7 Tempat Wisata Di Jambi, Anugerah Alam Di Kota Bertuah

|

Tempat wisata di Jambi yang akan penulis sajikan, mencakup tempat wisata yang ada di kabupaten, dan kota yang ada di Provinsi Jambi. Tentu saja, termasuk ibukota Provinsi Jambi, yaitu Kota Jambi.

Tempat wisata di Jambi yang sangat populer adalah wisata alamnya. Sungguh beruntung, Jambi memiliki anugerah pesona alam yang sangat indah.

Provinsi Jambi memiliki banyak julukan, dan julukkan tersebut bukan tanpa sebab, bahkan terkandung makna filosofis yang sangat mendalam. Kota Bertuah, hanyalah salah-satu julukkan dari sekian banyak nama lain untuk mendeskripsikan Jambi.

Wisata alam di Jambi, layaknya sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Bukan hanya sekedar view indah saja, tetapi aktivitas wisatanya juga menjaddi daya tariknya.

Wisata alam di Jambi sekaligus menjadi tempat camping di Jambi yang sangat nyaman, wisata keluarga yang edukatif, hingga tempat yang romantis, dan instagramable.

Dan inilah review tempat wisata di Jambi yang sudah kami sipakan untuk anda. Tempat wisata di Jambi yang sudah buka, atau masih tutup sementara, tergantung status zonasi, atau level di masa PPKM.

7 Tempat Wisata Di Jambi

1. Merangin Garden

merangin garden
merangin garden. google maps. sumber: Edi Sanjaya

simak juga artikel merangin garden

Merangin Garden merupakan sebuah taman bunga yang memiliki luas sekitar 5 hingga 6 hektar, dengan memiliki beragam jenis bunga yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat rapih dan enak dipandang.

Merangin Garden bukan hanya tempat yang instagramable untuk berfoto-foto, tapi dapat dijadikan sebagai tempat wisata keluarga dengan sajian pemandangan yang indah.

  • Lokasi: Kelurahan Pematang Kandis, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Harga tiket masuk: Rp. 15.000,-

2. Bukit Khayangan

bukit khayangan
bukit khayangan. google maps. sumber: JR INDONESIA

simak juga artikel bukit khayangan

Tempat wisata di Jambi yang kedua ialah Bukit Khayangan yang berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl, dengan menawarkan sensasi negeri di atas awan dengan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk.

Daya tarik selanjutnya dari Bukit Khayangan Jambi ialah:

  • Area bermain untuk anak,
  • Gazebo, serta
  • Spot foto yang kece banget.

So, untuk kamu yang ingin menyaksikan keindahan di ketinggian datanglah ke Bukit Khayangan Jambi, yang pernah menyabet gelar sebagai Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia tahun 2017.

  • Lokasi: Desa Renah Kayu Embun, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Jambi.
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp. 10.000,- (motor) dan Rp. 50.000,- (mobil)

3. Danau Gunung Tujuh

danau gunung tujuh
danau gunung tujuh. google maps. sumber: Ikhsan Angga Kusuma

simak juga artikel danau gunung tujuh

Selanjutnya masih dengan tema alam yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi. Dimana taman nasional tersebut merupakan sebuah taman nasional terbesar yang ada di Pulau Sumatera.

Namanya ialah Danau Gunung Tujuh, yang dikelilingi oleh 7 buah gunung yang gagah nan menawan. Dan merupakan danau tertinggi yang ada di Asia Tenggara, karena berada di ketinggian sekitar 1.950 mdpl.

Sehingga untuk menuju Danau Gunung Tujuh, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu menyusuri jalan setapak diantara rindangnya pepohonan kira-kira selama 2 hingga 3 jam perjalanan.

Dengan keindahan alam yang dimilikinya, banyak dari para pecinta alam yang berkemah di sekitar Danau Gunung Tujuh dan bermalam dengan alam.

  • Lokasi: Desa Peompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

4. Danau Kaco

danau kaco
danau kaco. google maps. sumber: Bang Bay

simak juga artikel danau kaco

Danau Kaco merupakan danau seluas 90 meter persegi yang berada di tengah hutan namun memiliki keindahan bak aquarium alam dengan airnya yang berwarna biru jenih. Danau cantik ini masih berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Kaco merupakan tempat wisata favorit di Kerinci. Keunikan lain yang dimiliki Danau Kaco ialah ketika bulan purnama atau setiap malam tanggal 15 penanggalan hijriyah, danau ini akan memancarkan cahaya yang terang.

Hal tersebut, membuat banyak penikmat keindahan yang ingin menyaksikannya dengan berkemah di sekitar Danau Kaco. Meski jalur yang dilalui untuk menuju Danau Kaco tidaklah mudah.

  • Lokasi: Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi.
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

5. Air Terjun Talang Kemulun

air terjun talang kemulun
air terjun talang kemulun. google maps. sumber: andez prayuda

simak juga artikel air terjun talang kemulun

Tempat wisata selanjutnya pun masih berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, yakni Air Terjun Talang Kemulun. Dengan tipe air terjun berundak yang memiliki undakan sekitar 12 tingkatan.

Air yang mengalir sangat jernih, mengalir cantik melewati setiap undakan diantara tebing batu yang berhiaskan tumbuhan hijau. Jangan lewatkan untuk merasakan segarnya air yang mengalir, dan menyentuh ke setiap bagian tubuhmu. Segar sekali rasanya…

  • Lokasi: Desa Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinsi, Jambi.
  • Jam buka: 06.30 – 18.00
  • Harga tiket masuk: gratis

6. Danau Sipin

kawasan wisata danau sipin
kawasan wisata danau sipin. google maps. sumber: PREMIUM LAUNDRY

simak juga artikel danau sipin

Selanjutnya ada Danau Sipin yang berada tak jauh dari pusat kota, yakni hanya sekitar 15 menit saja. Kawasan Danau Sipin, dulunya terkenal sebagai kampung narkoba, dan sekarang disulap menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi di sore hari.

Kawasan Danau Sipin mempunyai khazanah kearifan lokal yakni kehidupan nelayan bagi para kaum adam, dan membuat batik bagi kaum hawa. Hal tersebut merupakan perpaduan yang elok antara budaya dan kehidupan masyarakat.

Selain menikmati cantiknya matahari senja, kamu juga dapat mengelilingi Danau Sipin dengan menggunakan perahu yang disewakan. Kegiatan memancing juga dapat dilakukan di Danau Sipin. Bahkan di waktu-waktu tertentu selalu diadakan pesta rakyat.

  • Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani, Telanaipura, Legok, Kecamatan Telanaipura, Jambi.
  • Harga tiket masuk: Gratis

7. Jembatan Pedestrian Dan Menara Gentala Arasy

menara gentala arasy
menara gentala arasy. google maps. sumber: suhu togel

Tempat wisata di jambi terakhir yang akan dibahas ialah Menara Gentala Arasy yang merupakan sebuah menara jam dengan ketinggian sekitar 80 meter, dengan ciri khas perpaduan antara Melayu dan Arab.

Menara Gentala Arasy juga terdapat sebuah museum yang berisi kebudayaan Jambi, selain itu dilengkapi pula dengan bioskop mini yang akan menampilkan tayangan tentang kebudayaan Jambi.

Selanjutnya ada sebuah jembatan pedestrian yang melintas di atas Sungai Batanghari dengan panjang 503 meter dan lebar 4,5 meter yang terhubung ke Menara Gentala Arasy dan hanya untuk para pejalan kaki.

Jembatan tersebut meruapakan jembatan pedestrian pertama yang memiliki kontur huruf S, dan diresmikan pada tahun 2015 oleh Jusuf Kalla, yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden RI.

  • Lokasi: Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi.
  • Jam buka: 05.30
  • Harga tiket masuk: Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,-