10 Tempat Wisata di Semarang, Dari Tempo Dulu, Hingga Wisata Terbaru

Tempat wisata di Semarang meliputi Kabupaten Semarang, dan Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Ke duanya memiliki kesamaan, dan perbedaan.

Kabupaten Semarang lebih didominasi oleh objek wisata alam, sedangkan Kota Semarang lebih didominasi oleh wisata sejarah, serta wisata kekinian.

Tempat wisata Semarang, khususnya yang ada di Ungaran, penulis telah membahas secara khusus, dalam artikel yang terpisah. Bagi yang melewatkan artikel empat wisata di Ungaran, tinggal klik saja link nya ya….

Oh iya, untuk mempermudah pencarian referensi tempat wisata baik nasional, maupun internasional, maka kami sudah mengelompokkan tempat wisata per kota, atau kabupaten, di beranda nativeindonesia.com, termasuk tempat wisata di Semarang.

Tempat Wisata Di Semarang

1. Kota Lama Semarang

salah satu spot untuk berfoto
salah satu spot untuk berfoto. google maps. sumber: Nadya I

Simak selengkapnya di artikel review Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang adalah tempat wisata di Semarang yang gratis, namun eksotis, serta lokasinya dekat dengan Simpang Lima Semarang.

Kota Lama Semarang memiliki status sebagai kawasan Situs Cagar Budaya Nasional, yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan yang sangat bersejarah.

Meskipun Kota Lama Semarang adalah tempat wisata yang gratis, namun tidak lantas mengesampingkan keseruan, dan sensasi wisatanya.

Bagi yang hobi dengan dunia fotografi, maka Kota Lama Semarang adalah jawabannya. Daya tarik lainnya adalah layaknya lorong waktu menuju kehidupan di masa lampau.

  • Lokasi dan alamat Kota Lama Semarang berada di Jl. Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Kota Lama Semarang gratis.

2. Eling Bening

sajian alam yang indah di balik perahu naga
sajian alam yang indah di balik perahu naga. google maps. sumber: As’ad Fathunnuha

Simak reviewnya di artikel wisata Elin Bening

Tempat wisata di Semarang yang hits, baru, dan kekinian, namanya adalah Eling Bening. Meskipun terbilang baru, namun Eling Bening sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang akan memanjakan para wisatawan.

Adapun daya tarik, serta fasilitas yang tersedia di Eling Bening adalah sebagai berikut:

  • Kolam renang,
  • Spot selfie,
  • Resto, atau café,
  • Outbound,
  • Playground,
  • Taman bunga.

Sajian utama yang akan memanjakan mata pengunjung adalah view Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo.

  • Lokasi dan alamat Eling Bening berada di Jl. Sarjono, Kecamatan Bawean, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Eling Bening Rp. 20.000 per orang.

3. Bukit Cinta Ambarawa

Selengkapnya di artikel bukit cinta ambarawa

Tempat wisata di Semarang selanjutnya terletak di Kabupaten Semarang, yang bernama Bukit Cinta Ambarawa, atau disebut juga Bukit Cinta Rawa Pening.

Daya tarik utamanya adalah Rawa Pening yang dikelilingi oleh gunung-gunung legendaris, yaitu:

  • Gunung Merbabu,
  • Gunung Telomoyo,
  • Gunung Ungaran.

Penataan kawasan Bukit Cinta Ambarawa saat ini sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Fasilitasnya juga sudah sangat lengkap, termasuk dengan spot selfie yang instagramable, serta menghadirkan nuansa yang romantis.

  • Lokasi dan alamat Bukit Cinta Ambarawa berada di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Bukit Cinta Ambarawa Rp. 15.000 per orang.

4. Curug Lawe, dan Curug Benowo

curug lawe
curug lawe. google maps. sumber: septian kazan

selengkapnya di artikel curug lawe dan curug benowo

Tempat wisata alam di Semarang, bertemakan air terjun yang sangat recommended alah Curug Lawe, dan Curug Benowo. Lokasinya masih dalam satu kawasan yang sama. Jadi, sekali perjalanan, dua air terjun terlampaui.

Jalur trekking menuju Curug Lawe, dan Curug Benowo tidak terlalu terjal, sehingga bisa juga dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga di Semarang saat akhir pekan, asalkan saat cuaca cerah.

  • Lokasi dan alamat Curug Lawe, dan Curug Benowo berada di Desa Kalisidi, Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Curug Lawe, dan Curug Benowo Rp. 10.000 per orang.

5. Waduk Jatibarang

waduk jatibarang
waduk jatibarang. google maps. sumber: Nurul Aza

selengkapnya di artikel waduk jatibarang

Waduk Jatibarang adalah tempat wisata di Semarang selanjutnya yang wajib anda kunjungi. Meskipun baru beroperasi pada tahun 2015, namun sudah mampu menjadi wisata alam di Semarang yang sangat populer.

Daya tarik utamanya, selain dari Waduk Jatibarang, adalah keberadaan pulau cantik di tengah-tengahnya, dan Go Kreo yang lokasinya masih dalam satu kawasan.

  • Lokasi Waduk Jatibarang masuk ke dalam 4 Kelurahan / Desa, 2 Kecamatan, yang ada di Kabupaten semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Waduk Jatibarang Rp. 10.000 per motor.

6. Klenteng Sam Poo Kong

klenteng sam poo kong
klenteng sam poo kong. google maps. sumber: Dhimas Bayu Kartiko

selengkapnya di artikel klenteng sam poo kong

Tempat wisata di Semarang selanjutnya adalah sebuah bangunan klenteng, sekaligus destinasi wisata sejarah yang sangat recommended di Kota Semarang.

Namanya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Daya tariknya adalah sejarahnya yang sangat terkait erat denga Laksamana Ceng Ho. Adapun daya tarik lainnya adalah sebagai berikut:

  • Arsitektur bangunan yang bernilai sejarahm dan seni yang tinggi,
  • Patung laksamana Ceng Ho,
  • Goa Bersejarah.

Kunjungan wisata ke Klenteng Sam Poo Kong juga menyajikan wisata edukatif, tentang akulturasi budaya antar negara, dan antar suku.

  • Lokasi dan alamat Klenteng Sam Poo Kong berada di Jalan Simongan Raya, No. 129 Bongsari, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Klenteng Sam Poo Kong Rp. 28.000 per orang.

7. Old City 3D Trick Art Museum

old city 3d trick art museum
old city 3d trick art museum. google maps. sumber: Setyo Wicaksono

Simak selengkapnya di artikel old city 3D trick art museum

Old City 3D Trick Art Museum adalah tempat wisata di Semarang yang menawarkan konsep kekinian, berupa spot foto 3D, yang mampu menghadirkan ilusi bagi mereka yang melihatnya.

Old City 3D Trick Art Museum juga masuk sebagai objek wisata di Semarang yang terbilang masih baru, namun sudah mampu menggaet animo para pengunjung.

  • Lokasi Old City 3D Trick Art Museum letaknya satu kawasan dengan Kota Lama Semarang.
  • Alamat Old City 3D Trick Art Museum berada di Jl. Letjen Suprapto, No.26, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Old City 3D Trick Art Museum Rp. 40.000 per orang.

8. Candi Gedong Songo

candi gedong songo
candi gedong songo. google maps. sumber: eko novianto

Baca reviewnya di artikel Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah rekomendasi tempat wisata di Semarang yang wajib anda kunjungi. Terdapat 9 candi dalam satu kawasan yang sama, yang dikelilingi panorama alam yang sangat indah.

Area tamannya juga sangat tertata secara baik. Dengan demikian, kunjungan wisata ke Candi Gedong Songo adalah menikmati alam, sambil belajar sejarah.

  • Lokasi dan alamat Candi Gedong Songo berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Candi Gedong Songo Rp. 6.000 per orang.

9. Taman Wisata Kopeng

Simak juga: Rawa Pening

Tempat wisata di Semarang, selanjutnya bernama Taman Wisata Kopeng. Sebuah objek wisata yang terletak di Desa Wisata Kopeng yang sangat terkenal akan view alam, dan udaranya yang sejuk.

Selain itu, Taman Wisata Kopeng dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata, dan wahana wisata yang akan membuat keseruan anda semakin bertambah. Dan puncak kenikmatan wisatanya adalah saat melakukan aktivitas camping.

  • Lokasi Taman Wisata Kopeng terletak di Lereng Gunung Merbabu.
  • Alamat Taman Wisata Kopeng berada di Desa Kopeng, Kecamatan getasan, Kabupaten semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Taman Wisata Kopeng Rp. 20.000 per orang.

10. Ayanaz Gedongsongo

ayanaz gedong songo
ayanaz gedong songo. google maps. sumber: Hendry Hindarto 90217

Selengkapnya di artikel ayanaz gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo adalah tempat wisata di Semarang yang bertemakan wisata alam, yang dilengkapi dengan fasilitas, serta spot selfie yang instagramable, dengan latar alam yang sangat indah.

Selain itu, Ayanaz Gedongsongo masih satu kawasan dengan Candi Gedong Songo, menjadikannya sekali perjalanan, dua tempat wisata terlampaui. Ayanaz Gedongsongo sangat recommended menjadi destinasi wisata keluarga, dan wisata kekinian di Semarang.

  • Lokasi Ayanaz Gedongsongo dekat dengan Candi Gedong Songo.
  • Alamat Ayanaz Gedongsongo berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Ayanaz Gedongsongo Rp. 25.000 per orang.

Tinggalkan komentar