10 Tempat Wisata di Pontianak Yang Bisa Anda Kunjungi

Dikenal karena wilayahnya yang dilalui garis khatulistiwa membuat ibukota provinsi Kalimantan Barat ini kerap dijuluki sebagai kota khatulistiwa. Namun tak hanya itu saja yang menarik karena Pontianak memiliki banyak destinasi wisata yang bakal memanjakan waktu libur Anda.


Tempat wisata di pontianak
Tempat wisata di pontoanak. Image via: wisatapontianak.com

Penasaran semenarik apa tempat wisata di Pontianak? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Khatulistiwa Park

Khatuistiwa Park
Khatulistiwa Park . Image via: pesparawikalbar.org

Berlokasi di Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Tugu Khatulistiwas atau kerap disebut Khatulistiwa Park ini tak terlalu jauh dari pusat kota Pontianak hanya sekitar 3 km saja. Di dalamnya terdapat banyak informasi penting tentang sejarah pembangunan tugu tersebut.

Selain itu, di tempat wisata di Pontianak ini juga kerap mengadakan event tahunan yang bertepatan dengan fenomena alam yang memunculkan titik ilumninasi. Yaitu saat matahari berada tepat di atas kepala kita sehingga membuat bayangan tidak nampak. Event tersebut di adakan paa bulan maret dan september. Menarik bukan?

Informasi:

  • Nama: Tugu Khatuistiwa atau Khatulistiwa Park
  • Alamat: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Jam buka: 07.30 – 21.00 WITA

Baca juga: daftar tempat wisata di Banjarmasin

2. Keraton Kadariah

Keraton Kadariah
Keraton Kadariah. Image via: backpackerjakarta.com

Tempat wisata di Pontianak ini didirikan sekitar tahun  1771 hingga 1778 masehi, ini menjadi tanda jika kota Pontianak telah menjadi kawasan pusat pemerintahan tak kurang dari 300 tahun yang lalu.Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri menjadi sultan yang pertama tinggal di keraton tersebut.

Berdiri persis di tepi sungai, istana ini memiliki struktur bangunan yang unik dengan warna cat kuning berukran 30×50 meter dan terdiri dari 3 lantai. Sisi historis bangunan keraton ini masih sangat kental, di dalamnya masih banyak tersimpan benda-benda bersejarah seperti kursi singasana, tombak penobatan, baju kesultanan, cermin seribu dan masih banyak lagi.

Sedangkan dibagian sudut luar bangunan keraton terdapat meriam kecil berjumlah 13 yang merupakan buatan Perancis dan Portugis. Dengan berkunjung ke Keraton Kadariah Anda tak hanya turut melestarikan budaya tetapi juga ikut belajar tentang sejarah Pontianak.

Informasi:

  • Nama: Keraton Kadariah
  • Alamat: Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Pontianak Tim., Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Jam buka: 10.00 – 17.00 WITA

3. Rumah Radakng, Rumah Adat Suku Dayak

Rumah Radakng, Rumah Adat Suku Dayak
Rumah Radakng, Rumah Adat Suku Dayak . Image via: borneochannel

Jalan-jalan di kota Pontianak tak lengkap rasanya jika belum mampir ke tempat wisata di Pontianak yang satu ini. Dengan panjang 138 m serta lebar 5 m dan tinggi 7 m, replika rumah adat suku dayak yang jadi tempat wisata andalan di Pontianak ini disebut-sebut sebagai rumah adat terpanjang yang ada di Indonesia.

Jangan heran jika rumah ini juga mendapat rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) karena bentuk dan ukurannya. Tak hanya itu di kawasan tempat wisata ini juga kerap diadakan even menarik yang sayang banget jika Anda melewatkannya.

Informasi:

  • Nama: Rumah Radakng
  • Alamat: Sungai Bangkong, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB

Simak: rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo

4. Tugu Digulis

Tugu Digulis
Tugu Digulis. Image via: pegipegi.com

Meski lebih populer dengan Tugu Khatulistiwa, namun Pontianak juga memiliki tugu lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi seperti Tugu Digulis misalnya. Bentuknya yang mirip bambu runcing membuatnya juga kerap dikenal sebagai Tugu Bambu Runcing. Tugu ini dibangun untuk mengenang jasa para pemuda Kalimantan Barat khususnya kota Pontianak dalam merebut kemerdekaan.

Letaknya sendiri berada di Jl. A. Yani tepatnya di bundaran Untan (Universitas Tanjungpura) membuatnya begitu menarik perhatian yang bisa jadi spot foto instagramable.

Informasi:

  • Nama: Tugu Digulis
  • Alamat: Jl. Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Pontianak, Kaimantan Barat

5. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas
Museum Negeri Sejarah Budaya Khas. Image via: wisatapontianak.com

Dirintis sekitar tahun 1974 oleh pemerintah setempat melalui Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Kalimantan Barat, museum ini didirikan sebagai bagian untuk menyimpan berbagai macam benda-benda bersejarah yang ada maupun ditemukan di wilayah Kalimantan Barat.

Koleksinya terdiri dari benda-benda geologika berupa peta hingga bebatuan, lalu koleksi biologika, historika, numimastika hingga arkeologika yang begitu tinggi nilainya dan tersimpan dengan rapi nan cantik di tempat wisata di Pontianak yang satu ini.

Selain kegiatan pameran, museum juga kerap mengadakan berbagai macam kegiatan yang bisa diikuti oleh pengunjung yang datang. Mulai dari bimbingan, konservasi hingga lomba-lomba untuk menarik minat pengunjung tentang benda-benda bersejarah.

Informasi:

  • Nama: Museum Negeri Sejarah Budaya Khas
  • Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat

Simak juga: info tempat wisata di Mojokerto

6. Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta
Vihara Bodhisatva Karaniya Metta. Image via: goensmith.com

Berdiri sekitar tahun 1829 M, vihara ini dulunya dikenal dengan sebutan Klenteng Tiga atau Tian Hou Keng. Tiang serta rangka bangunan vihara yang didominasi oleh warna merah ini terbuat dari kayu ulin yang memiliki ketahanan yang sangat bagus, tak heran jika vihara ini masih kokoh sampai sekarang.

Ketika masuk dari pintu utama, Anda akan disambut dengan lukisan dewa-dewa dari ajaran Kong Hu Cu serta banyak ornamen-ornamen keagamaan lainnya. Hingga saat ini vihara ini masih aktif digunakan untuk beribadat. Jadi Anda harus menghormati mereka yang sedang beribadat ketika jalan-jalan di vihara ini, ya?

Informasi:

  • Nama: Vihara Bohisatva Karaniya Metta
  • Alamat: Jl. Sultan Muhammad Kampung Darat Sekip, Darat Sekip, Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat.

7. Taman Alun Kapuas

Taman Alun Kapuas
Taman Alun Kapuas. Image via: wonosobozone.com

Jika jalan-jalan ke kota Pontianak, belum lengkap rasanya kalau tak mampir sejenaka dan menikmati suasana Taman Alun Kapuas yang ditemani eksotisnya sungai Kapuas yang mengalir persis di tengah-tengah kota seakan-akan membelah kota Pontianak.

Banyak hal seru dan mengasyikan yang bisa dilakukan saat berada di tempat wisata di Pontianak ini, seperti menjajal kuliner khas hingga menikmati suasana malam di tepi sungai Kapuas sambil ditemani gemerlap lampu-lampu hias nan memukau. Tak heran jika tempat ini jadi spot favorit warga sekitar untuk menghabiskan waktu santainya.

Informasi:

  • Nama: Taman Alun Kapuas
  • Alamat: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Jam buka: 06.00 – 22.00 WITA

Baca: review tempat wisata di Purbalingga

8. Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)

Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)
Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan). Image via: ericopieter

Berlokasi di Pontianak Tenggara dan masih termasuk ke dalam kawasan Universitas Tanjungpura, Hutan Kota atau Arboretum Sylva Untan bisa jadi destinasi seru untuk berwisata sekaligus menghabiskan waktu bersantai atau pun jogging.

Dengan luas area tak kurang dari 3,2 hektar, hutan kota ini ditumbuhi setidaknya ada 190 jenis pepohonan, 86 jenis tanaman anggrek hingga 176 jenis tanaman perdu. Tak heran jika hutan ini menjadi salah satu penyumbang oksigen terbesar di kota Pontianak dan sekitarnya.

Selain tumbuhan, tempat wisata di Pontianak ini pun juga memiliki koleksi satwa yang beragam, mulai dari mamalia, unggas dan burung hingga hetrofauna serta serangga. Kawasan hutan yang begitu asri nan hijau kerap jadi spot fotografi yang memukau bahkan pernah digunakan sebagai latar pembuatan film. Berbagai kegiatan seru dan mengasyikan bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari jogging, bersepeda santai hingga outbond yang seru.

Informasi:

  • Nama: Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)
  • Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani, Kawasan Universitas Tanjungpura, kota Pontianak, Kalimantan Barat

9. Pantai Kijing

Pantai Kijing
Pantai Kijing. Image via: jejakpiknik

Pontianak juga memiliki pantai yang cantik nan menawan yang sangat menarik untuk dikunjungi saat libur akhir pekan, Pantai Kijing namanya. Berjemur di pantai sambil menikmati ombak yang berkejaran atau menanti matahari yang tenggelam di ufuk barat merupakan beberapa hal seru yang bisa Anda lakuka disini.

Pasirnya yang putih dan bersih juga menjadi daya tarik tersendiri, tak heran jika tempat wisata di Pontianak ini selalu ramai meski letaknya cukup tersembunyi.

Informasi:

  • Nama: Pantai Kijing
  • Alamat: Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Harga tiket: Rp 10.000,/orang

Simak: info tempat wisata di Jember

10. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center
Aloe Vera Center. Image via: pinterest.com

Ingin mengenal Aloe Vera, tumbuhan kaya manfaat ini lebih dekat? Maka saat jalan-jalan ke kota Pontianak jangan sampai melewatkan destinasi yang satu ini. Pontianak memang dikenal sebagai kota penghasil lidah buaya yang berkualitas impor, hal ini membuat pemerintah membangun sebuah sarana untuk mewadahi serta mengawasi perkembangannya secara ekonomi hingga kuaitasnya.

Di Aloe Vera Center  Anda tak hanya sekedar diajak untuk mengenal jenis-jenis lidah buaya yang potensial tetapi juga melihat cara penamaman, perawatan hingga pemanenannya. Sekaligus Anda pun juga bisa melihat cara pengolahan lidah buaya menjadi berbabagai macam olahan kuliner yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Informasi:

  • Nama: Aloe Vera Center
  • Alamat: Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Pontianak, Kalimantan Barat

Nah, itu tadi rekomendasi tempat wisata di Pontianak yang seru sekaligus mengasyikan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi saat berkesempatan jalan-jalan ke Pontianak, Kota Khatulistiwa. Semoga bermanfaat.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment