6 Tempat Wisata di Ho Chi Minh, Beragam Tema Menjadi Satu

Tempat wisata di Ho Chi Minh dapat menjadi referensi kamu ketika berkunjung ke Vietnam. Ho Chi Minh merupakan kota terbesar yang ada di Vietnam, dulunya bernama Prey Nokor kemudian berubah lagi menjadi Saigon.

Ketika berada di Ho Chi Minh, kamu akan menemukan beragam tempat wisata dengan tema yang beragam. Mulai dari yang bertema alam, sejarah, bahkan belanja-belanja.

ho chi minh city
ho chi minh city. google maps. sumber: 1PLUS VIETNAM

Kota terbesar ini memiliki iklim tropis, dan juga memiliki dua musim, sehingga untuk warga Indonesia pasti dapat beradaptasi dengan baik.

Berikut kami hadirkan review tempat-tempat wisata yang ada di Ho Chi Minh, Vietnam.

6 Tempat Wisata di Ho Chi Minh

1. Saigon River

saigon river
saigon river. google maps. sumber: PHOTOVIEW 360

Simak juga: tempat wisata di Vietnam

Saigon River atau Sungai Saigon merupakan sebuah sungai yang mengalir dari Kamboja melalui Vietnam bagian Selatan untuk kemudian terus mengalir menuju Laut Cina Selatan.

Ketika berada di Ho Chi Minh, sempatkanlah untuk mengunjungi Saigon River ini. Secara pusat kota Ho Chi Minh berada di tepi Sungai Saigon.

Di sepanjang sungai, kamu dapat menikmati pemandangan yang indah dan menyejukkan, ada pula lorong bawah tanah yang menjadi saksi ketika Perang Vietnam terjadi.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Saigon River ialah menyusui sungai menuju terowongan Cu Chi dan Delta Mekong yang begitu bersejarah.

Selain itu kamu juga akan diajak untuk mengunjungi pasar terapung, sambil menikmati pemandangan taman hijau yang subur makmur.

2. Bitexco Financial Tower

pemandangan dari atas bitexco financial tower
pemandangan dari atas bitexco financial tower. google maps. sumber: Trọng Bảo

Simak juga: tempat wisata di Seoul

Tempat wisata selanjutnya ialah sebuah gedung pencakar langit yang bernama Bitexco Financial Tower yang memiliki ketinggian sekitar 265,5 meter.

Dengan memiliki sebanyak 68 lantai, dan bangunan megah ini diperuntukkan sebagai area perkantoran juga untuk belanja-belanja.

Ketika berada di Bitexco Financial Tower, cobalah untuk naik ke lantai 49. Di sana kamu akan dapat memandangi kota Ho Chi Minh dari ketinggian, banyak tersedia teropong di sekitarnya.

Area ini sering dikunjungi wisatawan yang hendak menyaksikan kota Ho Chi Minh dari ketinggian. Ketika berada di Saigon Skydeck, kamu dapat menyaksikan Pasar Ben Tanh,  Saigon Square, Takashimaya Vietnam serta Sungai Saigon.

Untuk dapat melihat itu semua, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 200.000 Dong.

3. Basilika Notre-Dame Saigon

basilika notre dame saigon
basilika notre dame saigon. google maps. sumber: Anwar Yusran

Simak juga: tempat wisata di Korea Selatan

Notre Dame Cathedral merupakan destinasi wisata selanjutnya ketika berada di Kota Ho Chi Minh. Katedral ini dianggap sebagai landmark kota terbesar di Vietnam ini.

Bangunan ini memiliki nama resmi Basilika Bunda Konsepsi Imakulata, dan dibangun pada masa kolonial Perancis sekitar tahun 1863 dan 1880. Dengan maksud sebagai tempat peribadatan untuk mereka.

Gereja tua ini memiliki dua menara lonceng yang memiliki tinggi sekitar 58 meter atau 190 kaki. Selain itu ada pula patung Bunda Maria dengan ukuran yang cukup besar. Konon katanya patung tersebut dibawa langsung dari Roma pada tahun 1959.

4. Independence Palace

independence palace
independence palace. google maps. sumber: 내쇼날씨엔디 주식회사

Simak juga: tempat wisata di Perth

Reunification Palace atau Independence Palace merupakan sebuah bangunan bersejarah lainnya yang berada Thanh Pho Ho Chi Minh, Vietnam.

Bangunan ini merupakan saksi bisu bersatunya Vietnam. Berdasarkan kisah sejarah, pada waktu dulu Vietnam dibagi menjadi dua wilayah yakni Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

Di sini kamu dapat melihat sebuah tank, yang merupakan replika dari tank yang dulunya digunakan untuk mendobrak pintu istana pada akhir perang Vietnam pada tahun 1975 silam.

Saat ini Independence Palace sedang ditutup sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sedangkan jika hari-hari sebelum pandemi, bangunan bersejarah ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 16.00 waktu setempat.

Sedangkan untuk tiket masuk menuju Independence Palace seharga 30.000 Dong.

5. Giac Lam Pagoda

giac lam pagoda
giac lam pagoda. google maps. sumber: Channel DK

Simak juga: tempat wisata di Canberra

Tempat wisata Ho Chi Minh selanjutnya ialah Giac Lam Pagoda, yang merupakan kuil umat Buddha yang masih berfungsi hingga saat ini.

Bangunannya kental banget dengan ciri khas Tiongkok, dihiasi dengan sebuah kebun yang memiliki pohon Bodhi, yang merupakan pohon keramat bagi umat Buddha. Konon katanya pohon tersebut merupakan pemberian dari seorang biksu yang berasal dari Sri Lanka.

Lokasi Giac Lam Pagoda berada sekitar 3 km dari Cholon, dan dapat diakses dengan menggunakan xe om yakni ojek khas dari Vietnam.

Untuk jam operasionalnya sendiri dibuka setiap hari dan dibagi menjadi dua bagian waktu, yakni

  • Pukul 06 pagi hingga 12 siang, dan
  • Pukul 2 siang hingga pukul 20.30 waktu setempat.

6. Ben Thanh Market

ben thanh market
ben thanh market. google maps. sumber: Mai Hoa

Simak juga: tempat wisata di New South Wales

Tempat wisata terakhir Ho Chi Minh yang wajib kamu kunjungi ialah Ben Thanh Market, yang merupakan sebuah pasar terbesar dan tertua. Dengan nama lokalnya ialah Cho Ben Thanh.

Ciri khas dari pasar ini ialah adanya Clock Tower yang terletak di bagian pintu masuk. Di sini kamu dapat mencicipi kulinet khas dari Ho Chi Minh khususnya dan Vietnam pada umumnya.

Selain itu jangan lewatkan untuk berburu kerajinan tangan lokal yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk orang-orang yang kamu kasihi.


Tinggalkan komentar