19 Tempat Wisata di Lembang Untuk Liburan Keluarga Anda

Mau liburan ke Lembang? Silahkan simak panduan wisata di Lembang Bandung dibawah ini ya. Kami sajikan informasi seputar tempat wisata di Lembang, jalan menuju Lembang, tempat wisata di Lembang yang bisa anda kunjungi, apa saja rekomendasi kuliner disini, dan lain sebagainya.

Secara administratif, Lembang ini termasuk Bandung Barat lho,tepatnya kecamatan Lembang. Hanya saja memang lebih mudah dicapai dari kota Bandung. Ketinggian rata-rata disini sekitar 1300 dpl, sehingga udaranya sejuk.

Banyak hal yang jadi magnet wisatawan berkunjung ke Lembang. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, ataupun sentra oleh-oleh. Tempat wisata di Lembang memang lebih di dominasi oleh wisata alam.

Tempat Wisata Di Lembang

1. Orchid Forest Cikole

orchid forest

Orchid Forrest terhitung masih baru. Meski demikian langsung menyedot banyak pengunjung. Orchid Forrest yang ada di area Cikole – Lembang ini merupakan tempat wisata sekaligus pelestarian anggrek. Disini terdapat banyak banget koleksi anggrek. Daya tarik lainnya adalah berbagai spot yang epic banget untuk berfoto.

Lokasi Orchid Forrest berada di Cikole, sebelum Tangkuban Perahu. Anda bisa menemukan tempat ini dengan mudah dengan bantuan aplikasi peta atau GPS di smartphone.

2. Farm House Lembang

farmhouse lembang
image: https://www.instagram.com/silviautari/

Farm House Lembang merupakan area wisata dengan konsep Fantasi Eropa yang unik. Tempat ini langsung jadi favorit setelah opening beberapa waktu lalu. Disini kita bisa menikmati area dengan konsep fantasi seperti rumah hobbit, bangunan bergaya Eropa jadul, cafe, dan lain-lain. Yang pasti, banyak spot yang instagrammable banget disini..

Alamat Farm House Lembang : jalan raya lembang no 108. Tiket masuk Rp 20.000, parkir motor Rp 500 dan parkir mobil Rp 10.000.

3. Observatorium Bosscha Lembang

Observatorium Bosscha
image: Isman Junian

Observatorium Bosscha merupakan peneropongan bintang tertua di Indonesia. Kunjungan disini terbatas, untuk kunjungan pribadi/keluarga hanya bisa di akhir pekan saja. Hari biasa lebih ditujukan untuk kunjungan pendidikan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat infonya di http://bosscha.itb.ac.id/

Alamat: Jl. Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Telepon: (022) 2786027

4. Floating Market Lembang

floating market lembang

Floating Market Lembang merupakan area wisata dengan konsep unik gabungan dari tempat kuliner berkonsep pasar terapung, cafe dengan suasana unik, taman miniatur kereta api, permainan anak, taman kelinci, dan lain-lain. yang pasti tempatnya cukup unik dan juga banyak spot berfoto ria yang keren lho..

Alamat : Jl. Grand Hotel No. 33 E Lembang. Tepat berada di pusat Lembang. Tiket masuk Rp 15.000 dan parkir Rp 5000.

Lihat juga daftar lengkap tempat wisata di Ciwidey.

5. Curug Cimahi / Air Terjun Pelangi

curug cimahi - air terjun pelangi

Curug cimahi merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bandung. Lokasinya mudah sekali di akses karena berada di pinggir jalan. Jangan salah lho, meskipun di pinggir jalan suasananya indah banget!

Sekarang curug cimahi di rebranding dengan nama lain air terjun pelangi. Hal ini karena adanya polesan lampu warna warni yang indah, bisa dikunjungi di malam hari juga.

Simak info lengkapnya di artikel curug cimahi berikut.

6. Curug Tilu Leuwi Opat

curug tilu leuwi opat

Berada tidak jauh dari curug cimahi, di curug tilu leuwi opat kita bisa trekking ringan menuju lokasi. Suasana alam yang asri bakal menemani kita disini. Selain itu, rutenya juga tidak terlalu sulit kok.

Simak info lengkapnya di artikel curug tilu leuwi opat.

7. Maribaya Resort

maribaya resort

Sejak dulu kawasan maribaya sudah menjadi salah satu tempat wisata di Lembang. Sekarang area ini di percantik dan dikelola menjadi Maribaya resort. Disini kita bisa menikmati berbagai sudut Maribaya yang indah, cafe, berendam air panas, spa, dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca di artikel Maribaya Resort Bandung.

8. Taman Hutan Raya Juanda

taman hutan raya juanda

Taman Hutan Raya Juanda merupakan hutan konservasi alam yang berada tidak jauh dari kota Bandung. THR juanda juga bisa di akses dari gerbang Lembang di dekat maribaya, meskipun memang lebih nyaman untuk diakses dari Dago.

Simak selengkapnya di artikel Taman Hutan Raya Juanda Bandung.

9. Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahu

Rasanya ada yang kurang kalau liburan ke Lembang tanpa mengunjungi gunung dan kawah tangkuban perahu. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat Lembang, dan mudah buat dicapai. Tinggal arahkan kendaraan ke arah Subang dari Lembang, kurang lebih 15 KM nanti akan langsung bertemu gerbang masuk tangkuban perahu di sebelah kiri.

Silahkan baca artikel kawah tangkuban perahu untuk lebih jelasnya.

10. Dusun Bambu Lembang

dusun bambu lembang

Dusun Bambu Lembang merupakan satu area wisata dengan berbagai hal unik. Disini kita bisa menikmati berbagai taman, permainan, sajian kuliner, cafe, ataupun resto dengan suasana yang indah dan khas. Tentunya Instagrammable banget deh. Tak hanya kuliner, suasana alam sekitarnya juga tertata dan asri banget.

Btw, areanya luas banget lho..Disini juga terdapat villa dan area glamping (glamorous camping) yang bisa anda gunakan untuk menginap.

Alamat : Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Tiket masuk Dusun Bambu Leisure Park Rp.15.000/orang. Parkir mobil Rp.10.000. Parkir motor Rp.5.000

Baca juga : daftar tempat wisata di Dago Bandung

11. De’Ranch Lembang

de ranch lembang
sumber : instagram.com/anita.tamba/

De Ranch Lembang dikenal dengan konsep wild west/ koboy-nya. Disini kita bisa menunggang kuda dengan menggunakan aksesoris ala koboy, dan juga menikmati berbagai permainan dan wahana lain yang ada. Terdapat juga sentra oleh-oleh dan tempat untuk makan. Cocok untuk wisata bersama keluarga.

Alamat: Jl. Maribaya No 17 Lembang. Harga tiket masuk Rp 10.000. Harga untuk wahana-permainan berbeda-beda (Rp 20.000 – Rp 40.000).

Baca review De Ranch Lembang disini.

12. Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang

grafika cikole
sumber: Natal Syahluddin

Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang berada satu arah dengan tangkuban perahu. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat Lembang. Disini, terdapat restoran dan juga tempat pondokan menginap yang unik banget. Pondokan lainnya dan area camping pun tersedia. Selain itu, terdapat juga berbagai paket outbond untuk keluarga ataupun perusahaan.

Alamat : Jalan Raya Tangkuban Perahu km.23 Desa Cikole, Lembang. Reservasi dan Pemesanan Terminal Wisata Grafika Cikole ; (022) 8278 2441,

13. Taman Bunga Begonia Lembang

kebun begonia lembang
sumber: pakdhe Notro

Taman Bunga Begonia Lembang tidak hanya taman bunga biasa. Disini anda juga bisa membeli berbagai macam bunga yang indah. Penataan area kebun bunga yang indah banget membuat banyak pengunjung yang sengaja datang kesini untuk menikmatinya, tidak hanya untuk belanja bunga.

Alamat : Jalan Maribaya No. 120 A. Lembang. Telepon: 022 2788-527 – HP: 081-2220-0202.  Harga tiket masuk Rp. 10.000.

14. Jendela Alam Lembang

jendela alam lembang
image via eatinguntildiee.blogspot.co.id

Jendela Alam Bandung merupakan salah satu wisata edukasi keluarga yang bagus banget. Jika anda mencari tempat wisata di Lembang yang beda dengan yang lain, tempat ini bisa jadi tujuan.

Banyak pilihan aktifitas edukasi yang bisa dilakukan oleh anak anda, ataupun orang dewasa. Selain itu, tempat ini cocok juga untuk tujuan kegiatan organisasi atau sekolah.

Lihat artikel lengkap Jendela Alam Lembang disini.

15. The Lodge Maribaya

the lodge maribaya
via https://www.instagram.com/feniiiii/

The Lodge Adventure Park And Resort atau lebih dikenal dengan nama The Lodge Maribaya berada di area Cibodas Lembang. Tempat ini mulai dikenal banyak wisatawan sekarang. banyak foto The lodge yang berseliweran di Instagram, karena memang tempatnya yang bagus banget. Memanfaatkan pemandangan lepas ke hutan pinus, terdapat banyak spot bagus untuk berfoto ria disini. Lokasi the lodge berada satu jalan dengan Maribaya resort.

Alamat : jalan Maribaya no 149/252 , Cibodas, Maribaya. Kurang lebih 5 KM setelah maribaya resort.

16. Kebun Teh Sukawana

kebun teh sukawana

Tempat yang satu ini rada jarang dikunjungi, padahal kebun teh Sukawana tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya saja jalan menuju kesini memang masih kurang bagus. Kebun teh nya rapi dan indah banget lho. Apabila anda suka sedikit off road, bisa bermain kesini.

Lokasinya berada di Parongpong. Untuk info selengkapnya lihat di artikel Kebun Teh Sukawana.

Lihat juga info tempat wisata di Bandung

17. Lembang Wonderland

lembang wonderland

Lembang Wonderland merupakan tempat wisata tematik yang unik. Di sini, terdapat berbagai area dengan spot indah dan menarik untuk berfoto. Lembang wonderland cocok untuk wisata bersama keluarga anda.

18. The Great Asia Africa Lembang

the great asia africa
image: Rudd Van

Ingin melihat miniatur tempat terkenal di luar negeri? Ke The Great Asia Africa saja. Lokasinya tidak jauh dari Farm House Lembang, bisa sekalian anda jadikan satu paket tujuan liburan.

19. Lembang Park And Zoo

lembang park and zoo
image: Afdhalul Iman

Lembang Park And Zoo adalah salah satu kebun binatang di Bandung. Tempatnya lebih luas dari kebun binatang Bandung, dan lebih tertata rapi. Selain itu, terdapat juga sajian kuliner yang cukup lengkap.

Waktu Terbaik Berlibur Ke Lembang

Mencari waktu terbaik untuk berlibur ke Lembang? Hal ini tergantung pada ‘kesenangan’ masing-masing tentunya. Jika suka suasana ramai, maka weekend bisa jadi pilihan. Tapi jika anda lebih suka suasana yang lebih tenang, berlibur ke Lembang di hari biasa/weekday akan lebih menyenangkan.

Tempat wisata seperti Farm house Lembang, Floating market, dan Maribaya resort biasanya penuh sekali saat long weekend. Tapi cukup lenggang kalau di hari biasa. Farm house biasanya menjadi salah satu titik macet saat long weekend di jalan raya bandung-lembang.

Tempat wisata tangkuban perahu, Dusun Bambu, air terjun pelangi ataupun curug tilu leuwi opat biasanya cukup lenggang meskipun di long weekend. Bukan karena ngga banyak pengunjung, tapi karena area tempat wisata tersebut luas sehingga tidak terasa penuh.

Saran saya jika berlibur ke Lembang saat long weekend atau libur panjang, hindari rute utama ke Lembang karena kemungkinan besar akan macet. Jika berkunjung saat long weekend, ada baiknya disusun tempat-tempat mana yang akan anda kunjungi. Lalu pelajari rute alternatif untuk menuju ke lokasi-lokasi tersebut biar ngga berputar-putar.

Tips: Aplikasi Waze ataupun Google maps cukup akurat dalam menunjukan rute alternatif ke Lembang. Bisa digunakan juga untuk melihat rute mana yang sedang macet.

Akses Jalan Ke Lembang

Akses jalan ke Lembang cukup mudah lho. Kita bisa mencapai area sini dengan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi dengan mudah.

Rute paling mudah jika menggunakan kendaraan pribadi dari luar kota, anda bisa keluar dari pintu tol Pasteur. Lalu lurus terus sampai ke perempatan lampu merah kedua, dan belok kiri ke arah jalan Setiabudhi. terus aja ikuti rute ini, melewati terminal ledeng, dan akan langsung menuju ke Lembang.

Untuk rute alternatif ke Lembang bisa di cek di bagian bawah ya..

Angkutan Umum Dari Bandung Ke Lembang

Angkutan umum ke Lembang yang bisa anda gunakan ada beberapa, tergantung ke area mana tujuan anda nanti.

Angkutan kota jurusan Stasiun hall – Lembang.

angkot sthall - lembang
image: vera-susanti.blogspot.com

Angkot ini berwarna krem. Kita bisa naik angkot ini dari stasiun hall (stasiun kereta api utama di Bandung), jalan sukajadi (RSHS – mall PVJ), di jalan setiabudhi atas (ENhai, Gegerkalong, UPI), ataupun dari depan terminal ledeng. Rute akhir angkot ini adalah di pusat Lembang langsung.

Tempat wisata dan kuliner yang dilewati angkot ini antara lain ; Farm House Lembang, Tahu Susu Lembang, cafe Api Unggun, area pusat kota Lembang, Alun-alun, pasar, dan juga Floating market Lembang.

Angkutan kota jurusan Ledeng – Parongpong.

angkot ledeng parongpong
image: mblusuk.com

Kita bisa naik angkot ini dari pertigaan terminal Ledeng-Sersan Bajuri, bukan dari dalam terminal Ledeng. Angkot Ledeng – Parongpong melalui jalan sersan Bajuri sampai ke terminal Parongpong.. Ngga sampai ke pusat Lembang.

Area wisata dan kuliner yang dilewati oleh angkot ini antara lain jajaran cafe di jalan sersan Bajuri seperti Sapulidi cafe and resort, Maja house, Kampung gajah,dll. Untuk menuju curug cimahi/air terjun pelangi, dan juga Dusun Bambu kita harus naik angkot lagi (warna kuning) dari terminal Parongpong.

Jalan Alternatif Ke Lembang

Selain rute jalan utama, terdapat banyak rute jalan alternatif ke Lembang. Rute ini bakalan berguna banget kalau kita berkunjung di saat long weekend, karena bisa dipastikan jalan utama bakalan macet banget.

1. Jalan Alternatif Cimahi –  Lembang

Anda bisa keluar dari dari pintu tol padalarang, ataupun pintu tol Baros Cimahi. Ada beberapa rute yang bisa anda ambil dari sini, ke Lembang.

Bisa melalui jalan padalarang – simpang cisarua – parongpong – Lembang. Jalan ini akan melewati kantor pemkab Bandung barat. Ikuti terus sampai bertemu jalan kolonel masturi. Terus saja ikuti ke arah atas ( kiri ). Rute ini jalannya menanjak cukup curam dan panjang, jadi pastikan mobil anda sehat ya..

Melalui jalan kolonel Masturi – parongpong – lembang. Arahkan kendaraan ke alun-alun Cimahi, lalu belok kiri ke jalan kolonel masturi. Ikuti terus jalan ini, nanti akan melewati parongpong – Lembang.

Kedua jalan diatas akan melewati pula Dusun Bambu, Curug cimahi/air terjun pelangi, curug tilu leuwi opat, dan juga Ciwangun Indah Camp.

Rute lainnya melalui Jalan Cihanjuang – Parongpong – Lembang. Arahkan kendaraan ke Cibabat cimahi, lalu belok kiri ke jalan Daeng Moh. Ardiwinata. Ikuti terus, nanti akan nyambung ke jalan Cihanjuang sampai ke Parongpong. Jalan ini keluarnya dekat dengan universitas Advent di Parongpong.

2. Jalan Alternatif  Setiabudhi – Lembang

Ada beberapa jalan yang bisa anda gunakan dari area sekitar jalan setiabudhi untuk menuju Lembang.

Rute jalan setiabudhi – sersan bajuri – parongpong (jln kolonel masturi) – Lembang. Arahkan kendaraan ke jalan Setiabudhi sampai ke terminal ledeng. Dari pertigaan disini (setelah UPI), ambil jalan ke kiri ke arah sersan bajuri. Ikuti saja terus, nanti akan keluar di parongpong, dan anda tinggal belok kanan untuk menuju ke Lembang. Beberapa tempat yang dilewati disini antara lain kampung gajah, cafe-cafe seperti maja house, sentra bunga cihideung, dan juga kampung daun.

Rute Setiabudhi – gegerkalong hilir – jalan Cihanjuang – parongpong (jln kolonel masturi) – Lembang. Arahkan kendaraan ke Setiabudhi, lalu di pertigaan lampu merah gegerkalong (sebelum Enhai) ambil jalan kiri. Ikuti terus, dan ambil jalan kiri lagi di pertigaan ciwaruga. Terus saja ikuti jalan ini, nanti akan melewati jalan ke Polban dan akhirnya tembus ke jalan Cihanjuang. Dari sini belok kanan sampai ke Parongpong, dan belok kanan lagi untuk menuju Lembang.

Rute Setiabudhi – gegerkalong hilir – jalan ciwaruga – parongpong (jln kolonel masturi) – Lembang. Sama seperti diatas, hanya saja kita belok kanan di pertigaan Ciwaruga. Ikuti terus jalan ciwaruga, nanti akan menyambung ke jalan Cigugur girang. Jalan ini akan keluar ke parongpong, dan tinggal belok kanan untuk menuju ke Lembang.

3. Jalan Alternatif Dago – Lembang

Jika anda dari pusat kota Bandung (Dago), bisa menggunakan rute alternatif berikut. Tidak harus keliling terlebih dahulu ke jalan setiabudhi.

Rute Dago – Ciumbuleuit – Punclut – Lembang. Dari Simpang dago, arahkan ke jalan Ciumbuleuit, dan ikuti terus ke atas menuju ke punclut. Dari ujung area wisata punclut nanti terdapat pertigaan, ambil kiri dan ikuti terus, nanti akan langsung tembus ke Lembang. Rute ini melewati Universitas Parahyangan dan juga area wisata punclut.

Rute Dago atas – Dago giri – Lembang. Arahkan kendaraan ke dago atas sampai melewati terminal ledeng.Dipertigaan setelah terminal ledeng, ambil jalan ke kiri ke arah Dago giri. Ikuti saja terus jalan utama ini, nanti akan tembus ke Jalan maribaya. Anda tinggal belok kiri untuk menuju ke pusat Lembang. Tempat yang dilewati rute ini ; cafe sepanjang dago giri seperti lawang wangi, dago dream land, warung salse, rumah miring, dan lain-lain. jalan ini cocok jika ingin langsung menuju ke Maribaya resort dari Dago.

Rute Dago atas – Perumahan Citra Green – Punclut – Lembang. Arahkan kendaraan ke dago atas. Tepat setelah terminal dago, terdapat pertigaan dengan jalan menurun ke kiri ke arah perumahan Citra Green. Ikuti saja terus jalan utama disini, nanti akan tembus langsung ke area Punclut. Dari pertigaan masuk area Punclut tinggal belok kanan dan ikuti petunjuk menuju ke Lembang.

Btw, jalan dari Punclut ke Lembang melewati tanjakan yang lumayan curang dan panjang..

Penginapan Dan Hotel Di Lembang

Buat anda yang liburan ke Lembang, ngga perlu khawatir untuk tempat menginap. Terdapat banyak penginapan dan hotel di Lembang dengan harga yang beragam. Anda bisa mendapatkan hotel di Lembang dengan harga mulai Rp 200.000/ malam.

Tapi, jika berencana untuk liburan ke Lembang di long weekend biasanya penuh. Ada baiknya anda booking hotel terlebih dahulu sebelum berlibur ke lembang.

Silahkan lihat list hotel di Lembang mulai dari harga 200 ribuan yang bisa anda booking online dibawah ini. List hotel bisa anda urutkan berdasarkan harga ataupun rekomendasi:

Daftar hotel di Lembang Via AGODA

Nah, semoga panduan singkat liburan ke Lembang ini bisa berguna untuk anda. Paling ngga ada gambaran jika ingin liburan ke Lembang nanti.

Jangan lupa like dan share artikel ini!