13 Tempat Wisata di Lampung Yang Keren dan Indah Banget!

| | ,

Berada di ujung selatan pulau Sumatra, Lampung merupakan salah satu provinsi  yang menyimpan banyak sekali  pesona wisata yang memukau. Tak cuma pantainya yang menawan, Lampung juga memiliki pesona lain di setiap sudut wilayahnya yang bakal membuat Anda tak berhenti berdecak kagum.

Penasaran dengan tempat wisata di Lampung? Mari simak ulasan singkatnya, berikut ini!

1. Taman Nasional Way Kambas

Way kambas - tempat wisata di lampung
Taman Nasional Way Kambas. Image via: www.instagram.com/tamannasionalwaykambas/

Ingin mengenal kehidupan gajah lebih dekat di habitat aslinya? Maka Taman Nasional Way Kambas merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Sebab, taman nasional tertua di Indonesia ini merupakan tempat konservasi gajah sekaligus ‘rumah’ bagi Gajah Sumatra yang mulai terancam punah. Di taman ini Anda bisa berinteraksi langsung dengan mamalia raksasa tersebut.

Seperti memandikannya maupun mengajaknya berjalan-jalan mengelilingi kawasan taman nasional yang sangat luas. Tentu dengan pengawasan dari para pengasuh gajah. Tak hanya gajah, di kawasan taman nasional tersebut juga terdapat kawasan konservasi yang ditujukan khusus untuk badak Sumatra. Tetapi Anda perlu ijin khusus untuk memasuki area tersebut.

Simak reviewnya di artikel Taman Nasional Way Kambas

Informasi:

dago dream park
dago dream park
  • Nama: Taman Nasional Way Kambas
  • Alamat: Lampung Timur, Lampung
  • Jam buka: 05.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 20.000,- (ke Konservasi Gajah), Rp 30.000,- (ke Konservasi Badak)

2. Teluk Kilauan

Teluk Kilauan
Teluk Kilauan. Image via: www.instagram.com/mjtourstravel_jogja/

Tempat wisata di Lampung yang punya pesona menarik selanjutnya ialah Teluk Kilauan. Berjarak tak kurang dari 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung, di tempat ini Anda akan menemukan banyak lumba-lumba yang hidup liar di sini. Tenang, lumba-lumba di sini sangat bersahabat dan jika beruntung Anda bisa mendekati serta mengelus punggungnya dengan menumpang kapal para nelayan.

Tak hanya itu, teluk ini pun memiliki pemandangan alam menakjubkan yang bisa dijadikan spot foto keren. Puas berfoto-foto, Anda bisa juga menghabiskan waktu bersantai dengan berenang atau berendam di laguna air asinnya. Dan masih banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan.

Informasi:

  • Nama: Teluk Kilauan
  • Alamat: Kilauan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung
  • Biaya: Rp 40.000,- (naik perahu), Rp 60.000,- (sewa jaket pelampung), Rp 450.000,- (sewa perahu)

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang yang populer

3. Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa
Pantai Dewi Mandapa. Image via: www.instagram.com/dewimandapa/

Masih di pesisir wilayah Lampung, destinasi selanjutnya ini menawarkan pesona wisata tepi pantai yang bakal memberikan pengalaman berkesan yakni Pantai Dewi Mandapa. Tempat ini menyuguhkan spot-spot foto romantis yang instagramable dengan background hijaunya hutan mangrove.  Misalnya saja sebuah dermaga kayu yang dilengkapi dengan pondok kayu yang disebut Dermaga Asmara dan juga Pulau Cinta.

Keromantisan tempat wisata di Lampun ini bahkan membuat banyak orang tertarik menjadikannya sebagai spot foto preweding.

Informasi:

  • Nama: Pantai Dewi Mandapa
  • Alamat: Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung
  • Jam buka: 08.00-22.00 WIB (setiap hari)
  • Harga tiket: Rp 10.000,- (belum termasuk wahana lainnya)

4. Curup Ciupang

Curup Ciupang
Curup Ciupang. Image via: www.instagram.com/lailii_17/

Tak hanya memiliki kawasan pantai yang cantik, Lampung yang juga memiliki wilayah pegunungan pun menyimpan pesona tak kalah menawan dengan banyak air terjun nan elok. Seperti Curup Ciupang misalnya. Berjarak kurang lebih 95 km dari kota Bandar Lampung, Curup Ciupang ini berada di kawasan Gunung Rantai.

