11 Tempat Wisata Kupang, Lokasi Berkumpul Bersama Orang Terkasih

Tempat wisata Kupang memang sangat didominasi oleh pesona keindahan pantainya. Meskipun tempat wisata di Kupang bukan hanya sekedar pantai.

Apalagi di Kabupaten Kupang, yang memiliki 24 pulau indah dimana mayoritas pulaunya belum berpenghuni. Kota Kupang pun demikian, banyak tempat wisata berupa pantai yang sudah sangat terkenal di sana.

Ciri khas objek wisata di Indonesia timur adalah alamnya yang eksotis, dan masih terjaga ekosistemnya, termasuk di Kupang. Hal tersebut dipertegas dengan acara Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2021 yang akan diselenggarakan di Kupang.

Dan inilah 11 tempat wisata Kupang yang layak dikunjungi saat liburan tiba. Tempat wisata tersebut meliputi:

  • Pantai – pantai Kupang, NTT.
  • Tempat nongkrong di Kupang, NTT.
  • Serta tempat wisata yang dikenal dengan tempat wisata tersembunyi di Kupang, NTT.

11 Tempat Wisata Kupang

1. Pantai Lasiana

senja di pantai lasiana
senja di pantai lasiana. google maps. sumber: Cahyo Pambudi

Simak Juga : Review Pantai Lasiana dan Jalur Pemecah Ombak

Pembahasan tempat wisata di Kupang, NTT kita mulai dari Pantai Lasiana. Pantai tersebut memiliki ciri khas jalur trekking yang melengkung ke tengah pantai.

Jalur tersebut biasa disebut dengan jalur pemecah ombak. Selain itu, Pantai Lasiana merupakan salah-satu lokasi digelarnya acara Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2021.

Konsekuensi logisnya, Pantai Lasiana harus berbenah menyambut para tamu yang datang. Dan hal tersebut telah dilakukan secara baik. Salah-satunya dibuktikan dengan dibangunnya sebuah spot untuk pagelaran budaya, atau seni.

  • Lokasi dan alamat Pantai Lasiana berada di Desa Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Harga tiket masuk Pantai Lasiana Rp. 5.000 untuk dewasa.
  • Harga tiket masuk Pantai Lasiana Rp. 3.000 untuk anak-anak.
  • Pantai Lasiana buka selama 24 jam setiap hari.

2. Pantai Batu Nona Kupang

pantai batu nona kupang
pantai batu nona kupang. google maps. sumber: berbagifun Family

Simak juga: 11 tempat wisata Situbondo

Pantai Batu Nona Kupang adalah pantai yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan. Selain memiliki panorama yang indah, Pantai Batu Nona Kupang memiliki kolam renang yang disesuaikan dengan usia pengunjung.

Di sisi lain, Pantai Batu Nona Kupang memiliki daya tarik legenda, mitos, maupun misteri. Sejarah penamaan Pantai Batu Nona Kupang merujuk pada sebuah kisah gadis cantik yang melompat dari tebing ke laut.

Gadis tersebut akhirnya berubah menjadi batu. Patung gadis tersebut berada di area pasir Pantai Batu Nona Kupang. Dari sanalah sejarah penamaan Pantai Batu Nona Kupang.

  • Lokasi dan alamat Pantai Batu Nona Kupang berada di Jl. Timor Raya KM 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Harga tiket masuk Pantai Batu Nona Kupang Rp. 23.000 per orang.
  • Pantai Batu Nona Kupang buka dari pukul 08.00 – 23.00.

3. Pantai Nunsui

Tempat wisata Kupang yang nyaman untuk tempat tongkrongan, namun dalam nuansa alam pantai, tentu saja Pantai Nunsui lokasinya.

Jalan menuju Pantai Nunsui sangat mudah diakses oleh kendaraan, serta daya tarik utamanya saat menjelang sore. Karena panorama matahari terbenam, atau sunset di Pantai Nunsui sangat menawan.

Selain itu, di Pantai Nunsui banyak warung-warung yang menjajajakan makanan. Dengan demikian nongkrong di Pantai Nunsui, sambil menikmati kuliner adalah momen keindahan di Pantai Nunsui.

  • Lokasi dan alamat Pantai Nunsui berada di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Harga tiket masuk Pantai Nunsui Rp. 5.000 per orang.
  • Pantai Nunsui buka selama 24 jam.

4. Air Terjun Oenesu

air terjun oenesu
air terjun oenesu. google maps. sumber: Oktaviana Dju Lete

Simak juga: 11 tempat wisata Tretes

Air Terjun Oenesu adalah tempat wisata Kupang yang terkenal dengan istilah surga tersembunyi. Daya tarik utama dari Air Terjun Oenesu adalah airnya yang tidak pernah surut sepanjang tahun.

Selain itu, Air Terjun Oenesu merupakan air terjun berundak, yang memiliki 4 undakan. Airnya bersih, mengalir indah melalui bebatuan yang membentuk undakan.

Lokasi utama Air Terjun Oenesu tidak terlalu jauh dari lokasi parkiran. Sehingga objek wisata tersebut cocok juga sebagai tujuan wisata keluarga yang bernilai edukatif.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Oenesu berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Harga tiket masuk Air Terjun Oenesu Rp. 5.000 per orang.
  • Air Terjun Oenesu buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00.

5. Air Terjun Tesbatan

air terjun tesbatan
air terjun tesbatan. google maps. sumber: Nofi Isnaini

Simak juga: 11 tempat wisata Kendari

Air Terjun Tesbatan adalah satu dari 11 tempat wisata Kupang yang layak dikunjungi. Meskipun masih tertata dari sisi fasilitas pendukung, namun nilai asrinya justru menjadi daya tarik sendiri.

Pesona keindahan Air Terjun Tesbatan terletak pada kolam airnya yang berwarna hijau tosca, sehingga menjadi sebuah spot yang nyaman untuk berenang, setelah lelah, dan teriknya melakukan trekking.

Trekking menuju Air Terjun Tesbatan tidaklah sulit. Dan jika kemarau tiba, maka pepohonan di sepanjang jalur trekking akan mengering. Dan Air Terjun Tesbatan hanya memiliki ketinggian beberapa meter saja.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Tesbatan berada di Desa Nekmese, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Harga tiket masuk Air Terjun Tesbatan Rp. 5.000
  • Jam buka Air Terjun Tesbatan dari pukul 08.00 – 18.00.

6. Bukit Cinta

landscape bukit cinta kupang
landscape bukit cinta kupang. google maps. sumber: Prasetyo Harry Wuryanto

Tempat wisata Kupang selanjutnya yang menjadi favorit muda mudi bernama Bukit Cinta. Pesona keindahan Bukit Cinta berupa hamparan rumput yang luas di atas perbukitan, yang memberikan view alam yang menawan.

Asalkan tidak datang di puncak musim kemarau, maka hijaunya hamparan rumput tersebut sangat memanjakan mata. Bukan hanya itu saja, kawasan tersebut memiliki nilai histori dengan keberadaan goa Jepang.

  • Lokasi dan alamat Bukit Cinta berada di Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Harga tiket masuk Bukit Cinta : –
  • Jam buka Bukit Cinta buka selama 24 jam. Namun para pengunjung rata-rata akan pulang sebelum hari gelap.

7. Taman Nostalgia

taman nostalgia kupang
taman nostalgia kupang. google maps. sumber: Lakshmi Nirvana

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Tempat wisata Kupang yang nyaman untuk tongkrongan selanjutnya bernama Taman Nostalgia. Sebuah objek wisata yang menggabungkan spot kekinian, dengan wisata kuliner, dan wisata sejarah dalam satu kawasan.

Wisata sejarah dibuktikan dengan keberadaan Gong Perdamaian Nusantara. Inilah spot yang populer di generasi milenial Kupang, Taman Nostalgia.

  • Lokasi dan alamat Taman Nostalgia berada di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Harga tiket masuk Taman Nostalgia gratis.
  • Taman Nostalgia buka selama 24 jam.

8. Taman Rekreasi Gua Monyet

landmark taman rekreasi gua monyet
landmark taman rekreasi gua monyet. google maps. sumber: Fasri Syafi

Taman Rekreasi Gua Monyet merupakan salah satu tempat rekreasi unik yang dapat kamu kunjungi, karena disini kamu dapat melihat atau bahkan berinteraksi dengan ratusan monyet.

Menurut pengelola setempat di sini terdapat sekitar 327 ekor monyet yang terbagi kedalam 4 kelompok. Kelompok terbanyak berjumlah 180 ekor, sedangkan kelompok terkecil berjumlah sekitar 40 ekor saja.

Monyet-monyat yang ada di taman rekreasi ini terbilang sudah jinak dan tidak asing dengan kehadiran pengunjung. Kamu dapat melihat mereka berkeliaran kesana kemari.

Kamu pun dapat memberi mereka makanan, seperti kacang-kacangan, buah-buahan atau lain sebagainya. Lokasinya berada di pesisir Pantai Alak.

  • Lokasi : Kelurahan Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang, NTT.
  • Tiket : Rp. 2.000,-
  • Jam Buka : 08.00-18.00

9. Pantai Ketapang Satu atau Ketapang Satu Beach

menikmati senja di ketapang beach
menikmati senja di ketapang beach. google maps. sumber: berbagifun Family

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

Pantai Ketapang Satu merupakan lokasi nongkrong lainnya yang selalu dikunjung muda mudi, apalagi jika menjelang sore hari.

Menyaksikan proses tenggelamnya matahari yang sangat cantik apalagi ditemani dengan orang terkasih. Senja di Pantai Ketapang menjadi romantis.

Diberi nama ketapang karena dilokasi tersebut terdapat pohon ketapang yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh, karena memiliki daun yang cukup rindang.

  • Lokasi : Jl. Sumatera, Kel. Tode Kisar, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, NTT.
  • Tiket : –
  • Jam Buka : 24 Jam

10. Gua Kristal

beningnya kolam gua kristal
beningnya kolam gua kristal. google maps. sumber: Johan Harliman X-PRO

Gua Kristal merupakan sebuah lubang dengan ukuran hanya 2 x 1 meter, namun memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

Luas Guanya sendiri diperkirakan sekitar 30 meter persegi, dengan memiliki sebuah kolam yang sangat cantik dan indah. Airnya berwarna biru dan bening sekali, dengan hiasan bebatuan didasar kolam yang semakin terlihat cantik.

Kamu dapat merasakan segarnya air di gua tersebut dengan cara berenang, namun untuk kamu yang masih amatiran sebaiknya dengan duduk-duduk di pinggir saja.

Karena semakin jauh ke dalam gua, kedalaman kolamnya pun semakin dalam. Berenang di kolam ini seakan sedang berenang di kolam alami pribadi.

  • Lokasi : Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang, NTT.
  • Tiket : Rp. 5.000,-
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00

11. Kupang Waterpark

kupang waterpark
kupang waterpark. google maps. sumber: Ances Frans

Simak juga: 11 tempat wisata Sabang

Kupang Waterpark merupakan wahana air modern pertama yang ada di Kota Kupang, dengan berada di atas lahan sekitar 1 ha waterpark ini memiliki sekitar 22 wahana permainan.

Meskipun tidak begitu besar namun Kupang Waterpark dapat memberikan suasana liburan yang berbeda ketika berada di Kupang.

Tempat wisata air yang satu ini sangat cocok untuk membawa anak-anak bermain air dan menciptakan keseruan bersama dengan mencoba semua wahana yang ada.

  • Lokasi : Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, NTT.
  • Tiket : Rp. 30.000,- hingga Rp. 40.000,-
  • Jam Buka : 09.00-18.30

Tinggalkan komentar