7 Tempat Wisata Di Mojokerto, Wisata Malam, Hingga Wisata Yang Hits

Tempat wisata di Mojokerto meliputi Kota Mojokerto, dan Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Ke dua tempat tersebut memiliki karakteristik wisata yang berbeda, namun sama-sama sangat layak untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Mojokerto sangatlah lengkap. Dari mulai:

  • wisata alam,
  • wisata sejarah,
  • wisata keluarga,
  • hingga wisata malam yang cocok untuk semua usia.

Bahkan, beberapa tempat wisata di Mojokerto sedang hits hingga saat ini. Buktinya beberapa waktu yang lalu sempat ramai mengisi jagad perbincangan media sosial. Tentu saja karena spot foto yang instagramablenya. Seperti Rustic Market Trawas, dan Jungle Camp Café.

Dan inilah review wisata Mojokerto yang telah kami siapkan untuk anda, sebagai sebuah referensi awal menentukan tujuan wisata saat liburan tiba.

7 Tempat Wisata Di Mojokerto

1. Masjid Agung Al-Fattah

masjid agung al fattah
masjid agung al fattah. google maps. sumber: Raden Mas Ifan

Simak: tempat wisata di Purbalingga

Tempat wisata di Mojokerto, kita mulai dari sebuah tempat ibadah berupa masjid, yang sudah ada sejak tahun 1877 masehi. Namanya Masjid Agung Al-Fattah.

Jika saat ini anda berkunjung ke Masjid Agung Al-Fattah, maka sepintas mata anda tidak akan menyangka bahwa masjid tersebut memiliki nilai sejarah.

Hal tersebut dikarenakan Masjid Agung Al-Fattah baru selesai dipugar pada tahun 2020, termasuk warna cat yang baru, sehingga pengujung tidak menyangka bahwa masjid tersebut sudah berusia 143 tahun.

  • Lokasi Masjid Agung Al-Fattah berada di alamat Jl. K.H. Hasyim Ashari, Mergelo, Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

2. Tahura Raden Soerjo

tahura raden soerjo
tahura raden soerjo. google maps. sumber: Muhamat Cahyo

Simak juga: tahura raden soerjo 

Tahura Raden Soerjo adalah Taman Hutan Raya yang meliputi beberapa kabupaten di Jawa Timur. Di antaranya:

  • Kabupaten Mojokerto,
  • Kabupaten Malang,
  • Kabupaten Jombang,
  • Kabupaten Pasuruan,
  • Kota Batu.

Setiap kabupaten, dan kota tersebut memiliki akses yang berbeda untuk bisa sampai ke Tahura Raden Soerjo, termasuk Mojokerto. Dan perlu diketahui bahwa Tahura Raden Soerjo memiliki status sebagai hutan lindung.

Tahura Raden Soerjo menghadirkan wisata alam yang edukatif. Selain itu, di Tahura Raden Soerjo juga terdapat objek wisata lainnya. Aktivitas wisata yang paling populer, tentu saja pendakian. Hanya saja sangat dilarang di saat puncak musim hujan.

  • Lokasi Tahura Raden Soerjo terletak di 4 Kabupaten, dan 1 Kota, di Jawa Timur.

3. Coban Watu Ondo

coban kembar watu ondo
coban kembar watu ondo. google maps. sumber: Rizkie Kurniawan

Baca: daftar tempat wisata di Bekasi

Tempat wisata di Mojokerto selanjutnya adalah wisata Pacet yang hits di kalangan muda-muda, yang bernama Coban Watu Ondo, atau Coban Kembar Watu Ondo atau disebut juga Air Terjun Watu Lumpang.

Sebetulnya di lokasi utama Coban Watu Ondo terdapat dua air terjun yang saling berhadap-hadapan, yang dikelilingi pesona alam sekitar yang masih asri, karena masih dalam kawasan Tahura Raden Soerjo.

Coban Watu Ondo yang sebelah kanan, memiliki ketingian sekitar 15 meter. Dan Coban Watu Ondo yang sebelah kiri memiliki ketinggian sekitar 69 meter.

  • Lokasi Coban Watu Ondo terletak di Lereng Gunung Welirang.
  • Alamat Coban Watu Ondo berada di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Coban Watu Ondo Rp. 8.000 (Paket dengan parkiran).

4. Air Terjun Dlundung

air terjun dlundung
air terjun dlundung. google maps. sumber: Muhammad choirul Anwar

Simak: info tempat wisata di Sumedang

Air Terjun Dlundung adalah objek wisata air terjun di Mojokerto yang cocok untuk semua usia. Karena salah-satu alasannya, jalur trekkingnya tidaklah sulit.

Air Terjun Dlundung adalah wisata Trawas yang sangat populer di Mojokerto. Terbukti, saat akhir pekan, maupun saat liburan tiba, objek wisata tersebut padat dipenuhi pengunjung.

Selain itu, fasilitas di Air Terjun Dlundung sudah sangat lengkap. Bahkan terdapat area untuk melakukan aktivitas camping, dengan hamparan rumput hijau yang cukup luas.

  • Lokasi Air Terjun Dlundung berada di alamat Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Dlundung Rp. 12.500 (Dewasa/Weekend).

5. Petirtaan Jolotundo

petirtaan jolotundo
petirtaan jolotundo. google maps. sumber: Denny Prasetyo

Simak; review tempat wisata di Jambi

Wisata sejarah di Mojokerto selanjutnya adalah Petirtaan Jolotundo, atau dikenal juga dengan nama Candi Jolotundo, yang telah ada sejak tahun 997 Masehi, sebagai tempat pemandian keluarga Kerajaan Majapahit.

Daya tarik utamanya adalah petirtaan, atau kolam pemandiannya, yang dinggap memiliki khasiat untuk awet muda, dan mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

  • Lokasi Petirtaan Jolotundo berada di alamat Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Petirtaan Jolotundo Rp. 10.000 (Dewasa).

6. Maha Vihara Mojopahit

maha vihara mojokerto
maha vihara mojokerto. google maps. sumber: Dzifan channel

Maha Vihara Mojopahit adalah kawasan yang dianggap suci, dan dihormati. Karena di lokasi tersebut terdapat patung Buddha yang sangat besar, seperti yang ada di Nepal, dan Thailand.

Maha Vihara Mojopahit menjadi wisata Mojokerto yang saat ini sedang hits. Karena, patung suci tersebut mampu menarik perhatian para pengunjung.

  • Lokasi Maha Vihara Mojopahit berada di alamat Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Maha Vihara Mojopahit Rp. 3.000.

7. Taman Ghanjaran

taman ghanjaran
taman ghanjaran. google maps. sumber: TAMAN GHANJARAN

Wisata malam di Mojokerto yang cocok untuk semua usia adalah Taman Ghanjaran. Sebetulnya Taman Ghanjaran buka dari pagi hari, sampai malam hari.

Terdapat sensasi wisata yang berbeda, ketika kunjungan wisata ke Taman Ghanjaran saat di malam hari, sambil menjajal semua wahana yang tersedia.

Selain itu, Taman Ghanjaran menghadirkan spot selfie yang instagramable. Saat siang hari, Gunung Welirang, dan Gunung Penanggung menjadi latarnya. Dan saat malam hari, latar indahnya adalah lampu-lampu yang berwarna-warni.

  • Lokasi Taman Ghanjaran berada di alamat Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Taman Ghanjaran gratis.

shopee