19 Tempat Wisata di Malang Yang Populer

Ketika akhir pekan atau waktu libur tiba, Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Tak hanya oleh warga kota Malang sendiri, tetapi juga oleh warga kota-kota di sekitarnya. Bahkan tak jarang warga dari luar daerah pun turut menjadikan tempat wisata di Malang sebagai tujuan menghabiskan waktu berlibur dan bersantai.


Ini tak lain karena wilayah kota Malang yang dikelilingi oleh barisan pegunungan yang menawan serta memiliki hawa udara yang lebih sejuk jika dibandingkan dengan kota di sekitarnya. Tak hanya alam pegunungan, Malang juga punya wisata pesisir yang elok nan memanjakan.

Karenanya tak heran jika Malang jadi tempat yang sangat diminati untuk berlibur sejenak melepaskan penat dan beban pekerjaan yang dirasakan. Dan sebagai salah satu produsen buah apel terbesar di Indonesia, Malang pun juga punya ragam olahan jajanan unik dari buah apel. Sehingga tak hanya menyuguhkan destinasi wisata jalan-jalan seru tetapi juga kuliner yang memanjakan lidah dan tak ada duanya.

Daftar Tempat Wisata Di Malang

Agar liburan Anda jadi lebih menyenangkan, simak rekomendasi tempat wisata di Malang berikut yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Kampung Wisata Jodipan yang Penuh Warna

kampung wisata jodipan
image : https://www.instagram.com/laurainwaterland/

Di satu sudut kota Malang ada satu kampung unik yang jadi spot foto-foto keren penuh warna yang instagramable dan jadi surga bagi pencinta swafoto. Tak mengherankan jika kampung tersebut jadi ikon wisata favorit di kota Malang, Kampung Jodipan namanya.  Menariknya kampung yang berada di bantaran sungai Brantas ini setiap sudut tembok hingga atapnya dihiasi warna-warna yang kontras hingga menciptakan gradasi bak pelangi.

Tak hanya rona yang kontras, di setiap sudut kampung ini pun juga dihiasi dengan lukisan tematik tiga dimensi yang seolah nyata. Yang sayang jika tak diabadikan dengan lensa kamera dan mengunggahnya ke media sosial.

Selain itu, di kampung wisata ini juga ada sebuah jembatan unik yang dibangun membentang sepanjang 25 meter di atas sungai Brantas. Ada yang unik dari jembatan sepanjang 25 meter tersebut, yakni di bagian dasarnya yang terbuat dari kaca. Sehingga Anda bisa melihat langsung aliran sungai dari atas jembatan.

Tak heran jika jembatan yang diresmikan pada 2017 tersebut kini jadi spot favorit para pengunjung. Sungguh destinasi unik nan menawan yang tentunya ramah dikantong karena Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menjelajahi tempat wisata di Malang yang satu ini.

Informasi:

Nama: Kampung Wisata Jodipan
Alamat: Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

2. Pantai Tiga Warna

pantai tiga warna
image; https://www.instagram.com/tentang_ngalam/

Tak hanya menyuguhkan wisata alam pegunungan dengan udara sejuknya, Malang yang berada di pesisir selatan pulau Jawa pun juga punya destinasi wisata pantai yang tak kalah cantik. Satu di antaranya ialah pantai yang air lautnya memiliki gradasi warna yang memukau antara biru dan hijau serta pasir putihnya nan menawan. Pantai tersebut ialah Pantai Tiga Warna.

Tempat wisata di Malang yang satu ini belum begitu terekspose seperti destinasi lainnya di Malang sebab letaknya yang cukup tersembunyi di kawasan hutan konservasi. Untuk menjelajahi dan menikmati keindahannya pun Anda perlu mengeluarkan sedikit tenaga. Selain itu, Anda pun perlu melakukan reservasi terlebih dulu sebelum berangkat ke sana.

Tetapi jangan salah, pesona yang dimiliki pantai ini sungguh tak bisa diabaikan begitu saja. Terutama ketika menyusuri jalan sebelum sampai ke pantai, Anda akan disuguhi pemandangan yang penuh kesan. hijau hutan konservasi bakau yang berada persis di muara pertemuan sungai dan laut. Menarik bukan?

Informasi:

Nama: Pantai Tiga Warna
Alamat: Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
Tiket masuk: Rp 6.000,-
Jam buka: 08.00-16.00 Wib

3. Coban Rais

Coban Rais Air Terjun 1
Image via: www.instagram.com/fibbie_dietketo

Selanjutnya ada destinasi keren yang juga jadi salah satu tempat wisata seru di Malang, yakni air terjun Coban Rais. Dengan jarak tempuh kurang lebih 16 km dari kota Malang, Coban Rais menawarkan pesona air terjun yang begitu memukau. Tak hanya suguhan air terjunnya, di tempat ini Anda bisa menjajal wahana yang menantang seperti mengayuh sepeda di udara. Atau jika Anda gemar berfoto, ada gardu pandang bertema cinta serta kebun bunga yang instagramable banget.

Informasi:

Nama: Air Terjun Coban Rais
Alamat: Jalur Lingkar Barat No.8, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Tiket masuk: Rp 10.000,-
Tiket foto selfie: Rp 10.000,-
Parkir: Rp 3.000,-

4. Jatim Park 1

Jatim Park 1 Wahana 4

Jatim Park 1 disebut-sebut sebagai salah satu tempat wisata di Malang yang paling keren di Indonesia. Taman hiburan dengan motto “ Taman Belajar dan Rekreasi” ini pun dilengkapi dengan berbagai macam wahana serta atraksi seru bertaraf internasional. Setidaknya ada lebih dari 53 wahana seru yang akan membuat Anda enggan buru-buru pulang. Di antaranya seperti Galeri Etnik Nusantara yang akan membuat Anda seolah sedang berkeliling  menjelajahi kekayaan budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Lalu ada history park, argo park hingga waterboom.

Informasi:

Nama: Jatim Park 1
Alamat: Jl. Kartika No. 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315 Malang
Tiket masuk: Rp 60.000,- (hari biasa) | Rp 80.000,- (hari libur)
Jam buka: 08.30-16.30 Wib

5. Museum Angkut

Museum Angkut Classic
Image via: www.instagram.com/alviantyjohnio

Tak cuma menyuguhkan keindahan alam yang mempesona, kota Malang pun juga menawarkan wisata sejarah yang tak kalah memikat. Salah satu diantaranya ada di Museum Angkut. Seperti namanya museum ini memang khusus menyajikan koleksi moda transportasi. Tak kurang dari 300 jenis kendaraan dari berbagai negara serta era berjajar rapi menghiasi museum dengan luas hingga 3,8 hektar ini.

Ada setidaknya 8 zona pameran yang menampilkan seluk beluk dunia otomotif masa lampau. Mulai dari zona yang khusus memajang macam-macam kendaraan antik seperti di Main Hall. Lalu belajar tentang sejarah penemuan kendaraan serta transformasinya hingga masa kini di Educational Hall, dan masih banyak zona seru lainnya. Tentu hal ini sayang jika dilewatkan, terutama bagi Anda pencinta kendaraan antik.

Informasi:

Nama: Museum Angkut
Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Telepon: 0341-595 007
Tiket Masuk: Rp60.000,- (hari biasa) | Rp80.000,- (hari libur)
Jam buka: 12.00-20.00 Wib

6. Eco Green Park Fun and Study

Eco Green Park malang
image via https://www.instagram.com/yoiki_malang/

Anda termasuk pencinta satwa? Jika iya, maka Eco Green Park Fun and Study bisa jadi destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Malang. Mengusung konsep edukasi dan konservasi, tempat wisata di Malang ini tak hanya mengenalkan satwa-satwa koleksinya tetapi juga memberikan pemahaman betapa pentingnya menjaga alam dan keberlangsungannya.

Tak sampai di situ saja, Anda pun bisa mengajak keluarga terutama anak-anak untuk belajar bercocok tanam, hingga berternak. Selain itu ada wahana baru yang cukup menyita perhatian di sini, yakni rumah terbalik. Tentunya menjelajahi rumah dengan kondisi terbalik akan memberikan pengalaman yang seru.

Informasi:

Nama: Eco Green Park Fun and Study
Alamat: Jawa Timur Park, Jl. Oro Oro Ombo No.9A, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu
Telepon: 0341-512 525
Jam buka: 09.00 – 17.00 Wib
Tiket Masuk: Rp40.000,- (hari biasa) | Rp60.000,- (hari libur)

7. Taman Labirin Coban Rondo

taman labirin coban rondo
image via https://www.instagram.com/mas_rudi_setiawan/

Suka sesuatu yang menantang dan menguji kesabaran? Coba datang ke Taman Labirin Coban Rondo. Tetapi jangan datang sendirian, ajak pula teman atau saudara agar keseruan menelusuri taman labirin jadi lebih terasa. Sejak pertama kali dibuka untuk pertama kalinya, tempat wisata di Malang yang satu ini cukup mendapat respon yang positif.

Taman labirin tersebut memiliki pola unik dengan ketinggian mencapai 2 meter, tentunya bisa jadi spot foto yang keren untuk diunggah di sosial media. Selesai menyusuri taman labirin, Anda pun juga dapat menikmati keindahan air terjun Coban Rondo yang mengalir dari ketinggian 90 meter. Menarik bukan?

Informasi:

Nama: Taman Labirin Coban Rondo
Alamat: Wana Wisata Coban Rondo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Jam buka: 09.00 – 17.00 Wib
Tiket Masuk: Rp7.500,-

8. Pantai Balekambang

pantai balekambang
image via https://www.instagram.com/lilik.lia/

Jika di Bali ada Tanah Lot, maka di Malang ada pantai Balekambang. Yang membuat pantai Balekambang disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang, ialah karena ada sebuah pura yang berdiri kokoh nan anggun di sebuah pulau kecil persis di bibir pantai.

Hingga saat ini pun pura ini masih tetap digunakan oleh penduduk setempat yang beragama Hindu untuk merayakan hari besar keagamaan. Di tempat ini Anda bisa menikmati panorama sunset yang menawan. Selain itu ketika air sedang surut, Anda dapat menyusuri pantai dan mengamati keindahan terumbu karang di sekitar pantai. Tempat ini pun juga bisa jadi spot foto yang menarik, lho.

Informasi:

Nama: Pantai Balekambang
Alamat: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
Tiket Masuk: Rp5.000,-

Simak reviewnya di artikel Pantai Balekambang

9. Pantai Mbehi

pantai mbehi
Image via: www.instagram.com/ammoeljadi

Berada di kawasan pesisir selatan pulau Jawa, Malang tak hanya punya Pantai Balekambang dan Pantai Tiga Warna. Ada satu lagi pantai yang juga punya daya tarik unik hingga kerap disebut surga tersembunyi di Malang, yakni Pantai Mbehi. Ini karena akses untuk menjelajahinya cukup menantang dan tersembunyi di kawasan hutan lindung sehingga tak banyak orang yang mengetahuinya.

Inilah mengapa tempat wisata di Malang yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa petualang. Rasa lelah ketika menyusuri jalan setapak akan terbayar saat berhasil mencapai pantai yang memiliki gradasi warna biru hijau nan jernih serta dengan lingkungan yang masih sangat alami. Menariknya lagi, di dekat pantai ini terdapat  fenomena alam yang cukup unik dan membuat siapa pun berdecak kagum.

Pertama ada sebuah karang besar dengan lubang mirip kawah, yang bagian dasarnya berlubang. Sehingga ketika datang ombak menghantam karang, air laut pun ikut menyembur dari kawah tersebut dengan suara keras yang menderu. Tak terlalu jauh dari karang tersebut, terdapat sebuah karang yang memiliki ceruk persis seperti kolam dangkal dengan air laut yang jernih. Ceruk ini dikenal dengan nama Teluk Bidadari. Di sini Anda dapat berenang atau pun berendam sambil menikmati pesona pesisir pantai selatan pulau Jawa.

Informasi:

Nama: Pantai Mbehi
Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Tomur
Tiket Masuk: Rp5.000,- untuk kawasan Pantai Mbehi
Lain-lain: Rp10.000,- untuk jasa pemandu ke Teluk Bidadari

10. Goa Pinus

goa pinus malang
image via https://www.instagram.com/asyila_syakila/

Ada satu lagi tempat wisata di Malang yang belakangan cukup hits dan jadi perbincangan di media sosial, Goa Pinus namanya. Berada di kawasan hutan pinus di daerah Gunungsari, Bumiaji Kota Batu Malang,  Anda tak hanya dapat menikmati keindahan gua tetapi juga berbagai macam wahana di dalamnya.

Disambut dengan gerbang unik yang terbuat dari ranting kayu, Anda pun bisa menjadikannya spot foto yang menawan. Di tempat ini pun juga terdapat gardu pandang yang akan membuat pemandangan alam di sekitar semakin terlihat mempesona. Jika Anda suka berkemah di alam terbuka, tempat yang satu ini juga bisa jadi pilihan yang seru.

Informasi:

Nama: Goa Pinus
Alamat: Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur

11. Coban Talun

coban talun
image via https://www.instagram.com/9krisnaardi.pradana/

Coban Talun adalah salah satu wisata air terjun di Malang yang cukup terkenal. Dengan aliran air deras dan air terjun yang cukup tinggi, banyak orang yang sengaja datang untuk berwisata dan berfoto disini.

Simak reviewnya di artikel Coban Talun.

12. Omah Kayu

Omah Kayu Spot
Image via: www.instagram.com/armada_sastra

Di Omah Kayu Malang, anda bisa temukan keunikan rumah kayu yang di rancang menarik, dengan pemandangan alam yang indah banget. Bagi anda yang suka berfoto ria, maka tempat ini akan cocok sekali.

Simak reviewnya di artikel Omah Kayu Malang

13. Pantai Sendiki

pemandangan pantai sendiki
via http://malangmbois.com

Pantai Sendiki memiliki keunikan tersendiri. Selain pasir putih yang luas, juga dikelilingi oleh hutan yang masih cukup terjaga baik. Ini menyebabkan suasana di pantai Sendiki terasa adem dan indah alami.

Simak reviewnya di artikel Pantai Sendiki

13. Paralayang Batu Malang

paralayang batu malang 1

Selain wisata alam dan wahana permainan, di area Batu di Malang terdapat juga spot yang biasa digunakan untuk Paralayang. Di tempat ini anda bisa menyewa alat dan mencoba olahraga Paralayang dengan di pandu petugas khusus.

Simak reviewnya di artikel Paralayang Batu Malang

14. Taman Selecta

taman selekta - tempat wisata di Malang
Image via: www.instagram.com/meyz

Taman Selecta Malang adalah salah satu tujuan wisata yang sudah dikenal lama. Bahkan dari zaman kolonial Belanja juga, tempat ini sudah menjadi tujuan refreshing. Keindahan taman ini sudah terkenal, dan menjadi ikon dari kota Batu di Malang.

Simak reviewnya di artikel Taman Selecta

15. Malang Night Paradise

Light tunel
Light tunel. Image via: dakatour.com

Salah satu tempat wisata keluarga di Malang yang populer adalah Malang Night Paradise. Di tempat ini banyak terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Selain itu, suasana indah bertabur lampu yang pastinya bakal bikin anda betah berfoto ria.

Simak selengkapnya di artikel Malang Night Paradise

16. Jatim Park 2

19 Tempat Wisata di Malang Yang Populer 1

Sama seperti Jatim Park 1, anda bisa membawa keluarga untuk berlibur di Jatim Park 2. Tempat ini menyediakan banyak wahana permainan yang bisa membuat seru anda sekeluarga.

Simak reviewnya di artikel Jatim Park 2

17. Jatim Park 3

ice age
Harimau taring pedang penghuni Ice Age. Image via: travel.tribunnews.com

Taman wisata Jatim Park 3 dikenal banyak wisatawan, salah satunya karena taman dinosaurus yang ada disini. Selain taman dinosaurus dengan berbagai koleksinya, ada juga museum patung lilin dan museum musik.

Simak infonya di artikel Jatim Park 3

18. Pantai Batu Bengkung

kolam air asin
Mengambang di kolam alami. Image via: www.instagram.com/batubengkung

Pantai Batu Bengkung memiliki keunikan tersendiri. Di pantai ini terdapat kolam alami dari batu karang yang akan terbentuk saat pasang. Di kolam ini, anda bisa berenang dalam air jernih ditemani ikan-ikan kecil, tanpa takut dengan ombak besar.

Baca reviewnya di artikel Pantai Batu Bengkung

19. Batu Night Spectacular

Batu NIght Spectacular
Indahnya Cinta. Image via: www.vidio.com/tags/216683-bns

Satu lagi tempat wisata keluarga di Malang yang keren, Batu Night Spectacular. Tempat wisata ini memiliki berbagai wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga. Uniknya, tempat ini buka sampai malam, dan indah sekali dengan berbagai hiasan lampu yang menarik.

Simak selengkapnya di artikel Batu Night Spectacular

Demikian rekomendasi tempat wisata di Malang yang begitu penuh warna dan pastinya akan menambah keceriaan liburan bersama orang terdekat. Agar lebih maksimal saat liburan jangan lupa persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari.

Selamat berlibur.

19 Tempat Wisata di Malang Yang Populer
4.7 (94%) 10 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment