10 Tempat Wisata di Purbalingga Hits Saat Ini

Tak setenar kota-kota tujuan wisata seperti Semarang, Yogyakarta atau pun Bandung, namun Purbalingga juga tak kalah menyuguhkan banyakm destinasi menarik yang layak jadi tujuan wisata. Kontur wilayahnya yang di apit oleh rangkaian pegunungan membuat Purbalingga memiliki alam nan eksotis yang sangat menarik untuk dikunjungi.


Tempat wisata di purbalingga
Tempat wisata di purbalingga. Image via: indonesia.tripcanvas.co

Ingin lebih jauh mengenal tempat wisata di Purbalingga yang lagi ngehits saat ini? Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Jembatan Cinta Pring Wulung

10 Tempat Wisata di Purbalingga Hits Saat Ini 1
Jembatan Cinta Pring Wulung. Image via: dakatour.com

Lagi cari suasana yang romantis yang kekinian? Yuk mampir ke Jembatan Cinta Pring Wulung yang berlokasi di Panusupan, Rembang – Purbalingga. Tempat wisata di Purbalingga ini berada di tengah area persawahan yang di atasnya dibangun jembatan yang terbuat dari bambu berbentuk ikon “Love” yang membuatnya begitu unik dan kekinian.

Anda akan dibuat terpukau dengan kreativitas pengelola yang membuat tempat ini begitu mempesona dengan berbagai macam ornamen, seperti taman bunga kolam air mancur dan banyak spot kekinian lainnya. Tentunya buat Anda penggila fotografi, dijamin rugi jika sampai melewatkan tempat ini saat ke Purbalingga.

Informasi:

  • Nama: Jembatan Cinta Pring Wulung
  • Alamat: Panusupan RT. 3 RW. 4, Kecamatan Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga – Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Lihat juga: daftar tempat wisata di Jember

2. Lampion Tengah Sawah di Gunung wuled

lampion tengah sawah
Lampion Tengah Sawah di Gunung wuled. Image via: @wisatagunungwuled

Tak kalah ngehits dengan Jembatan Cinta, destinasi yang berada di desa wisata Gunungwuled ini juga menawarkan spot kekinian yang juga mempesona. Jembatan dengan panjang sekitar 80 meter yang dibangun di atas persawahan ini dihiasi lampion warna-warni di setiap sudutnya, menambah kesan unik yang instramable.

Tempat wisata di Purbalingga ini sangat cocok dikunjungi menjelang petang tiba karena memang konsep yang diusung adalah wisata malam. Namun Anda pun tetap bisa mengunjunginya di kala siang hari, pesonanya pun tak kalah cantik, kok. Coba, deh!

Informasi:

  • Nama: Jembatan Lampion Desa Bawahan
  • Alamat: Dusun Bawahan, Desa wisata Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga – Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 21.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

3. Kutabawa Flower Garden

kubu tawa
Kutabawa Flower Garden. Image via: menggapaiangkasa.com

Dibuka untuk umum mulai Maret 2017 yang lalu, tempat wisata di Purbalingga ini menyuguhkan ragam keindahan bunga-bunga cantik nan eksotis. Di Kebun Bunga Kutabawa atau yang lebih hits dengan sebutan Kutabawa Flower Garden ini Anda akan diajak mengenal lebih dekat beragam jenis bunga yang cantik. Setidaknya tak kurang dari 18 jenis bunga di tanam di berbagai tempat di area kebun ini.

Selain itu tempat ini juga menawarkan banyak spot foto kekinian yang instagenik banget. Seperti jalan setapak yang dihiasai gerbang kecil yang dibalut kain berbentuk ikon “love”, keren abis! Sayang kalau sampai terlewat saat main ke Purbalingga.

Informasi:

  • Nama: Kutabawa Flower Garden
  • Alamat: Jl. gunung Slamet, Kelurahan Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga – Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Bekasi

4. Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci
Kampung Kurcaci. Image via: travel.kompas.com

Jika di Bandung ada Rumah Hobbit, di Purbalingga ada Rumah Kurcaci yang tak kalah keren. Berlokasi  di area kaki Gunung Slamet, tempat wisata di Purbalingga ini namanya Kampung Kurcaci. Yang menarik di sini ada dua buah rumah berukuran cukup kecil dengan bentuk yang cukup unik serta warna cat yang mencolok.

Bentuk rumah ini nyaris persis dengan yang ada di film trilogi Lords of the Ring, yakni rumah para hobbit. Tapi bedanya tak ada kurcaci yang hidup di dalamnya, hanya replika saja jadi jangan kecewa, ya! Sebagai gantinya Anda tetap bisa berfoto selfie dengan latar rumah hobbit ini, hasilnya kece abis, lho.

Informasi:

  • Nama: Kampung Kurcaci
  • Alamat: Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 Wib
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

5. Agrowisata Kebun Stroberi Serang

Agrowisata Kebun Stroberi Serang
Agrowisata Kebun Stroberi Serang. Image via: jejakpiknik.com

Berada di lereng Gunung Slamet membuat Purbalingga kaya destinasi alam nan unik, salah satunya seperti Agrowisata Kebun Stroberi yang ada di Desa Serang. Tak hanya menikmati panorama alamnya yang menyejukkan tetapi Anda juga bisa menikmati segarnya buah stroberi yang dipetik langsung dari pohonnya.

Tak hanya itu di kawasan agrowisata ini juga tersedia fasilitas seru lainnya misalnya seperti bermain outbound, flying fox, high Rope, naik kuda, main petak umpet di taman labirinnya hingga kamping seru di camping groundnya yang cukup luas. Menarik bukan, sambil menikmati segarnya buah stroberi yang dietik sendiri sekaligus seru-sertuan di wahananya yang menarik.

Informasi:

  • Nama: Agrowisata Kebun Stroberi
  • Alamat: Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga – Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 25.000,-

Simak juga: info tempat wisata di Sumedang

6. Curug Tempuran

Curug Tempuran
Curug Tempuran. Image via: lelungan.net

Walau tak se-populer air terjun yang ada di Bandung, tetapi Purbalingga juga punya air terjun yang cantik dan memukau, seperti Curug Tempuran salah satunya. Dari kejauhan air terjun ini langsung mengundang siapapun untuk menceburkan diri ke dalam kolamnya yang jernih dan juga luas, namun harus tetap hati-hati, ya.

Tempat wisata di Purbalingga ini menyajikan alam yang masih sangat natural dan asri karena belum banyak dijamah tangan-tangan jahil. Alhasil lingkungannya begitu damai menyejukkan, pepohonan rindang disertai sungai yang mengalir tenang menambah pesona tempat cantik di Purbalingga yang satu ini.

Informasi:

  • Nama: Curug Tempuran
  • Alamat: Jl. Raya Binangun No.18, Pengalusan, Pengalusan, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

7. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren
Puncak Sendaren. Image via: blog.reservasi.com

Rasa-rasanya siapapun tak akan menyangkal keindahan alam yang dimiliki Purbalingga. Meski begitu, tak banyak yang paham bagaimana mengeksplorasinya lebih. Cara yang paling mudah ialah dengan menapaki Gunung Sendaren, karena dari tempat ini lanskap alam kota Purbalingga akan terlihat begitu mempesona.

Rentetan bukit nan hijau dengan hembusan angin sepoi-sepoi diwarnai langit yang cerah menjadi satu hal menarik yang ditawarkan dari tempat ini. Spot kece yang tak boleh dilewatkan tentu jembatan atas awan yang ada di Puncak Sendaren yang lagi hits belakangan ini yang akan memberikan sensasi berbeda. Dan banyak lagi spot foto kekinian lainnya yang sayang jika dibiarkan lewat saja.

Informasi:

  • Nama: Puncak Sendaren
  • Alamat: Jl. Ardi Lawet, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Baca: review tempat wisata di Jambi

8. Bendungan Slinga

Bendungan Slinga
Bendungan Slinga. Image via: inovasidesa.kemendesa.go.id

Meski fungsi utamanya untuk memasok kebutuhan air di Wilayah Purbalingga, tetapi spotnya yang keren membuat Bendungan Slinga layak dikunjungi saat akhir pekan atau pun liburan. Tak seperti bendungan yang lain, tempat wisata di Purbalingga yang ini memiliki banyak spot kekinian yang instagramable.

Satu diantaranya ialah jembatan bambu yang diujungnya dilengkapi dengan balai-balai. Jika kurang menarik, Anda bisa mencoba berkeliling bendungan dengan menaiki perahu yang telah disediakan. Hal mengasyikan yang bisa dilakukan di sini ialah saat menunggu momen ketika matahari pulang ke peraduannya. Menambah suasana makin terasa syahdu nan eksotis, sungguh sayang jika dilewatkan!

Informasi:

  • Nama: Bendungan Slinga
  • Alamat: Jl. Bendungan, Banjaran, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga – Jawa Tengah

9. Telaga Situ Tirta Marta

Telaga Situ Tirta Marta
Telaga Situ Tirta Marta. Image via: caridestinasiwisata.blogspot.com

Bermain dengan air, siapa ‘sih yang tak bakal suka? Terlebih lagi jika airnya sejernih kristal dan menyegarkan ditambah lagi dengan suasana yang begitu asri dan cozy. Nah, semua itu bakal Anda dapatkan ketika berada di Telaga Situ Tirta Marta yang berlokasi di Karangcekak, Kutasari, Purbalingga.

Sekilas tempat wisata di Purbalingga ini mirip dengan sumber air di Umbul Pongok Klaten. Di sini Anda pun juga bisa menjajal aksi foto underwater dengan background yang tak biasa. Sebab pengelola telah menyiapkan benda-benda yang unik untuk memuaskan hasrat para penggemar foto underwater.

Kalau Anda tak punya kamera anti air jangan sedih, sebab pengelola menyediakan kamera yang bisa Anda sewa sekaligus dengan operatornya, lho. Jadi, jangan sampai lupa kalau ke Purbalingga jangan sampai melewatkan destinasi cantik yang satu ini!

Informasi:

  • Nama: Telaga Situ Tirta Marta
  • Alamat: Karangcegak, Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak: daftar tempat wisata di Balikpapan

10. Jembatan Pelangi Sungai Gintung

Jembatan Pelangi Sungai Gintung
Jembatan Pelangi Sungai Gintung. Image via: indonesia.tripcanvas.co

Menjelajahi rumah warna-warni seperti yang ada di Malang mungkin sudah biasa, lalu seperti apa rasanya jika menyusuri jembatan warna-warni di atas sungai, pasti seru ‘kan? Nah, pengalaman ini bisa Anda dapatkan jika mampir ke Sungai Gintung yang berada di Dusun Sumingkir, Desa Bantar Barang, Rembang – Purbalingga.

Bukan hanya sekedar jembatan penghubung dua desa tetapi jembatan yang melintas di atas sungai Gintung ini memiliki nilai estetika tersendiri. Di cat penuh warna-warna mencolok, jembatan tersebut kini jadi spot kece yang instagramable.

Meskipun begitu, Anda harus tetap berhati-hati ketika melintas atau saat berselfi di jembatan ini sebab usianya yang sudah memasuki empat dekade membuatnya cukup menantang. Masih berani mencoba melintasi jembatan in?

Informasi:

  • Nama: Jembatan Pelangi Sungai Gintung
  • Alamat: Dusun Sumingkir, Desa bantar Barang, Kec. Rembang, Purbalingga

Ternyata tempat-tempat wisata di Purbalingga tak kalah mengesankan bukan dengan kota-kota lain di sekitarnya? Jadi kalau berkesempatan berkunjung  ke Purbalingga jangan lupa menyempatkan mampir untuk menikmati keindahannya.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment