14 Tempat Wisata di Magelang Yang Hits Saat Ini

Meski dikenal dengan candi Borobudurnya yang di akui dunia, Magelang sesungguhnya punya banyak destinasi wisata lainnya yang memukau yang bisa Anda jelajahi. Mulai dari telaga yang memiliki air sejernih kristal, pegunungan-pegunungan hijau yang tinggi menjulang, situs bersejarah hingga wisata kuliner khas yang menawarkan citarasa tak terlupakan.


Agar liburan Anda di Magelang tak sia-sia, yuk simak rekomendasi tempat wisata di Magelang berikut ini.

1. Bukit Grenden

Bukit grenden
Bukit Grenden. Image via: jateng.tribunnews.com

Jika Anda ingin mendaki ke puncak Gunung Merbabu, maka bukit ini menjadi salah satu jalur pendakian terdekat. Anda akan disuguhi rimbunnya hutan pinus yang berselimut kabut serta pemandangan puncak Merbabu yang begitu memukau.

Tempat wisata di Magelang ini juga dilengkapi banyak spot foto unik dan instagramable, lho! Seperti rumah kurcaci, gardu pandang hingga gazebo dengan pernak-perniknya yang unik.

Tak ketinggalan, di tempat ini pun menyuguhkan pemandangan  sunset dan sunrise yang memukau.

Informasi:

  • Nama: Bukit Gerden
  • Alamat: Desa Pogal;an, Pakis, Magelang – Jawa Tengah
  • Harga tiket: Rp 7.500,- (weekday), Rp 12.500,- (weekend)

Baca juga: review tempat wisata di Penajam

2. Gunung Andong

gunung andong
Gunung Andong. Image via: www.instagram.com/wizdan_inst/

Gunung yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl ini terbilang mungil jika disbanding dengan gunung-gunung lain disekitarnya. Tetapi, meskipun mungil gunung ini pun tak kalah seru untuk dijelajahi.

Karena tak terlalu tinggi, maka waktu pendakian pun terbilang lebih singkat hanya sekitar 2 jam saja. Itulah mengapa gunung ini cocok untuk Anda yang sedang belajar naik gunung.

Meski mungil, tetapi jangan remehkan pesona yang ditawarkan. Sepanjang jalan Anda akan ditemani ladang bambu, hijaunya hutan pinus dengan udaranya yang sejuk serta kicauan burung yang terbang bebas. Jangan lupa selalu berhati-hati di jalur pendakian karena jalurnya yang cukup menantang.

Informasi:

  • Nama: Gunung Andong
  • Alamat: Desa Girirejo, Ngablak, Magelang – Jawa Tengah
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

3. Gardu Pandang Silancur

Gardu pandang silancur
Gardu Pandang Silancur. Image via: www.dakatour.com

Tempat wisata di Magelang yang selanjutnya ini menawarkan keindahan alam yang tak ada habisnya. Juga spot foto kece yang instagramable banget dengan latar panorama kota Magelang yang seolah berada di balik awan. Dari pagi hingga senja, pemandangan yang terlihat dari Gardu Pandang Silancur ini akan selalu memikat.

Destinasi ini menyuguhkan beberapa gardu pandang dengan tema dan ketinggian yang berbeda, dan tentunya dengan latar panorama yang berbeda pula tentunya.

Setelah puas berswafoto di gardiu pandang, tak ada salahnya mampir juga kebun bunga yang dipenuhi bunga-bunga cantik di dekat loket masuk. Jangan sampai terlewat ya!

Informasi:

  • Nama: Gardu Pandang Silancur
  • Alamat: Dsn. Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang – Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp 5.000,-/orang, Rp 2.000,- (parkir)

4. Bukit Rhema

Bukit rhema
Bukit Rhema. Image via: pandji-indonesia.com

Ada hal yang unik ketika mendengar nama tempat wisata di Magelang yang satu ini, karena pasti akan selalu tertuju pada bangunan gereja dengan arsitektur mirip ayam yang berdiri kokoh di atas bukit. Ya, di atas Bukit Rhema terdapaat sebuah gereja tua yang ikonik sekali dengan arsitektur ayamnya hingga membuatnya terkenal hingga ke mancanegara.

Simak: info seputar Gereja Ayam

Bangunan ini memiliki beberapa lantai, misalnya basement yang diperuntukkan sebagai tempat berdoa. Lalu di lantai kedua dan ketiga bisa Anda jelajahi untuk menikmati panorama indahnya pegunungan menorah yang memukau.

Jangan lewatkan juga bagian puncaknya yang disebut Mahkota ayam untuk berswafoto. Sebab spot ini spot foto yang paling disukai.

Informasi:

  • Nama: Bukit rhema
  • Alamat: Dsn. Gembong, Kembanglimus, Borobudur, Magelang –Jawa tengah
  • Jam buka: 05.00-17.00 WIB (setiap hari)
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: review tempat wisata di Kutai Kartanegara

5. Candi Selogriyo

Candi selogriyo
Candi Selogriyo. Image via: www.instagram.com/candi_selogriyo/

Meski tak sepopuler dan semegah Candi Borobudur, Candi Selogriyo tetap memiliki pesona dan keunikannya tersendiri. Untuk dapat mencapainya Anda perlu mengeluarkan tenaga ekstra dengan menelusuri jalur trekking sepanjang 2 km yang melintasi persawahan dan nukit-bukit hijau yang menawan.

Sesampainya di area tempat wisata di Magelang ini Anda akan disambut dengan arsitektur candi yang unik dengan pelataran yang cukup luas. Serta panorama pegunungan yang memukau dengan udaranya yang menyejukkan.

Tak jauh dari area candi terdapat sumber mata air yang kabarnya mampu membuat seseorang awet muda.

Informasi:

  • Nama: Candi Selogriyo
  • Alamat: Selogriyo, Candisari, Windusari, Magelang – Jawa Tengah
  • Harga tiket: Rp 3.000,-

6. Goa Slandak

Goa-Slandak
Goa Slandak. Image via: www.instagram.com/visit.jateng/

Berlokasi di kawasan perbukitan yang dipenuhi pohon pinus, Goa Slandak memiliki banyak hal seru yang menarik untuk dijelajahi. Ada banyak patung yang berbenuk seperti gorilla dan landak raksasa yang akan Anda temui di sekitar pintu masuk hutan pinus sebelum mencapai goa. Anda juga bisa mengambil foto selfie dengan penunggu hutan tersebut lho.

Di sekitarnya juga terdapat gardu pandang berukuran mini yang bisa digunakan untuk mengambil foto selfie juga sekaligus untuk bersantai sejenak. Setelah selesai seru-seruan dengan para penunggu hutan pinus dan berselfie di gardu pandang, Anda akan menemukan Goa Slandak yang berdampingan dengan air terjun yang menawan.

Tak jauh dari air terjun di bibir goa, ada Kedung Sembrani dengan kolamnya yang tenang dan air terjun kecilnya yang memikat.

Informasi:

  • Nama: Goa Slandak
  • Alamat: Dsn. Grogol, Muneng Warangan, Pakis, Magelang – Jawa Tengah
  • Harga tiket: Rp 3.000,-/orang, Rp 2.000,- (parkir motor), Rp 5.000,- (parkir mobil)

7. Curug Silawe

curug silawe
Curug Silawe. Image via: iwanwidi.blogspot.com

Selain di Goa Slandak, Anda juga bisa menikmati pesona air terjun yang memukau mata di Curug Silawe. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter, tak heran jika air yang jatuh seolah bergemuruh dengan begitu kerasnya.

Jalur untuk mencapai tempat wisata di Magelang ini cukup berliku dan menantang tapi tak perlu khawatir karena sudah di semen sehingga tak terlalu licin dan mudah dilewati.

Tak jauh dari Curug Silawe juga terdapat air terjun lain yang tak kalah cantik, yakni Curug Sigong yang dikelilingi alam nan asri yang sangat cocok untuk berswafoto.

Informasi:

  • Nama: Curug Silawe
  • Alamat: Dsn. Kopeng Kulon, Sutopati, Kajoran, Magelang – Jawa tengah
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

8. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

candi-umbul-magelang
Pemandian Air Hangat Candi Umbul. Image via: www.tribunnews.com

Ingin merasakan sensasi mandi di tempat pemandian air hangat tertua di Indonesia? Maka Anda harus meluangkan waktu sejenak untuk mampir ke Candi Umbul dan merasakannya sendiri.

Di sekitar kolam pemandian terdapat stupa serta banyak bebatuan yang diukir dengan corak tanaman dan binatang yang membuat tempat pemandian ini begitu unik.

Tempat wisata di Magelang ini memiliki dua kolam pemandian dengan suhu air yang berbeda, satu kolam dingin dan yang kedua kolam air hangat. Air dalam kolam air hangat mengandung belerang sehingga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, misalnya penyakit kulit, terapi tulang hingga melancarkan peredaran darah.

Informasi:

  • Nama: Pemandian Air Hangat Candi Umbul
  • Alamat: Desa Kartoharjo, Grabag, Magelang – jawa tengah
  • Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

9. Omah Pring

Omah Pring
Omah Pring. Image via: www.instagram.com/wisata_magelang/

Omah pring memiliki makna rumah bambu dalam bahasa Indonesia, dan di tempat ini Anda bisa menemukan banyak rumah bambu dengan desain unik yang berada ditepi Kali Progo. Ditemani suasana alam disekitar yang masih asri dengan aliran sungainya yang bersih dan ditambah suara kicauan burung-burung menciptakan eksotisme yang tak ada duanya.

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan disini. Misalnya saja bermain bamu, belajar membatik atau mencicipi kuliner yang ditawarkan sambil menikmati suasana yang damai dengan udaranya yang fresh.

Kalau Anda suka tantangan, Anda bisa mencoba keseruan rafting di Kali Progo juga, lho!

Informasi:

  • Nama: Omah Pring
  • Alamat: Jl. Borobudur – Sendangsono Km. 3, Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang – Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB

10. Sendang Mudal

sendang mudal
Sendang Mudal . Image via: indonesia.tripcanvas.co

Sendang yang berlokasi di wilayah Kecamatan Sawangan Magelang ini memiliki air jernih sebening Kristal. Saking beningnya, Anda bahkan bisa melihat dasarnya yang berpasir secara langsung dari luar kolam. Itulah mengapa tempat wisata di Magelang ini belakangan jadi ngehits di kalangan pecinta selfie underwater.

Jangan salah meski terlihat tenang namun air di sendang ini selalu mengalir sehingga kebersihan sendang selalu terjaga. Tak heran jika airnya selalu terlihat sebening Kristal.

Saat mampir ke sana jangan lupa bawa kamera waterproof agar Anda bisa mengabadikan momen seru di bawah air.

Informasi:

  • Nama: Sendang Mudal
  • Alamat: Dsn. Butuh Kulon, Sawangan, Magelang – Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

11. Candi Borobudur

borobudur sunrise 1

Siapa yang ngga tahu tempat ini? Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang dikenal luas. Ngga cuma di Indonesia, tapi juga di manca negara. Candi ini merupakan salah satu candi terbesar di dunia lho.

Simak reviewnya di artikel Candi Borobudur

12. Ketep Pass

Via Instagram ketep pass magelang

Ketep Pass adalah salah satu tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan gunung Merapi dan Merbabu. Dari sini, anda bisa melihat lepas ke arah kedua gunung tersebut.

Ngga cuma itu, di Ketep Pass juga terdapat berbagai fasilitas penunjang yang lengkap lho. Selain itu, cukup mudah untuk dikunjungi.

Simak reviewnya di artikel Ketep Pass

13. Candi Mendut

candi_mendut 2
Candi Mendut. Image via: http://www.merbabu.com/candi/candi_mendut.php

Selain Borobudur, di Magelang juga terdapat Candi Mendut. Candi ini memiliki usaia yang lebih tua di banding Borobudur lho.

Simak reviewnya di artikel Candi Mendut.

14. Punthuk Setumbu

borobudur
Borobudur dari Punthuk Setumbu. Image via: www.brobali.com/2016/01/punthuk-setumbu-wisata-indah-di-magelang.html

Salah satu tempat baru untuk menikmati keindahan kota Magelang dari ketinggian, Punthuk Setumbu. Dari sini, anda juga dapat menikmati keindahan Candi Borobudur dari kejauhan.

Baca selengkapnya di artikel Punthuk Setumbu

Ternyata selain Candi Borobudur, Magelang pun memiliki banyak destinasi wisata seru yang menarik untuk dikunjungi bukan? Dan rasanya untuk menjelajahi semua tempat wisata di Magelang tersebut tak cukup hanya dalam waktu satu hari saja.

Sudah punya rencana kemana liburan di Magelang kali ini? Yuk buat planning-nya sekarang!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment