11 Tempat Wisata Di Jakarta, Update Kondisi Terbaru Saat Ini

|

Tempat wisata di Jakarta menawarkan berjuta pesona Megakota. Bukan hanya wisata yang instagramable, atau kekinian saja, tetapi wisata sejarah, budaya, hingga wisata alam yang cocok untuk wisata keluarga di akhir pekan.

Bahkan, tempat wisata di Jakarta banyak sekali yang instagramable, dan murah, meskipun statusnya berada di sebuah megakota, dan ibukota negara.

Artikel tentang tempat wisata di Jakarta yang anda baca saat ini, menyajikan beberapa tempat wisata di Jakarta yang sudah buka saat ini.

Simak reviewnya di artikel Ecopark Ancol

Sebagaimana diketahui bersama bahwa DKI Jakarta merupakan megakota, sekaligus Ibu Kota Republik Indonesia yang terkena imbas dari situasi pandemi. Sehingga harus menutup hampir semua sektor, termasuk sektor pariwisatanya di masa pandemi.

Tentu saja dibukanya beberapa tempat wisata di Jakarta yang hits, dan populer, menjadi sebuah kabar gembira bagi masyarakat DKI pada khususnya.

Tetapi, para pengunjung diwajibkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Beberapa tempat wisata memberlakukan pembayaran tiket hanya via online, reservasi sehari sebelumnya, hingga barcode vaksin untuk bisa masuk ke area wisata.

11 Tempat Wisata Di Jakarta

1. Taman Impian Jaya Ancol

dufan
dufan. google maps. sumber: Lord_Kinsuzuka M1

Selengkapnya lihat di artikel Seaworld Ancol

Taman Impian Jaya Ancol  merupakan tempat wisata di DKI Jakarta yang sangat populer. Bahkan Taman Impian Jaya Ancol menyandang status sebagai taman rekreasi terbesar yang ada di Indonesia.

Taman Impian Jaya Ancol menyajikan konsep wisata yang terintegrasi, sehingga di kawasan tersebut terdapat objek wisata lainnya yang sangat hits, dan populer, dan cocok untuk semua usia.

Sebagai sebuah kabar gembira, bahwa beberapa objek wisata yang ada di Taman Impian Jaya Ancol di antaranya sudah buka saat ini. Yaitu:

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol menerapkan kebijakan baru bagi pengunjung yang ingin datang ke lokasi tersebut. Di antaranya:

  • Pembelian tiket harus online,
  • Reservasi sehari sebelumnya,
  • Menerapkan prokes saat kunjungan wisata.

Selain itu, Taman Impian Jaya Ancol juga menghadirkan paket wisata virtual. Meskipun para pengunjung b erada di rumah, namun masih bisa menikmati sensasi wisata.

  • Lokasi Taman Impian Jaya Ancol berada di alamat Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

2. Setu Babakan

setu babakan
setu babakan. google maps. sumber: Jakarta Tourism

Simak selengkapnya di artikel Setu Babakan

Tempat wisata di Jakarta yang menghadirkan wisata alam, dan wisata budaya, dalam satu kawasan yang sama, bernama Setu Babakan. Sebuah objek wisata yang menjadi pintu gerbang untuk memahami kehidupan, dan budaya masyarakat Betawi.

Daya tarik utama dari Setu Babakan adalah danau buatan seluas 30 ha, dengan kedalaman 1 – 5 meter. Di sisi lain, terdapat perkampungan masyarakat Betawi yang masih mempertahankan budaya aslinya, meskipun berada di megakota.

Hal tersebut tercermin dari pakaian, seni arsitektur rumah, hingga kuliner khas Betawi. Oleh karena itu, Setu Babakan sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata keluarga yang edukatif di akhir pekan.

  • Lokasi Setu Babakan berada di alamat Jl. RM. Kahfi, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Setu Babakan gratis.
  • Status: sudah buka kembali

3. Museum Fatahillah

museum sejarah jakarta
museum sejarah jakarta. google maps. sumber: farhan jihadi

Simak selengkapnya di artikel Museum Fatahillah

Wisata sejarah di Jakarta yang sangat direkomendasikan, salah-satunya adalah Museum Fatahillah. Sebetulnya museum tersebut memiliki nama resmi yaitu Museum Sejarah Jakarta.

Nama Museum Fatahillah lebih populer karena letaknya berada di Jl. Fatahillah. Sisi sejarahnya, karena museum tersebut dulunya merupakan Balai Kota di Jaman Belanda.

Di Museum Fatahillah bukan hanya sekedar tentang barang-barang bersejarah saja. Para pengunjung juga bisa melihat penjara bawah tanah, lengkap dengan rantai besinya, sebagai saksi bisu kekejaman sebuah penjajahan.

  • Lokasi Museum Fatahillah terletak di kawasan Kota Tua Jakarta.
  • Alamat Museum Fatahillah berada di Jalan Taman Fatahillah, No.1, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Museum Fatahillah Rp. 5.000 per orang.
  • Terdapat harga tiket khusus bagi mahasiswa, dan pelajar.

4. Kota Tua Jakarta

kota tua
kota tua. google maps. sumber: Kumala Hayati

Simak selengkapnya di artikel Kota Tua Jakarta

Tempat wisata di Jakarta yang instagramable, dan murah, bahkan gratis, itulah daya tarik dari Kota Tua Jakarta. Selain itu, Kota Tua Jakarta juga menghadirkan sisi sejarah.

Salah-satu alasan kenapa Kota Tua Jakarta sangat hits terutama di kalangan muda-mudi, dikarena di tempat tersebut banyak sekali latar foto yang instagramable, terutama bangunan tua ala Eropa.

Dan perlu diketahui bahwa kawasan Kota Tua Jakarta memiliki status sebagai zona Low Emission. Sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga.

  • Lokasi Kota Tua Jakarta berada di alamat Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Kota Tua Jakarta gratis.

5. Museum Macan

museum macan
museum macan. google maps. sumber:  Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara

Baca reviewnya di artikel Museum Macan

Bagi masyarakat DKI Jakarta, akan sangat familiar dengan nama Museum Macan. Tetapi, mungkin bagi masyarakat luar DKI, akan menyangka bahwa museum tersebut tentang seputar permacanan.

Dan anggapan tersebut salah besar. Karena Museum Macan adalah singakatan dari Museum of Moedrn Art in Nusantara. Sebuah museum yang menyajikan karya seni tradisonal nusantara, hingga karya seni yang kekinian.

Bagi anda yang senang eksis di media sosial, maka Museum Macan menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

  • Lokasi Museum Macan terletak di AKR Tower Level M.
  • Alamat Museum Macan berada di Jl. Panjang, No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Museum Macan Rp. 70.000 (weekday).

6. Kebun Binatang Ragunan

taman margasatwa ragunan
taman margasatwa ragunan. google maps. sumber: Kevin Ravenska

Simak selengkapnya di artikel Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah wisata Jakarta yang sangat digemari sebagai wisata keluarga di akhir pekan. Aneka satwa yang ada di kebun binatang tersebut memberikan nilai edukatif bagi anak-anak anda.

Selain itu, banyaknya pepohonan di kawasan Kebun Binatang Ragunan menjadikan suasananya sangat nyaman, dan teduh. Kunjungan wisata di masa pandemi sangat dibatasi, hanya 25% saja pengunjung yang diijinkan masuk. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan.

  • Lokasi Kebun Binatang Ragunan berada di alamat Jl. Harsono, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan Rp. 4.000.

7. Taman Cattleya

taman kota cattleya
taman kota cattleya. google maps. sumber: Carolina Handjaja

Simak selengkapnya di artikel taman cattleya

Taman Cattleya hanyalah satu dari sekian banyak Ruang Terbuka Hijau yang dimiliki oleh Pemprov DKI. Taman tersebut sangat nyaman, dan dekat dengan pusat perbelanjaan ternama di Jakarta, yaitu Mall Taman Anggrek.

Banyaknya tanaman, dan pepohonan di Taman Cattleya, memberikan keteduhan bagi para pengunjung. Selain itu, Taman Cattleya cocok sebagai tujuan wisata untuk semua usia.

  • Lokasi Taman Cattleya berada di alamat Jl. Letjen. S. Parman, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Taman Cattleya gratis.

8. Jakarta Aquarium

jakarta aquarium
jakarta aquarium. google maps. sumber: Naomi Ludmilla

Selengkapnya di artikel jakarta aquarium

Jakarta Aquarium adalah tempat wisata yang ada di Jakarta, yang saat ini sudah buka. Sebuah objek wisata yang memadukan antara wisata edukatif, dengan pusat perbelanjaan.

Meskipun sudah buka, tetapi para pengunjung diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan jika ingin masuk ke Jakarta Aquarium.

  • Lokasi Jakarta Aquarium terletak di Neo Soho Mall.
  • Alamat Jakarta Aquarium berada di Jl. Letjen. S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Jakarta Aquarium Rp. 150.000 (Weekday/Weekend).

9. Taman Mini Indonesia Indah

taman mini indonesia indah
taman mini indonesia indah. google maps. sumber: Habib Ali Abuthalib H Al Muhdar

Selengkapnya di artikel pantai mutiara

Hanya dengan berwisata ke Taman Mini Indonesia Indah saja, maka para pengunjung dihadirkan kepada sensasi wisata ke seluruh Indonesia.

Karena Taman Mini Indonesia Indah, atau TMII, menyajikan beragam tradisi, dan budaya yang ada di nusantara, lengkap dengan arsitektur, pakaian, hingga tarian. Bahkan terdapat sebuah danau yang menggambarkan pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Selain itu, di Taman Mini Indonesia Indah dilengkapi dengan fasilitas wisata lainnya, seperti kereta gantung, snowbay waterpark, Theater IMAX Keong Emas, dan berbagai macam museum.

  • Lokasi Taman Mini Indonesia Indah berada di alamat Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.
  • Harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah Rp. 20.000 per orang.
  • Status : sudah buka kembali.

10. Taman Suropati

taman suropati
taman suropati. google maps. sumber: duong hieu lam

Selengkapnya di artikel taman suropati

Taman Suropati merupakan salah satu dari sekian banyak taman yang ada di ibukota, taman ini dianggap penting karena memiliki nilai sejarah selain sebagai ruang terbuka hijau saja.

Luas dari Taman Suropati ialah 16.328 meter persegi, dengan memiliki banyak sekali pepohonan, tumbuh-tumbuhan, hingga taman hias. Dan ketinggalan ada juga air mancurnya loh…

Tempat yang nyaman, tenang, dan teduh, sehingga menjadi daya tarik utama bagi masyarakat yang ingin bersantai sejenak sambil melihat monumen-monumen yang ada di sekitar Taman Suropati.

  • Lokasi: Jl. Taman Suropati No. 5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

11. Tugu Monas

tugu monas
tugu monas. google maps. sumber: Alif Fajar Rahman Sidiq

Simak selengkapnya di artikel Tugu Monas

Jangan lewatkan untuk mengunjungi Ikon dari DKI Jakarta ini, yakni tugu Monas (Monumen Nasional) yang merupakan tempat wisata dan juga rekreasi favorit sekaligus sebagai tempat wisata edukasi dan sejarah.

Selain memiliki nilai historis yang tinggi, di sekitar Tugu Monas dikelilingi dengan taman yang cukup luas yang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berolahraga atau sekedar mengajak bermain anak-anak.

Jalan-jalan di Monas nggak lengkap jika belum mencicipi kerak telor. Ya, kerak telor merupakan makanan khas Jakarta yang terbuat dari beras ketan ditambah telur kemudian ditaburi serundeng juga bawang goreng.

  • Lokasi: Gambir, Jakarta Pusat.
  • Jam buka: 08.00 – 22.00