Lokasi tempat wisata di Lampung ini meski sedikit tersembunyi tetapi jaraknya yang cukup dekat dengan perkampungan sehinga tak terlalu sulit untuk menjangkaunya.


Informasi:

  • Nama: Curup Ciupang
  • Alamat: Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Simak juga; review tempat wisata di Banyuwangi

5. Bukit Pangonan

Bukit Pangonan
Bukit Pangonan. Image via: www.instagram.com/ayodolan/

Selanjutnya tempat wisata di Lampung yang wajib dikunjungi ialah Bukit Pangonan, sebab tak hanya menyuguhkan pesona alam yang menawan tetapi juga spot foto berkarakter yang keren dan instagramable. Seperti “Rumsah Habbit”, gardu pandang dengan ukiran huruf  LOVE yang keren dan banyak spot lainnya yang tak kalah keren untuk dijadikan spot foto.

Terlebih lagi destinasi ini juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang seperti kolam renang, gazebo, area outbond, pemancingan hingga kuliner. Tentu ini akan semakin membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu liburannya.

Informasi:

  • Nama: Bukit Pangonan
  • Alamat: Jl. Raya Danau, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung
  • Jam buka: 08.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

6. Pantai Gigi Hiu

pantai gigi hiu
Pantai Gigi Hiu. Image via: www.travelerien.com

Lampung yang memiliki garis pantai lebih dari 1.000 km ini memang menyimpan pesona yang luar biasa dan mengundang decak kagum. Sayangnya tak semua pantainya memiliki pasir putih dengan ombak tenang, karena ada pula beberapa pantai yang cukup ekstrem namun tetap menyimpan  pesona.  Salah satunya ada yang dipenuhi gugusan karang, seperti Pantai Gigi Hiu ini misalny.

Tetapi jangan salah justru pantai ini jadi tempat wisata di Lampung yang cukup ngehits, ini karena gugusan karang-karang tajam di tepi pantainya yang menawan. Terlebih ketika ombak datang dan memukul karang atau saat matahari tenggelam ini akan menghasilkan foto yang memukau mata.

Informasi:

  • Nama: Pantai Gigi Hiu
  • Alamat: Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung

Baca juga; info tempat wisata di Bogor

7. Mata Air Way Sumpuk

Mata Air Way Sumpuk.
Mata Air Way Sumpuk. Image via: www.kubaca.net

Tempat wisata di Lampung yang selanjutnya ini juga tak boleh Anda lewatkan karena memiliki daya tarik istimewa. Seperti halnya Umbul Pongok yang ada di Klaten, Mata Air Way Sumpuk ini juga menawarkan pengalaman seru menyelam di tengah jernihnya sumber mata air alami. Saking jernihnya, bagian dasar mata air ini bahkan terlihat dengan jelas.

Tak heran jika tempat ini semakin populer, terutama para pecinta swafoto yang gemar berburu spot foto antimainstrem.  Agar makin seru jangan lupa bawa peralatan pendukungnya seperti kacamata renang hingga kamera waterproof agar dapat mengabadikan momen seru di tempat tersebut.

Informasi:

  • Nama: Mata Air Way Sumpuk
  • Alamat: Desa Umbul Buah, Kota Agung, Tanggamus, Lampung
  • Jam buka: 08.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: gratis,
  • Parkir: Rp 3.000,-

8. Laguna Dodo

dodo laguna
Laguna Dodo. Image via: indonesia.tripcanvas.co

Jika di darat ada mata air Way Sumpuk dengan kolam air tawarnya yang jernih, maka di tepi pantai Laguna ada Laguna Dodo dengan air asinnya yang tak kalah mempesona. Spot cantik yang berada di ujung pesisir Pantai Laguna ini memang sedikit tersembunyi. Untuk mencapai lokasinya, Anda harus melalui jalanan setapak dibalik bebatuan karang.

Sehingga tak heran jika belum banyak yang menyadari pesona yang dimiliki tempat wisata di Lampung yang satu ini. Itulah mengapa, destinasi cantik di pesisir Lampung ini hanya cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang.

Informasi:

  • Nama: Laguna Dodo
  • Alamat: Desa Kiluan Negeri, Kalumbayan, Tanggamus, Lampung
  • Biaya: Rp 50.000,- (sewa tour guide)

9. Kawah Keramikan Suoh

Kawah Keramikan Suoh.
Kawah Keramikan Suoh. Image via:  yopiefranz.id

Menjelajah tempat wisata di Lampung, Anda akan disuguhi pemandangan alam nan mempesona dan mengagumkan, satu diantaranya ialah Kawah Keramikan Suoh. Destinasi ini muncul karena adanya fenomena alam yang tak biasa. Di sini Anda akan menemukan kawah yang tertutupi oleh lempengan batu yang sekilas tampak seperti keramik.

Dari dalam tanah pun sesekali muncul air panas  yang terlihat meletup-letup dari sumber mata air alami hingga membentuk kubangan air. Eksotis bukan? Lokasi kawah ini cukup menantang, bahkan akses jalan yang harus dilalui masih berupa tanah sehingga tak bisa dilakukan sembarang kendaraan.

Informasi:

  • Nama: Kawah Keramikan Suoh
  • Alamat: Suoh, Lampung Barat, Lampung

10. Pulau Tangkil

Pulau Tangkil
Pulau Tangkil. Image via: www.instagram.com/lampunginsta/

Lampung yang merupakan daerah pesisir juga memiliki banyak pulau-pulau kecil di sekelilingnya yang  tak hanya menawarkan pesona alam yang cantik tetapi juga bisa jadi destinasi wisata seru. Satu diantaranya yang tak boleh terlewat ialah Pulau Tangkil.  Pulau yang memiliki luas 12 hektar ini memiliki hamparan pasir putihnya begitu cantik dengan air laut yang jernih.

Tak hanya itu saja, yang menarik dari pulau ini ialah selain banyak wahana seru yang dikelola oleh resor dan bisa Anda nikmati bersama keluarga.  Seperti perahu donat, banana boat, perahu karet hingga parasailing. Tetapi juga banyak spot foto ikonik dan instagramable yang bisa abadikan ketika mengunjungi tempat wisata di Lampung yang satu ini.

Pulau ini juga dilengkapi dengan penginapan juga, lho. Jadi tak perlu takut ingin menginap dimana jika Anda berniat menghabiskan waktu di sini. Menarik bukan?

Informasi:

  • Nama: Pulau Tangkil
  • Alamat: Ds. Sukajaya, Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

11. Pulau Pisang

pulau pisang lampung
via https://www.instagram.com/pesisirbarat_/

Pulau pisang berada di paling barat Lampung, dan berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Pulau pisang dikenal dengan keindahanya yang luar biasa, dengan hamparan pasir putih yang halus.

Simak reviewnya di artikel Pulau Pisang

12. Pulau Pahawang

Pulau pahawang
image: instagram.com/bakspeker/

Pulau Pahawang memiliki keunikan tersendiri. Selain keindahan alamnya yang luar biasa, disini juga terdapat spot snorkeling yang indah. Anda bisa berenang dan menikmati keindahan biota laut serta hamparan terumbu karang yang indah sekali.

Simak reviewnya di artikel Pulau Pahawang

13. Pulau Mahitam

 

pulau mahitam lampung
image via https://www.instagram.com/rimamelati45/

Banyak sekali spot foto yang indah di Pulau Mahitam. Ngga cuma pantainya saja, area-area di pulau ini juga indah. Anda bisa menikmati keindahan khas pantai, ataupun berenang disini.

Simak reviewnya di artikel Pulau Mahitam

Demikian ulasan singkat tentang ragam tempat wisata di Lampung yang menyimpan pesona menarik yang wajib untuk dikunjungi, terlebih ketika waktu libur tiba.

Menjelajahi Lampung yang luas dengan geografisnya yang unik memang menyenangkan, tetapi agar perjalanan Anda makin seru jangan lupa lakukan persiapan dengan matang, ya!

13 Tempat Wisata di Lampung Yang Keren dan Indah Banget!
4.6 (91.43%) 7 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Pantai Gemah Yang Indah, di Bingkai Hamparan Pasir Cokelat

Pantai Drini, Spot Snorkeling Yang Indah di Jogja

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment