11 Tempat Wisata di New Zealand, Bagai Masuk Dalam Dunia Lukisan

Tempat wisata di New Zealand menawarkan banyak sekali keindahan alam dan pemandangan yang sangat menakjubkan. Berlibur ke New Zealand adalah perjalanan yang menyenangkan bagaikan masuk ke dalam dunia lukisan karya seorang maestro realis.


Tempat wisata di New Zealand menawarkan banyak sekali keindahan alam dan pemandangan yang sangat menakjubkan, bagaikan masuk ke dalam dunia lukisan karya seorang maestro .
Tempat Wisata di New Zealand. Image via: backpackerguide.nz

Sekilas Soal New Zealand

Selandia Baru adalah negara kecil, yang luasnya sama dengan Britania Raya atau Jepang. Dengan populasi hanya empat juta orang, negara ini termasuk tidak terlalu ramai.

Gletser spektakuler, fyord yang cantik, gunung-gunung terjal, dataran luas, perbukitan mengalun, hutan subtropis, dataran tinggi vulkanik, berkilo-kilometer pesisir pantai dengan pantai-pantai berpasirnya yang menawan – semua ada di sini.

Masyarakat New Zealand yang ramah dan rendah hati akan menjadi salah satu hal yang paling membuat terkesan selama kunjungan. Dengan campuran sejarah kebudayaan suku Māori, orang Eropa, Kepulauan Pasifik dan Asia, New Zealand menjadi kuali kebinekaan.

Karena New Zealand berada di bumi bagian selatan, maka musimnya berkebalikan dengan bumi di bagian utara. Januari dan Februari merupakan bulan-bulan paling hangat, dan Juli adalah bulan paling dingin sepanjang tahun.

Menjelajahi bentang alam indah New Zealand dengan mobil, campervan, atau motorhome adalah cara populer untuk berkeliling. Tingkatkan kewaspadaan saat mengemudi di daerah baru.  Pengunjung harus menyadari hal-hal seperti cuaca ekstrem, jalan yang sempit dan berkelok, serta peraturan jalan yang berbeda dengan negara asal.

11 Tempat Wisata di New Zealand

  1. Queenstown

Queenstown merupakan salah satu Tempat Wisata di New Zealand paling populer di Selandia Baru
Queenstown. Image via: wikipedia.org

SImak juga: tempat wisata di Manila

Queenstown merupakan salah satu Tempat Wisata di New Zealand paling populer di Selandia Baru. Kota ini terletak di pantai Lake Wakatipu yang sebening kristal, dan dikelilingi rangkaian pegunungan Alpine. Bentangan alam danau dan gunung menjadikannya cocok untuk segala jenis petualangan.

Kota ini mulai ramai sejak adanya perburuan tambang emas sekitar tahun 1860. Queenstown dikelilingi oleh pegunungan dan bukit-bukit, beberapa yang terkenal dan menjadi ciri kota ini adalah pegunungan The Remarkables, Queenstown Hill, Cecil Peak dan Walter Peak.

Kecantikan Tempat Wisata di New Zealand Queenstown didukung oleh biru nya danau Wakatipu yang sangat luas, memanjang dan berliku seperti huruf S. Danau dengan gradasi warna biru ini adalah danau glacial atau terbentuk dari es dan salju yang mencair.

Tempat yang sangat tepat untuk memandang keindahan kota Queenstown adalah dari Skyline, yaitu tempat wisata yang berada diatas ketinggian perbukitan, yaitu di Bob’s Peak. Perjalanan menuju restoran dan tempat bermain tersebut dimulai dengan menaiki gondola atau cable car dari bawah bukit.

Queenstown terkenal sebagai kota dengan permainan-permainan yang memicu adrenalin, seperti Bungy jumping, hang-gliding, skydiving, dan permainan ketinggian lainnya, serta wisata di arus sungai seperti rafting dan ngebut dengan jet boat.

  1. Hobbiton

Desa Hobbiton adalah tempat wisata di New Zealand yang terkenal karena merupakan tempat syuting asli The Lord of The Rings dan The Hobbit.
Hobbiton. Image via: newzealand.com

Desa Hobbiton adalah tempat wisata di New Zealand yang terkenal karena merupakan tempat syuting asli The Lord of The Rings dan The Hobbit. Ratusan ribu pengunjung berdatangan ke sana. Hobbiton sampai ditiru di banyak negara termasuk Hobbiton Bandung di Indonesia.

Hamparan rumput hijau dengan kontur tanah yang berbukit-bukit, pemandangan alam yang indah, danau berair bening, kebun buah dan sayur, serta rumah-rumah hobbit yang dibangun di bawah tanah. Disempurnakan dengan pintu bulat berwarna-warni membangkitkan adegan The Shire.

Rumah-rumah di sana atau disebut hobbit hole hanya dibuat bagian depannya saja. Beberapa tidak memiliki interior, namun ada juga yang pintunya bisa dibuka. Hanya saja tidak akan menemukan perabotan rumah di dalamnya. Cuma ruangan kosong seperti gudang.

Pengunjung diajak untuk menghidupkan adegan yang menampilkan Hobbiton, termasuk adegan menyenangkan berisi pesta, tari-tarian dan deretan hidangan lezat. Baik di novel maupun filmnya, hobbit, ras humanoid yang hidup di Middle Earth memang dikenal sebagai kaum yang gemar berpesta.

Harga tiket Tempat Wisata di New Zealand ini NZD 84 untuk dewasa, NZD 42  untuk anak 9-16 tahun dan gratis untuk anak 0-8 tahun.

  1. Taman Nasional Fiordland

Lingkungan alam tempat wisata di New Zealand yang luar biasa ini menyuguhkan fyord yang mengagumkan, air terjun spektakuler, dan puncak berselimut salju.
Taman Nasional Fiordland. Image via: expedia.com

Simak juga: tempat wisata di Filipina

Salah satu bagian paling dramatis dan cantik di Selandia Baru; pesona pemandangan Fiordland tak pernah luput memikat para pengunjung. Lingkungan alam yang luar biasa ini menyuguhkan fyord yang mengagumkan, air terjun spektakuler, dan puncak berselimut salju.

Fyord adalah lembah yang terbentuk dari lelehan gletser yang membentuk huruf U yang kemudian terluapi oleh air laut. Empat belas fyord yang berada di sepanjang tepi barat daya South Island terbentuk dalam kurun waktu 100.000 tahun.

Maori menghubungkan terbentuknya fyord ini dengan raksasa tukang batu yang bernama Tute Rakiwhanoa, yang menggempur sisi jurang yang curam dengan kapaknya. Di semua sisi fyord ini, air terjun yang menakjubkan tak henti-hentinya mengalir jatuh

Salah satu yang paling menonjol di tempat wisata di New Zealand ini adalah Milford Sound. Tebing-tebing tebing es yang membubung dari air dalam segitiga-segitiga batu bergerigi. Dengan pusat utama Mitre Miter berbentuk piramida.

Ada juga Doubtful Sound yang adalah fiord terbesar di Tempat wisata di New Zealand ini. Doubtful Sound hanya dapat diakses oleh air. Perjalanan kapal pesiar dimulai dari desa Manapouri, perjalanan melintasi Danau Manapouri.

  1. Pukaki Lake

Tempat Wisata di New Zealand, Danau Pukaki terletak di bawah gunung tertinggi Selandia Baru, yakni Gunung Cook.
Pukaki Lake. Image via: viator.com

Danau Pukaki adalah danau glacier di New Zealand. Danau Pukaki ini juga merupakan danau gletser yang telah terkenal dengan air yang berwarna biru susu. Ditambah dengan latar belakang Mount Cook yang bersalju.

Tempat Wisata di New Zealand, Danau Pukaki terletak di bawah gunung tertinggi Selandia Baru, yakni Gunung Cook. Gabungan danau dan gunung membuat salah satu pemandangan yang paling menakjubkan di negara ini. Luas danau ini sekitar 178 km2. Danau Pukaki dialiri oleh Sungai Tasman, yang mengalir dari gletser Tasman dan Hooker ke arah barat.

Warna danau yang memukau disebabkan oleh mineral tanah yang sempurna dari gletser yang mencair. Berjalan, berkendara, atau mendaki di sekitar danau dan lihat suasana danau yang berbeda saat langit berubah. Nikmati kesunyian di lanskap yang luas ini dengan menghabiskan malam di area perkemahan Pinus.

Pengunjung Tempat Wisata di New Zealand  ini bisa mencoba pendakian yang singkat dari Pemberhentian Danau Biru untuk melihat Gletser Tasman ke barat dan danau di timur. Gletser yang mencair dengan cepat ini mengalirkan ke Danau Pukaki campuran khas air es dan mineral, sumber dari warna yang mengagumkan.

  1. Tekapo Lake

gereja kecil yang masih dalam satu kawasan, membuat Danau Tekapo pantas disebut Tempat Wisata di New Zealand terbaik.
Tekapo Lake. Image via: hakatours.com

SImak juga: tempat wisata di Kamboja

Suguhan air berwarna biru turkis, dengan latar belakang gunung yang menjulang tinggi, serta gereja kecil yang masih dalam satu kawasan, membuat Danau Tekapo pantas disebut Tempat Wisata di New Zealand terbaik.

Apa lagi saat musim dingin, puncak gunung akan diselimuti salju, membuat danau semakin cantik. Dan pada bulan tertentu, pemandangan di danau ini dilengkapi dengan hamparan bunga Lupin yang semakin memanjakan mata.

Karpet bunga cantik berwarna ungu, merah muda, oranye, kuning, putih, biru yang sedang bermekaran, bisa dinikmati pada bulan November hingga Desember. Bunga setinggi 1,5 meter akan berjejer rapi di sepanjang danau.

Masih di sekitaran danau, pelancong bisa melihat sebuah gereja kecil bernama Chruch of the Good Shepherd yang dibangun pada 1935 silam. Gereja mungil ini merupakan rumah suci untuk para perintis yang tinggal di kawasan itu.

Tak hanya disambut lanskap bagai surga saja, pengunjung Tempat Wisata di New Zealand ini juga bisa melakukan beragam aktivitas di sini. Seperti bersepeda, memancing, kayak,  berkuda hingga terbang di atas danau dan daerah sekitar menggunakan pesawat atau helikopter.

  1. Mount Victoria Lookout

Tempat Wisata di New Zealand Ini merupakan tempat terbaik untuk berjalan kali, jogging dan mendaki gunung.
Mount Victoria Lookout. Image via: wikipedia.org

Mount Victoria adalah bagian dari Wellington Town Belt, tanah yang disisihkan oleh Pemerintah Kolonial Selandia Baru pada tahun 1841 untuk “tempat rekreasi umum bagi penduduk Wellington”. Tempat Wisata di New Zealand Ini merupakan tempat terbaik untuk berjalan kali, jogging dan mendaki gunung.

Pemandangan yang mengagumkan dan jalur pejalan kaki yang luar biasa menjadi hadiah bagi mereka yang bertualang hingga ke puncak Mount Victoria. Dari atas, nikmati pemandangan Bukit Tinakori, Lembah Hutt dan teluk pelabuhan Timur, Pulau Matiu / Somes, dan Semenanjung Miramar.

Beyond adalah Baring dan Pencarrow Heads dan lebih jauh ke kanan, pinggiran selatan Wellington dan Gunung Mathews, titik tertinggi Wellington di Timur.

Di ujung jalan ke puncak, di dekat tempat melihat pemandangan, terdapat monumen yang cukup mencolok untuk Richard Byrd, seorang pilot Amerika. Byrd telah melakukan sejumlah penerbangan ekspedisi ke Antartika dari pangkalannya di Selandia Baru.

Pengunjung Tempat Wisata di New Zealand ini bisa membawa bekal piknik. Beristirahat di lereng bukit dan bersantai sambil menyaksikan feri dan kapal pesiar berlayar ke pelabuhan dan pesawat terbang masuk dan keluar bandara. Ini juga salah satu tempat terbaik di kota ini untuk menikmati matahari terbit atau terbenam.

  1. Rotorua

Selain Geyser, pengunjung Tempat Wisata di New Zealand bisa mengunjungi danau dan hutan kayu merah.
Pohutu Geyser di Rotorua. Image via: rotoruanz.com

SImak juga: tempat wisata di Dubai

Rotorua, atau kota yang sering disebut dengan kota sulfur ini memang terkenal dengan kawasan geothermalnya yang sangat aktif. Selain Geyser, pengunjung Tempat Wisata di New Zealand bisa mengunjungi danau dan hutan kayu merah.

Geyser terjadi ketika air panas di bawah tanah dipaksa melalui celah sempit. Tekanan menumpuk dan hasilnya adalah serangkaian letusan air dan uap yang sangat panas. Banyak geyser di Rotorua Volcanic Field dikenal karena letusannya secara berkala.

Geyser tempat wisata di New Zealand terbesar dan paling terkenal di Rotorua adalah Geyser Pohutu di Whakarewarewa Thermal Valley, yang meletus hingga 20 kali sehari dan menyemburkan uap setinggi 30 meter ke udara.

Geyser Pohutu meletus sekali atau dua kali setiap jam dan dapat mencapai ketinggian hingga 30 m. Sebagian besar waktu geyser terlihat terus-menerus memercik sedikit. Ini juga alasan mengapa geyser disebut Pohutu yang berarti percikan konstan di Maori.

Saat mengunjungi Red wood Forest, pengunjung bisa menghabiskan waktu di antara pohon-pohon raksasa yang terasa sangat istimewa. Pohon-pohon ini tampaknya menjulang tinggi ke langit. Ini adalah tempat yang sangat indah untuk bercengkerama dengan alam. Tempat ini dapat diakses lewat jalan setapak Redwood di Te Mata Park.

  1. Bay of Islands

Area Bay of Islands adalah salah satu Tempat Wisata di New Zealand.
Bay of Islands. Image via: grayline.com.au

Area Bay of Islands adalah salah satu Tempat Wisata di New Zealand. Mudah dipahami mengapa ribuan orang datang kemari setiap tahunnya. Terlepas dari popularitasnya, Bay of Islands tidak pernah terasa sesak.

Mengunjungi tempat wisata di New Zealand Bay of Islands yang memesona di Pulau Utara Selandia Baru, memberikan pengalaman aneka tur air, dari menemukan pulau tak berpenghuni yang tersebar di sekitar perairan biru dingin. Termasuk juga melihat lumba-lumba berloncatan di sekitar perahu.

Kebanyakan pengunjung Tempat Wisata di New Zealand  ini tinggal di Paihia. Dengan naik feri menyeberangi teluk, pengunjung akan sampai ke Russell. Akan sanggat menyenangkan untuk meluangkan waktu untuk menjelajahi jalan-jalan bersejarah dan mengagumi arsitektur kolonial yang antik.

Aktivitas paling populer di Bay of Islands melibatkan tur perahu. Pilihan antara memancing, melihat lumba-lumba atau paus orca, dan berpesiar mengelilingi pulau. Jika pengunjung ingin berpetualang, pelajari cara berlayar dan berselancar angin, atau ikuti tur selam scuba di sekitar beberapa pulau luar.

Untuk sehari jauh dari air, jelajahi Hutan Puketi. Ikuti jalan setapak melintasi pepohonan kauri raksasa dan spesies endemi lainnya. Pastikan mengunjungi Air Terjun Haruru, air terjun cantik yang berundak-undak menuruni permukaan tebing yang berbentuk tapal kuda.

  1. Kaikoura

Kaikuora merupakan kota Tempat Wisata di New Zealand yang terletak di pulau bagian selatan Selandia Baru
Kaikoura. Image via: newzealand.com

SImak juga: tempat wisata di India

Kaikuora merupakan kota Tempat Wisata di New Zealand yang terletak di pulau bagian selatan Selandia Baru. Kata Kaikuora berasal dari bahasa Maori, ‘Kai’ yang berarti makanan dan ‘koura’ yang berarti lobster air tawar dan kalau di satukan memiliki arti “Memakan Lobster”.

Kota Pesisir Kaikoura kaya akan kehidupan bahari dan burung-burung. Pengunjung juga bisa menikmati pesona keindahan alam dari pesisir pantai sembari menikmati sajian kuliner lobster yang menjadi ciri khas Kaikuora.

Dan paling serunya, Tempat Wisata di New Zealand Kaikora memiliki daya tarik wisata yang fenomenal menjadikannya menjadi salah satu tempat wisata dengan satwa liar paling menakjubkan di dunia yaitu adanya binatang liar yang hidup di perairannya dan bisa dilihat dari jarak dekat.

Paus pemangsa bergigi terbesar di dunia terdapat di perairan Kaikora yang dapat dilihat dari jarak dekat. Musim dingin sekitar bulan Juni hingga Agustus adalah waktu yang tepat menyaksikan ikan paus yang akan muncul di pesisir pantai.

Di pesisir pantai timur Pulau Selatan anda dapat melihat ikan paus sperm berukuran hingga 15 meter. Paus Bungkuk yang bermigrasi dapat dijumpai pada bulan Juni dan Juli dan Orca si Paus Pembunuh dapat ditemukan dari bulan Desember hingga Februari.

  1. Fox Glacier

Menjelajahi keindahan alam tempat wisata di New Zealand ini bisa dengan berkendara dan berjalan kaki
Fox Glacier. Image via: mustdonewzealand.co.nz

Daerah di sekitar Fox Glacier menawarkan pengunjung kesempatan langka untuk dengan mudah mengakses lingkungan gletser yang dinamis di daerah berhutan. Menjelajahi keindahan alam tempat wisata di New Zealand ini bisa dengan berkendara dan berjalan kaki.

Kurang dari 6 km dari kota Fox Glacier, Fox Glacier Valley menawarkan kesempatan berjalan kaki dan bersepeda. Dengan panjang 13 km, Gletser Fox adalah salah satu gletser terpanjang (13 km) dari banyak gletser di dalam Taman Nasional Westland Tai Poutini

Lebih jauh ke arah pantai, 6 km dari Gletser Fox, pengunjung dapat berjalan-jalan santai di sekitar Danau Matheson yang terbentuk dari pencairan gletser. Pada permukaan danau pengunjung bisa melihat pantulan indah Gunung Cook dan Gunung Tasman.

Aktivitas paling populer di Tempat Wisata di New Zealand ini tentu saja naik helikopter mengamati gletser dari ketinggian. Dengan terbang, pengunjung dapat mengakses dan menjelajahi bagian gletser di mana fenomena alam bekerja paling menakjubkan dan banyak membuat gua dan lengkungan es yang spektakuler.

Pengunjung Tempat Wisata di New Zealand  ini juga dapat melihat Air Terjun Victoria yang menakjubkan, yang merupakan sungai yang meleleh dari gletser Victoria yang tersembunyi.

  1. Zealandia Ecosanctuary

Tempat Wisata di New Zealand berupa Area konservasi ini membentang seluas 225 hektar di Wellington
Zealandia Ecosanctuary. Image via: visitzealandia.com

Simak juga: tempat wisata di London

Tempat Wisata di New Zealand berupa Area konservasi ini membentang seluas 225 hektar di Wellington. Tempat wisata di New Zealand ini sekaligus merupakan salah satu proyek pelestarian terbesar di dunia yang bertujuan untuk mengembalikan alam ke keadaan semula.

Walaupun diperkirakan dibutuhkan waktu 500 tahun, area konservasi ini telah berhasil dengan spesies burung yang tak pernah dilihat selama 100 tahun terakhir. Pengunjung akan merasa menyatu dengan alam, lewat kegiatan bersepeda atau jalan-jalan di sekitar hutan dan lembah dari surga ini.

Kunjungi dan pelajari tentang burung-burung yang unik, seperti burung kiwi yang ikonik. Untuk melengkapi pengalaman, kunjungi urban sanctuary pada malam hari bersama pemandu. Ini merupakan momen dimana pengunjung akan mendengar nyanyian burung malam yang diselamatkan dari kepunahan.

Hutan Tempat Wisata di New Zealand ini ditata dengan rapi dan modern sehingga membuat nyaman para pengunjung yang datang. Pengalaman menjelajah hutan di Zealandia Selandia Baru dimulai dengan menggunakan boat mengarungi danau di tengah hutan.

Di sepanjang perjalanan menggunakan boat, pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan dengan pohon-pohon tinggi khas Selandia Baru. Di tepi danau, terlihat burung-burung bertengger di ranting dengan gagahnya.New

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment