11 Tempat Wisata Karanganyar, Membuktikan Aspek ke-3 Dari Slogan Bumi Intanpari

Tempat wisata Karanganyar banyak dicari oleh pengunjung yang datang ke Karanganyar baik sebagai wisatawan maupun hanya sekedar lewat. Karanganyar juga dinamakan Bumi Intanpari. Intanpari sendiri merupakan akronim dari Industri, Pertanian, dan Pariwisata.


Tempat wisata Karanganyar banyak dicari oleh pengunjung yang datang ke Karanganyar baik sebagai wisatawan maupun hanya sekedar lewat.
Tempat wisata Karanganyar. Image via: trivindo.com

Sekilas Soal Karanganyar

Kabupaten Karanganyar adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat administrasi berlokasi di Karanganyar Kota, sekitar 14 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di utara.

Nama Karanganyar berasal dari pedukuhan yang berada di desa ini. Nama ini diberikan oleh Raden Mas Said. Karena di tempat inilah, ia menemukan kemantapan akan perjanjian baru untuk menjadi penguasa setelah memakan wahyu keraton dalam wujud burung derkuku.

Bagian barat Kabupaten Karanganyar merupakan dataran rendah, yakni lembah Bengawan Solo yang mengalir menuju ke utara. Bagian timur berupa pegunungan, yakni bagian sistem dari Gunung Lawu. Sebagian besar daerah pegunungan ini tertutup hutan.

Di Kabupaten karanganyar ini pula terletak kawasan wisata pegunungan yang sangat populer di Indonesia yakni Tawangmangu, dengan objek wisata unggulannya adalah Air Terjun Grojogan Sewu.

Ibu kota Kabupaten Karanganyar berada di jalur wisata Solo-Tawangmangu-Sarangan-Magetan-Madiun. Angkutan umum dilayani oleh angkutan bus jurusan Solo-Karanganyar-Tawangmangu, Solo-Karanganyar-Matesih. Terminal utama, yaitu terminal Tegalgede, atau biasa disebut Terminal Bejen.

11 Tempat Wisata Karanganyar

  1. Candi Sukuh

candi Tempat Wisata Karanganyar ini didirikan pada abad ke 15 masehi semasa dengan pemerintahan Suhita
Candi Sukuh. Image via: panduanwisata.id

SImak juga: 11 tempat wisata Kaliurang

Candi Sukuh merupakan candi Hindhu pada jaman Majapahit yang berlokasi di Jawa Tengah. Lokasi Candi Sukuh terletak di lereng kaki Gunung Lawu pada ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut.

Konon, candi Tempat Wisata Karanganyar ini didirikan pada abad ke 15 masehi semasa dengan pemerintahan Suhita, Ratu Majapahit yang memerintah pada tahun 1429-1446. Julukan yang diberikan kepada candi yang sudah lumayan tua ini adalah “The Last Temple” karena candi ini memang merupakan candi peninggalan umat Hindhu yang terakhir pada jaman Majapahit.

Candi Sukuh dibangun untuk tujuan pengruwatan, yaitu menangkal atau melepaskan kekuatan buruk yang mempengaruhi kehidupan seseorang akibat ciri-ciri tertentu yang dimilikinya. Dugaan tersebut didasarkan pada relief-relief yang memuat cerita-cerita pengruwatan, seperti Sudamala dan Garudheya, dan pada arca kura-kura dan garuda yang terdapat di Candi Sukuh

Bentuk Candi Tempat Wisata Karanganyar ini terkenal sangat unik karena berbeda dengan candi Hindhu pada umumnya. Bentuk candi ini adalah trapesium dan mirip dengan candi peninggalan suku Maya. Oleh karena keunikannya maka candi ini menjadi candi yang sangat menarik di wilayah asia tenggara. Pada tahun 1995, Candi sukuh diajukan ke UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Alamat: Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 07.00-17.00
Tiket: 7.000

  1. Candi Kethek

Jarak tempuh dari Kota Surakarta menuju Candi Tempat Wisata Karanganyar ini sekitar 44 kilometer
Candi Kethek. Image via: kriyayoganusantara

Candi Kethek biasanya ditempuh dari Candi Cetho. Jarak tempuh dari Kota Surakarta menuju Candi Tempat Wisata Karanganyar ini sekitar 44 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Dari Candi Cetho, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang-lebih 300 meter.

Candi Kethek memiliki corak Hindu. Hal itu berdasarkan penemuan arca kura-kura ketika penggalian pada tahun 2005 silam. Arca kura-kura itu merupakan perwujudan Dewa Wisnu dalam kepercayaan Hindu. Diperkirakan Candi Kethek dibangun pada masa yang sama seperti Candi Cetho dan Candi Sukuh, yakni sekitar abad 15-16 masehi.

Letak Candi Kethek yang berada di antara pepohonan rindang membuat suasananya begitu terduh. Selain itu, kondisi Tempat Wisata Karanganyar yang berada di pergunungan, kerap berkabut memunculkan aura mistis candi ini. Lokasi yang terpisah dari Candi Cetho pun membuat Candi Kethek begitu tenang dan sunyi.

Sesekali memang pengunjung Candi Cetho menyambangi dan berfoto di candi ini, tetapi hanya sebentar saja. Oleh karena itu, Candi Kethek sangat pas untuk mencari ketenangan. Para pendaki Gunung Lawu pun kebanyakan merasa nyaman ketika beristirahat di sini. Bahkan tidak jarang saking tenangnya, istirahat singkat menjadi lama karena ketiduran.

Alamat: lereng lawu, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 08.00-18.00
Tiket: 5.000

  1. Gunung Lawu

Di lereng gunung ini terdapat sejumlah Tempat Wisata Karanganyar yang populer sebagai tujuan wisata.
Gunung Lawu. Image via: wisataku.id

SImak JUga: 11 tempat wisata Belitung

Status gunung ini adalah gunung api “istirahat” yang telah lama tidak aktif. Terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara).

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi. Di lereng gunung ini terdapat sejumlah Tempat Wisata Karanganyar yang populer sebagai tujuan wisata.

Gunung Lawu menyimpan misteri pada masing-masing dari tiga puncak utamanya. Harga Dalem diyakini pamoksan Prabu Bhrawijaya Pamungkas. Harga Dumiling sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon. Harga Dumilah merupakan tempat yang penuh misteri dipergunakan sebagai ajang olah batin dan meditasi.

Pendakian standar di gunung tempat wisata Karanganyar ini dapat dimulai dari tiga basecamp. Cemorokandang di Tawangmangu. Candi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah. Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m.

Medan yang akan dihadapi oleh para pendaki tempat wisata karanganyar ini komplit. Mulai dari medan yang landai hingga curam. Selain itu di jalur pendakian ini kondisi alam sangatlah asri, dengan berbagai jenis vegetasi tumbuhan dan satwa yang dapat ditemui sepanjang perjalanan.

Alamat: Perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di antara Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
Buka: 24 Jam
Tiket: Gratis

  1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun tempat wisata karanganyar ini merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.
Air Terjun Grojogan Sewu. Image via: reservasi.com

Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun tempat wisata karanganyar ini merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Grojogan dalam bahasa Jawa berarti air terjun dan sèwu berarti seribu. Sehingga Grojogan Sèwu berarti air terjun seribu. Kata sewu atau seribu disini merefrens pada seribu pecak, satuan panjang tradisional jawa. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 81 meter.

Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi, tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing tempat wisata karanganyar ini akan dihujani air terjun. Tapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.

Untuk pintu masuk ke tempat wisata Karanganyar ini, terdapat dua pilihan lokasi. Yang berada di atas dan yang berada dibawah. Jika kalian masuk dari atas maka akan bisa menemukan kera-kera yang sedang bergelantungan di pohon.

Pemandangan di kawasan air terjun Gerojogan Sewu tak perlu di pertanyakan lagi keindahannya, ditambah lagi dengan udaranya yang sangat segar dan sejuk karena berada di dataran tinggi lereng gunung Lawu yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah.

Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 06.15-17.00
Tiket: 17.000

  1. Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Seperti pada umumnya agro wisata kebun teh, tempat wisata Karanganyar yang satu ini juga terletak di lereng gunung yaitu gunung Lawu.
Kebun Teh Kemuning. Image via: sukuh.com

Simak juga: 11 tempat wisata Sragen

Seperti pada umumnya agro wisata kebun teh, tempat wisata Karanganyar yang satu ini juga terletak di lereng gunung yaitu gunung Lawu. Suhu rata-rata di area ini berkisar pada 21,5 derajat celcius sehingga terasa sejuk.. Sangat cocok untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Tidak hanya memiliki keramahan para penduduk serta alamnya saja. Kebun teh kemuning ini juga mempunyai beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi. Karena, spot foto kekinian adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata karanganyar ini.

Ada beberapa aktivitas yang bisa pengunjung nikmati di area lokasi kebun teh Kemuning. Selain bisa merasakan sejuknya udara segar khas pegunungan, kita juga bisa menikmati beberapa wahana di objek wisata Kali Pucung yang kebetulan berada di dalam area kebun teh.

Sejumlah wahana yang dapat dinikmati pengunjung tempat wisata karanganyar antara lain mulai dari flying fox, menyusuri sungai dengan ban, berkeliling kebun teh naik kuda, wahana paint ball, berenang, dan banyak lagi fasilitas lainnya di area obyek wisata Kebun Teh Kemuning, Karanganyar.

Alamat: Jalan Kemuning, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 06.00-18.00
Tiket: Gatis

  1. Rumah The Hobit Karanganyar

Kawasan tempat wisata Karanganyar ini dulunya hanyalah kebun yang berada di pegunungan.
Rumah The Hobit. Image via: ngadem.com

Kawasan tempat wisata Karanganyar ini dulunya hanyalah kebun yang berada di pegunungan. Kemudian karang taruna mulai membenahi dan menambahkan beberapa hal yang bisa menarik perhatian pengunjung, salah satunya rumah hobbit.

Rumah Hobbit merupakan spot foto utama di tempat wisata Karanganyar ini. Kalau dilihat dari bentuk memiliki kemiripan dengan Rumah Hobbit di Seribu Batu Songgo Langit ataupun yang di Bandung. Spot foto utama ini cukup instagramable dengan udara bersih di sekitarnya.

Bangunan Rumah Hobbit dibuat dari bambu. Bambu tersebut didesain dan dibentuk sedemikian rupa sehingga benar-benar menyerupai rumah hobbit. Ada 1 pintu dan 2 jendela, masing-masing berbentuk oval dan bulat.

Selain itu, ada juga rumah pohon. Rumah pohon ini dibuat untuk menikmati pemandangan di sekitar Lembah Semilir. Pemandangannya berupa perbukitan hijau. Uniknya, rumah pohon ini dibuat dari bambu, seperti rumah hobbit.

Gardu Pandang, Menara Kincir Angin juga tersedia di kawasan ini. Bahkan keduanya terbuat dari Bambu sehingga semakin menarik untuk difoto. Lalu ada juga ayunan mengarah ke pemandangan perbukitan hijau. Pengunjung bisa menjadikan spot ini sebagai foto ataupun duduk santai di ayunan.

Alamat: Desa milir RT01 / RW14, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 07.00-17300
Tiket: 5.000

  1. Jembatan Selfie

Panorama alam di sekitar sangat berpengaruh dan menunjang dalam perkembangan tempat wisata Karanganyar ini
Jembatan Selfie. Image via: karanganyarkab.go.id

Simak juga: 11 tempat wisata Blora

Wisata Jembatan selfie sebelumnya bernama wisata Thuk Mangklung Indah (TMI).Namun karena semakin banyaknya wisatawan yang datang, akhirnya warga ingin memberi cirikhas ketempat wisata ini. Nama yang lebih akrab di telinga. Akhirnya tempat wisata ini diberi nama wisata jembatan selfie Thuk Mangklung Indah (TMI).

Panorama alam di sekitar sangat berpengaruh dan menunjang dalam perkembangan tempat wisata Karanganyar ini. Tidak heran jika pengunjung yang datang di tempat wisata ini untuk menikmati panorama alam.

Sensasi seru dirasakan ketika pengunjung berfoto selfie di jembatan.Angin cukup kencang berhembus sangat terasa, apalagi berada di sisi ujung kanan maupun kiri. Di ujung jembatan tempat wisata karanganyar itu, pengunjung dapat melihat luas pemandangan alam. Hijaunya pepohonan dan perbukitan.

Namun juga diperhatikan dari faktor keselamatan. Pengunjung tempat wisata karanganyar yang bisa naik jembatan selfi TMI itu maksimal 10 orang. Jadi jika kunjungan ramai, untuk berfoto-foto mesti silih berganti.

Rumah pohon setinggi 3 meter, juga menjadi pilihan. Dengan menaiki tangga, dan duduk ataupun berdiri setelah di atas. Butuh keberanian ekstra untuk lama-lama ditempat itu, karena tubuh terasa diayun-ayun dari bawah, padahal itu karena hembusan angin cukup kuat.

Alamat: Area Sawah/Kebun, Anggrasmanis, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 08.00-18.30
Tiket: 6.000

  1. Taman Bintang Karanganyar

Di tengah indah alam pegunungan yang cantik ini dibangun tempat wisata KAranganyar yang kaya beragam spot-spot foto yang unik
Taman Bintang Karanganyar. Image via: trivindo.com

Di Taman Bintang, pengunjung bisa menikmati sejuknya udara pegunungan dan melihat indahnya panorama hijau yang menenangkan.  Area kebun teh dipuncaki gagahnya Gunung Lawu menjadi panorama alam yang mengagumkan.

Di tengah indah alam pegunungan yang cantik ini dibangun tempat wisata KAranganyar yang kaya beragam spot-spot foto yang unik.  Mulai dari bentuk bintang, menara, hati, semuanya menambah daya tarik tempat wisata ini.

Selain menyediakan tempat yang asyik untuk foto-foto, di Taman Bintang Kemuning ini kita juga bisa menyewa ATV untuk berkeliling kebun teh. Bisa dengan sopir atau kita sopiri sendiri saja biar lebih seru. Untuk menyewa ATW cukup membayar Rp 35.000 saja untuk berkeliling kebun teh dengan waktu yang lumayan cukup lama.

Ada juga fasilitas warung makan. Warung makan di tempat wisata karanganyar ini menyediakan pecel dan gorengan sebagai hidangan yang ditawarkan. Juga teh dan minuman instan semisal milk shake coklat dan lain lain.

Selain itu juga menjual teh khas menuning dalam bentuk kemasan yang rapi baik model wadah kertas maupun plastik.

Alamat: Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 08.00-17.00 jam
Tiket: 5.000

  1. Air Terjun Jumog

Di tempat wisata Karanganyar ini, air terjun menjadi atraksi wisata utama di sini.
Air Terjun Jumog. Image via: travel.kompas.com

Simak juga: 11 tempat wisata Nganjuk

Dengan waktu tempuh yang hanya kurang-lebih 40 menit saja, Air Terjun Jumog menjadi objek wisata favorit wisatawan. Ketika hari libur, banyak orang yang berkunjung ke air terjun eksotis di lereng Gunung Lawu ini.

Di tempat wisata Karanganyar ini, air terjun menjadi atraksi wisata utama di sini. Kebanyakan orang yang datang ingin menyaksikan sendiri bagaimana indah Air Terjun Jumog. Hal itu wajar karena obyek wisata ini benar-benar menyuguhkan panorama yang indah.

Obyek wisata ini juga cocok digunakan untuk bermain air karena alirannya yang tidak terlalu deras. Pengunjung bisa bermain air di bawah air terjun atau di aliran sungai. Anak-anak hingga dewasa bisa bermain air di sekitar air terjun.

Keindahan Air Terjun tempat wisata Karanganyar ini menjadi obyek foto yang pas bagi para pencinta fotografi. Teknik favorit yang cocok untuk mengabadikan air terjun adalah long exposure. Dengan teknik ini, aliran air terjun akan tampak begitu lembut.

Aliran sungai yang berasal dari air terjun juga menyajikan keindahan tersendiri. Potensi itu kemudian dimanfaatkan oleh penjual makanan untuk menggelar tikar tempat bersantap di pinggir sungai. Tentu bersantap di tepi sungai usai bermain air menyenangkan.

Alamat: Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 18.00-16.30
Tiket: 5.000

  1. Goa Tlorong

Goa tempat wisata karanganyar ini merupakan salah satu goa alami yang hingga kini masih tetap terjaga keperawananya.
Goa Tlorong. Image via: superadventure.co.id

Dibanding dengan goa lainnya, Goa Tlorong disebut-sebut merupakan tempat ideal buat petualangan. Goa tempat wisata karanganyar ini merupakan salah satu goa alami yang hingga kini masih tetap terjaga keperawananya. Ukuran mulut guanya sendiri cukup ideal untuk kegiatan caving, yakni 2 meter x 1,5 meter.

Untuk menuju Goa Tlorong jalurnya sedikit menantang. pengunjung tempat wisata karanganyar ini harus melakukan perjalanan petualang dengan melewati hutan karet. Sebelum menuju goa, disana terdapat perkampungan untuk memarkirkan kendaraan. Dari sinilah mulai berjalan kaki dengan melewati jalanan yang berlumut dan sempit.

Sesampainya di mulut goa, jangan lupa untuk menyiapkan senter dan masker. Pasalnya, Goa Tlorong termasuk sangat gelas dan dihuni oleh banyak kelelawar. Aroma alam inilah yang biasanya akan membuat beberapa penjelajah menyerah di tengah perjalanan.

Saat memasuki goa, pengunjung tempat wisata karanganyar ini harus merunduk karena beberapa ruang di dalam goa ini cukup kecil, hanya setinggi 50 cm. Tapi setelah itu, beberapa bagian goa cukup luas. Bahkan di dalamnya dan ada aliran air yang sangat jernih.

Alamat: Kebun, Lempong, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: Hanya Kamis, 24 Jam
Tiket: Gratis

  1. Taman Air Mancur Laser

Pancaran air mancur paling tinggi di tempat wisata Karanganyar ini bisa mencapai 6-7 meter.
Taman Air Mancur Laser. Image via: wisata-buahsirsak

Simak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Taman air mancur terletak di sebelah timur Masjid Agung Karanganyar tepatnya sebelah timur alun alun di samping dinas Pendidikan, sebelah selatan Jalan Utama Kabupaten Karanganyar. Rata rata Air mancur berketinggian sekitar empat meter.

Pancaran air mancur paling tinggi di tempat wisata Karanganyar ini bisa mencapai 6-7 meter. Dengan warna warni permainan lampu kombinasi antara warna putih, kuning, biru, ungu, pink bisa menikmati suasana air mancur warna warni.

Ketika air mancur berfungsi, di hidupkan lagu-lagu jawa modern untuk menemani menikmati suasana, akan tetapi memang lebih fokus menikmati suasana air mancur.

Disamping kiri kanan taman air mancur ada ruang entah dimaksudkan untuk dibuat duduk duduk atau hanya untuk ditanami bunga dan tidak boleh di injak, tapi beberapa orang juga ada yang duduk lesehan. sedangkan di pinggir luar ada kursi besi dimana para pengunjung bisa menikmati air mancur dari jauh.

Pada malam minggu tempat ini banyak di kunjungi oleh orang orang. Hal itu karena memang suasana tempat wisata Karanganyar ini adem. Kebanyakan keluarga dengan anak kecil dan beberapa muda mudi yang memadu kasih. Secara umum pada waktu liburan ratusan orang menikmati Taman air ini.

Alamat: Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Buka: 24 Jam
Tiket: Gratis

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment