Review Tempat Wisata Di Ciwidey Terbaik Untuk Anda!

0

Tempat wisata di Ciwidey identik dengan wisata alam di Bandung. Wajar aja sih, karena memang sebagian besar tempat wisata disini mengandalkan keindahan alam Bandung Selatan.

Berada di dataran tinggi, tempat wisata di Ciwidey di dominasi suguhan pemandangan pegunungan, kebun teh, kawah, dan juga pemandian air panas. Buat anda yang ingin melepas penat dengan melihat pemandangan yang indah, area Ciwidey dan sekitarnya cocok banget untuk anda kunjungi.

dago dream park
dago dream park info

Nah, disini kami kumpulkan informasi seputar rekomendasi tempat wisata di Ciwidey, info seputar ciwidey, juga transportasi dan jalan ke Ciwidey.

Seputar Kawasan Ciwidey

Sebetulnya sih, sebagian besar tempat wisata terkenal di Bandung selatan sekarang ada di kecamatan Rancabali, hasil dari pemekaran kecamatan Ciwidey. Tapi, pengunjung dari luar daerah sini sudah lebih mengenalnya sebagai satu area saja; Ciwidey.

Kawasan Ciwidey dan Rancabali berada didalam wilayah kabupaten Bandung. Letaknya berada di Bandung selatan. Jika anda ingin menuju ke pantai-pantai di jalur selatan jawa barat, bisa juga menggunakan rute ini. Nanti akan keluar di pantai Jayanti Cianjur.

Lihat juga: daftar tempat wisata di Lembang lengkap.

Cara Menuju Ke Ciwidey

Jika menggunakan mobil, sekarang lebih mudah dan cepat setelah adanya Tol Soroja. Anda tinggal masuk tol, menuju ke tol soroja, dan keluar di Soreang, dekat dengan kantor Pemkab Bandung. Dari sini, tinggal mengikuti jalan ke arah Ciwidey.

Jika menggunakan motor, bisa melalui rute jalan kopo – Soreang – Ciwidey – Rancabali.

Anda juga bisa menggunakan angkutan umum, hanya saja waktu tempuhnya lebih lama. Anda bisa naik Elf atau mobil L300 dari terminal Leuwi Panjang menuju ke terminal Ciwidey. Dari sana disambung dengan angkot ke arah Rancabali.

Menurut pendapat saya sih, lebih direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa (mobil/motor). Angkutan umum di area Rancabali – Ciwidey rada sulit, akan lebih mudah menjelajahi tempat wisata menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat Wisata di Ciwidey – Rancabali

Nah, berikut ini adalah tempat-tempat wisata di Ciwidey dan Rancabali yang bisa anda kunjungi. Anda bisa melihat ulasan lebih lengkap dari setiap tempat wisata melalui artikel khusus tentang tempat wisata dibawah ini.

Ciwidey Valley Hotspring Waterpark

ciwidey valley resort bandung
ciwidey valley resort bandung , image: ciwideyvalley.com

Ciwidey Valley Resort adalah hotel sekaligus waterpark yang terletak di Ciwidey. Masih terhitung baru, tapi sudah dikenal oleh wisatawan. Tempatnya strategis banget. Jika anda ke Ciwidey pasti akan melewati tempat ini.

Salah satu icon di tempat ini yang langsung terlihat dari jalan adalah miniatur gunung api dengan kepulan asapnya yang khas.

Kawah Putih

kawah putih ciwidey
image: instagram.com/95ellma_/

Sebagai salah satu daya tarik utama di kawasan Bandung Selatan, tempat wisata Kawah Putih sering jadi tujuan utama pengunjung. Kawah putih merupakan bekas letusan gunung Patuha di masa lampau. Aktivitasnya masih lumayan, air panas dan bau belerang disini masih lumayan terasa pekat.

Daya tarik utama disini adalah kawasan kawah yang bisa anda datangi langsung ke sisinya. Udah tertata juga lho, kita bisa mengitari area sekitar kawah putih menggunakan jalan yang sudah teratur dan tertata rapi.

Anda bisa naik kendaraan umum atau pribadi sampai ke parkiran kawah putih, lalu disambung dengan angkutan khusus (ontang-anting) sampai ke area kawah. Bisa aja sih menggunakan mobil pribadi sampai atas, tapi tiketnya beda lagi dan lumayan mahal.

Kampung Cai Ranca Upas

ranca upas bandung
image: instagram.com/p_haikall/

Tidak terlalu jauh dari setelah Kawah Putih, disebelah kanan anda akan menemukan gerbang masuk ke area Ranca Upas. Btw, Ranca Upas dan Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat yang sama. Nama Kampung Cai Ranca Upas adalah nama baru dari area ini.

Sesuai namanya, disini terdapat waterpark yang bisa anda gunakan sekeluarga. Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai tempat camping di Ciwidey – Rancabali. Areanya luas banget, anda bisa memilih banyak spot yang bagus untuk camping baik bersama keluarga ataupun oganisasi.

Selain itu, banyak spot indah juga lho. Salah satu yang paling populer adalah penagkaran rusa. Rusa-rusa jinak disini asyik banget diajak berfoto. Mau prewedding? bisa banget. Harganya juga terhitung murah dibandingkan tempat lain.

Cek juga: daftar tempat wisata di Dago Bandung

Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Rancabali

bang qubil - jembatan danau glamping lakeside rancabali
jembatan situ patenggang glamping lakeside rancabali

Nah, tempat ini saya pikir jadi salah satu primadona di kawasan wisata Rancabali – Ciwidey. Wajar saja sih, areanya luas dan ada di pinggir Situ Patenggang.

Icon paling terkenal disini adalah Pinisi resto, restoran berbentuk perahu yang menghadap ke situ Patenggang. Benar-benar sebesar perahu lho, bukan cuma miniatur doangan. Selain itu, disini juga terdapat berbagai spot lain yang bisa dikunjungi bersama keluarga seperti taman kelinci, taman angsa, dan lain-lain.

Jangan lewatkan juga teras bintang, sebuah platform yang dirancang khusus untuk melihat keindahan area sekitar dari ketinggian.

teras bintang glamping lakeside bandung - balcony view

Situ Patenggang

situ patenggang - dari gerbang

Selain Kawah Putih dan Ranca Upas, area Situ Patenggang juga menjadi salah satu tempat wisata utama disini sedari dulu. Anda bisa menikmati keindahan alam Situ Patenggang dari dekat. Fasilitasnya juga cukup lengkap.

Perlu di ingat, gerbang masuk ke Situ Patenggang berbeda dengan gerbang masuk ke Pinisi resto dan Glamping lakeside. Meskipun begitu dua-duanya berada di pinggir situ patenggang juga kok. Jadi anda bisa pilih salah satu saja kalau mau. Kalau saya pribadi lebih merekomendasikan ke Pinisi resto saja.

Gerbang masuk ke Situ Patenggang terletak tidak jauh setelah gerbang ke Pinisi Resto.

Tempat-tempat di atas bisa dikatakan tempat wisata di Ciwidey – Rancabali yang utama. Selain itu, terdapat juga banyak tempat wisata alternatif yang bisa anda kunjungi juga.

Beberapa tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi antara lain:

Barusen Hills Ciwidey

barusen hills ciwidey
image: infobdg.com

Barusen Hills Ciwidey berbeda rute dengan kawasan wisata di Rancabali seperti kawah putih, dan Ranca Upas. Lokasinya berada di daerah Gambung. Dari Ciwidey nanti terdapat pertigaan ke arah Rancabali dan ke arah Gambung. Untuk menuju ke Barusen Hill, arahkan kendaraan ke rute Gambung.

Tempat ini terhitung masih baru, tapi langsung hits dikalangan pengunjung. Sekarang, fasilitas dan suasanyanya sudah lebih bagus dibanding dulu.

Pemandian Air Panas Ciwalini

pemandian air panas ciwalini
pemandian air panas ciwalini, source: google maps

Kolam air panas Ciwalini adalah salah satu pemandian air panas di Ciwidey – Rancabali. Disini terdapat kolam air panas, waterboom, dan juga villa yang bisa disewa pengunjung.

Lokasinya berada di pinggir jalan antara Ranca Upas dan Situ Patenggang, jadi mudah untuk dicapai kendaraan.

Taman Kelinci Ciwidey

taman kelinci ciwidey
taman kelinci ciwidey, image: http://namnamstory.blogspot.co.id

Sesuai namanya, di taman kelinci ciwidey anda bisa mengajak sikecil untuk bermain bersama kelinci-kelinci lucu disana. Tentunya ini bakal membuat mereka senang sekali. Tempat ini cocok sebagai alternatif tujuan setelah atau sebelum mengunjungi tempat wisata lain di Ciwidey – Rancabali.

Lokasinya berada tidak terlalu jauh dari Ciwidey, dan dengan mudah bisa diketahui dari adanya patung kelinci besar di gerbangnya.

Kawah Rengganis / Kawah Cibuni

kawah rengganis ciwidey
kawah rengganis ciwidey image: elodie thiel, google map contributor

Kawah Rengganis adalah kawah lain yang terdapat di area Rancabali. Berbeda dengan kawah putih, kawah rengganis terdiri dari batu-batuan dengan air panas yang mengalir di sela-selanya. Selain itu, pengunjung juga bisa memasuki area kawah dan berendam.

Lokasi kawah rengganis terletak setelah Situ Patenggang.

Perkebunan Teh Rancabali

kebun teh rancabali
kebun teh rancabali, image instagram.com/skipwae_/

Bukan tempat wisata sih sebetulnya, tapi area perkebunan Rancabali yang rapi dan indah membuat banyak pengunjung sengaja berhenti untuk menikmati keindahannya. Kebun teh Rancabali terletak diantara kawah putih – situ patenggang.

Terdapat banyak spot indah yang bisa anda nikmati disini. Jika anda menuju ke Glamping lakeside, jalan dari gerbang ke lokasi juga membelah kebun teh Rancabali. Ngga kalah indahnya!

Lihat disini daftar tempat wisata di Bandung lengkap.

Glamping Di Ciwidey

Selain tempat-tempat wisata diatas, di kawasan Ciwidey dan Rancabali juga terdapat beberapa Glamping (glamorous camping). Tempat menginap berkonsep mewah dan premium ini lumayan cukup populer di kalangan pengunjung.

Bagi anda yang mencari tempat menginap ekslusif dengan suasana berbeda dengan hotel, bisa coba beberapa tempat dibawah ini:

D Riam Riverside Resort Ciwidey

d riam riverside resort
d riam riverside resort

Berada tidak terlalu jauh dari pusat kota Soreang, D Riam resort bisa jadi alternatif menginap saat anda berlibur ke Ciwidey.

Legok Kondang Lodge Ciwidey

glamping legok kondang lodge ciwidey
glamping legok kondang lodge ciwidey

Glamping di Legok Kondang Lodge Ciwidey bisa dikatakan salah satu pelopor konsep glamping di Ciwidey. Selain glamping, terdapat juga berbagai kegiatan outdoor dan permainan lain yang bisa diikuti. Cocok untuk kegiatan organisasi ataupun keluarga.

Glamping Lakeside Rancabali

glamping lakeside rancabali bandung - tent resort
glamping lakeside rancabali bandung – tent resort

Masih satu grup dengan Legok Kondang Lodge, konsep glamping disini lebih unik lagi. Tempat menginap yang tersedia berada di pinggir danau/situ patenggang langsung. Dengan pemandangan lepas ke arah danau, tentunya suasana yang didapat bakal berbeda dengan menginap di tempat lain.

Semoga informasi tempat wisata di Ciwidey dan Rancabali Bandung ini bisa berguna untuk anda. Jika ada pengalaman menarik saat berkunjung kesini, silahkan share untuk pengunjung lain di komentar ya..

Selamat berlibur!

80%
Awesome
  • Kenyamanan/Keindahan
  • Akses Lokasi
  • Fasilitas
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.