12 Tempat Wisata di Semarang Yang Wajib di Kunjungi

| | ,

Sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Tengah, Semarang merupakan salah satu kota metropolitan  di Indonesia yang memiliki banyak daya pikat sejak masa lampau, termasuk diantaranya sebagai destinasi wisata. Topografi wilayahnya pun cukup unik yakni berupa dataran rendah yang dikelilingi perbukitan dari bagian barat hingga timur. Selain itu Semarang juga memiliki pantai yang cantik karena berada di wilayah pesisir utara pulau Jawa.

Tak heran jika ada begitu banyak destinasi wisata yang memanjakan, mulai dari wisata kuliner, budaya hingga pesona alam yang menawan.

Penasaran dengan tempat wisata di Semarang yang menarik dan lagi nge-hits? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco
Puri Maerokoco. Image via: semarangrentcar.com

Ingin mengenal seluk beluk wilayah Jawa Tengah? Cobalah pergi ke Puri Maerokoco yang berada di Jl. Yos Sudarso Semarang, tak jauh dari Tugu Muda. Mengapa demikian? Sebab, tempat wisata di Semarang yang satu ini dibangun merepresentasikan wilayah Jawa Tengah dalam skala mini.

Di taman ini bisa Anda temui berbagai macam bangunan rumah adat maupun anjungan yang mewakili setiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Termasuk di dalamnya juga dipamerkan segala jenis kerajinan serta makanan khas tiap daerah tersebut. Tak heran jika destinasi ini kerap disebut sebagai taman mini-nya Jawa Tengah.

Tak sampai di situ saja tempat ini pun juga dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik, semisal  kereta, sepeda air dan juga perahu untuk mengelelilingi hutan mangrove. Ditambah lagi ada taman bunga, taman kaktus, taman apotek hidup hingga burung-burung yang hidup liar di sini. Kedengarannya menarik bukan?

dago dream park
dago dream park

Informasi:

  • Nama: Puri Meukoco
  • Alamat: Jl. Yos Sudarso, Semarang
  • Jam buka:
  • Tiket masuk: Rp 15.000,-

Selengkapnya di artikel Puri Maerokoco

2. Old City 3D Trick Art Museum

3D Trick Art Museum
Old City 3D Trick Art Museum. Image via: lifestyle.okezone.com

Saat menjelajahi kota tua Semarang, kini Anda tak hanya akan dimanjakan dengan suasana tempo dulu dan bangunan bersejarahnya. Sebab ada sebuah museum unik  yang punya spot foto instagramable dan unik yang akan mengajak Anda semakin narsis, yakni Old City 3D Trick Art Museum. Seperti namanya, museum ini memang menyuguhkan beragam atraksi gambar dengan ilusi 3 dimensi yang semakin tampak nyata terutama ketika di foto.

Banyak tema-tema unik dan lucu yang bisa Anda jadikan background foto, seperti angle foto di atas jembatan yang ada air terjun di dasarnya. Lalu ada juga  ilusi gambar seolah sedang diburu laba-laba raksasa, foto bersama gambar artis terkenal seperti Justin beiber hingga Christiano Ronaldo yang tampak begitu nyata. Tak hanya itu, di museum ini Anda juga bisa menikmati wahana “Omah Kwalik” atau rumah terbalik seperti yang ada di upside down world. Pasti seru banget buat di unggah di sosial media bukan?

Informasi:

  • Nama: Old City 3D Trick Art Museum
  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto 26, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: 10.00-22.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 40.000/orang

3. Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang
Waduk Jatibarang. Image via: dakatour.com

Dibangun di wilayah perbukitan yang berada di kelurahan Kandri Gunungpati Semarang, Waduk Jatibrang kini men jadi salah satu tempat wisata di Semarang yang sedang hits. Yang menarik di tempat ini ialah karena terdapat sebuah gua kecil yang berada persis di tengah waduk hingga tampak seperti sebuah pulau.

Gua tersebut dikenal dengan sebutan Goa Kreo, yakni sebuah gua alami yang lebih dulu dikenal oleh masyarakat sebelum waduk ada. Ini karena gua tersebut merupakan sebuah petilasan Sunan Kalijaga yang memiliki nilai historis bagi warga di sekitar. Untuk mencapai gua tersebut tak perlu bingung, sebab ada sebuah jembatan lengkung dengan warna merah yang bisa digunakan untuk menyeberang ke Goa Kreo.

Informasi:

  • Nama: Waduk Jatibarang
  • Alamat: Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang
  • Jam buka: –
  • Harga tiket: Rp 5.000/orang

4. Desa Wisata Lembah Kali Pancur

Lembah Kali Pancur
Desa Wisata Lembah Kali Pancur. Image via: krjogja.com

Jika umumnya pesawat berada di hangar atau bandara, namun ada sebuah pemandangan berbeda yang tak biasa yang bisa anda temui di desa Wisata Kali Pancur, Ngaliyan, Semarang. Bangkai Pesawat! Pastinya Anda akan dibuat bertanya-tanya mengapa ada pesawat bisa sampai mendarat di sebuah lembah. Jangan salah, pesawat tersebut ternyata merupakan pesawat bekas yang rencananya akan disulap jadi sebuah café oleh pemiliknya.


Tetapi kini menjadi spot foto paling digemari karena view-nya yang instagramable banget. Tak hanya bangkai pesawat saja, tempat wisata di Semarang yang satu ini juga memiliki banyak wahana seru yang tak kalah menarik. Seperti kolam renang, pemancingan, hutan jati, pemancingan, kandang ternak hingga penangkaran burung dan juga wisata kuliner.

Informasi: 

  • Nama: Desa Wista Lembah Kali Pancur
  • Alamat: Jl. Candi Penataran Raya, Manyaran, Kaliyan Kota Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: 09.00-20.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 3.000,-

5. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti. Image via: trivindo.com

Tempat wisata di Semarang selanjutnya yang wajib Anda kunjungi ialah Umbul Sidomukti. Berlokasi persis di bawah kaki Gunung Ungaran, Anda akan dibuat terpesona dengan bentang alam wilayah Semarang yang menawan. Banyak hal seru yang bisa Anda lakukan di sini, termasuk di antaranya ada wahana outbond seru melintasi lembah yang menantang adrenalin. Lalu berenang di kolam mata air pegunungan yang berhawa sejuk hingga camping seru di alam terbuka.

Informasi:

  • Nama: Umbul Sidomukti
  • Alamat: Desa Sidomukti Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00-17.00
  • Harga tiket: Rp 10.000,-/orang, Rp 40.000,- (paket outbound)

Selengkapnya di artikel Umbul Sidomukti

6. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung
Masjid Agung Jawa Tengah. Image via: brobali.com

Semarang memang dikenal dengan masyarakatnya yang multikultural namun tetap dapat hidup berdampingan dengan damai. Itu pula yang terlihat di sebuah masjid yang menjadi salah satu ikon wisata religi di Semarang yakni Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid tersebut dibangun dengan memadukan banyak unsur dalam desainnya.

Seperti di bangunan utama yang terdapat perpaduan arsitektur dari Arab dan Jawa yang menghasilkan keindahan menakjubkan. Lalu terdapat 25 pilar menakjubkan yang ada di bagian depan masjid yang didesain dengan gaya Italian Renaissane dan berhiaskan kaligrafi huruf Arab. Dan banyak hal menarik yang menyimpan histori yang bisa Anda temukan di sini, seperti Menara Asma al-Husna.

Informasi:

  • Nama: Masjid Agung Jawa Tengah
  • Alamat: Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Kota Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 jam, 08.00-2100 (ke menara)
  • Harga tiket: Rp 4.000 (ke menara)

7. Curug Lawe

curug lawe
Curug Lawe. Image via: @randyyy_ae

Bosan main ke pantai? Tenang, karena Semarang juga menyuguhkan pesona air terjun cantik yang berada di wilayah Gunung Ungaran, namanya Curug Lawe. Untuk mencapai air terjun ini Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra. Pasalnya sebelum mencapai air terjun ini, Anda terlebih dulu harus melalui jalur setapak yang berliku di tengah perkebunan cengkeh PT. Cengkih Zanzipar.

Tapi semua rasa lelah akan segera terbayar seketika saat melihat keindahan air yang terjun dari tebing curam yang tampak seperti benang putih yang menjulur, benar-benar memukau! Tak terlalu jauh dari tempat ini ada juga satu air terjun lagi yang juga tak kalah cantik yang juga tak kalah cantik yakni Curug Lawe Benowo Kalisid atau kerap disingkat CLBK.

Informasi:

  • Nama: Curug Lawe
  • Alamat: Gunungsari, Limbangan, Ungaran Barat, Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: –
  • Harga tiket: Rp 4.000,- (masuk ke kawasan perkebunan)

8. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo. Image via: camerawisata.com

Jawa Tengah khususnya Semarang menyimpan banyak peninggalan sejarah yang layak jadi destinasi wisata, seperti Candi Gedong Songo misalnya. Candi Gedong Songo sendiri merupakan warisan kebudayaan Hindu yang memiliki keunikan tersendiri. Karena merupakan sebuah kompleks candi yang di dalamnya terdiri dari sembilan candi.

Selain keindahan masa lampau yang bisa Anda jelajahi, tempat wisata di Semarang ini juga memiliki spot foto unik yang instagramable yang diberi nama Ayana. Destinasi yang baru saja dibuka ini memiliki 35 spot foto unik yang belakangan jadi viral di media sosial karena tema-tema unik dalam setiap spot fotonya. Tak heran jika kini Candi Gedong Songo semakin hits di kalangan warga Semarang dan sekitarnya.

Informasi:

  • Nama: Candi Gedong Songo
  • Alamat: Candi, Bandungan, Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: 06.30-18.00
  • Harga tiket: Rp 10.000,-/orang tidak termasuk ke kawasan Ayana

Baca reviewnya di artikel Candi Gedong Songo

9. Lawang Sewu

Lawang Sewu
Lawang Sewu. Image via: news.detik.com

Masih soal destinasi penuh historis, Semarang memang memiliki banyak destinasi yang menyuguhkan cerita dan pengalaman yang sangat luar biasa, seperti Lawang Sewu misalnya. Bangunan yang dibangun dengan banyak pintu ini dulunya digunakan sebagai kantor sebuah perusahaan kereta api pada jaman kolonial Belanda. Tak heran jika banyak sekali seluk beluk sejarah perkeretaapian yang masih tersimpan rapi di sini.

Tempat wisata yang satu ini memiliki reputasi yang membuat bulu kuduk merinding, karena disebut-sebut sebagai tempat yang angker. Meskipun demikian, pesona ornamen masa lalu yang begitu kental tak pernah memudarkan keindahan tempat wisata di Semarang yang satu ini.

Informasi:

  • Nama: Lawang Sewu
  • Alamat: Kompleks Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: 06.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 10.000,-/orang, Rp 20.000,- (tour ruang bawah tanah)

Selengkapnya di artikel Lawang Sewu

10. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong
Klenteng Sam Po Kong. Image via: lelungan.net

Satu lagi destinasi wisata yang wajib Anda datangi ketika mampir ke kota Semarang, yakni Klenteng Gedung Batu Sam Poo Kong atau kerap disebut Klenteng Sam Po Kong. Tempat ini merupakan sebuah petilasan atau sebuah persinggahan seorang pelaut legendaris dari negeri Tiongkok yang juga seorang muslim bernama Laksamana Cheng Ho atau Zheng He.

Tempat wisata di Semarang yang satu ini disebut gedung batu karena merupakan sebuah gua batu berukuran besar, yang di bagian luarnya terdapat bangunan dengan gaya arsitektur khas Tiongkok. Mulanya tempat tersebut dibangun sebagai masjid oleh sang laksamana, namun oleh warga keturunan dianggap sebagai klenteng dan digunakan untuk beribadat hingga saat ini.

Terlepas dari latarbelakangnya, ornamen khas negeri Tiongkok yang begitu kental di setiap sudut bangunan dengan warna merah yang dominan membuat destinasi ini sangat saying jika dilewatkan begitu saja.

Informasi:

  • Nama: Klenteng Sam Po Kong
  • Alamat: Jl. Simongan 126, Bongsari, Kota Semarang-Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00-22.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 8.000,-/orang

11. Kawasan Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang. Image via:  www.instagram.com/vegaviditama/

Salah satu kawasan tua yang ada di Semarang. Area ini masih memiliki banyak bangunan dengan arsitektur lama yang indah. Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati suasana kota zaman dulu.

Simak selengkapnya di artikel review Kota Lama Semarang

12. Rawa Pening

Rawa Pening Lake Beauty
Image via: www.instagram.com/esarhh

Rawa Pening adalah salah satu tempat wisata alam di Semarang yang cukup banyak dikunjungi. Disini, anda bisa menikmati suasana alam yang unik beserta kehidupan masyarakat sekitarnya.

Simak reviewnya di artikel Rawa Pening

Cukup menarik bukan? Ternyata tempat wisata di Semarang sangat beragam dan tak kalah menarik dengan destinasi di kota-kota lain di Indonesia. Jadi buat apa tunggu lama-lama, yuk segera rencakanan liburan ke Semarang sekarang juga!

12 Tempat Wisata di Semarang Yang Wajib di Kunjungi
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Gili Ketapang, Pesona Bawah Laut Jawa Timur yang Menggoda

14 Tempat Wisata di Surabaya Yang di Rekomendasikan

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment