11 Tempat Wisata Gresik, Lokasi Wisata Seru Di Kota Industri

Gresik merupakan sebuah kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur, dan dikenal sebagai Kota Santri. Hal tersebut mungkin dikarenakan di kabupaten ini terdapat makam dari Wali Songo.

Yakni makam Sunan Giri serta Sunan Maulana Malik Ibrahim, yang menjadi bukti sejarah bahwa Gresik pernah menjadi tempat penyebaran agama Islam.

Topografi Gresik berupa daerah pesisir pantai, maka tak heran jika sebagian destinasi wisata di Gresik berupa pantai atau pulau.

Dalam segi pariwisata Gresik memang tidak terlalu dikenal orang banyak layaknya Malang, padahal di Gresik banyak lokasi wisata yang keren-keren dan sayang untuk kamu lewatkan.

Untuk menuju Kabupaten Gresik kamu dapat menggunakan berbagai moda transportasi yang ada, seperti bus, kereta api atau bahkan pesawat terbang.

Jika kamu menggunakan kereta api, bisa turun di stasiun Gresik, dan untuk kamu yang menggunakan pesawat terbang dapat menuju Bandara Juanda Sidoarjo.

Kamu yang ingin langsung menuju Pulau Bawean, disana sudah ada bandara perintis yang bernama Harun Thohir. Berikut ulasan mengenai tempat wisata yang ada di Gresik yang bisa kamu kunjungi:

11 Tempat Wisata Gresik

1. Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri merupakan wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk berziarah. Namun, pada saat pandemi Covid-19 merebak di Indonesia destinasi wisata yang satu ini sempat ditutup.

Dan saat ini sudah dibuka kembali dengan menerapkan prosedur kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah, termasuk pembatasan peziarah menjadi 60 orang saja setiap harinya.

menaiki anak tangga terlebih dahulu
menaiki anak tangga terlebih dahulu. google maps. sumber: kopral koprol

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Area makam komplek Sunan Giri terbagi menjadi 3 langkan, dengan gapura sebagai penandanya. Area pertama atau bagian luar berupa Gapura Bentar dengan Kala Makara yang berbentuk sepasang naga.

Area kedua terdapat Gapura Bentar yang sudah tak berbentuk lagi. Yang terakhir area ketiga berupa Gapura Paduraksa, kemudian memasuki area makam Sunan Giri. Untuk menuju makam Sunan Giri, kamu harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Lokasi: Jl. Sunan Prepen No.7, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur.
Tiket: –
Jam Buka: 09.00 hingga 22.00

2. Bukit Jamur

Bukit Jamur awalnya bukan merupakan sebuah tempat wisata, melainkan sebuah lokasi proyek penambangan kapur yang kemudian ditinggalkan.

Namun, dikarenakan bebatuan yang ada disini berbentuk seperti jamur dan terlihat sangat unik, maka mulai banyak orang yang datang untuk sekedar berfoto bersama dengan batu jamur tersebut.

Bebatuan tersebut terbentuk seperti itu dikarenakan mengalami proses erosi angin dan hujan, yang berlangsung sedemikian rupa sehingga membentuk seperti itu.

bukit jamur
bukit jamur. google maps. sumber: syarifuddin tayo

Dan ternyata bukit jamur bukan hanya ada di Gresik saja loh, namun ada juga di Kalimantan Barat. Tentunya dengan keunikan yang berbeda.

Bukit Jamur merupakan tempat yang paling digandrungi oleh mereka yang senang berselfi ria. Fenomena alam yang unik ini memang harus diabadikan.

Lokasi: Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: Rp. 3.000,- untuk yang menggunakan motor, dan Rp. 10.000,- untuk yang menggunakan mobil
Jam Buka: 06.00-17.00

3. Bukit Sekapuk

Bukit Sekapuk merupakan bukit kapur yang terbentuk akibat proses penambangan yang dilakukan secara terus menerus, sehingga membentuk barisan bukit kapur masif dan panjang.

Ukurannya yang sangat tinggi membuat rasa takjub dalam diri, katanya mirip dengan bangunan peradaban Yunani Kuno. Disini banyak spot foto ciamik yang dapat kamu manfaatkan.

bukit kapur sekapuk
bukit kapur sekapuk. google maps. sumber: Bayu Hakim

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Seperti sebuah kubang yang berbentuk kotak-kotak, yang sebenarnya merupakan tempat penambang membuat batu bata kapur, namun sangat eksotis untuk dijadikan spot foto.

Kemudian ada pilar-pilar kapur yang menjulang sangat tinggi. Dan sekarang Bukit Sekapuk sudah dilengkapi dengan beragam wahana permainan yang seru.

Lokasi: Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: Rp. 20.000,- per orang
Jam Buka: 08.00 hingga pukul 17.00

4. Pantai Dalegan

Berkunjung ke Gresik tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Dalegan, sebuah pantai dengan hamparan pasir putih bersih serta laut biru dengan ombaknya yang tenang.

Disini anak-anak dapat bermain pasir dengan riangnya, serta jangan lewatkan untuk bermain air lautnya. Kamu bisa juga menyewa sampan menuju ke tengah lautan, atau bermain wahana air lainnya.

pantai dalegan
pantai dalegan. google maps. sumber: minyakwangi channel

Simak juga: 11 tempat wisata Lumajang

Menikmati keindahan Pantai Delegan sambil duduk-duduk santai merupakan ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan. Hembusan anginnya menyejukkan serta deburan airnya menenangkan jiwa dan raga.

Lokasi: Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 07.00-17.00

5. Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko berupa hamparan pasir putih yang bersih membentang sekitar 600 meter dengan lebar 25 meter. Letaknya bersebelahan dengan Pulau Gili Timur, dan berada di kawasan Pulau Bawean.

Untuk menuju ke Pulau Gili Noko atau Noko Gili, harus menggunakan perahu motor, jika dari Pantai Selayar akan memakan waktu sekitar 25 menit.

pasir putih di gili noko
pasir putih di gili noko. google maps. sumber: afrizal samsul

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di pulau ini selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga dapat menyaksikan keindahan bawah lautnya yang sangat menggoda.

Air lautnya yang jernih memudahkan kegiatan snorkeling kamu. Dimana kamu akan menyaksikan keindahan terumbu karang serta ikan-ikan yang mengitarinya.

Lokasi: Dusun Pamona, Sidogedungbatu, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
jam Buka: 24 Jam

6. Pulau Bawean

Pulau Bawean merupakan sebuah pulau yang menjadi ikon pariwisata Kabupaten Gresik, letaknya berada sekitar 120 km dari pusat Kota Gresik.

landmark pulau bawean
landmark pulau bawean. google maps. sumber: Nur Farida Gresik

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Pulau Bawean hanya memiliki dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Dan di pulau ini terdapat beragam tempat wisata alam yang indah dan mengagumkan yang dapat kamu kunjungi.

Seperti melihat penambangan batu onyx yang sangat terkenal, menikmati buah merah, melihat Rusa Bawean yang hanya akan kamu temui disini, mengunjungi air terjun, pantai, danau, dan masih banyak wisata bahari lainnya.

Lokasi: Pulau Bawean, Sangkapura, Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

7. Telaga Ngipik

Telaga Ngipik merupakan sebuah danau atau telaga yang awalnya merupakan lahan tambang tanah liat yang dimiliki oleh PT. Semen Gresik, dengan luas sekitar 20 ha.

Di sekitarnya banyak tumbuh pepohonan yang sangat rindang dan menyejukkan, sehingga udara yang terasa bebas dari polusi dan hawa panas.

telaga ngipik
telaga ngipik. google maps. sumber: Anwar Musadad

Danau ini berada di sekitar komplek industri, namun karena banyaknya pohon yang ada menghilangkan kesan panas dan udara yang penuh dengan polusi.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan selain menikmati keindahan danau, ialah memancing, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu motor, melakukan ski air, serta membiarkan anak-anak bermain di tempat yang tersedia.

Lokasi: Desa Ngipik, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

8. Sendang Pancuran Gosari

Sendang Pancuran Gosari merupakan destinasi wisata yang terbilang baru di Gresik namun selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota Gresik tak menyurutkan niat para pengunjung, karena memiliki daya tarik tersendiri.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Sendang Pancuran Gresik diantaranya berfoto ria di beberapa spot foto yang kece badai.

sendang pancuran gosari
sendang pancuran gosari. google maps. sumber: riski irawan

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Mengunjungi Sendang Pancuran yang konon katanya air yang dialirkannya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berwisata sejarah dengan mendatangi Situs Prasasti Bebatulan yang berada di lereng bukit kapur di sekitar Desa Gosari.

Lokasi: Gosari, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-17.00

9. Mangrove Ujungpangkah

Hutan Mangrove Ujungpangkah merupakan destinasi wisata lain yang harus kamu kunjungi ketika berada di Gresik, selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan hutan mangrove di kota industri.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan diantaranya, berjalan mengelilingi hutan mangrove di sebuah jalur sepanjang 600 m yang sudah disediakan.

mengelilingi hutan mangrove
mengelilingi hutan mangrove. google maps. sumber: Didik Hariyanto

Kamu juga dapat bersantai di beberapa gazebo yang ada, serta ikut berpartisipasi dalam penanaman bibit cemara ataupun mangrove yang kerap dilakukan oleh warga sekitar.

Tujuan wisata yang tepat untuk menenangkan diri sambil menikmati keindahan alam yang tersaji. Apalagi jika membawa serta keluarga dan menghabiskan waktu bersama.

Lokasi: Desa Banyuurip, Kec. Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.00-17.30

10. Situs Giri Kedaton

Situs Giri Kedaton berada di puncak sebuah bukit dengan tanjakan yang cukup curam dan terjal. Namun hal tersebut tak mengurangi niat para pengunjung untuk mendatangi Giri Kedaton.

Situs Giri Kedaton menyimpan cerita sejarah yang sangat bernilai apalagi tentang perkembangan Islam di daerah Gresik dan sekitarnya.

situs giri kedaton
situs giri kedaton. google maps. sumber: Nixo Armadani

Simak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Giri Kedaton awalnya dibuat oleh Sunan Giri sekitar tahun 1487 M, sebagai sebuah pesantren untuk mengajarkan muridnya mempelajari tentang Agama Islam.

Disini kamu dapat berziarah ke makam Raden Supeno, yang merupakan anak dari Sunan Giri. Untuk kamu yang menyukai wisata sejarah, Situs Giri Kedaton dapat menjadi referensi kunjungan selanjutnya.

Lokasi: Jalan Sunan Giri 13, Pedukuhan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 jam

11. Tanjung Gaang

Tanjung Gaang merupakan sebuah bukit batu karang yang sangat luas, dimana kita dapat melihat keindahan pantai dari ketinggian dan lokasinya berada di Pulau Bawean.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Tanjung Gaang diantaranya menikmati panorama alam dari ketinggian serta menikmati cantiknya sunset di sore hari.

tanjung gaang
tanjung gaang. google maps. sumber: azizi cupez

Untuk dapat menikmati semua keindahan tersebut, kamu harus terus mendaki menuju puncak batu karang. Butuh perjuangan sedikit untuk menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa.

Lokasi: Dusun Somor-Somor, Kelurahan Kumasa, Kecamatan Sangkapura, Gresik, Jawa Timur.
Tiket: –
Jam Buka: 24 jam


Leave a Comment