21 Tempat Wisata di Jakarta Yang Wajib Anda Kunjungi

| | ,

Di balik image ibukota negara yang sibuk dan padat dengan deretan gedung pencakar langit serta jalanannya yang macet. Jakarta nyatanya juga menyuguhkan pesona wisata tak kalah menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Bahkan di sela-sela hiruk-pikuknya Jakarta, ada begitu banyak ragam pilihan destinasi tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata keluarga yang ramah anak, wisata kuliner, wisata sejarah dan seni hingga wisata anti mainstream ada di Jakarta.

Karenanya tak perlu ragu lagi untuk menjelajahi tempat wisata di Jakarta yang banyak ragamnya, penasaran di mana saja tempatnya? Intip ulasannya berikut ini.

Silahkan simak rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang kami kumpulkan dibawah ini.

1. Museum MACAN

museum macan
Museum MACAN. Image via:  netz.id

Saat mendengar namanya, mungkin Anda akan salah mengira, karena tempat wisata di Jakarta yang sedang hits ini justru menyimpan beragam karya seni yang memukau. Disingkat dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, Museum MACAN ini merupakan destinasi yang cocok untuk pengagum karya seni baik modern maupun kontemporer.

Setidaknya tak kurang dari 90 karya seni baik karya seni dalam negeri dan internasional telah dipamerkan di museum ini. Karya yang dipamerkan pun tak hanya sebatas lukisan, tetapi juga karya kontemporer yang dikemas dalam beragam teknik, media dan seni instalasi yang menakjubkan. Tak heran jika destinasi ini kerap jadi ajang berswafoto para pengunjung. Karya seni yang paling diminati ialah karya milik Yayoi Kusama, seniman asal Jepang yang diberi judul ‘Infinity Mirrored Room’.

Informasi:

dago dream park
dago dream park
  • Nama: Museum MACAN
  • Alamat: Wisma Akr, Jl. Panjang No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • Jam buka: 10.00-19.00 WIB (Selasa – Minggu)
  • Tiket masuk: Rp 50.000,- (dewasa), Rp 40.000,- (lansia dan pelajar), Rp 30.000,- (anak-anak)

Baca reviewnya di artikel Museum Macan

2. Kota Tua

Kota Tua
Kota Tua. Image via: katalogwisata.com

Di sudut kota metropolitan Jakarta ada satu kawasan yang menyimpan nilai historis tinggi tetapi juga jadi tempat wisata hits, Kota Tua namanya. Banyaknya gedung-gedung tua bergaya kolonial yang masih kokoh berdiri memberikan nuansa seolah kembali ke masa lampau. Karenanya Tak heran jika hari libur atau akhir pekan tiba, kawasan ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Saat mengunjungi tempat wisata di Jakarta yang satu ini, ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi. Ada Museum Fatahilah yang jadi saksi sejarah perjuangan bangsa untuk meraih kemerdekaan. Lalu ada Gedung Merah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Stasiun Kereta Api Kota.

Informasi:

  • Nama: Kota Tua Jakarta
  • Alamat: Jl. Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Jakarta
  • Buka: 24 jam

Simak selengkapnya di artikel Kota Tua Jakarta

3. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah. Image via: hargatiket.net

Jika jalan-jalan ke Jakarta, destinasi yang tak boleh terlewat ialah Taman Mini Indonesia Indah. Taman dengan luas hingga 150 hektar ini bisa dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia. Berbagai jenis budaya daerah yang ada di tanah air bias Anda temui di taman ini, seperti  rumah-rumah adat. Tak hanya itu, di kawasan taman tersebut juga berdiri lebih dari belasan museum, puluhan taman dengan tema yang atraktif, gedung teater hingga taman bermain seru.

Karenanya tempat wisata di Jakarta ini sangat cocok sebagai destinasi wisata edukatif yang menyenangkan untuk anak dan keluarga. Beberapa wahana seru di Taman Mini Indonesia Indah  ini seperti teater Keong Mas dengan bioskop 4 dimensinya yang atraktif. Ada juga Taman Legenda yang berisi hewan-hewan yang telah punah seperti dinosaurus dan masih banyak wahana menarik lainnya.

Informasi:

  • Nama: Taman Mini Indonesia Indah
  • Alamat: Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • Alamat email:info@tamanmini.co.id
  • Jam buka: 07.00 – 22.00.
  • Tiket Masuk: Rp10.000,- (hanya untuk masuk kawasan)

4. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol. Image via: simplenesiaplus

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya yang juga cukup populer tak hanya bagi warga Jakarta tetapi para pelancong luar kota ialah Taman Impian Jaya Ancol. Destinasi wisata ini merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang dilengkapi dengan ragam fasilitas bertaraf internasional dengan luas area hingga 552 hektar. Termasuk di dalamnya terdapat taman hiburan, wisata pantai, wisata kulibner, lapangan golf, cottages hingga hotel berbintang.


Setiap kawasan taman hiburan memiliki tema dan keseruan yang berbeda yang bakal memanjakan hari libur Anda. Misalnya saja seperti Dunia Fantasi atau yang kerap disebut Dufan, Seaworld, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, serta masih banyak lagi wahana seru lainnya yang mengagumkan.

Informasi:

  • Nama: Taman Impian Jaya Ancol
  • Alamat: Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • Jam buka: 24 Jam
  • Telepon: (021) 29222222

5. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa
Pulau Kelapa. Image via: ancol-pulauseribu.com

Tempat wisata di Jakarta tak melulu hanya pusat perbelanjaan atau taman hiburan saja tetapi Jakarta juga punya wisata alam kepulauan yang memukau. Seperti di Kepulauan Seribu misalnya yang menyuguhkan keindahan alam pulau-pulau kecil nan eksotis yang masih alami, salah satunya ialah Pulau Kelapa. Di sekitar pantai tumbuh banyak pohon kelapa yang semakin menjadikan destinasi ini tambah eksotis.

Tak hanya itu, Pulau Kelapa juga menyimpan daya tarik alam lainnya yang sangat sulit diabaikan. Seperti hamparan pasir putih serta gugusan terumbu karang cantik di sekitar pulau pastinya akan memberikan pengalaman diving yang tak terlupakan. Di pulau ini Anda juga dapat mengunjungi tempat penangkaran penyu, lho.

Pulau Kelapa sendiri termasuk pulau yang berpenghuni, sehingga Anda tak perlu khawatir ketika ingin menghabiskan waktu libur di pulau ini sebab fasilitasnya cukup memadai.

Informasi:

  • Nama: Pulau Kelapa
  • Alamat: Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
  • Jam buka: 24 jam

6. Tugu Monumen Nasional

Tugu Monumen Nasional
Tugu Monumen Nasional. Image via: pesona.travel

Menjelajahi kota Jakarta rasanya belum lengkap kalau tak mampir ke Monas atau Tugu Monumen Nasional. Destinasi yang dibangun di atas tanah seluas 80 hektar ini merupakan sebuah bangunan monumental yang dibangun untuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan. bentuk monumen bersejarah ini pun memiliki makna yang mendalam.

Dengan menjelajahi setiap sudut Monas, Anda akan diajak mengenal bagaimana perjalanan sejarah masa demi masa bangsa Indonesia hingga masa modern secara singkat namun cukup atraktif. Jika Anda ingin melihat kota Jakarta lebih jelas, maka Anda bisa naik ke bagian puncak monumen yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter tersebut. Tak perlu takut kelelahan sebab ada lift dengan kapasitas 11 orang yang bisa membawa Anda ke puncak tertinggi Monas.

Informasi:

  • Nama: Tugu Monumen Nasional
  • Alamat: Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
  • Jam buka: 07.00-00.00 (setiap hari)
  • Tiket masuk: Rp 10.000 (anak-anak) , Rp 20.000 (dewasa)

Simak selengkapnya di artikel Tugu Monas

7. Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta
Planetarium Jakarta. Image via: jejakpiknik.com

Belajar mengenal system tata surya, seperti apa planet dan benda-benda luar angkasa lainnya menjadi satu hal yang menarik. Dan Anda bisa mendapatkannya dengan cukup detail dengan kemasan yang atraktif di Planetarium Jakarta. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini menjadi satu dari sekian banyak destinasi  yang wajib dikunjungi di Jakarta. Sebab tak hanya memberikan hiburan tetapi juga edukasi pada setiap pengunjungnya, hingga tak heran tempat ini kerap jadi langganan wisata edukasi untuk pelajar.

Informasi:

  • Nama: Planetarium Jakarta
  • Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jam buka: 08.00-15.00 (Selasa-Minggu)
  • Harga tiket: Rp 12.000 (dewasa), Rp 7.000 (anak-anak)

Selengkapnya di artikel Planetarium Jakarta

8. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk. Image via: jejakpiknik.com

Jika Anda merasa penat dengan keadaan kota Jakarta yang super sibuk dan hectic, coba menepi sejenak di hutan mangrove yang ada di pesisir utara Jakarta. Tepatnya di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk yang berada di kawasan Penjaringan-Jakarta Utara. Tempat wisata di Jakarta ini punya banya spot menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari jembatan gantung yang berada di tengah hutan bakau yang cocok untuk spot foto. Lalu jembatan pantau yang bisa digunakan untuk mengamati keindahan di sekeliling hutan bakau, termasuk burung-burung hingga gedung-gedung tingga yang ada di kawasan Pantai Indah Kapuk. Di tempat ini juga terdapat wisata air dan bermain anak hingga pondok kemah jika berniat menginap di kawasan tersebut.

Informasi:

  • Nama: Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk
  • Alamat: Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • Jam buka: 07.00-18.00 (Senin-Minggu)
  • Harga tiket: Rp 25.000 (wisatawan lokal), Rp 250.000 (wisatawan mancanegara)

9. Waterboom PIK

Waterboom Jakarta
Waterboom Jakarta. Image via: satulensa.com

Tempat wisata di Jakarta yang juga cukup populer dan banyak diminiati untuk mengisi waktu libur ialah Waterboom yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk. Destinasi yang mengusung tema  ”urban cool” ini punya banyak wahana seru yang menarik. Seperti wahana speed slide, aquatube, twiztler, hair pin dan tentunya banyak lagi wahana seru lainnya.

Fasilitas penunjangnya pun cukup lengkap, seperti loker penyimpanan, gazebo untuk berteduh, hingga fasilitas kebersihannya pun sangat terjaga. Sehingga tak perlu khawatir saat membawa keluyarga menghabiskan waktu seharian bermain air.

Informasi:

  • Nama: Waterboom Jakarta
  • Alamat: Jl. Pantai Indah Barat, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • Jam buka: 10.00-21.00 (Senin-Jum’at) dan 08.00-21.00 (Sabtu-Minggu)
  • Harga tiket: Rp 120.000 (anak-anak), Rp 220.000 (dewasa)

Selengkapnya di artikel Waterboom PIK

10. Kidzania

Kidzania
Kidzania. Image via: wisata-jalan-jalan

Bingung ingin mengajak anak-anak menghabiskan waktu di mana saat liburan? Coba ajak anak-anak ke Kidzania saja. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini bisa jadi destinasi menarik untuk anak-anak Anda, tak hanya untuk bermain tetapi juga belajar. Terutama belajar tentang beragam pekerjaan dan profesi seperti pilot, dokter, perawat, pemadam kebakaran hingga penyiar radio yang mungkin kerap mereka mainkan saat di rumah.

Di tempat ini terdapat alat peraga yang bisa digunakan untuk belajar tentang profesi tersebut. Sehinbgga selain bermain, anak-anak juga diajak untuk berpikir lebih kreatif dan mengembangkan cita-cita mereka sejak awal.

Informasi:

  • Nama : Kidzania
  • Alamat: Pacific Place L6 – 601 Sudirman Central Business, Jalan Jendral Sudirman No.52-53, Senayan, Kebayoran Baru Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Jam buka: 09.00–16.00
  • Harga Tiket: Rp 200.000 (anak-anak), Rp 150.000 (dewasa), Rp 50.000 (batita)

Demikian rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dijelajahi di kala waktu libur tiba maupun saat akhir pekan, baik dengan orang terdekat maupun bersama keluarga. Selalu persiapkan dengan matang acara liburan agar waktu libur Anda tak terbuang percuma.  Yuk jelajahi Jakarta!

11. Museum Perangko

Museum Perangko View
Image via: www.instagram.com/jamella_miloen

Salah satu museum unik yang ada di Jakarta, Museum Perangko. Di museum ini terdapat banyak koleksi perangko dengan beragam sejarahnya yang unik.

Museum Perangko mulai beroperasi di tahun 1983, dan di resmikan langsung oleh Ibu Tien Suharto. Tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? simak dulu info selengkapnya di artikel Museum Perangko.

12. Alive Museum Jakarta

Alive Star Museum Spot 2
Image via: www.instagram.com/ellentheodora

Ingin berfoto dengan latar 3 dimensi? kunjungi saja Alive Museum Jakarta. Di tempat ini anda bisa berfoto di berbagai spot yang memberikan efek 3 dimensi. Anda seolah-olah berada dalam lukisan yang ada di tempat ini.

Simak selengkapnya di artikel Alive Museum.

13. Pantai Ancol

Pantai Ancol Sunset
Image via: www.instagram.com/dewifutures

Pantai Ancol merupakan salah satu pantai di Jakarta yang menjadi tujuan wisata sejak dulu kala. Jika bicara soal pantai di Jakarta, nama pantai Ancol pasti akan selalu di ingat pertama kali. Pantai ini berada di area Ancol, sehingga anda bisa sekaligus berkunjung ke berbagai tempat lainnya.

Simak selengkapnya di artikel Pantai Ancol.

14. Dunia Fantasi Ancol (DUFAN)

istana boneka
Istana Boneka. Image via: www.promodufan.com

Dunia Fantasi Ancol, yang lebih dikenal dengan nama Dufan, merupakan tempat wisata keluarga yang sudah dikenal se Indonesia. Disini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Tempatnya berada di area Taman Impian Jaya Ancol. Anda bisa sekalian mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang ada di area ini.

Baca selengkapnya di artikel Dufan.

15. Kebun Binatang Ragunan

Taman Refleksi
Taman Refleksi. Image via: ragunanzoo

Salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, Kebun Binatang Ragunan bisa jadi tujuan liburan keluarga di Jakarta. Di Kebun Binatang Ragunan, anda bisa membawa si kecil mengenal berbagai satwa, baik yang berasal dari Indonesia ataupun luar.

Simak selengkapnya di artikel Kebun Binatang Ragunan

16. Setu Babakan

panggung
Panggung Budaya. Image via: www.era.id/read/98U8bo-dilema-panggung-penampilan-setu-babakan

Salah satu kawasan konservasi budaya Betawi di Jakarta, Setu Babakan wajib untuk anda kunjungi. Di kawasan ini, anda bisa mempelajari lebih dalam tentang budaya dan kultur Betawi yang kental. Di Setu Babakan, anda bisa mengenal budaya betawi, menikmati suasana danau/setu babakan, dan juga berbagai kuliner khas betawi.

Simak selengkapnya di artikel Setu Babakan

17. Sea World Ancol

Sea World Ancol
Seaworld ancol. Image via: www.facebook.com

Jika anda ingin mengenalkan keberagaman dunia laut, Sea Word Ancol bisa anda jadikan tujuan nih. Di Sea World Ancol, terdapat banyak wahana dan aquarium dengan beragam jenis binatang laut. Anda bisa berekreasi sekaligus belajar disana.

Selengkapnya lihat di artikel Seaworld Ancol

18. Museum Bahari

museum bahari jakarta jukunng karere 1

Museum Bahari merupakan salah satu tempat dimana kita bisa mengenal jejak sejarah Sunda Kelapa, yang sekarang menjadi Jakarta. Museum ini berada di bekas gudang rempah-rempah yang di bangun tahun 1652. Di Museum Bahari, anda bisa melihat berbagai koleksi seputar maritim di Indonesia.

Simak selengkapnya di artikel Museum Bahari

19. Trans Snow World

bermain salju di trans snow world bekasi
image via https://news.detik.com

Tempatnya memang bukan di Jakarta, tapi lebih tepatnya di Bekasi. Di Trans Snow World, anda bisa menikmati suasana salju musim dingin di perbukitan buatan yang luas. Tidak cuma itu, anda juga bisa bermain berbagai wahana salju yang tersedia disana.

Simak selengkapnya di artikel Trans Snow World.

20. Museum Fatahillah

Koleksi
Koleksi museum. Image via: www.travelblog.id/naik-bus-gratis-di-jakarta-bisa-wisata-keliling-museum/travelblogid-museum-fatahillah/

Museum Fatahillah menyimpan banyak cerita sejarah Jakarta dari tempo dulu. Anda bisa berwisata sekaligus mempelajari sejarah panjang kota Jakarta disini.

Simak selengkapnya di artikel Museum Fatahillah

21. Ecopark Ancol

eco-bike
Eco-Bike Ocean Ecopark Ancol . Image via: tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/jakarta/ocean-ecopark-ancol

Mencari tempat wisata edukasi di Jakarta? Ecopark Ancol bisa jadi pilihan anda. Disini, terdapat berbagai wahana permainan dan juga games yang asyik banget. Ngga cuma permainan biasa, terdapat berbagai muatan edukasi yang bisa sekaligus dinikmati.

Simak reviewnya di artikel Ecopark Ancol

Demikian berbagai tempat wisata di Jakarta yang bisa anda kunjungi nanti. Semoga informasi ini bisa berguna untuk anda.

Selamat Berlbur!

21 Tempat Wisata di Jakarta Yang Wajib Anda Kunjungi
4.6 (91.43%) 7 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Telaga Warna Dieng, Telaga Berwarna Unik di Dieng Plateau

Saung Angklung Udjo, Wisata Konservasi Berbalut Inovasi

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment