10 Tempat Wisata di Sumedang Ini Wajib Anda Kunjungi Nih

| | ,

Sumedang menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang dikenal luas dengan kulinernya yang khas yakni tahu. Namun tak hanya kulinernya yang terkenal, Sumedang juga punya banyak destinasi menarik yang bisa jadi tempat seru untuk berlibur.

Wilayahnya yang sebagian besar merupakan kawasan pegunungan membuat Sumedang memiliki hawa udara yang sejuk dengan pemandangan yang tak kalah menyejukkan. Misalnya spot berikut ini Batu dua, yang pernah digunakan sebagai Venue PON untuk cabang Paralayang.

dago dream park
dago dream park
Batu Dua
Tempat Wisata di Sumedang. Image via: @hikmatybrahmana

Berikut rekomendasi tempat wisata di Sumedang yang menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Puncak Damar Baros, Jati Gede

Puncak Damar baros
Puncak Damar Baros. Image via: @agus.susanto17

Menyuguhkan pesona landskap waduk dengan pemandangan nan eksotis, menghabiskan waktu di Puncak Damar Baros Jatigede bisa menberikan pengalaman liburan yang berbeda. Tempat wisata di Sumedang ini menawarkan keindahan waduk Jatigede yang di dalamnya terdapat perbukitan nan mempesona jika dilihat dari kejauhan.

Sejauh pandangan hanya pesona alam yang tersaji dengan begitu indahnya. Tak ayal jika destinasi ini jadi buruan para pecinta fotografi. Selain itu ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini, seperti camping atau pun outbond.

Ditambah lagi dengan fasilitas lain yang cukup memadai, misalnya gazebo hingga area bermain Anak, membuat siapapun akan betah menghabiskan waktu santainya di tempat menarik yang satu ini.

Informasi:

  • Nama: Puncak Damar
  • Alamat: Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Jambi

2. Kampung Wisata Toga

kampung toga Sumedang
Kampung Wisata Toga. Image via: kodesjabar.com

Berjarak kurang lebih 2 km dari Sumedang kota, Kampung Wisata Toga bisa jadi destinasi seru untuk berlibur di akhir pekan. Seperti namanya Kampung Wisata Toga atau tanaman obat keluarga, di sini Anda akan diajak mengenal  berbagai macam tanaman obat dengan cara yang lebih fun dan seru.

Sebab banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan disini, mulai dari berenang, memancing, berkeliling dengan naik sepeda, main paint ball, hiking, mencoba arung jeram hingga mencoba gantole dan masih banyak hal seru menarik lainnya.

Tempat wisata di Sumedang ini juga menyediakan villa jika Anda ingin menghabiskan waktu menginap di tempat yang menarik ini.

Informasi:

  • Nama: Kampung Wisata Toga
  • Alamat: Jl. Makam Cut Nyak Dien Gn. Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang – Jawa Barat

3. Mata Air Sirah Cipelang

Mata air cipelang
Mata Air Sirah Cipelang. Image via: fimela.com

Karena keindahan yang dimilikinya, tempat wisata di Sumedang yang satu ini kini menjadi perbincangan yang hangat di media sosial. Berlokasi di Kecamatan Conggeang, Mata Air Sirah Cipelang menawarkan kesegaran mata air pegunungan Tampomas yang alami nan asri. Berada di tengah rindangnya pepohonan, menyelam di mata air Sirah Cipelang memberikan sensasi yang menyegarkan.

Dan lagi airnya yang jernih juga bisa jadi spot foto underwater yang keren abis. Tempat ini merupakan tempat pemandian umum bagi warga di sekitar jadi tak perlu khawatir, Anda tak akan merusaknya hanya dengan menceburkan diri ke dalamnya. Asal jaga kebersihan dan berprilaku dengan santun.

Informasi:


  • Nama: Mata Air Sirah Cipelang
  • Alamat: Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Simak juga: daftar tempat wisata di Balikpapan

4. Situ Cilembang

Situ Cilembang

Situ Cilembang . Image via: @randimaulaana

Selanjutnya ada lagi tempat wisata di Sumedang yang belakangan cukup hits di media sosial, Situ Cilembang namanya. Situ ini memiliki air yang jernih dengan kedalaman sekitar 3 meter, saking jernih airnya pantulan pepohonan dan langit yang biru menghiasi permukaannya dan membuatnya seolah berwarna biru. Hingga kerap membuatnya disebut dengan julukan Situ Biru Cilembang.

Tak seperti di mata air Sirah Cipelang yang bisa digunakan untuk bermain air dan mandi, di Situ Cilembang Anda tak bisa seleluasa itu. Sebab airnya digunakan oleh warga untuk konsumsi, karenanya sebagai pelancong Anda pun harus menghormati kearifan lokal. Meskipun begitu keindahannya tetap tak bisa diabaikan dan cocok banget jadi spot foto yang instagramable.

Lokasinya yang berada di tengah hutan yang membuatnya seolah tersembunyi dengan jalur yang cukup menantang, membuatnya memiliki suasana alam yang masih begitu asri. Tak heran jika tempat cantik ini belum begitu banyak yang mengetahuinya.

Informasi:

  • Nama: Situ Cilembang
  • Alamat: Hariang, Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket: –
  • Parkir: Rp 3.000,-

 5. Taman Hutan Raya Gunung Kunci

Gunung kunci
Taman Hutan Raya Gunung Kunci. Image via: wikimapia.org

Meski disebut gunung, Salah satu tempat wisata di Sumedang ini sebetulnya merupakan sebuah bunker Belanda yang tertimbun tanah. Selain sebagai tempat pertahanan bunker ini juga digunakan sebagai penjara untuk menyekap tawanan pribumi.

Letaknya yang berada ditengah hutan dan terlihat seperti gundukan yang membuatnya disebut gunung. Menjelajahi Gunung Kunci akan menambah wawasan sejarah sekaligus juga menikmati suguhan alam yang mempesona di sekitarnya.

Informasi:

  • Nama: Taman Hutan Raya Gunung Kunci
  • Alamat: Lokasi: Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang – Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 16.30 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Baca: rekomendasi tempat wisata di Bukittinggi

6. Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak
Agrowisata Kampung Nagorak. Image via: nangorakcamp.com

Berjarak kurang lebih hanya 6 km saja dari pusat kota Sumedang, Agrowisata Kampung Nangorak menjadi salah satu destinasi wisata edukatif. Mengusung konsep agroeduteknowisata, tempat wisata di Sumedang ini tak hanya sekedar menawarkan tempat rekreasi alam tetapi tempat belajar alam yang seru.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini mulai dari belajar menanam sayur, berternak, memancing hingga kamping seru di tengah alam terbuka. Berlokasi di kawasan dengan ketinggian 765 mdp hingga 1.035 mdpl membuat suasana di Kampung Nangorak begitu sejuk.

Selain aktivitas tersebut, Anda juga bisa menghabiskan malam dengan menginap di rumah pohon dengan biaya sewa terjangkau yang akan membuat waktu libur makin tak terlupakan.

Informasi:

  • Nama: Agrowisata Kampung Nangorak
  • Alamat: Lokasi: Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang – Jawa Barat

7. Wisata Alam Panjugjugan

Pangjugjugan
Wisata Alam Panjugjugan. Image via: sumedangtandang.com

Tempat wisata di Sumedang ini merupakan desa wisata yang menyuguhkan interaksi alam yang menarik. Di lokasi ini pun Anda juga bisa belajar tentang ilmu alam sekaligus melihat langsung pengolahan hasil pertanian dan juga peternakan.

Tak sampai di situ saja, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik yang lain. Seperti berenang, naik perahu mengelilingi situ, seru-seruan bermain permainan tradisional, mencoba terapi di kolam terapi ikan hingga bermain flying fox dan masih banyak keseruan yang lain.

Informasi:

  • Nama: Wisata Alam Panjugjugan
  • Alamat: Kampung Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 16.00 WIB

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

8. Wisata Air Gajah Depa

Wisata-Air-Gajah-Depa-Sumedang
Wisata Air Gajah Depa. Image via: @chalista_anindya

Berlokasi di kawasan Cimalaka, Wisata Air Gajah Depa menjadi salah satu tujuan wisata akhir pekan yang cukup populer di Sumedang dan sekitarnya. Mengusung konsep waterpark, tempat wisata di Sumedang ini menyuguhkan banyak wahana permainan air yang seru sekaligus memacu adrenalin.

Mulai dari family slide yang akan mengajak Anda dan keluarga meluncur dari ketinggian secara bersamaan hingga memberikan pengalaman yang seru dan asyik. Ada lagi spiral slide, Spill bucjet, water roller, water ball, water capsule, hingga hand boat serta banyak lagi wahana permainan air lainnya yang tak kalah mengasyikkan.

Semuanya bisa Anda nikmati hanya dengan mengunjungi wisata air Gajah Depa. Jika Anda sedang malas main air, ada juga wahana non air seperti istana boneka, trampolin, atau kereta mini yang bisa mengajak Anda menikmati keseruan di wisata air Gajah Depa.

Informasi:

  • Nama: Wisata Air Gajah Depa
  • Alamat: Jl. Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 20.000,- ( weekday), Rp 25.000,- ( weekend)

9. Eco Green Park Kampung Karuhun

Kampung Karuhan
Eco Green Park Kampung Karuhun. Image via: @sumedang.tandang

Meski kalah pamor dengan Bandung sebagai destinasi wisata, tapi sebetulnya Sumedang pun juga  memiliki destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Satu diantaranya ialah Kampung Karuhun yang berlokasi di Desa Citengah, Sumedang Selatan.

Mengusung konsep eco green park, tempat wisata di Sumedang ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga. Dengan harga tiket yang cukup terjangkau Anda bisa menikmati setiap keseruan yang disuguhkan di Kampung Karuhun.

Sejumlah fasilitas yang disediakan mulai dari kolam renang, area camping ground, outbound, kendaraan ATV, hingga wisata kuliner dan masih banyak fasilitas lain yang akan membuat Anda enggan buru-buru beranjak meninggalkan tempat ini.

Informasi:

  • Nama: Eco Green Park Kampung Karuhun
  • Alamat: Jl. Pagar Betis, Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang – Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,- (anak-anak), Rp 15.000,- (dewasa)

10. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram
Arung Jeram Pangcalikan. Image via: sumedangtandang.com

Tempat wisata di Sumedang yang satu ini bisa jadi destinasi seru untuk menguji nyali sekaligus adrenalin. Berlokasi di Desa Citepok, Arung Jeram Pangcalikan menawarkan suasana petualangan seru menjelajahi jeram di sungai Cipeles yang dikenal memiliki arus yang cukup menantang.

Di jalur sungai yang dilewati saat berarung jeram, beberapa titiknya diapit tebing nan eksotis yang memberikan pengalaman seru tak terlupakan. Ketika musim kemarau melanda, meski sedikit surut air di sungai Cipeles justru terlihat sangat jernih hingga disebuty-sebut sebagai Green Canyon-nya Sumedang.

Informasi:

  • Nama: Arung Jeram Pangcalikan
  • Alamat: Sungai Cipeles, Desa Citepok, Sumedang – Jawa Barat

Bagaimana, tempat wisata di Sumedang cukup menarik bukan? Banyak hal yang bisa Anda eksplor di sini dari situs bersejarah hingga wahana permainan seru yang akan memberikan pengalaman liburanm tak terlupakan. semoga bermanfaat.

10 Tempat Wisata di Sumedang Ini Wajib Anda Kunjungi Nih
4.7 (93.33%) 3 votes

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

10 Tempat Wisata di Jambi Yang Hits Saat Ini

Wisata Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Di Sulawesi

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment