23 Tempat Wisata Di Magelang, Top List Dengan Berjuta Pesona

|

Tempat wisata di Magelang meliputi Kabupaten Magelang, dan Kota Magelang, yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Soal tempat wisatanya, jangan diragukan lagi. Salah-satunya dinobatkan sebagai 7 keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur.

Setiap tempat wisata di Kabupaten Magelang, dengan Kota Magelang, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata di Kabupaten Magelang lebih didominasi oleh tempat wisata Candi, dan wisata Alam.

Baca juga: review tempat wisata di Penajam

Dan inilah review tempat wisata di Magelang, dari mulai wisata alam di Magelang, wisata sejarah di Magelang, wisata yang instagramable, dan romantis di Magelang, lengkap dengan harga tiket masuknya.

Oh iya, semua tempat wista di Magelang yang akan penulis sajikan, pernah diulas khusus secara terpisah. Jadi bagi anda yang belum sempat membaca, bisa klik link yang ada di setiap poin.

23 Tempat Wisata Di Magelang

1. Candi Borobudur

candi borobudur
candi borobudur. google maps. sumber: Ika Marianingsih

Simak reviewnya di artikel Candi Borobudur

Tempat wisata di Magelang, kita mulai dari sebuah tempat yang sangat spektakuler, mendunia, dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, hingga masuk ke dalam 7 keajaiban dunia.

Nama tempat wisatanya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur dibangun pada tahun 800 Masehi, tepatnya pada jaman Wangsa Syailendra.

Candi Borobudur mampu menjadi gerbang sejarah, untuk mencoba memahami peradaban manusia di masa lampau.

  • Lokasi Dan Alamat Candi Borobudur berada di Jl.Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Candi Borobudur buka dari jam 06.30 – 16.30.
  • Harga tiket masuk Candi Borobudur Rp. 50.000 per orang.

2. Gunung Andong

panorama di gunung andong
panorama di gunung andong. google maps. sumber: lemah alas

Simak: info seputar gunung andong

Tempat wisata di Magelang yang instagramable, romantis, dalam balutan pesona alam yang indah, sekaligus tempat wisata yang hits di kalangan muda-mudi, yaitu Gunung Andong.

Aktivitas wisata yang hits di Gunung Andong adalah camping. Lokasi campingnya berada di puncak Gunung Andong. Meskipun tidak terlalu lebar kondisi puncaknya, namun mampu menyajikan panorama alam yang sangat indah.

  • Lokasi Gunung Andong terletak di 3 kabupaten.
  • Alamat Gunung Andong berada di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Gunung Andong Rp. 20.000 per orang.

3. Taman Kyai Langgeng

taman kyai langgeng
taman kyai langgeng. google maps. sumber: Rino Setyo P

Simak juga: review taman kyai langgeng

Tempat wisata di Magelang selanjutnya, tepatnya berada di Kota Magelang. Nama tempat wisatanya adalah Taman Kyai Langgeng.

Sebuah tempat wisata di Kota Magelang yang bernilai sejarah, wisata keluarga yang nyaman, serta wisata alam yang dilengkapi dengan fasilitas yang akan menambah keseruan wisata anda.

Taman Kyai Langgeng dibangun pada tahun 1981. Taman Kyai Langgeng saat ini sangat indah dipandang, padahal dulunya adalah sebuah lahan kritis.

  • Lokasi dan alamat Jl. Cempaka No.6, Kelurahan Kairirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Taman Kyai Langgeng Rp. 24.000 per orang

4. Gardu Pandang Silancur

gardu pandang silancur
gardu pandang silancur. google maps. sumber: Ashan Fardhani

simak juga: gardu pandang silancur

Gardu Pandang Silancur adalah tempat wisata di Magelang yang hits, menawarkan beragam spot selfie yang instagramable, dengan latar alam pegunungan yang eksotis.

Selain itu, Gardu Pandang Silancur menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman dan edukatif. Apalagi di lokasi tersebut dilengkapi dengan fasilitas penginapan, dan cafe, tentu saja akan menyajikan nuansa romantis saat malam tiba.

  • Lokasi dan alamat Gardu Pandang Silancur berada di Dusun Ddaapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Gardu Pandang Silancur Rp. 10.000 per orang.

5. Candi Selogriyo

candi selogriyo
candi selogriyo. google maps. sumber: Shaun Murphy

Simak reviewnya di artikel candi selogriyo

Candi Selogriyo tidak seperti candi-candi pada umumnya, yang memiliki banyak candi dalam satu kompleks yang sama. Meskipun begitu, Candi Selogriyo memiliki daya tarik sebagai berikut:

  • Candi yang bersejarah,
  • Peson alam sekitar yang sangat cantik.

Selain itu, Candi Selogriyo juga memilki sisi misteri, atau legenda yang masih diperbincangkan hingga saat ini. Salah-satunya tentang khasiat air awet muda.

  • Lokasi Candi Selogriyo terletak di lereng timur kumpulan 3 bukit.
  • Alamat Candi Selogriyo berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Candi Selogriyo Rp. 5.000 per orang.

6. Curug Silawe

curug silawe
curug silawe. google maps. sumber: Alif Reza

Simak reviewnya di artikel curug silawe

Kunjungan wisata ke Curug Silawe layaknya sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Karena di dekat Curug Silawe terdapat air terjun lainnya, yang bernama Curug Sigong.

Curug Silawe cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga. Jarang banget loh tempat wisata air terjun yang cocok buat semua umur, meskipun sikap kehati-hatian harus menjadi hal yang diprioritaskan.

Curug Silawe memiliki ketinggian 60 meter, airnya tidak pernah kering sekalipun di musim kemarau. Kunjungan ke Curug Silawe Magelang diusahakan jangn di puncak musim penghujan ya…

  • Lokasi Curug Silawe terletak di sebelah selatan Gunung Sumbing.
  • Alamat Curug Silawe berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Curug Silawe Rp. 6.000 per orang.

7. Candi Mendut

candi mendut
candi mendut. google maps. sumber: heru afrizal

Simak reviewnya di artikel Candi Mendut.

Daya tarik Candi Mendut bukan hanya terletak pada arsitektur bangunannya saja. Sisi sejarahnya juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama tahun pembangunannya diduga sama, atau bahkan lebih tua dari Candi Borobudur.

Selain itu, relief 0 relief yang ada di Candi Mendut mengandung nilai filosofi yang sangat menarik untuk dipahami. Terdapat nilai luhur yang diterjemahkan dalam bentuj relief.

  • Lokasi dan alamat Candi Mendut berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Candi Mendut Rp. 5.000 per orang.

8. Punthuk Setumbu

sajian alam di punthuk setumbu
sajian alam di punthuk setumbu. google maps. sumber: Linardy Journey

Baca selengkapnya di artikel Punthuk Setumbu

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah tempat wisata yang lahir dari keajaiban, dan kekuatan media sosial. Namanya adalah Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu adalah spot, atau cara lain menikmati keindahan Candi Borobudur. Selain itu, para wisatawan yang datang tak ingin melewatkan panorama golden sunrisenya.

  • Lokasi Punthuk Setumbu teletak di gugusan Gunung Menoreh.
  • Alamat Punthuk Setumbu berada di Krahan, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Punthuk Setumbu Rp. 15.000 per orang.

9. Hutan Pinus Kragilan

spot favorit
spot favorit. google maps. sumber: Ari Victori

simak juga: hutan pinus kragilan

Selanjutnya ada Pinusan Kragilan atau Top Sefie Hutan Pinusan tempat wisata yang berada di area hutan Pinus yang kental dengan suasana nyaman, udara yang segar, serta pemandangan alam yang epic.

Top Selfie Pinusan Kragilan ini berada dibawah kaki Gunung Merbabu, hal ini membuat para wisatawan tak melewatkan momen untuk mengabadikan foto dengan panorama gunung yang menjulang tinggi tempat hiking favorit para pendaki.

Selain menampilkan Hutan Pinus sebagai spot utamanya, di Pinusan Kragilan juga terdapat sejumlah gardu pandang yang disewakan untuk tempat selfie para pengunjung.

  • Lokasi dan alamat  Top Selfie Pinusan Kragilan di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang.
  • Tiket masuk Pinusan Kragilan sebesar Rp. 10.000,- per orang

10. Alun-Alun Magelang

area foodcourt
area foodcourt. google maps. sumber: Yoga Pratama

simak juga: alun-alun magelang

Alun-Alun Magelang merupakan ikon wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat kota Magelang. Sebagai pusat kegiatan, Alun-Alun Magelang selalu menjadi alternatif hiburan utama para pengunjung lokal maupun luar daerah.

Salah satu daya tarik unik Alun-Alun Magelang ini yaitu dikelilingi empat tempat ibadah dari empat agama yang berbeda. Di kawasan Alun-Alun Magelang ini terdapat Masjid Agung Magelang, tak hanya itu di sekitarnya ada pula Gereja Santo Ignatius, Klenteng Liong Hok Bio, serta Gereja Protestan Indonesia.

  • Lokasi Alun-Alun Magelang berada di Jalan Alun-Alun Utara, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Magelang.
  • Tiket masuk Alun-Alun Magelang gratis

11. Taman Badaan

landscape taman badaan
landscape taman badaan. google maps. sumber: Iroel Fata

simak juga: taman badaan

Taman Badaan ini merupakan salah satu lahan hijau yang dikelola atau dirawat dengan baik oleh pemerintah Kota Magelang.

Tak hanya menyajikan keindahan berbagai tanaman dan pohon yang tertata rapih, namun di Taman Badaan ini juga sudah dilengkapi berbagai daya tarik unik untuk pengunjung yang ingin melepas penat.

Saat akhir pekan tiba banyak anak-anak yang turut meramaikan suasana Taman Badaaan yang terhibur dengan beragam permainan yang disediakan. Ada yang bisa dinikmati seara gratis dan ada pula yang berbayar.

  • Lokasi dan alamat Taman Badaan berada di Jl. Pahlawan, Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Timur.
  • Tiket masuk Taman Badaan gratis ya

12. Mangli Sky View

healing bersama alam
healing bersama alam. google maps. sumber: halman mangli

simak juga: mangli sky view

Seperti namanya, Mangli Sky View membuat para wisatawan seolah-olah sedang berada di langit dengan melihat berjuta keindahan alam di bumi.

Tempat wisata Magelang yang satu ini berada di ketinggian sekitar 1.570 mdpl, lokasinya di bawah kaki Gunung Sumbing dengan memiliki lahan pertanian dan kebun sayuran yang sangat luas namun terawat.

Tidak lengkap rasanya saat kamu datang ke Mangli Sky View tanpa merasakan suasana camping, dan bermalam bersama alam. Mangli Sky View memiliki area Camping Ground yang sangat luas.

  • Lokasi dan alamat Mangli Sky View di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Mangli Sky View sebesar Rp. 10.000,- per orang

13. Silancur Highland

ngadem dengan view yang cantik
ngadem dengan view yang cantik. google maps. sumber: Dicky Kosasih

simak juga: silancur highland

Silancur Highland Glamping and Camp, merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang menawarkan fasilitas glamping dan camping yang lengkap plus panorama yang mengagumkan.

Silancur Higland banyak pula yang menyebutnya Gardu Pandang Silancur, lokasinya cukup dekat dengan Mangli Sky View dan sama-sama berada di lereng kaki Gunung Sumbing.

Silancur Highland memang tempat yang tepat untuk nongkrong bareng orang-orang tersayang. Sambil menyecap hangatnya kopi atau teh dan bersenda gurau, kamu juga bisa memanjakan mata dengan pesona alam kota Magelang dari ketinggian 1.300 mdpl.

Glamping atau camping menjadi salah satu daya tarik yang paling diminati saat datang ke Silancur Highland, dimana kamu bisa memilih menghabiskan malam di tenda atau glamping/ Homestay dengan fasilitas lengkap.

  • Lokasi dan alamat Silancur Highland di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Silancur Highland sebesar Rp. 10.000,- per orang

14. Candi Pawon

main skuter yuk
main skuter yuk. google maps. sumber: Nonnadewi

simak juga: candi pawon

Candi Pawon adalah salah satu candi yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Disebut tersembunyi karena lokasinya yang berada di tengah perkampungan warga, hingga kadang luput dari kunjungan para wisatawan.

Memiliki relief yang serupa dengan Candi Borobudur, membuat para ahli berpendapat bahwa Candi Pawon ini merupakan pintu gerbang menuju Candi Borobudur yang berfungsi untuk membersihkan lahir batin dari hal-hal tidak baik.

Di sekeliling Candi Pawon terdapat banyak Home Stay dengan arsitektur Rumah Joglo yang kental dengan nuansa Jawa-nya.

  • Lokasi Candi Pawon berada di Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Candi Pawon sebesar Rp. 20.000,- per orang

15. Svargabumi Borobudur

svargabumi borobudur
svargabumi borobudur. google maps. sumber: Bayu Putranto

simak juga: svargabumi borobudur

Svargabumi Borobudur mengusung konsep wisata sawah yang dihiasi puluhan spot foto menarik didalamnya. Tempat wisata yang tengah viral di media sosial ini, sukses membuat wisatawan dari luar daerah antusias untuk berkunjung.

Berkunjung ke Svargabumi bersama keluarga, teman, dan kerabat dekat lainnya, akan membuatmu semakin fun mengeksplor tempat wisata ini.

Selain hunting foto, kamu juga dapat tour Svargabumi Borobudur dengan menggunakan mobil VW. Sepanjang perjalanan kamu akan melihat panorama sawah yang menghijau.

  • Lokasi dan alamat Svargabumi Borobodur berada di Jalan Borobudur – Ngadiharjo Ngaran Lor, Borobudur, Magelang.
  • Tiket masuk Svargabumi sebesar Rp. 30.000,- per orang

16. Nepal Van Java

panorama alam yang menakjubkan
panorama alam yang menakjubkan. google maps. sumber: Hawaning Teduh

simak juga: nepal van java

Nepal Van Java tempat wisata di Magelang yang wonderfull banget, namanya memang unik ya ada nama negaranya gitu. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang berada di lereng gunung.

View alamnya sangat menakjubkan, sengkedan sawah, gunung dan perbukitan, serta hijaunya pepohonan menjadi pemandangan utama ditambah dengan rumahnya yang berwarna-warni.

Keseruan yang harus kamu lakukan ialah berkeliling kawasan Nepal Van Java dari satu sisi ke sisi lainnya, dan merasakan ekstremnya jalur yang akan dilalui.

  • Lokasi Nepal Van Java di lereng Gunung Sumbing
  • Alamat Nepal Van Java Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang.
  • Tiket masuk Nepal Van Java sebesar Rp. 10.000,- per orang

17. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit. google maps. sumber: m.brilio.net

simak juga: air terjun sekar langit

Air Terjun Sekar Langit adalah air terjun berudak dengan ketinggian sekitar 25 meter dari dasar kolam. Terdapat kolam alami yang cukup besar, hingga pengunjung bisa melakukan aktivitas wisata seperti berenang.

Kondisi pemandangan alam di sekitar Air Terjun Sekar Langit sangat asri, dengan kesejukan udara khas daerah pegunungan.

FYI, Air Terjun Sekar Langit kental akan mitos atau misteri dari kisah Jaka Tarub yang mengintip dan mencuri salah satu selendang bidadari yang sedang mandi di kolam.

  • Lokasi Air Terjun Sekar Langit di lereng Gunung Telomoyo
  • Alamat Air Terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Air Terjun Sekar Langit sebesar Rp. 4.000,- per orang

18. Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang
air terjun kedung kayang. google maps. sumber: G.A.B. Relu B

simak juga: air terjun kedung kayang

Wisata Magelang selanjutnya masih berupa air terjun, yakni Air Terjun Kedung Kayang yang merupakan air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah dimana ketinggiannya berada di 1.200 mdpl.

Air Terjun Kedung Kayang dapat dinikmati dari bagian atas atau bagian bawah, dengan kondisi jalur trekking dan view yang berbeda tentunya. Jangan lupa untuk ambil foto di atas gardu pandang yang menghadap langsung ke Gunung Merapi.

  • Lokasi Air Terjun Kedung Kayang berada di Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang sebesar Rp. 5.000,- per orang

19. Candi Umbul

rasakan sensasi berenang yang berbeda
rasakan sensasi berenang yang berbeda. google maps. sumber: BASUKI REKSO BUONO

simak juga: candi umbul

Candi Umbul adalah objek wisata yang sangat bersejarah, dan memiliki ciri kas dengan dua buah kolam renang. Kolam renang pertama berupa air panas alami, dan yang ke dua adalah kolam air dingin.

Meski namanya Candi Umbul, kamu tidak akan menemukan sebuah bangunan candi pada umumnya. Karena saat ini kondisinya hanya menyisakan batu-batu bersejarah yang dipercaya merupakan bahan pembuatan Candi Umbul.

  • Lokasi Candi Umbul berada di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Candi Umbul sebesar Rp. 5.000,- per orang

20. Gereja Ayam

simak juga: gereja ayam

Gereja Ayam tampak sangat unik, dan memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa. Maka tak heran jika sering dijadikan lokasi wisata religi. Dibangun sebanyak 3 lantai dengan memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda.

Selain bentuk bangunannya yang unik, Gereja Ayam sempat dijadikan lokasi syuting film AADC 2 yang diperankan oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra.

  • Lokasi Gereja Ayam berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang.
  • Tiket masuk Gereja Ayam Magelang sebesar Rp. 15.000,- per orang

21. Telaga Bleder

telaga bleder
telaga bleder. google maps. sumber: M Hendri

simak juga: telaga bleder

Telaga Bleder sebuah objek wisata alam yang mampu menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang nyaman, serta lokasinya yang mudah untuk diakses oleh kendaraan.

Daya tarik yang coba ditawarkan ialah sajian tema wisata alamnya, yang berada di kawasan alam terbuka dengan panorama Gunung Andong yang begitu jelas.

Ditambah dengan hadirnya beberapa ragam wisata seru yang dapat dilakukan, misalnya saja seperti mengelilingi kawasan wisata Telaga Bleder.

  • Lokasi Telaga Bleder berada di lereng Gunung Andong
  • Alamat Telaga Bleder di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket masuk Telaga Bleder sebesar Rp. 7.000,- per orang

22. Ketep Pass

simak juga: ketep pass

Ketep Pass Selo berada di Puncak Bukit Sawangan, yang berada diantara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang merupakan incaran para pendaki.

Sajian pemandangannya sangat menakjubkan, apalagi pesona matahari terbitnya. Selain itu di tempat wisata Magelang yang satu ini ada Museum Vulkanologi yang dapat memberikan informasi lengkap tentang gunung berapi misalnya saja Gunung Merapi.

Pokoknya ketika mengunjungi Ketep Pass akan membuat siapa saja lupa waktu. Keindahan yang disajikan mampu mengalihkan dunia.

  • Lokasi Ketep Pass berada di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Ketep Pass sebesar Rp. 10.500,- per orang

23. Bukit Barede

sunrise di bukit barede
sunrise di bukit barede. google maps. sumber: Anthracius Bacilius

simak juga: bukit barede

Untuk kamu yang ingin menyaksikan keindahan Candi Borobudur dari atas ketinggian, Bukit Baredelah tempatnya. Karena lokasinya hanya berjarak kurang lebih 2 km dari Candi Borobudur.

Landscape berupa area pegunungan dan hamparan dataran rendah begitu memukau. Tidak hanya itu, Bukit Barede menjadi salah satu tempat kece untuk menyaksikan fenomena cantiknya sunset.

  • Lokasi Bukit Barede berada di kawasan Pegunungan Menoreh
  • Alamat Bukit Barede di Dusun Sendaren Dua, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur,Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Bukit Barede sebesar Rp. 2.000,- per motor dan Rp. 5.000,- per mobil