11 Tempat Wisata Lumajang, Review Lengkap Untuk Liburan Seru Bersama Keluarga

Kabupaten Lumajang memiliki tiga buah gunung berapi yang cukup aktif, diantaranya Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Lemongan.

Keindahan alam yang dihadirkan kabupaten yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur ini pun tak perlu diragukan lagi.

Banyak lokasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi, baik itu yang bertemakan air terjun, pantai, danau bahkan pemandian alam dan puncak bukit.

Berikut beberapa objek wisata di Lumajang yang dapat kamu eksplor:

11 Tempat Wisata Lumajang

1. Pemandian Alam Selokambang

landmark pemandian alam selokambang
landmark pemandian alam selokambang. google maps. sumber: Ainur Rohim 

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

11 tempat wisata di Lumajang yang pertama akan diawali dengan mengunjungi sebuah lokasi pemandian yang bernama Pemandian Alam Selokambang.

Pemandian ini dilengkapi kolam anak dan kolam dewasa, sehingga untuk kamu yang membawa anak-anak mereka dapat menciptakan keseruan sendiri dengan bermain air.

Di sekitar kolamnya pun sudah dilengkapi dengan seluncuran yang akan membuat acara bermain kamu semakin tambah seru.

Pemandian Alam Selokambang ini memiliki sejarah tersendiri, dan terdapat keyakinan di masyarakat sekitar jika mandi disini akan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lokasi: Purworejo, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa TImur
Tiket: Rp. 15.000,- per orang
Jam Buka: 05.00-17.30

2. Pantai Watu Pecak

pantai watu pecak
pantai watu pecak. google maps. sumber: Aditya Marhendra

Pantai Watu Pecak merupakan lokasi favorite yang selalu dikunjungi wisatawan apalagi jika weekend ataupun hari libur lainnya.

Destinasi liburan yang tepat untuk membawa anggota keluarga menghabiskan waktu bersama dengan ditemani deburan ombak di Pantai Watu Pecak.

Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam, terlihat sangat eksotik dengan dihiasi deburan ombaknya yang cukup deras.

Banyak dari pengunjung yang menghabiskan waktu dengan bermain pasir dan bermain air di tepian pantainya. Atau kamu dapat menikmati keseruan bermain kuda di atas hamparan pasirnya.

Lokasi: Desa Selok Awar-Awar, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

3. Air Terjun Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu
air terjun tumpak sewu. google maps. sumber: akhi Masrur

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Air Terjun Tumpak Sewu dapat diakses dari Malang maupun dari Lumajang. Air terjun ini memiliki bentuk aliran yang menyerupai tirai, terlihat nampak seperti sebuah niagara yang ada di Amerika sana.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian sekitar 120 meter, airnya mengalir dari berbagai sela-sela tebing yang menopangnya.

Kamu dapat melihat kemegahan Air Terjun Tumpak Sewu dari sebuah gardu pandang, yang jaraknya sekitar 400 m dari lokasi parkir.

Gardu pandang tersebut berada sekitar 100 meter dari air terjun, namun jika kamu ingin berada lebih dekat dengan aliran airnya kamu harus melakukan trekking yang tidak mudah.

Dimana kamu harus menuruni bukit dengan jalur yang menantang serta menyebrangi sebuah sungai, namun kepayahan tersebut terbayarkan dengan segarnya air yang menyentuh tubuhmu.

Lokasi: Kampung siji, Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 24 jam

4. Air Terjun Watu Lapis

Simak juga: wisata lumajang, air terjun batu lapis

Air terjun yang satu ini memiliki beberapa nama, yakni ada yang menyebutnya air Terjun Batu Lapis juga Air Terjun 7 bidadari. Tentu saja penamaan tersebut berdasarkan pada kisah atau sejarah yang melatarbelakanginya.

Terlepas dari hal tersebut, Air Terjun Watu Lapis memiliki tinggi sekitar 30 meter, air yang dialirkannya mengalir dengan bersih diantara tebing tinggi yang ditumbuhi beragam tanaman.

Namun kolam alaminya sangat dangkal, kedalamannya hanya sekitar kaki orang dewasa. Sehingga kamu hanya dapat bermain segarnya air tanpa bisa berenang.

Untuk menikmati semua itu, kamu perlu melakukan trekking terlebih dahulu dengan menyusuri jalur yang masih berupa tanah namun sudah tertata dengan baik sehingga kamu akan dengan mudah dapat melaluinya.

Lokasi: Dusun Tawonsongo, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 4.000,-
Jam Buka: 08.00-18.00

5. Air Terjun Kapas Biru

air terjun kapas biru
air terjun kapas biru. google maps. sumber: Diyan Official

Simak juga: maha karya Tuhan, air terjun kapas biru

Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru baru dibuka sebagai objek wisata sekitar tahun 2015 silam, meskipun terbilang baru namun selalu ada pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alam yang disajikan di sekitarnya.

Dengan memiliki dua tingkatan, airnya mengalir dengan cukup derasnya menuju kolam alami yang ada di bawahnya. Air yang dialirkannya berasal dari Sungai Lengkong dan Besukbang yang berhulu dari kaki Gunung Semeru.

Maka jangan heran, jika bersih seperti kapas serta menyegarkan. Ketinggian air terjunnya mencapai 100 meter, karena aliran airnya cukup deras sehingga kamu tak dapat mendekatinya.

Kamu hanya bisa bermain air di sekitar aliran Air Terjun Kapas Biru, atau dengan duduk-duduk di sebuah batu sambil menikmati panorama air terjun yang sangat indah.

Untuk menikmati semua keindahan tersebut kamu harus melakukan trekking yang cukup panjang, sekitar 1 hingga 1,5 km jauhnya dan medan yang dilalui cukup menguras tenaga.

Lokasi: Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 05.00-16.00

6. Coban Pawon

coban pawon
coban pawon. google maps. sumber: Denny Suhartono

Simak juga: keindahan coban di dalam gua

Keindahan alam khususnya air terjun yang dimiliki Lumajang selanjutnya ialah Coban Pawon, coban atau air terjun ini berada di dalam sebuah gua.

Namun sayangnya keunikannya tersebut belum dikelola secara maksimal, sehingga akses menuju coban masih terbatas. Kamu harus memakirkan kendaraan dirumah-rumah warga, sebelum akhirnya melanjutkan dengan berjalan kaki.

Trekking yang dilakukan masih berupa tanah yang akan licin jika habis hujan ditambah dengan konturnya yang miring. Sekitar 30 menit waktu yang diperlukan untuk akhirnya tiba di Coban Pawon.

Coban Pawon atau nama lainnya ialah Antrukan Pawon memiliki tinggi sekitar 15 meter, dan untuk menikmatinya kamu harus masuk dulu ke dalam gua.

Lokasi: Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.
Tiket: –
Jam Buka: 07.00-17.00

7. Danau Segitiga

ranu klakah
ranu klakah. google maps. sumber: Agung Maulana

SImak juga: 11 tempat wisata Pemalang

Setelah menikmati keindahan coban atau air terjun yang ada di Lumajang, sekarang kamu simak ulasan mengenai keindahan danaunya.

Lumajang khususnya Kecamatan Klakah memiliki tiga buah danau indah yang berdekatan, yakni Danau atau Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis. Sehingga sering disebut dengan nama Danau Segitiga atau Segitiga Ranu.

Ranu Klakah berada di ketinggian 900 mdpl dengan luas 22 ha. Ranu Klakah digunakan masyarakat sekitar sebagai lokasi untuk budidaya ikan mujair dan ikan nila.

Kedalaman danaunya sekitar 28 meter, jadi kamu disini hanya bisa menikmati keindahan alam yang tersaji dan hunting foto dengan latar Gunung Lamongan.

Ranu Bedali berada di ketinggian sekitar 700 mdpl, luasnya mencapai 25 ha. dan memiliki kedalaman yang sama dengan Ranu Klakah.

Yang terakhir ialah Ranu Pakis dengan memiliki luas sekitar 50 ha. dan kedalamannya mencapai 26 meter. Udara sejuk dan menenangkan dapat kamu rasakan ketika berada di Danau Segitiga.

Untuk menuju lokasi danau atau ranu pun tak perlu bersusah payah, karena aksesnya yang mudah dijangkau dari tempat kamu menyimpan kendaraan.

Lokasi: Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

8. Kebun Teh Gucialit

kebun teh gucialit
kebun teh gucialit. google maps. sumber: Agung Nugraha

Kebun Teh Gucialit atau Kebun Teh Kertowono Gucialit berada di wilayah Perkebunan nusantara (PTPN) XII, dengan luas sekitar lebih dari 2000 ha.

Konsep yang ditawarkan kebun teh ini ialah agrowisata, dimana kamu dapat melihat proses memetik daun teh hingga menyaksikan proses pembuatan teh dan mencicipinya.

Selain itu tersedia juga area camping untuk kamu yang ingin mendirikan tenda dan menghabiskan malam hanya bersama alam.

Mengelilingi area kebun bisa dilakukan dengan berjalan di jembatan kayu yang kece dan dilengkapi juga dengan aneka spot foto, atau bisa juga dengan menjajal motor trail yang disewakan untuk kamu yang ingin mencobanya.

Lokasi: Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

9. Pantai Bambang

pantai bambang
pantai bambang. google maps. sumber: Syamsul Arifin

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

Destinasi wisata selanjutnya bertemakan pantai yang bernama Pantai Bambang, dimana memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam dengan kandungan kadar besi yang tinggi.

Konon katanya pasir di Pantai Bambang ini merupakan pasir dari Gunung Semeru yang mengalir terbawa aliran lava. Terlepas dari hal tersebut, keindahan pantainya dihiasi dengan deretan pegunungan yang gagah.

Pantai Bambang memiliki ombak yang besar sehingga harus sangat berhati-hati ketika hendak bermain air di sekitar pantainya. Pantai yang satu ini terkenal memiliki batuan yang indah, dengan berbagai bentuk.

Lokasi: Desa Bago, Kec. Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

10. Pantai Watu Godeg

Kabupaten Lumajang merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, hingga memiliki deretan pantai dengan keindahan yang dapat dinikmati oleh siapa saja.

Pantai Watu Godeg memiliki ciri khas keberadaan batu besar yang berada di tepi pantai, hal tersebutlah yang melatarbelakangi penamaan Watu Godeg.

Konon katanya jika mandi di sini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Namun untuk mandi di lautnya harus kamu hindari, karena Pantai Watu Godeg memiliki ombak yang sangat besar.

Pantai Watu Godeg memiliki hamparan pasir lembut yang berwarna hitam, dan selalu ramai dikunjungi wisatawan jika weekend atau hari libur lainnya.

Lokasi: Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa TImur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

11. Puncak B29

puncak b29
puncak b29. google maps. sumber: Tomo sutomi

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Untuk menyaksikan Gunung Bromo dari arah Lumajang dapat menuju Puncak B29 atau biasa disebut negeri diatas awan, yang terletak di bukit sebelah timur-tenggara kawasan Gunung Bromo.

Dari atas puncak B29 kamu akan menyaksikan lautan pasir, Gunung Bromo serta Gunung Batok yang menawan. Serta di sebelah barat akan menyaksikan pemandangan Gunung Arjuno-Welirang.

Di sisi timurnya tersaji Gunung Argopuro, serta Gunung Raung yang ikut menghiasi alam di Puncak B29. Keindahan tersebut dapat kamu saksikan apabila cuaca sedang cerah.

Kegiatan seru lainnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan melakukan aktivitas camping atau berkemah di Puncak B29, untuk menyaksikan cantiknya sunset dan sunrise yang sungguh mengagumkan.

Lokasi: Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Tiket:-
Jam Buka: 24 jam


Leave a Comment