11 Tempat Wisata di Yunani, Keindahan di Tanah Negeri Para Dewa

Tempat wisata di Yunani yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung luar negeri adalah kuil-kuil. Baik itu Reruntuhan Kuil maupun biara Aktif. Keberadaan sejumlah besar reruntuhan kuil megah menjadi Justifikasi masa Lalu Yunani sebagai Negeri Para Dewa.


Tempat wisata di Yunani yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung luar negeri adalah kuil-kuil
Tempat Wisata di Yunani. Image via: wallpaperbro.com

Sekilas Soal Yunani

Yunani , juga dikenal sejak zaman purba sebagai Hellas adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya Dunia Barat. Negara ini berada di Eropa bagian tenggara, terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di bagian timur Laut Mediterania.

Yunani mempunyai garis pantai terpanjang ke-11 di dunia, sepanjang 13676 km, dengan sekitar 1.400 pulau,, termasuk pulau Kreta, the Dodecanese, the Cyclades, dan kepulauan Ionia.  Gunung tertinggi adalah Gunung Olympus 2.917 m.

Mata uang Yunani, Drachma sudah berusia 2.650 tahun dan merupakan mata uang tertua di Eropa bahkan mungkin di dunia. Drachma diganti dengan Euro pada tahun 2002.

Yunani menikmati lebih dari 250 hari sinar matahari atau 3.000 jam cerah per tahun. Iklim Yunani adalah Mediterania dengan musim dingin ringan dan hujan, relatif hangat dan kering pada musim panas, tapi umumnya sinar matahari ada hampir sepanjang tahun.

Untuk transportasi ke Yunani, ada banyak pilihan penerbangan dari Jakarta. Rata-rata penerbangan tersebut transit satu kali, misalnya di Singapura, Dubai, atau Istanbul. Untuk penerbangan domestik di Yunani juga terdapat banyak pilihan, misalnya Aegean Airlines, Olympic Air, dan Ryanair.

11 Tempat Wisata di Yunani

  1. Acropolis

Dilihat dari sudut kota manapun, Tempat Wisata di Yunani Acropolis sangat menakjubkan
Acropolis. Image via: greece-is.com

Simak juga: tempat wisata di Myanmar

Dalam bahasa Yunani, acropolis berarti “kota di ketinggian”, karena letaknya yang di perbukitan. Berada pada ketinggian 150 meter di atas permukaan laut, Acropolis Athena memiliki luas permukaan tiga hektare.

Dilihat dari sudut kota manapun, Tempat Wisata di Yunani Acropolis sangat menakjubkan. Untuk menikmati keindahan Acropolis Athena, pengunjung bisa masuk melalui pintu masuk utama, yang ada sejak zaman kekuasaan Kekaisaran Roma. Tangga marmer yang dikenal dengan nama Beule Gate.

Beule Gate diambil dari nama arkeolog asal Prancis, Ernest Beulé yang menemukan pintu masuk tersebut. Bangunan utama di kompleks tersebut adalah Kuil Parthenon, yang didedikasikan untuk Dewi Athena, pelindung Athena pada abad ke-5 SM.

Di dekat Parthenon terdapat patung perunggu Promachos, pemimpin perang Athena, yang dibuat oleh pematung terkenal di zamannya, Phidias. Di kompleks ini juga terdapat sebuah altar yang dibangun untuk Kaisar Augustus, dari Kekaisaran Roma.

Tempat Wisata di Yunani  ini buka setiap hari dari pukul 08.00-16.30 waktu setempat. Tiket masuk ke lokasi ini seharga 12 euro. Jika membutuhkan guide, ada tenaga pemandu wisata resmi yang bisa disewa dengan harga sekitar 50 euro.

  1. Meteora

Dari salah satu sudut tempat wisata di Yunani ini terlihat jelas biara Varlaam di seberang lembah, bertengger di atas tebing tinggi
Meteora. Image via: theatlantic.com

Daya tarik utama pada Meteora adalah deretan pilar batunya. Para ahli geologis memperkirakan bahwa proses pembentukan pilar-pilar batu di tempat wisata di Yunani ini dimulai sejak 60.000.000 juta tahun yang lalu, yakni pada periode Palaeogene.

Meteora sejatinya berasal dari bahasa Yunani, meteoros, yang artinya ‘tengah langit’. Nama tersebut ternyata mengacu pada wujud pilar-pilar batunya yang menyerupai deretan jari raksasa.

Bukan hanya indah, Meteora merupakan tempat yang sakral bagi penduduk setempat. Tidak kurang dari 24 biara dibangun di puncak-puncak pilar batu. Dari ke-24 biara tersebut, hanya enam yang masih digunakan hingga sekarang, dengan penghuni kurang dari 10 orang di tiap biara.

Dari salah satu sudut tempat wisata di Yunani ini terlihat jelas biara Varlaam di seberang lembah, bertengger di atas tebing tinggi. Di seberang Meteoro terdapat The Monastery of Varlaam, biara terbesar kedua yang dibangun tahun 1541 dan direnovasi pada tahun 1548.

Meteora merupakan surga yang sempurna bagi para penggemar lintas alam. Bukan hanya sekadar lintas alam, Meteora bahkan memiliki 700 jalur pendakian, sehingga para pendaki tidak perlu khawatir bosan karena bisa datang berkali-kali naik ke puncak lewat jalur yang berbeda.

  1. Delphi Theatre

Pengunjung yang datang ke tempat wisata di Yunani ini bisa menemukan sisa-sisa bangunan dari abad ke-6 Sebelum Masehi (SM). Bangunan tersebut di antaranya Kuil Apollo, Teater, dan Treasuries
Delphi Theatre. Image via: greeka.com

Simak juga: tempat wisata di Laos

Di lembah Gunung Parnassus terdapat sebuah kota modern sekaligus lokasi situs arkeologi yang terkenal, Delphi. Berdasarkan mitologi Yunani, kota ini dilindungi oleh Dewa Apollo. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata di Yunani ini bisa menemukan sisa-sisa bangunan dari abad ke-6 Sebelum Masehi (SM). Bangunan tersebut di antaranya Kuil Apollo, Teater, dan Treasuries

Teater kuno di Delphi dibangun di atas bukit tak jauh dari Kuil Apollo. Dari lokasi teater tempat wisata di Yunani ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan lembah yang menakjubkan.

Menurut sejarah, teater dibangun pertama kali pada abad ke-4 SM. Namun teater tersebut sudah mengalami beberapa kali renovasi. Teater yang terdiri dari 35 baris kursi batu tersebut diperkirakan mampu menampung hingga 5.000 penonton.

Di Delphi juga ada Museum Arkeologi. Museum memposisikan situs arkeologi Delphi dalam konteks sejarah yang tepat. Ini mengikuti sejarah Yunani dari akhir Helladic melalui Yunani Klasik dan Yunani Helenistik, berakhir pada penaklukan Romawi dan kebangkitan Kekaisaran Bizantium.

Di museum terdapat beberapa patung Kuno. Beberapa favorit pengunjung adalah patung kembar Cleobis dan Biton, berdiri megah berdampingan. Banyak juga yang memfavoritkan Sphinx Naxos yang menjulang tinggi.

  1. Crete Island

Crete Island atau Pulau Kreta, merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau tempat wisata di Yunani.
Crete Island. Image via: luxuryachtvacation.com

Crete Island atau Pulau Kreta, merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau tempat wisata di Yunani. Dengan latar belakang peninggalan sejarah dan kebudayaan yang amat kaya, Pulau Kreta merupakan tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Banyak kota dan gedung dibangun, termasuk Istana Knossos, Istana Phaestos, Zakros dan banyak lainnya. Sistem transportasi air dengan banyak dekorasi juga berkembang di era tersebut. Peradaban Minoan hancur akibat meletusnya Gunung Thera (Santorini) sekitar tahun 1.650 SM.

Frangokastello Castle merupakan kastil tempat wisata di Yunani yang terletak di selatan Pulau Kreta tepatnya masuk dalam wilayah Chania, sebelah timur Hora Skafion. Bangunan ini peninggalan Republik Venesia, yang sudah dibangun sejak tahun 1371-1374.

Ada juga Knossos yang terletak di Heraklion, tepatnya 5 km tenggara kota dan merupakan peninggalan zaman perunggu. Dibangun sejak tahun 2.000 Sebelum Masehi dan ditinggalkan pada akhir zaman perunggu, tepatnya antara tahun 1.300 dan 1.100 Sebelum Masehi.

Malia Palace Archeological Site terletak di Malia yang berlokasi 34 km sebelah timur dari Ibukota Kreta, Heraklion. Situs arkeologi ini merupakan peninggalan masa perunggu serta pertama kali ditemukan oleh arkeolog asal Yunani, bernama Joseph Hadzidakis pada tahun 1915.

  1. Lindos

Saat menjejakkan kaki di tempat wisata di Yunani ini, pengunjung akan langsung merasakan atmosfer dari zaman pertengahan yang beragam
Lindos. Image via: hotels-rhodes.net

Simak juga: tempat wisata di Kanada

Landskap di Lindos sangatlah dramatis, tersusun atas rumah-rumah bercat putih di perbukitan, sementara jalan-jalan yang berliku-liku lebih mirip gang sempit dan menggunakan paving. Letaknya berada di sebelah selatan Rhodes, Ibukota Pulau Rhodes, dan di kawasan timur pulau itu.

Saat menjejakkan kaki di tempat wisata di Yunani ini, pengunjung akan langsung merasakan atmosfer dari zaman pertengahan yang beragam. Ini disebabkan karena Lindos menyimpan jejak sejarah kekayaan khazanah budaya dari era Bizantium, abad pertengahan, jazirah Arab dan arsitektur asli Rhodes.

Karena kontur tanah di sebagian besar daratan Pulau Rhodes yang berbukit-bukit, di Lindos pengunjung juga bisa menemukan kota tua di ujung bukit. Lokasi itu menawarkan pemandangan spektakuler mengarah ke pelabuhan dan pantai sekitarnya.

Letak Pantai Lindos dan Saint Pauls tak begitu jauh dari pusat Kota Rhodes. Bagi yang gemar cross country dan berlama-lama menghabiskan waktu di udara terbuka, berwisata ke Lindos jangan dilewatkan saat berada di Pulau Rhodes.

Setelah puas menikmati keindahan arsitektur tempat wisata di Yunani Lindos, Pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi kafe atau restoran yang menawarkan berbagai cita rasa khas Yunani.

  1. Mystras

Salah satu Spot opuler di tempat wisata di Yunani ini adalah Pemandangan dari atas.
Mystras. Image via: greecetravel.com

Mystras adalah kompleks kota kastil Bizantium yang terletak di wilayah Laconia dari Peloponnese di Yunani. Benteng ini dibangun pada tahun 1249. Seiring waktu, ia berkembang dari benteng yang kuat menjadi negara kota yang ramai, dan tempat perdagangan utama dalam kekaisaran Bizantium.

Hari ini, sisa-sisa benteng itu sendiri dapat dilihat di atas bukit Myzithra. Tersebar di sepanjang lerengnya, ada sejumlah gereja dan bangunan lain yang membentuk kota.

Salah satu Spot opuler di tempat wisata di Yunani ini adalah Pemandangan dari atas. Walau agak melelahkanmendaki ke atas bukit ini, namun pemandangannya sungguh menakjubkan. Sangat mudah untuk melihat mengapa situs itu dipilih banyak pengunjung.

Sebelum mengunjungi Mystras, pengunjung biasanya diajak ke Pantanassa. Pengunjung bisa menemukan bahwa masih ada biara yang digunakan di situs Ini. Ini adalah satu-satunya biara yang dihuni dalam Mystras, dan beberapa biarawati di sana tampak hidup damai.

Ada juga spot Peribleptos. Kompleks gereja kecil ini sangat unik. Tempat wisata di Yunani Itu dibangun di atas batu. Karena letaknya lebih jauh dari yang lain, lebih sedikit orang mengunjungi bagian Mystras yang hampir tersembunyi ini. Padahal ini adalah highlights nyata Mystra.

  1. Gunung Athos

Biarawan yang tinggal di Tempat wisata di Yunani ini menggunakan pakaian hitam. Konon ini menggambarkan kematian mereka dari dunia luar.
Gunung Athos. Image via: alsace.catholique.fr

SImak juga: tempat wisata di Brunei Darussalam

Mounth Athos, atau Gunung Athos, merupakan “gunung suci” bagi warga Yunani. Berada wilayah paling timur Semenanjung Chalkidiki, memiliki luas daratan 335.6 kilometer persegi.

Athos dalam mitologi Yunani merupakan nama dari salah satu raksasa yang menantang para dewa Yunani semasa terjadinya perang melawan raksasa. Athos melempar sebuah batu sangat besar saat melawan Poseidon yang kemudian jatuh di Laut Aegean dan menjadi Gunung Athos.

Di Gunung Athos, tercatat sebanyak 20 kompleks biara. Pengunjung tiba di pelabuhan kecil, Dafni, dari sana jalan kaki menuju Ibukota Karyes atau melanjutkan perjalanan dengan kapal yang lebih kecil menuju biara yang lain. Ada bus umum yang menghubungkan Dafni dan Karyes.

Yang agak unik dari tempat wisata di Yunani ini adalah, jumlah pengunjung ke Gunung Athos tiap harinya dibatasi. Pengunjung harus memiliki izin kunjungan khusus dengan tenggat waktu yang dibatasi. Ada satu lokasi yang hanya laki-laki yang boleh masuk. Spot itu disebut Garden of the Virgin atau Kebun Perawan.

Biarawan yang tinggal di Tempat wisata di Yunani ini menggunakan pakaian hitam. Konon ini menggambarkan kematian mereka dari dunia luar. Tak hanya itu, para biarawan tersebut juga menghabiskan hari dengan berdoa dan merenungkan diri dalam diam.

  1. Santorini

Ada banyak destinasi yang indah dan romantis di pulau cantik yang terletak di Yunani ini.
Santorini. Image via: loveexploring.com

Santorini menawarkan pemandangan yang indah dan sudah dikenal sebagai tempat yang cocok untuk berlibur bersama dengan pasangan. Ada banyak destinasi yang indah dan romantis di pulau cantik yang terletak di Yunani ini. Tempat wisata di Yunani ini tepat untuk momen berdua yang selalu dikenang.

Ibukota dari Santorini, Firá  merupakan salah satu destinasi utama di Santorini dan sudah dikenal akan pemandangan kota yang ikonik. Bangunan di Firá didominasi oleh tembok bercat putih dan biru menciptakan perpaduan yang sangat indah.

Pengunjung tidak boleh melewatkan kesempatan berfoto bersama pasangan dengan latar pemandangan kota ini. Karena selalu menjadi destinasi wajib bagi yang berkunjung ke Santorini, biasanya Firá selalu menjadi lokasi yang paling dipadati pengunjung.

Lokasi lain Amoudi Bay. Tempatw siata di Yunani ini merupakan salah satu destinasi teluk terbaik di Santorini. Laut berwarna biru dan jernih, dikelilingi jurang merah dan bangunan-bangunan berwarna putih khas Santorini adalah pemandangan yang akan ditemukan ketika berkunjung.

Di puncak pulau terdapat Pyrogras. Spot ini berada di puncak tertinggi Santorini. Melalui Pygros, pengunjung bisa melihat pemandangan Santorini secara keseluruhan. Di sini terdapat bangunan rumah-rumah tradisional yang dibangun di sekitar Kastil Venesia.

  1. Mykonos

Tempat wisata di Yunani Mykonos adalah sebuah pulau di gugusan kepulauan Yunani (Cyclades) di Laut Aegea. Berjarak 150 kilometr sebelah timur kota Athena
Mykonos. Image via: greece-is.com

Simak juga: tempat wisata di Los Angeles

Tempat wisata di Yunani Mykonos adalah sebuah pulau di gugusan kepulauan Yunani (Cyclades) di Laut Aegea. Berjarak 150 kilometr sebelah timur kota Athena, Yunani. Pulau ini memiliki luas area 85,5 km2. Mykanos terkenal dengan pantai indah, bangunan putih dan kincir angin yang unik.

Ada banyak pantai di Mykonos. Tiga yang populer adalah Paranga, Paradise, dan Super Paradise. Paradise adalah yang paling populer di kalangan backpacker dan merupakan tempat mereka berpesta setiap malam.

Kincir angin di sekitar kota tempat wisata di Yunani ini adalah simbol dari pulau itu, dan juga merupakan tempat paling populer untuk menyaksikan matahari terbenam.

Di bagian barat, dan tertua kota Mykonos, berdiri gereja Bizantium ini, yang berasal dari tahun 1425. Ada lebih dari 400 gereja yang dapat dilihat di seberang pulau, tetapi ini dianggap sebagai puncak dari semuanya. Ini terdiri dari 4 kapel, hanya satu yang terbuka untuk pengunjung

Ada banyak scuba diving di sekitar Mykonos. Pengunjung yang ingin penyelam, pertimbangkan untuk melakukan beberapa penyelaman saat berada di sini. Memang tidak akan menemukan banyak karang tetapi akan menemukan banyak ikan dan beberapa bangkai kapal. Biayanya sekitar 70 EUR.

  1. Pantai Myrtos

Terletak di utara-barat dari Kefalonia, pantai Myrtos adalah tempat wisata di Yunani yang populer karena warna magis airnya
Pantai Myrtos. Image via: viator.com

Terletak di utara-barat dari Kefalonia, pantai Myrtos adalah tempat wisata di Yunani yang populer karena warna magis airnya. Warna biru dan pirus kontras tajam dengan laut putih yang terang, serta kerikil marmer yang ada di sepanjang pantai ini.

Gunung-gunung curam dan tebing tinggi di belakang pantai Myrtos kian menambah keindahan pantai ini. Untuk semua keindahannya ini, Myrtos sebelumnya telah 12 kali mendapat penghargaan sebagai pantai terbaik di Yunani.

Pantai ini memiliki bentuk setengah lingkaran dikelilingi oleh tebing berbatu putih yang mengesankan dengan vegetasi subur di atasnya menciptakan pengaturan yang spektakuler. Daerah hijau yang subur,  kerikil putih, dan air kristal membentuk pemandangan yang menakjubkan.

Pantai barat Myrtos menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Pengunjung tempat wisata di Yunani ini memiliki akses langsung ke berbagai fasilitas dan bar karung yang menawarkan minuman dingin.

Myrtos mudah diakses dengan semua alat transportasi. Saat menuruni pantai, pengunjung akan menikmati beberapa pemandangan menakjubkan dari atas.

  1. Gorge of Samaria

Panjang tempat wisata di Yunani Samaria Gorge mencapai 16 kilometer. Ini menjadikannya ngarai terpanjang di daratan Eropa.
Gorge of Samaria. Image via: stratatours.com

Simak juga: tempat wisata di Amerika

Gorge of Samaria atau tenar dengan sebutan Samaria Gorge. Terletak di Chania, Kreta, Yunani. Gorge yang berarti celah sempit berbatas dinding bebatuan  atau ngarai ini berada di Taman Nasional Samaria, yang terletak di sisi selatan Perfektur Chania.

Pada 1962, Samaria Gorge diresmikan sebagai Taman Nasional sebagai upaya untuk melindungi spesies kri-kri, kambing liar endemik Samaria dan terancam punah. Pengunjung dari berbagai belahan dunia datang ke lokasi ini untuk menjajal ketangguhan mereka mendaki jalan sempit nan terjal.

Panjang tempat wisata di Yunani Samaria Gorge mencapai 16 kilometer. Ini menjadikannya ngarai terpanjang di daratan Eropa. Menurut ilmu geologi, ngarai tersebut terbentuk oleh sungai yang mengalir di antara Pegunungan Putih dan Pegunungan Volakia.

Tempat Wisata di Yunani ini hanya dibuka pada Mei-Oktober, setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 3 sore. Petugas taman banyak disebar di sepanjang jalur trekking, untuk mengawasi kalau-kalau ada pengunjung yang kelelahan dan tak mampu menyelesaikan perjalanan

Ada anjuran bagi pengunjung tempat wisata di Yunani ini, jika dalam 1 jam perjalanan sudah kelelahan, sebaiknya segera melapor ke petugas. Pengunjung akan diantar kembali ke titik berangkat mengendarai seekor keledai.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment