersama pasangan. Bukan hanya karena pemandangannya yang indah, akan tetapi tempat ini juga memiliki kesan romantis apalagi ketika malam tiba

Berbeda dengan Bukit Bambu, Bukit Gronggong memberikan kita suasana makan di atas bukit yang akan memberikan pemandangan yang sangat indah.

  • Lokasi: Desa Patapan, Kec. Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

21. Bukit Bambu

alam yang sejuk
alam yang sejuk. google maps. sumber: Asep Darmana

simak: bukit bambu

Bukit Bambu merupakan tempat wisata yang bertema sesuai dengan namanya yaitu bambu, dimana kamu bisa berlibur sekaligus bisa belajar mengenai apa yang bisa dimanfaatkan dari tanaman bambu tersebut.

Dengan keindahan dan kesejukannya, Bukit Bambu juga sering menjadi tempat pemotretan prewed ataupun perhelatan pernikahan yang romantis.

  • Lokasi: Jl. Raya Beber, Patapan, Kec. Beber, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

22. Batu Lawang

berfoto bersama landmark batu lawang
berfoto bersama landmark batu lawang. google maps. sumber: Dwinov Azzahra

simak: batu lawang

Batu Lawang merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Cirebon. Bagaimana tidak, Wisata Batu Lawang ini mampu menyajikan hamparan keindahan dibalik ketinggiannya yang mempesona.

Selain karena keindahan alamnya, pihak pengelola Batu Lawang juga menyediakan fasilitas yang terhitung lengkap mulai dari tempat parkir yang luas, wahana bermain anak, hingga spot foto yang instagramable.

  • Lokasi: Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 hingga 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

23. Cirebon Waterland

dilengkapi seluncuran seru
dilengkapi seluncuran seru. google maps. sumber: Charman Sidik

simak: cirebon waterland

Cirebon Waterland dulunya bernama Taman Ade Irma Suryani, merupakan sebuah tempat wisata di Cirebon yang digadang-gadang sebagai satu-satunya taman rekreasi yang ada di Cirebon.

Fasilitas wisata di Cirebon Waterland sangat lengkap, mulai dari arena bermain, kolam renang, restoran, hingga penginapan atau cottage yang berada di tepi pantai.

  • Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

Cirebon, kota di jalur pantura dengan tempat wisata yang mempesona. Sejarah yang panjang dan keunikan budaya kota ini terjawantahkan pada tempat-tempat wisata yang layak dikunjungi.

Mulai dari wisata sejarah, ziarah, religi, belanja, kuliner, hingga hiburan yang pastinya memiliki dan mampu memberikan kesan tersendiri. Kota ini cocok banget buat destinasi liburan anda.