10 Tempat Wisata di Jambi Yang Hits Saat Ini

Tak mau kalah dengan provinsi di Pulau Sumatera lainnya, Jambi pun juga menyuguhkan potensi wisata yang memukau serta istimewa. Bahkan tempat wisata di Jambi menjadi salah satu yang terlengkap dan terbaik di seantero Pulau Sumatera.


Mulai dari menjelajah cagar alam, pantai berpasir putih hingga danau dengan pemandangannya yang mempesona, bisa Anda dapat di Jambi. Penasaran seperti apa keseruan menjelajahi tempat wisata di Jambi? Simak ulasan singkat berikut ini.

1. Pulau Penyu

pulau penyu
Pulau Penyu. Image via: dialekito.com

Menikmati eksotisme pulau tak berpenghuni, dengan hamparan pasirnya yang cantik serta melihat lebih dekat kehidupan penyu dihabitat aslinya menjadi satu hal yang tak akan terlupakan. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan menjelajahi tempat wisata di pesisir timur Jambi, yakni Pulau Penyu.

Pulau kecil ini merupakan salah satu tempat yang disukai para penyu untuk menyimpan telur-telurnya karena dirasa lebih aman sebab tak dihuni oleh manusia. Tak heran memang, karena akses menuju pulau cantik ini belum terakomodir. Sehingga jarang ada orang dating.

Sehingga Anda bisa menikmati pulau eksotis ini bagaikan pulau pribadi, kedengarannya menarik bukan? Tak hanya pantai berpasir putihnya, di pulau ini juga dihiasi bebabtuan serta laguna dalam yang membuatnya makin memukau. Cocok banget buat hunting foto instagramable.

Informasi:

  • Nama: Pulau Penyu
  • Alamat: Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

Lihat juga: daftar tempat wisata di Balikpapan

2. Bukit Ngarau Merangin

Bukit marangin
Bukit Ngarau Merangin. Image via: picdeer.com

Ingin melihat pemandangan Jambi dari sudut yang berbeda? Maka angan lewatkan kesempatan berkunjung ke tempat wisata di Jambi yang satu ini. Di Merangin ada Bukit Ngarau yang akan menawarkan pesona lanskap Jambi dan kota-kota disekitarnya yang begitu memukau dari ketinggian.

Saat berada di puncak bukit, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sungguh aduhai sambil meresapi sejuknya hawa segar di pegunungan. Jangan lupa bawa kamera atau smartphone, karena tempat ini punya spot yang instagramable buat jadi background foto kekinian!

Informasi:

  • Nama: Bukit Ngarai
  • Alamat: Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
  • Harga tiket: Gratis

3. Air terjun Renah Sungai Besar

Air terjun renah
Air terjun Renah Sungai Besar. Image via: wartawisata.id

Jambi dianugerahi alam yang begitu menakjubkan, tak heran jika kemudian banyak yang tertarik untuk mengeksplorasinya. Salah satunya sebagai kawasan wisata, seperti di Ranah Sungai Besar misalnya yang memiliki air terjun yang memukau dan masih alami.

Volume airnya yang deras membuat air terjun ini begitu mempesona ditambah dengan airnya yang sejuk dan dikelilingi panorama alam nan asri membuat siapapun betah berlama-lama di sini untuk menghilangkan stress yang melanda.

Informasi:

  • Nama: Air Terjun Ranah Sungai Besar
  • Alamat: Renah Sungai Besar, Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Jambi
  • Harga tiket: Gratis

Baca juga: daftar tempat wisata di Bukittinggi

4. Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy

Gentala Arasy
Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Image via: campus.imcnews.id

Tak cuma alamnya yang memukau, Jambi juga punya ikon wisata kota yang tak kalah menarik yang bahkan jadi destinasi wajib setiap warganya. Dimana lagi kalau bukan di Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy atau yang kerap disebut Jembatan Gentala Arasy saja.

Dua destinasi ini memang berdekatan sehingga membuatnya kerap disebut dengan satu nama saja. Meskipun demikian pesonanya tak pernah luntur, terlebih uniknya jembatan yang memiliki panjang kurang lebih 540 meter yang dibangun di atas Sungai Batang Hari ini terlihat begitu megah nan indah.

Sayang jika sudah ke Jambi tak menyempatkan menyusuri keindahannya. Di tambah adanya Menara Gentala Arasy yang berada di salah satu ujung jembatan membuat tempat wisata di Jambi ini begitu sayang jika hanya dilihat sambil lalu.

Belum lagi nilai sejarah yang ada di tempat tersebut, tak hanya memuaskan keinginan jalan-jalan tetapi juga sekaligus sebagai sarana belajar tentang sejarah. Terutama sejarah tentang Jambi dan Islam, lagi pula tempatnya juga instagramable banget, lho! Cocok buat yang gemar hunting foto.

Informasi:

  • Nama: Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy
  • Alamat: Sungai Buluh, Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi
  • Harga tiket: Gratis

5. Air Terjun Talang Kemulun

Air terjun talang
Air Terjun Talang Kemulun. Image via: ksmtour.com

Meski lokasinya tak terlalu jauh dari pusat kota, tempat wisata di Jambi yang satu ini belum terlalu banyak diketahui. Tak heran jika suasana di Air Terjun Talang Kemulun masih begitu asri dan alami hampir seperti air terjun milik pribadi. Sehingga berlibur di tempat yang satu ini saat liburan bisa jadi alternatif menghilangkan stress.

Pemandangan air terjun yang berundak-undak dan tertutup rerumputan ilalang membuatnya begitu elok nan memukau. Vokume air yang tak terlalu deras membuatnya terbilang aman untuk dieksplora lebih dekat. Walaupun demikian Anda harus tetap waspada ketika menikmati eksotisme air terjun ini.

Informasi:

  • Nama: Air Terjun Talang Kemulun
  • Alamat: Danau Kerinci,, Talang Kemulun, Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • Harga tiket: Gratis

Simak: review tempat wisata di Depok

6. Jambi Paradise

Jambi paradise
Jambi Paradise. Image via: voinews.id

Selanjutnya ada Jambi Paradise yang jadi destinasi asyik kekinian yang wajib banget buat dikunjungi baik saat liburan tiba maupun menghabiskan akhir pekan. Dengan luas kurang lebih 4 hektar, temat wisata di Jambi ini menawarkan banyak aktivitas seru yang menarik.

Dari seru-seruan di taman labirin, bermain flying fox, bersepeda hingga naik perahu mengelilingi danau buatan dan banyak lagi. Memasuki area Jambi Paradise, Anda akan disambut dengan untaian tanaman yang merambat di sebuah lorong, menjadikannya spot yang instagramable banget.

Tak hanya itu, di tepi danau juga disediakan gazebo yang bisa digunakan untuk berisitrahat sambil menikmati keindahan danau sambil minum es kelapa muda. Terbayang ‘kan betapa syahdunya menghabiskan waktu di tempat ini?

Informasi:

  • Nama: Jambi Paradise
  • Alamat: Acai, Talang Belido, Mekar Jaya, Desa, Kb. IX, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • Jam buka: 09.30 – 18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

7. Air Terjun Pancuran Rayo

Air terjun pancuran royo
Air Terjun Pancuran Rayo. Image via: instagram.com/harryindraputra/

Jika berkunjung ke Jambi, rasanya akan rugi jika tak menyempatkan mampir ke kabupaten Kerinci untuk menikmati air terjun Pancuran Rayo yang memukau yang berada di Kecamatan Danau Keliling. Air terjun dengan tinggi 150 meter ini disebut-sebut sebagai salah satu air terjun yang tertinggi di pulau Sumatera.

Tak heran jika percikan airnya begitu deras bak gemuruh ketika menghantam bebatuan di bawahnya, sungguh peson alam yang memukau. Tempat wisata di Jambi ini cukup tersembunyi dengan akses jalan yang berliku khas daerah lereng gunung membuatnya begitu menantang untuk dijelajahi.

Informasi:

  • Nama: Air Terjun Pancuran Rayo
  • Alamat: Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Danau Keliling, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi

Lihat juga; rekomendasi tempat wisata di Subang

8. Candi Muaro Jambi

candi muoro jambi
Candi Muaro Jambi. Image via: instagram.com/candimuarajambi/

Satu lagi destinasi menarik yang sarat dengan nilai historis yang tak boleh terlewat, Candi Muaro Jambi. Dengan luas area kompleks candi kurang lebih sekitar 3.981 hektar membuatnya menjadi salah satu kompleks candi Hindu –Budha yang terluas di Asia Tenggara.

Berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Jambi, destinasi ini bisa ditempuh dengan waktu tak kurang dari 45 menit dengan perjalanan darat. Akses jalan yang cukup memadai membuat tempat wisata di Jambi ini mudah dijangkau. Tak heran jika banyak saat libur atau akhir pekan tempat ini selalu ramai dengan pengunjung.

Informasi:

  • Nama: Candi Muaro Jambi
  • Alamat: Desa muara jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

9. Danau Gunung Tujuh

Danau tujuh gunung
Danau Gunung Tujuh. Image via: instagram.com/taujambi/

Bila Gunung Semeru punya Ranu Kumbolo, maka di Jambi ada Danau Gunung Tujuh yang berada di kawasan Gunung Tujuh. Landskap yang ditawarkan dengan airnya yang biru jika dilihat di kejauhan terlihat begitu menawan dan mempesona.

Berada di puncak Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.005 mdpl membuat danau ini jadi salah satu danau kaldera tertinggi yang ada di Asia Tenggara. Karena lokasinya yang berada di puncak gunung menjadikan tempat wisata di Jambi ini begitu asri nan alami dengan hawa sejuk yang menyegarkan. Yang pasti akan membuat Anda pecinta hiking tak tahan untuk ingin menikmati keindahannya.

Informasi:

  • Nama: Danau Gunung Tujuh
  • Alamat: Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

10. Danau Sipin

danau sipin
Danau Sipin. Image via: wisatasumatera.com

Jika sebelumnya ada danau di atas puncak gunung, tempat wisata di Jambi yang satu ini juga tak kalahmempesona, Danau Sipin. Letaknya yang berada di pusat kota Jambi membuatnya adi destinasi favorit untuk menghabiskan waktu santai.

Menikmati sunset sambil mengelilingi danau yang ditengahnya banyak keramba ikan ini jadi hal mengasyikan yang bisa dilakukan di sini. Setelah puas Anda pun bisa membeli ikan yang dijajakan di sekitar danau oleh pemilik keramba.

Informasi:

  • Nama: Danau Sipin
  • Alamat: Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Provinsi Jambi

Menjelajahi Jambi ternyata menyenangkan bukan? Banyak destinasi menarik yang bisa ditemukan di sini yang akan membuat Anda tak hentinya berdecak kagum. Agar makin asyik saat liburan ke tempat wisata di Jambi, jangan datang sendirian, ajak teman atau keluarga juga, ya! Semoga bermanfaat.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment