8 Tempat Wisata Di Magelang, Top List Dengan Berjuta Pesona

Tempat wisata di Magelang meliputi Kabupaten Magelang, dan Kota Magelang, yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Soal tempat wisatanya, jangan diragukan lagi. Salah-satunya dinobatkan sebagai 7 keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur.

Setiap tempat wisata di Kabupaten Magelang, dengan Kota Magelang, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata di Kabupaten Magelang lebih didominasi oleh tempat wisata Candi, dan wisata Alam.

Baca juga: review tempat wisata di Penajam

Tempat wisata di Magelang yang sudah dibuka, tergantung level zonasi grafik penyebaran Covid-19. Biasanya, jika zonanya masih di level 3, maka dipastikan tempat wisatanya tutup sementara.

Dan inilah review tempat wisata di Magelang, dari mulai wisata alam di Magelang, wisata sejarah di Magelang, wisata yang instagramable, dan romantis di Magelang, lengkap dengan harga tiket masuknya.

Oh iya, semua tempat wista di Magelang yang akan penulis sajikan, pernah diulas khusus secara terpisah. Jadi bagi anda yang belum sempat membaca, bisa klik link yang ada di setiap poin.

8 Tempat Wisata Di Magelang

1. Candi Borobudur

candi borobudur
candi borobudur. google maps. sumber: Ika Marianingsih

Simak reviewnya di artikel Candi Borobudur

Tempat wisata di Magelang, kita mulai dari sebuah tempat yang sangat spektakuler, mendunia, dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, hingga masuk ke dalam 7 keajaiban dunia.

Nama tempat wisatanya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur dibangun pada tahun 800 Masehi, tepatnya pada jaman Wangsa Syailendra.

Saat ini, kunjungan wisata ke Candi Borobudur terdapat aturan baru yang harus ditaati oleh para wisatawan. Di antaranya:

  • Menerapkan protokol kesehatan,
  • Kunjungan wisata per hari dibatasi,
  • Kunjungan wisata hanya sampai Taman Wisata Candi Borobudur, atau Zona 2.

Candi Borobudur mampu menjadi gerbang sejarah, untuk mencoba memahami peradaban manusia di masa lampau.

  • Lokasi Dan Alamat Candi Borobudur berada di Jl.Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Candi Borobudur buka dari jam 08.00 – 15.00.
  • Harga tiket masuk Candi Borobudur Rp. 50.000 per orang.

2. Gunung Andong

panorama di gunung andong
panorama di gunung andong. google maps. sumber: lemah alas

Simak: info seputar Gereja Ayam

Tempat wisata di Magelang yang instagramable, romantis, dalam balutan pesona alam yang indah, sekaligus tempat wisata yang hits di kalangan muda-mudi, yaitu Gunung Andong.

Aktivitas wisata yang hits di Gunung Andong adalah camping. Lokasi campingnya berada di puncak Gunung Andong. Meskipun tidak terlalu lebar kondisi puncaknya, namun mampu menyajikan panorama alam yang sangat indah.

  • Lokasi Gunung Andong terletak di 3 kabupaten.
  • Alamat Gunung Andong berada di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Gunung Andong Rp. 20.000 per orang.

3. Taman Kyai Langgeng

taman kyai langgeng
taman kyai langgeng. google maps. sumber: Rino Setyo P

Simak juga: review tempat wisata di Kutai Kartanegara

Tempat wisata di Magelang selanjutnya, tepatnya berada di Kota Magelang. Nama tempat wisatanya adalah Taman Kyai Langgeng.

Sebuah tempat wisata di Kota Magelang yang bernilai sejarah, wisata keluarga yang nyaman, serta wisata alam yang dilengkapi dengan fasilitas yang akan menambah keseruan wisata anda.

Taman Kyai Langgeng dibangun pada tahun 1981. Taman Kyai Langgeng saat ini sangat indah dipandang, padahal dulunya adalah sebuah lahan kritis.

4. Gardu Pandang Silancur

gardu pandang silancur
gardu pandang silancur. google maps. sumber: Ashan Fardhani

Gardu Pandang Silancur adalah tempat wisata di Magelang yang hits, menawarkan beragam spot selfie yang instagramable, dengan latar alam pegunungan yang eksotis.

Selain itu, Gardu Pandang Silancur menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman dan edukatif. Apalagi di lokasi tersebut dilengkapi dengan fasilitas penginapan, dan cefe, tentu saja akan menyajikan nuansa romantis saat malam tiba.

  • Lokasi dan alamat Gardu Pandang Silancur berada di Dusun Ddaapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Gardu Pandang Silancur Rp. 10.000 per orang.

5. Candi Selogriyo

candi selogriyo
candi selogriyo. google maps. sumber: Shaun Murphy

Simak reviewnya di artikel candi selogriyo

Candi Selogriyo tidak seperti candi-candi pada umumnya, yang memiliki banyak candi dalam satu kompleks yang sama. Meskipun begitu, Candi Selogriyo memiliki daya tarik sebagai berikut:

  • Candi yang bersejarah,
  • Peson alam sekitar yang sangat cantik.

Selain itu, Candi Selogriyo juga memilki sisi misteri, atau legenda yang masih diperbincangkan hingga saat ini. Salah-satunya tentang khasiat air awet muda.

  • Lokasi Candi Selogriyo terletak di lereng timur kumpulan 3 bukit.
  • Alamat Candi Selogriyo berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Candi Selogriyo Rp. 5.000 per orang.

6. Curug Silawe

curug silawe
curug silawe. google maps. sumber: Alif Reza

Simak reviewnya di artikel Ketep Pass

Kunjungan wisata ke Curug Silawe layaknya sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Karena di dekat Curug Silawe terdapat air terjun lainnya, yang bernama Curug Sigong.

Curug Silawe cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga. Jarang banget loh tempat wisata air terjun yang cocok buat semua umur, meskipun sikap kehati-hatian harus menjadi hal yang diprioritaskan.

Curug Silawe memiliki ketinggian 60 meter, airnya tidak pernah kering sekalipun di musim kemarau. Kunjungan ke Curug Silawe Magelang diusahakan jangn di puncak musim penghujan ya…

  • Lokasi Curug Silawe terletak di sebelah selatan Gunung Sumbing.
  • Alamat Curug Silawe berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Curug Silawe Rp. 6.000 per orang.

7. Candi Mendut

candi mendut
candi mendut. google maps. sumber: heru afrizal

Simak reviewnya di artikel Candi Mendut.

Daya tarik Candi Mendut bukan hanya terletak pada arsitektur bangunannya saja. Sisi sejarahnya juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama tahun pembangunannya diduga sama, atau bahkan lebih tua dari Candi Borobudur.

Selain itu, relief 0 relief yang ada di Candi Mendut mengandung nilai filosofi yang sangat menarik untuk dipahami. Terdapat nilai luhur yang diterjemahkan dalam bentuj relief.

  • Lokasi dan alamat Candi Mendut berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Candi Mendut Rp. 5.000 per orang.

8. Punthuk Setumbu

sajian alam di punthuk setumbu
sajian alam di punthuk setumbu. google maps. sumber: Linardy Journey

Baca selengkapnya di artikel Punthuk Setumbu

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah tempat wisata yang lahir dari keajaiban, dan kekuatan media sosial. Namanya adalah Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu adalah spot, atau cara lain menikmati keindahan Candi Borobudur. Selain itu, para wisatawan yang datang tak ingin melewatkan panorama golden sunrisenya.

  • Lokasi Punthuk Setumbu teletak di gugusan Gunung Menoreh.
  • Alamat Punthuk Setumbu berada di Krahan, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Punthuk Setumbu Rp. 15.000 per orang.

Tinggalkan komentar