11 Tempat Wisata Gresik, Ketika Religius Berjodoh Dengan Industrialis

Selama ini tempat wisata Gresik relatif jarang terdengar. Padahal gersik jugamemilki banyak lokasi yang sangta potensial untuk dikembangkan sebagai tempat wisata. Yang paling menonjol tentu saja wisata Spiritual dengan keberadaan makam 2 orang Wali. Yang unik, kabupaten ini punya Pulau Bawean dengan segala keunikannya.


Selama ini tempat wisata Gresik relatif jarang terdengar. Padahal gersik jugamemilki banyak lokasi yang sangta potensial untuk dikembangkan sebagai tempat wisata
Tempat Wisata Gresik. Image via: @ekagee

Sekilas Soal Gresik

Kabupaten Gresik adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Ibu kotanya adalah Gresik. Kabupaten Gresik memiliki luas 1.191,25 km². Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas pantai Laut Jawa.

Dua dari sembilan Walisongo berada di kota Gresik. Wali tersebut adalah Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim. Tak heran jika kebanyakan orang juga menyebut kota Gresik sebagai kota Wali atau kota Santri. Keberadaan seorang wali identik dengan ketekunan belajar islam.

Uniknya, selain identik dengan walisongo, Gresik juga mempunyai sebuah kawasan industri Gresik. Di dalam kawasan tersebut berdiri puluhan pabrik-pabrik yang menghasilkan beraneka macam produk yang didistribusi ke seluruh Indonesia dan juga ekspor.

Bagi yang tinggal cukup jauh dari Gresik, dan berencana berkunjung, bisa memilki mode angkutan Kreta Api, Bus, atau Pesawat. Untuk pengguna kereta api bsia turun di Stasiun Gresik. Sedangkan bagi pengguana angutan udara, bisa turun di Bandara Juanda Sidoarjo. Selain itu untuk Bawean juga da bandara perntis Harun Thohir.

11 Tempat Wisata Gresik

  1. Makam Sunan Giri

Secara keseluruhan lingkungan makam tempat wisata Gresik ini nampak sakral dan berwibawa.
Makam Sunan Giri. Image via: wisata-religi.com

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Sunan Giri wafat pada tahun 1506 M. Beliau dimakamkan di atas bukit dalam cungkup berarsitektur khas Jawa yang sangat unik. Tempat wisata Gresik bidang spiritual ini terletak di Dusun Giri berjarak 4 Km dari pusat Kota Gresik.

Secara keseluruhan lingkungan makam tempat wisata Gresik ini nampak sakral dan berwibawa. Secara tata kelola keruangan arkeologis, area komplek makam Sunan Giri ini terbagi menjadi 3 langkan, dengan gapuro sebagai penandanya.

Area pertama atau terluar berupa Gapura Bentar dengan Kala Makara berbentuk sepasang naga. Area kedua juga berupa Gapura Bentar yang sudah tidak berbentuk. Area ketiga berupa Gapura Paduraksa, kemudian area inti yaitu cungkup kubur Sunan Giri.

Peziarah yang datang ke makam Sunan Giri pada malam Jumat manis sangat. Bahkan bisa menembus hingga ribuan orang. Mereka tidak hanya datang dari Gresik dan sekitarnya seperti Surabaya dan Madura, tetapi berasal dari luar provinsi seperti Solo, Banten dan ada juga yang dari Kalimantan.

Di sekitar komplek pemakaman Sunan Giri juga terdapat pohon mengkudu. Entah siapa yang memulai, tapi para peziarah meyakini buah mengkudu tersebut berkhasiat mengobati beragam jenis penyakit, sehingga tak jarang para peziarah selalu memburunya.

Lokasi: Desa Giri, Kecamatan Kebomas Gresik, Jawa Timur.
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Jamur

Julukan Bukit berjamur disematan pada tempat wisata Gresik ini, karena kawasan itu terdiri dari bebatuan ukuran jumbo yang bentuknya menyerupai jamur.
Bukit Jamur. Image via: @muitkhusnul

Julukan Bukit berjamur disematan pada tempat wisata Gresik ini, karena kawasan itu terdiri dari bebatuan ukuran jumbo yang bentuknya menyerupai jamur. Bentuk batu di Bukit Jamur akibat proses abrasi. Batu yang terkikis perlahan-lahan bentuknya menyerupai jamur.

Fenomena alam ini terjadi dimana batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang material-material kecil dari batu tersebut. Di bagian atas batu lebih cepat terkikis sehingga membentuk sebuah batu yang mirip jamur.

Bukit Kapur yang menyerupai jamur ini hanya ada di Indonesia dan hanya ada dua di dunia, yaitu yang pertama di Gresik dan yang kedua berada di Kalimantan.

Tempat ini banyak dikunjungi, terutama oleh anak-anka muda. Mereka umumnya datang untuk melihat keindahan dan juga mengambil foto. Fenomena alam unik dan hanay ada di ndonesia ini dapat menjadi latar foto yang benar benar unik dan cantik.

Dari kota gersik, lokasi tempat wisata Gresik ini bisa dicapai melalui jalur Pantura dan Jalan Tol. Jarak perjalanan ini sekitar 25 km, dengan waktu tempuh normal sekitar 40 menit.

Lokasi: Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
tiket: –
Jam Buka: 06.00-17.00

  1. Bukit Sekapuk

Ada beberapa lokasi favorit pengambilan foto di tempat wisata Gresik ini
Bukit Sekapuk. Image via: idntimes.com

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Bukit Kapur Sekapuk memang sebenarnya bukan tempat wisata, karena tempat ini adalah lokasi penambangan. Namun, bekas aktivitas penambangan di sini  justru membentuk tebing-tebing dan lorong-lorong kapur unik yang menjadikan alasan lokasi ini pantas disebut sebagai salah satu tempat wisata Gresik.

Begitu sampai di tempat wisata gersik ini, pengunjung akan dibuat takjub melihat barisan bukit kapur masif dan panjang. Bukit-bukit kapur ini memang menjulang hingga Desa Cangaan atau sekitar 3 km. Bebatuan berwarna putih itu niscaya akan membuat kita merasa kecil.

Saat berkunjung ke tempat wisata pastinya momen mengabadikan gambar seolah jadi hal wajib yang tak boleh ketinggalan, begitupun saat berkunjung ke Bukit Kapur Sekapur. Ada beberapa lokasi favorit pengambilan foto di tempat wisata Gresik ini.

Pertama ada kubang berbentuk kotal-kotak. Sebenarnya lubang kotak-kotak yang menembus gunung adalah tempat penambang membuat batu bata kapur. Namun walau demikian tempat ini jadi tempat yang paling sering dijadikan lokasi berfoto saat berkunjung ke sini.

Ada juga objek pilar-pilar kapur yang menjulang tinggi. Layaknya bangunan Yunani kuno juga jadi lokasi paling favorit saat berkunjung ke sini.

Lokasi: Sekapuk, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Gosari

Kolam di tempat wisata Gresik ini merupakan lubang-lubang bekas galian yang terisi oleh air.
Bukit Gosari. Image via: travelingyuk.com

Bukit Kapur Gosari ini sebelumnya bukanlah destinasi wisata. Ini merupakan bekas pertambangan di Gresik yang memiliki panorama Instagenic dan unik. Karena pemandangannya yang sangat cantik itulah, banyak sekali orang-orang yang datang ke lokasi tempat wisata Gresik ini untuk sekedar foto.

Lama kelamaan, lokasi ini menjadi destinasi wisata hits di media sosial. Perpaduan warna putih dari perbukitan kapur dipadu dengan alam sekitar yang hijau, plus ada air dengan warna hijau toska yang sangat mempesona yang berada di dalam jurang, cantik dan Instagenic.

Kolam di tempat wisata Gresik ini merupakan lubang-lubang bekas galian yang terisi oleh air. Ditambah lagi dengan pilar-pilar berwarna kecokelatan yang menjulang tinggi. Pahatan-pahatan batu kapur juga memberikan keeksotisan tersendiri.

Lokasi Bukit Gosari berjekatan dengan Bukit Sekapuk. Bukit Sekapuk ada di sebelah utara bukit Gosari. Jadi Jalur yang ditempuh jika berangkat dari kota Gresik, sama untuk ke dua objek wisata sejenis bertetangga ini.

Lokasi: Gosari, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Delegan

Ciri khas pantai tempat wisata Gresik ini adalah pasir putih dan ombak tenang
Pantai Delegan. Image via: yukberwisata.org

Simak juga: 11 tempat wisata Lumajang

Pantai delegan memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya selalu dirindukan oleh para pengunjung. Ciri khas pantai tempat wisata Gresik ini adalah pasir putih dan ombak tenang. Pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai, bak hamparan permadani yang begitu nyaman untuk diduduki.

Ombak pantainya begitu tenang menghempas tepain, memberikan rasa aman dan juga kenyamanan Saat pengunjung memutuskan untuk berenang.

Pengunjung pantai tempat wisata Gresik ini bsia puas bermain pasir. Di sini, pengunjung bisa bermain pasir dengan sangat nyaman karena area pasirnya sangat luas. Jarak titik lokasi tempat bermain pasir juga tidak terlalu dekat dengan pinggir pantai, sehingga sangat aman dari terpaan ombak.

Pengunjung yang menginginkan sudaut pandang perbeda, bsia mencoba menikmati garis pantai dari tengah laut. Untuk itu bsia menyewa sampan yang ada tersedia di pantai. Harga sewanya hanya 10.000. Dengan menaikin sampan pada kondisi ombak tenang, tentu bisa lebih menikmati suasana.

Di sepanjang pantai tempat wisata Gresik ini tersedia deretan kursi malas. Biasanya para pengunjung duduk-duduk di fasilitas ini melepas lelah selepas berenang atau naik sampan ini.

Lokasi:  Delegan, Panceng, Campurejo, Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Pulau Gili Noko

. Dari atas perahu, pengunjung tempat wisata Gresik ini sudah dapat melihat bagaimana indahnya karang karang yang ada di dasar.
Pulau Gili Noko. Image via: udaindra

Gili Noko di Pulau Bawean, Gresik jadi pilihan pengunjung yang ingin island hopping di Jawa Timur. Ombak laut di sekitar gili sangat tenang tanpa ada gelombang sedikit pun. Angin pun nampak berembus cukup pelan, tapi masih cukup menyejukkan.

Air begitu tenang, ombak hanyak berkecipak lembut di sekitaran perahu. Pantulan sinar matahari nampak begitu dapat langsung masuk ke dasar lautan karena air yang begitu jernihnya. Dari atas perahu, pengunjung tempat wisata Gresik ini sudah dapat melihat bagaimana indahnya karang karang yang ada di dasar.

Kedalaman spot sekitar Gili Noko hanay 3-4 meter saja.  Melihat begitu jernihnya air di tempat wisata Gresik ini, banyak pengunjung tidak tahan untuk segera menceburkan diri masuk ke dalam air. Setelah masker dan snorkel terpasang dengan baik, mereka umumnya langsung masuk ke dalam air.

Dalam sekali selam, pengunjung tempat wisata Gresik ini sudah dapat melihat indahnya karang yang ada spot Gili Noko ini. Karang-karang beragam ukuran nampak tersebar tak bercelah di dasar lautan ini. Kumpulan ikan ikan nampak bergerombol di sekitar karang untuk mencari makan. Bisa dipastikan jika keadaan karang di sini masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Dusun Pamona, Sidogedungbatu, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Bawean

Penangkaran rusa berada tepat di lembahan perbukitan yang ada di pusat Pulau tempat wisata gresik ini
Pulau Bawean. Image via: surabayaonline.co

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Obyek wisata bahari tempat wisata Gresik pulau bawean ini merupakan tempat berlibur yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Ini merupakan tempat terbaik sekaligus icon wisata di Gresik karena kecantikan pulau dan berbagai jenis penawaran wisata yang menarik di sana.

Terdapat banyak jenis wisata yang menakjubkan dan menarik untuk disusuri. Salah satunya yaitu pantai, air terjun, wisata bahari, danau dan tempat penangkaran hewan langka yang merupakan spesies endemik dari Bawean.

Penangkaran rusa  berada tepat di lembahan perbukitan yang ada di pusat Pulau Bawean. Berada di ketinggian dan jauh dari perumahan warga, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk rusa-rusa yang membutuhkan ketenangan.

Dari segi bentuk memang tak ada yang nampak berbeda dari rusa kebanyakan. Namun yang membedakan adalah rusa yang bernama latin Axis kuhlii ini adalah endemik dan tak dapat ditemukan di tempat lainnya selain di tempat wisata Gresik pulau Bawean.

Selain rusa di Bawean ini juga ada Babi Kutil dan Elang yang endemik dan hanya bisa ditemui di sini. Bawean ini statusnya adalah Cagar Alam.

Lokasi: Pulau Bawean, Sangkapura, Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
jam Buka: 24 Jam

  1. Telaga Ngipik

Danau tempat wisata Gresik ini, awalanya adalah lahan tambang tanah liat milik PT Semen Gresik
Telaga Ngipik. Image via: wisatabaru.com

Danau Ngipik. Nama lokasi wisata di sekitar komplek industri di Kabupaten Gresik itu memang unik. Di sekitar danau tumbuh subur pepohonan yang membuat angin bertiup menjadi sejuk. Panasnya terik matahari pun seolah sirna.

Danau tempat wisata Gresik ini, awalanya adalah lahan tambang tanah liat milik PT Semen Gresik. Lahan seluas hampir 20 hektar dieksploitasi. Tambang bahan baku semen itu dikeruk dan menyisakan kubangan atau lubang.

Di sekeliling danau, bila di hari libur bakal banyak dijumpai wisatawan lokal yang menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak sedikit pula, para penghobi memancing. Hijaunya pepohonan yang ditanami oleh PT Semen Gresik di sekitar danau menghapus kesan Gresik sebagai kota yang penuh polusi dan panas.

Di sekitar Danau tempat wisata Gresik ini, juga banyak ditemui warung-warung makanan yang menggantungkan dari wisatawan yang berkunjung. Di warung-warung sederhana pinggir jalan, banyak dijumpai wisatawan yang menghabiskan waktu berjam-jam di lokasi wisata buatan itu.

Danau buatan tersebut juga dilengkapi permainan anak. Dua perahu motor yang setiap saat dapat digunakan untuk mengelilingi danau. Danau Ngipik juga dimanfaatkan untuk olahraga ski air.

Lokasi: Ngipik, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: 2.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Sendang Pancuran Gosari

Lima rumah kayu di tempat wisata Gresik ini, dibangun dengan konsep unik. Rumah dibangun dari bahan kayu bekas maupun akar pohon
Sendang Pancuran Gosari. Image via: sarofudin

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Wisata Alam Gosari yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Gresik. Beragam spot foto pun dihadirkan demi memanjakan pengunjung yang ingin berswafoto. Seperti halnya lima konsep rumah kayu dengan dikelilingi bunga raksasa dan sayap burung buatan.

Lima rumah kayu di tempat wisata Gresik ini, dibangun dengan konsep unik. Rumah dibangun dari bahan kayu bekas maupun akar pohon yang sudah tidak terpakai serta mudah didapatkan di sekitar desa.

Di lokasi tempat wisata Gresik ini juga terdapat sendang pancuran yang airnya konon bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Selain itu, ada pula situs prasasti bebatuan peninggalan prasejarah, yang terada di lereng bukit kapur desa setempat.

Selain ingin selfie, Pengunjung tempat wisata gersik ini juga bisa mengunjungi situs peninggalan sejarah yakni goa yang berada di lereng bukit.  Tidak jauh dari sendang pancuran, di sekitar desa Gosari juga terdapat situs prasasti butulan, peninggalan sejarah ,masa lampau yang terdapat di areal gunung kapur desa setempat.

Lokasi: Gosari, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: 24 Jam
Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Mangrove Ujungpangkah

Hutan Mangrove Ujungpangkah adalah salah satu tempat wisata Gresik yang berlokasi di Desa Banyuurip.
Mangrove Ujungpangkah. Image via: nyero.id

Hutan Mangrove Ujungpangkah adalah salah satu tempat wisata Gresik yang berlokasi di Desa Banyuurip. Setiap waktu liburan, tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung baik anak-anak sampai orang tua, baik oleh wisatawan dari dalam kota Gresik sendiri ataupun dari luar kota.

Di tempat ini, terdapat jembatan kayu yang menjadi tempat untuk bisa menyaksikan keindahan alam hutan bakau. Sebagai tambahan, ada pula perahu yang siap mengantar para wisatawan untuk mengitari wilayah Hutan Mangrove Ujungpangkah.

Di tempat wisata Gresik ini ada rumah joglo yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai sembari menikmati eloknya pemandangan di sekeliling anda. Jogging track sepanjang 600 meter juga telah dibangun oleh pihak pengelola. Sangat unik untuk merasakan sensasi berolah raga di hutan mangrove.

Di sana anda juga tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, namun juga bisa ikut berpartisipasi dalam penanaman bibit cemara ataupun mangrove. Pengunjung tempat wisata Gresik ini bisa turut berpartisipasi dalam acara penanaman bibit mangrove yang kerap dilakukan oleh warga sekitar.

Lokasi: Banyuurip, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Situs Giri Kedaton

Dalam buku Babat Gresik disebutkan bahwa Giri Kedaton merupakan pusat pemerintahan dan penyebaran agama Islam di Gresik oleh Sunan Giri.
Situs Giri Kedaton. Image via: disparbud.gresikkab.go.id

Simak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Giri Kedaton merupakan situs di bukit yang dibuat secara berundak, dengan bentuk bagian keatas yang semakin mengecil. Sampai saat ini  baru ditemukan lima bangunan teras. Antara teras yang satu dengan teras lainnya ditandai dengan struktur dinding teras yang bentuknya seperti kaki dan tubuh candi.

Di komplek situs tempat wisata Gresik Giri Kedaton pengunjung bisa menyaksikan bukti-bukti lain tentang keberadaan kerajaan ini di masa silam, antara lain: makam Raden Supeno putra pertama Sunan Giri, kolam sebagai tempat berwudhu sunan dan santrinya, makam para kerabat dekat sunan, dan Mushola tepat di tengah area Giri Kedaton.

Situs Giri Kedaton sendiri merupakan bangunan yang terbuat dari batu andesit bertingkat berundak-undak. Ada sekitar lima undakan di tempat wisata Gresik itu. Di bagian paling atas berdiri bangunan masjid yang sudah direnovasi.

Dalam buku Babat Gresik disebutkan bahwa Giri Kedaton merupakan pusat pemerintahan dan penyebaran agama Islam di Gresik oleh Sunan Giri. Raden Paku  yang juga disebut Sunan Giri mendirikan  “ Kedaton Tundo Pitu “  di sebuah bukit di daerah Giri.

Lokasi: Jalan Sunan Giri 13, Pedukuhan, Kebomas, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
jam Buka: 24 jam

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment