11 Tempat Wisata di Singapura yang Paling Banyak Dikunjungi

Tempat wisata di Singapura merupakan salah satu objek wisata yang paling ramai dikunjungi bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke luar negeri. Harga tiket pesawat yang murah dan fasilitas bebas Visa sangat memudahkan kunjungan ke negeri Jiran itu.


Tempat wisata di Singapura populer dikunjungi warga indonesia
Tempat wisata di Singapura. Image via: https://beritagar.id/artikel/piknik/8-tempat-wisata-gratis-di-singapura

Simak juga: Tempat Wisata di Malaysia

Tempat Wisata di Singapura

Berikut beberapa lokasi tempat wisata di Singapura yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi ketika menyambangi Singapura.

  1. Universal Studio

Universal Studio Singapura salah satu tempat wisata di sigapura paling populer
Universal Studio Singapura. Image via: go4travelblog.com

Theme Park terbesar di Singapura yaitu Universal Studio Sentosa Singapore memang menawarkan hiburan buat keluarga. Dengan design dan wahana yang tentu menarik bagi anak-anak hingga dewasa, tidak heran selalu menjadi Tempat wisata di Singapura favorit saat kita wisata ke Singapore.

Wahana di Universal Studio Singapore dibagi zona. Misalnya zona far away, atau zona Sci-fi. dan lain-lain. Selain Wahana di Universal Studio Singapore juga menampilkan street entertainment dan meet & great. semuanya disesuaikan dengan zona.

Jam buka Tempat wisata di Singapura ini selalu sama setiap hari yaitu jam 10.00 AM (pagi) tidak pernah lebih cepat atau telat. Jam tutup jam 7 malam (low season) jam 9 malam (Peak Season). pengumuman jam tutup ada di gerbang masuk.

Harga tiket Universal Studios pada akhir pekan, tanggal merah, dan musim liburan jika dirupiahkan berada pada kisaran sekitar Rp 750.000 untuk dewasa dan sekitar Rp 500.000 untuk anak-anak.

  1. Orchard Road

orchad road pusat pembelanjaan yang jadi sasaran pencinta wisata belanja
Orchard Road. Image via: straitstimes.com

Orchard Road atau Jalan Orchard adalah nama sebuah jalan di Singapura yang sangat terkenal sebagai Tempat wisata di Singapura sorga belanja. Selain dipenuhi pusat belanja, Orchard Road juga dipenuhi restoran, spa, dan lain-lain.

Alasan lain kenapa Orchard Road salah satu tempat yang dikunjungi turis di Singapore adalah disini juga tempat yang asyik buat nongkrong. Duduk-duduk di orchard road menikmati suasana mall sekitar menjadi hal yang bisa dilakukan bahkan di tengah hari sekalipun karena kawasan ini sangat rindang, dipenuhi pohon-pohon besar sehingga tidak akan kepanasan.

Di orchard road juga bisa menjadi tempat anda berfoto foto ria karena terdapat beberapa lokasi unik untuk berfoto maupun sekedar berfoto dengan latar belakang mall-mall megah.

Tempat wisata di Singapura Orchard Road  terbuka 24 jam sehari untuk dikunjungi. Untuk berkunjung ke Orchard Road tidak ada pungutan biaya tiket.

  1. Merlion Park

patung singa marlion menjadi tempat wisata di singapura paling iconik
Marlion Park. Image via: travel.tribunnews.com

Dirancang sebagai lambang Singapore di tahun 1964. Patung Merlion berbentuk kepala singa dengan badan ikan di atas puncak ombak. Ikon Singapore yang terkenal di seantero dunia dirancang oleh Mr. Fraser Brunner, anggota panitia suvenir dan kurator di Van Kleef Aquarium.

Yang seru dari melihat Tempat wisata di Singapura di Merlion Park Singapore adalah di sini pengunjung bisa melihat Pemandangan lansdscape kota Singapore yang spektakuler. Pengunjung bisa melihat bangunan Marina Bay Sands, Esplanade, Singapore Flyer, dan masih banyak lagi

Kepala singa Merlion melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama, saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M,. seperti yang tercantum dalam Sejarah Melayu. Ekor ikan patung Singapura Merlion melambangkan kota kuno Temasek

Taman Tempat wisata di Singapura Merlion Park buka 24 jam setiap hari dan tidak dipungut biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung.

  1. Singapore River

River Cruise salah satu cara paling prakts untuk menjelajahi tempat wisata di saingapura
Singapore River . Image via: befreetour.com

Singapore River adalah sebuah sungai di Singapura yang mengalir dari tengah Singapura sampai ke lautan. Sungai ini begitu terkenal bagi wisatawan dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Kegiatan yang menarik di Singapore River adalah Singapore River Cruise. Sebuah perahu bertenaga listrik dengan kapasitas 40 orang akan membawa pengunjung menyusuri Sungai Singapura. Pengunjung dapat menikmati keindahan kota Singapura dengan cara berbeda. Di atas bumboat pengunjung bisa melihat bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur yang megah.

Disajikan juga Audio Guide yang akan membantu mengenal berbagai Tempat wisata di Singapura. Juga perkembangan Singapura, dari sebuah desa nelayan menjadi kota metropolitan yang modern. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan mendapat penjelasan mengenai setiap landmark yang dilewati, seperti Merlion Park, Cavenagh Bridge, Marina Bay Sands, dan masih banyak lagi.

Singapore River Cruise buka setiap hari dari pukul 09:00 pagi sampai jam 22:00 dan berangkat setiap 20 atau 25 menit sekali. Harga tiket menyusuri Singapore River adalah sekitar 250,000 Rupiah.

  1. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands gedung megah iconik yang enajdi pusat tujuan wisata di singapura.
Marina Bay Sands. Image via: https://www.visitsingapore.com/see-do-singapore/recreation-leisure/resorts/marina-bay-sands/

Marina Bay Sands adalah ikon sekaligus tempat wisata di Singapura yang terbaru. Hampir semua pengunjung yang datang ke Singapura berfoto-foto dengan latar belakang Marina Bay Sands. Marina Bay Sands adalah sebuah pusat hiburan dan resort terpadu yang dibuka sejak tahun 2010.

Penampilan visual bangunan Marina Bay Sands sangat unik dan tiada duanya di dunia dengan 3 gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan berbentuk kapal di atasnya. Marina Bay Sands memiliki ribuan kamar hotel, kasino, teater, ruang kesenian, restoran, klub malam, taman, hingga mall mewah dan lain-lain, semuanya dalam satu lokasi.

Di Tempat wisata di Singapura ini, pada area berbentuk perahu yang ada di atas gedung, terdapat kolam renang yang merupakan kolam renang terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 150 meter, dan berada di ketinggian 200 meter. Di ketinggian tersebut, pengunjung dapat melihat Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Apabila anda ingin naik ke atas Marina Bay Sands, anda harus membayar sekitar Rp 250,000.

  1. Singapore Flayer

Singapore Flyer salah satu bianglala terbesar di dunia yang menjadi tempat wisata di singapura yang populer dan wajib dikunjungi
Singapore Flyer. Image via: jurukunci.net

Singapore Flyer di buat pada tahun 2008, merupakan salah satu bianglala terbesar di Dunia. Singapore Flyer

Tempat wisata di Singapura satu ini merupakan sebuah bianglala raksasa. Tinggi Bianglala Singapore ini setara 42 lantai, Diameter roda bianglala adalah 150 meter, dengan total tinggi 165 meter. Menempati area 33.700 square meter.

Di bianglala Singapore ini terdapat 28 kapsul yang dapat mengangkut 28 orang per kapsul. Pada kenyataannya biasanya hanya mengangkut 10 orang per kapsul. Bianglala ini berputar berlawanan dengan arah jarum jam. 1 putaran memakan waktu 30 menit.

Dari atas Singapore Flyer, pengunjung dapat melihat pemandangan sampai 45 km ujung ke ujung, bahkan bisa sampai pulau Batam.

Jam Buka Tempat wisata di Singapura Bianglala Singapore Flyer 8.30 Pagi tutup jam 10.00 malam. Bianglala ini beroperasi setiap hari, kecuali cuaca buruk. Harga Tiket Singapore Flyer untuk Dewasa 33 SGD, dan untuk anak-Anak 21 SGD.

  1. Gardens by The Bay

Gardens by The Bay. Image via: https://blog.hotelscombined.com/gardens-by-the-bay-highlights-tips/

Gardens by The Bay adalah sebuah taman unik yang berada di sekitar Marina Bay. Seperti selayaknya taman, Tempat wisata di Singapura Gardens by The Bay mempunyai banyak pohon dan tumbuhan hijau. Yang membuat unik adalah di sini adalah keberadaan beberapa pohon buatan raksasa.

Pohon-pohon buatan ini terbuat dari baja dan berfungsi untuk menampung air hujan dan juga menampung energi matahari. Pada malam hari, lampu yang dipasang di pohon buatan setinggi gedung bertingkat 16 ini akan menyala, sehingga menjadi sangat indah.

Outdoor Gardens Buka 5:00 pagi – 2:00 pagi setiap hari bisa dikunjungi dengan gratis. Tempat wisata di Singapura Cloud Forest & Flower Dome, buka mulai jam 09:00 pagi – 21:00 malam setiap hari. jam masuk terakhir jam 8:00 malam setiap hari. Tiket  Flower Dome untuk Dewasa 28 SGD, dan anak-Anak 15 SGD

  1. Arab Street

ARAB-STREET-singapore tempat wisata di singapura yang menyajikan produk khas timur tengah dan juga makanan halal
Arab Street. Image via: sky-adventure.com

Arab street berkLokasi dekat bugis street. Tempat wisata di Singapura ini merupakan kawasan wisata sekaligus pusat penjualan perlengkapan muslim. Di sepanjang Arab Street kita akan menjumpai deretan ruko dengan cat warna cerah yang menjual berbagai perlengkapan ibadah seperti: Alquran, songkok hingga busana Muslim. Ada juga yang menawarkan aneka barang kerajinan dan souvenir cantik.

Kawasan ini juga terkenal sebagai pusat perbelanjaan untuk produk-produk tekstil dan parfum. Jadi biasanya, banyak turis yang sengaja jalan-jalan ke sini untuk berburu berbagai jenis kain dan fashion.

di Tempat wisata di Singapura ini, selain toko-toko, pengunjung bisa juga menjumpai sejumlah galeri seni dan restoran yang menawarkan aneka menu khas Melayu dan Timur Tengah. Kalau lelah jalan-jalan dan belanja, pengunjung bisa istirahat sejenak ke kafe kecil yang menjual teh tarik dan martabak.

Kawasan Arab Street juga identik dengan keberadaan Sultan Mosque. Ini adalah masjid tertua dan terbesar di Singapura. Masjid Sultan sudah berdiri sejak tahun 1826 dan dikenal dengan ciri khas kubah emasnya yang besar dan cantik.

  1. Little India

little-india kawasan wisata di singapura yang merupakan pusat pemukiman dan aktivitas warga keturunan india
Little India. Image via: dream.co.id

Kawasan Tempat wisata di Singapura ini adalah tempat tinggal orang-orang keturunan India di Singapura. Tempat ini ada banyak sekali yang bisa kita singgahi. Mulai dari tempat makan yang lezat, toko pernak-pernik, kain, minyak wangi, dan rempah-rempah, hingga kuil-kuil spiritual-nya.

Disini surganya kuliner ada banyak makanan, minuman dan camilan khas India yang mantap. Harganya sangat ekonomis. Disini pengunjung bisa makan Nasi Briyani di gerai mana saja yang ada di Tekka Center. Harga cuma S$4-7, dan tidak perlu diragukan lagi rasanya.

Bahan yang dipakai asli dari India. Chefnya juga orang India yang sudah turunan dengan resep turun temurunnya. Biasanya Nasi Briyani disini disajikan beralaskan daun pisang. Ada juga dengan piring aluminium. Nasi Briyani disajikan dengan kuah Kare yang kental dengan bumbu rempah yang nikmat.

Pengunjung dari Indonesia senang belanja di sini karena sangat lengkap. Harganya produk di Tempat wisata di Singapura ini cenderung murah. Pengunjung ndoensia biasa memebli: Coklat, Souvenir, Koper, Jam Tangan, danParfum.

Little India ini buka 24 jam. Tidak pernah tutup sepanjang tahun. Untuk memasukikawasan pengunjung tidak dikenakan tiket masuk.

  1. Singapore Zoo

singapore zoo, walau hutan singapura tidak luas, namun kebun binatang ini menjadi tempat wisata di singapura yang menampilkan suasana hutan
Singapore Zoo. Image via: tripadvisor.co.id

Singapore Zoo adalah kebun binatang seluas sekitar 30 hektar di Singapura. di Tempat wisata di Singapura satu ini terdapat berbagai macam hewan yang dipelihara di sini. Dari binatang yang mudah ditemui di Asia, Afrika, sampai binatang kutub ada di sini.

Di dalam kebun binatang ini, juga ditanami pohon-pohon tropis yang lebat sehingga saat pengunjung masuk,  seperti masuk ke dalam hutan. Selain bersih, kebun binatang ini juga tertata dengan rapi. pengunjung tidak akan bosan berkeliling di tempat ini.

Selain hewan yang ada dipelihara di sini, yang menarik di Tempat wisata di Singapura adalah show atau pertunjukan yang diadakan pada jam-jam tertentu setiap harinya. Show ini semacam pertunjukan seni teater yang menunjukkan kemampuan hewan dan manusia dalam ber-atraksi.

Jam buka Singapore Zoo: 08.30 – 18.00. Harga Tiket Masuk Singapore Zoo, untuk Dewasa 38 SGD dan untuk anak-Anak 25 SGD.

  1. Esplanade

esplanade tempat wisata di singapura yang menajdi salah satu tater kesenian tersibuk di dunia
Esplanade. Image via: hungrygowhere.com

Esplanade theatres juga dikenal sebagai “gedung durian” karena atap yang berduri menyerupai kulit durian. Gedung artistik Tempat wisata di Singapura ini merupakan rumah pertunjukan untuk berbagai macam pertunjukan.

Berlokasi di jalan utama Waterfront land. Di dalam Esplanade terdiri dari beberapa ruang pertunjukan: Concert Hall yang memiliki sekitar 1600 kursi dengan akustik kelas dunia untuk berbagai pertunjukan musik. Juga memiliki sebuah Theatre dengan kapasitas sekitar 2000.

Esplanade juga memiliki banyak fasilitas lain seperti eater luar ruangan, perpustakaan, ruangan pameran lukisan, hingga food court dan lain-lain.

Esplanade juga mengadakan tur mengelilingi area umum dan tempat pertunjukan. Durasi untuk setiap tur adalah 45 menit dimana tamu dapat menemukan fitur spesial dan rahasia tersimpan di dalamnya.

Tempat wisata di Singapura ini bisa didatangi pengunjung mulai jam 06.00 pagi sampai 03.00 pagi. Namun pengunjung bisa berada di dalam selama 24 jam.

Memasuki tempat ini tidak dipungut biaya, kecuali sedang ada konser yang mengharuskan membeli tiket.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment