8 Tempat Wisata Di Pontianak, Pesona Kota Khatulistiwa

|

Tempat wisata di Pontianak menjadi wisata yang cukup unik dan harus anda kunjungi. Karena lokasinya tepat berada di garis khatulistiwa.

Hebatnya lagi, tempat wisata di Pontianak hampir semuanya memiliki dimensi budaya yang masih kental terjaga dengan baik. Hal tersebut bisa terlihat dari arsitektur bangunan, atau tradisi lokal yang seringkali digelar.

Pontianak adalah sebuah kota, sekaligus ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Pontianak saat ini sedang berjalan mewujudkan visi menjadi Kota Wisata Sungai.

Semoga saja visi tersebut segera terwujud secara baik, dan sektor wisatanya mampu berbicara banyak di kancah nasional, maupun internasional.

8 Tempat Wisata Di Pontianak

1. Khatulistiwa Park

khatulistiwa park
khatulistiwa park. google maps. sumber: Wengky Hendra

Baca juga: daftar tempat wisata di Banjarmasin

Tempat wisata Pontianak yang menggambarkan ikon kota tersebut bernama Khatulistiwa Park, atau Tugu Khatulistiwa. Karena memang Kota Pontianak terletak di garis khatulistiwa.

Bahkan, festival yang dilaksanakan di Khatulistiwa Park yang sangat terkenal adalah saat manusia tidak memiliki bayangan saat siang hari.

Tentu saja event tersebut tidak dilaksanakan setiap hari, tetapi berdasarkan perhitungan posisi matahari. Khatulistiwa Park, sangat jarang loh ada negara dan kota yang tepat berada di garis khatulistiwa.

  • Lokasi Khatulistiwa Park, atau Monumen Khatulistiwa berada di alamat Jl. Khatulistiwa, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.
  • Harga tiket masuk Khatulistiwa Park gratis.

2. Waterfront City Pontianak

waterfront city pontianak
waterfront city pontianak. google maps. sumber: Ria Kusumaningrum

Seperti yang telah dibahas di paragraf awal, bahwa Kota Pontianak terus berbenah menjadi Kota Wisata Sungai. Dan salah-satu kawasan yang sudah terwujud adalah Waterfront City Pontianak.

Waterfront City Pontianak adalah sebuah kawasan wisata yang memiliki latar utama Sungai Kapuas. Waterfront City Pontianak memiliki panjang 600 meter.

Di Waterfront City Pontianak dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata, termasuk ornamen-ornamen yang kekinian. Waterfront City Pontianak sangat cocok untuk wisata semua usia.

Saat hari menjelang sore, biasanya Waterfront City Pontianak sering dijadikan tempat nongkrong oleh muda-mudi. View alam di kawasan tersebut sangat memanjakan mata.

  • Lokasi Waterfront City Pontianak berada di alamat Jl. Barito, Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.
  • Harga tiket masuk Waterfront City Pontianak gratis.

3. Keraton Kadariah

keraton kadariah
keraton kadariah. google maps. sumber: Asriel Aja

Simak: rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo

Keraton Kadariah merupakan sebuah istana yang pernah dihuni oleh sultan pertama dari Kesultanan Pontianak, yakni Sayyid Syarif Abdurrahman Al-qadrie.

Konon katanya keraton tersebut telah ada sejak tahun 1771 Masehi. Dimana struktur bangunannya terbuat dari kayu pilihan, dan kondisi dari Keraton Kadariah saat ini telah mengalami renovasi dan juga rekonstruksi.

Keraton Kadariah merupakan tempat wisata sejarah Pontianak, juga sebagai bukti bahwa Pontianak pernah berbentuk kesultanan.

  • Lokasi: Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
  • Jam buka: 10.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Gratis

4. Rumah Radakng

rumah radakng
rumah radakng. google maps. sumber: Giacinta Lovely Diandra Putri

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya ialah Rumah Radakng yakni rumah adat Suku Dayak, yang biasa disebut Rumah Panjang atau Longhouse.

Karena memiliki panjang sekitar 138 meter dengan lebar 5 meter, dan tingginya 7 meter. Maka tak heran jika Rumah Radakng pernah menyabet gelar sebagai rumah adat terbesar di Indonesia dari Museum Rekor Indonesia.

  • Lokasi: Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Gratis

5. Taman Alun Kapuas

taman alun kapuas
taman alun kapuas. google maps. sumber: Ribi Bitha

Simak juga: info tempat wisata di Mojokerto

Taman Alun Kapuas terletak di pusat kota Pontianak, yang selalu dikunjungi mereka yang ingin bersantai sambil memandangi sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas.

Selain itu, di Taman Alun Kapuas juga terdapat air mancur, area playground serta replika tugu khatulistiwa. Menjelang sore hingga malam Taman Alun Kapuas semakin ramai dikunjungi. Suasana di malam hari terasa lebih romantis, apalagi jika datangnya dengan kekasih hati.

  • Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Gratis

6. Arboretum Sylva Untan

arboretum sylva untan
arboretum sylva untan. google maps. sumber: Flady Faliyenco Franggaratz Abubakar Pae

Selanjutnya ada Arboretum Sylva Untan, sebuah ruang terbuka hijau yang berada di kawasan Universitas Tanjungpura (Untan) dengan berada di lahan seluas 3,48 ha.

Layaknya sebuah hutan kota, Arboretum Sylva Untan menjadi salah satu penghasil oksigen dengan dihuni puluhan bahkan ribuan tanaman hijau yang menyegarkan, serta beberapa binatang.

Setiap pagi maupun sore, terlihat beberapa pengunjung yang jogging di sekitar taman. Sedangkan pengunjung lainnya, ada pula yang sibuk berfoto bersama sejuknya alam di Arboretum Sylva Untan.

  • Lokasi: Universitas Tanjungpura, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
  • Jam buka: saat ini Arboretum Sylva Untan, dalam kondisi ditutup sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan.

7. Pantai Kijing

pantai kijing
pantai kijing. google maps. sumber: Aureliagst Channel

Baca: review tempat wisata di Purbalingga

Sekarang kita menuju salah satu tempat wisata bahari yang ada di Pontianak, yakni Pantai Kijing. Dimana pantai ini memiliki hamparan pasir putih kecokelatan, dengan hiasan deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi ke atas.

Ragam aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di Pantai Kijing, diantaranya:

  • Bermain air laut dan juga pasirnya,
  • Snorkeling,
  • Bersantai di atas hammock,
  • Menikmati sunrise maupun sunset,
  • Camping, dan
  • Hunting foto-foto kece.

Dengan banyaknya keseruan yang dapat dilakukan di Pantai Kijing, nggak heran jika pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

  • Lokasi: Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sungai Kunyit, Pontianak, Kalimantan Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

8. Museum Kalimantan Barat

museum kalimantan barat
museum kalimantan barat. google maps. sumber: Museum Negeri Kalimantan Barat

Simak: info tempat wisata di Jember

Tempat wisata yang satu ini ialah tempat untuk mengenal kebudayaan serta sejarah dari Kalimantan Barat. Di dalam museum tersebut terdapat banyak sekali benda-benda bersejarah peninggalan zaman dulu.

Dengan menampati luas bangunan 3.905, Museum Kalimantan Barat terbagi menjadi 3 zona yang berisikan artefak temuan di Kalimantan Barat, koleksi benda-benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya Suku Dayak, hingga koleksi keramik yang berasal dari Cina.

  • Lokasi: Komplek Museum Negeri Pontianak, Jl. Jenderal Ahmad Yani,Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 (Selasa – Jumat), 08.00 – 13.00 (Sabtu & Minggu). Sedangkan hari Senin tutup
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-