11 Tempat Wisata Lumajang, Jejak Hidup Terakhir Majapahit Di Tanah Jawa

Banyak lokasi pilihan tempat wisata lumajang yang menawarkan pengalaman liburan seru bersama keluarga. Tempat wisata di lumajang tidak melulu soal gunung bromo dan objek di sekitarnya. Namun Lumajang juga punya danau, air terjun dan pantai.


Banyak lokasi pilihan tempat wisata lumajang yang menawarkan pengalaman liburan seru bersama keluarga
Tempat Wisata Lumajang. Image via: lifestyle.okezone.com

Sekilas Soal Lumajang

Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di kawasan Tapal Kuda Provinsi Jawa Timur. Di bagian barat, terdapat rangkaian Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru. Dengan puncaknya Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Bagian timur laut merupakan ujung barat Pegunungan Iyang.

Lumajang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki kekayaan budaya yang masih kental. Di sini ada Suku tengger, yang konon merupakan sisa terakhir Majapahit di Tanah Jawa, yang mempertahankan tradisi dan kepercayaan Kerajaan Besar Itu.

Kabupaten Lumajang beriklim tropis. Bulan-bulan kering, dengan jumlah curah hujan kurang dari 100 mm perbulan, terjadi pada bulan-bulan Juli, Agustus dan September, sementara bulan-bulan lainnya adalah bulan basah.

Temperatur sebagian besar wilayah 24 °C – 32 °C, sedangkan di kawasan pegunungan dapat mencapai 5 °C, terutama di daerah lereng Gunung Semeru.

Di Kabupaten Lumajang terdapat jalan raya antar provinsi dan jalur kereta api lintas Surabaya-Jember-Banyuwangi. Jalur kereta api melintasi beberapa ibu kota kecamatan. Selain transportasi umum di atas, masyarakat Lumajang mengenal transportasi rakyat yakni becak dan dokar.

11 Tempat Wisata Lumajang

  1. Gunung Bromo

Di tempat wisata Lumajang ini, pengunjung dimanjakan dengan kecantikan kawah Bromo yang begitu memesona.
Gunung Bromo. Image via: khoirurosida.com

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Gunung yang terletak di wilayah Jawa Timur ini memang begitu terkenal di hati para wisatawan. Di tempat wisata Lmajang ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunrise atau matahari terbit dari puncak Bromo.

Penanjakan 1 merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Lokasi ini merupakan yang paling tinggi di antara bukit lainnya. Di sini pengunjung bisa langsung menyaksikan kecantikan sunrise di pagi buta. Dengan keindahan lembah yang masih tertutup kabut.

Selain penanjakan 1, ada tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit, yaitu penanjakan 2. Meskipun lokasinya masih kalah tinggi dengan penanjakan 1, namun akses menuju ke tempat wisata Lumajang ini jauh lebih mudah dengan tantangan yang lebih ringan.

Selain menyaksikan keindahan matahari terbit, ada satu lagi keindahan yang begitu dinantikan pengunjung. Yaitu keindahan kawah Gunung Bromo. Di tempat wisata Lumajang ini, pengunjung dimanjakan dengan kecantikan kawah Bromo yang begitu memesona.

Unutk mencapai kawah bromo, ada cara yang tidak kalah serunya. Yaitu naik kuda. Jika merasa malas untuk menapaki anak tangga di sini ataupun merasa tidak kuat, pengunjung bisa memilih dengan menunggangi kuda sambil menikmati keindahan yang ada di sekeliling.

Lokasi: Lumajang, Jawa TImur
Tiket: 27.500
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pura Luhur Poten

Pura tempat wisata Lumajang tersebut juga erat kaitannya dengan Upacara Kasada yang rutin diselenggarakan setiap tahun
Pura Luhur Poten. Image via: pesona.travel

Berlokasi di bawah kaki Kawah Bromo, Pura Luhur Poten menjadi tempat ibadah nan sakral bagi Suku Tengger yang mendiami kawasan Taman Nasional Bromo di Jawa Timur. Pura tempat wisata Lumajang tersebut juga erat kaitannya dengan Upacara Kasada yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Sehari-harinya Pura Luhur Poten menjadi tempat ibadah Suku Tengger. Sekaligus sebagai objek tempat wisata LUmajang yang cukup populer. Namun karena merupakan rumah ibadah, pengunjung hanya diperkenankan melihat dari bagian luar Pura saja.

Bagi pengunjung yang gemar fotografi, bisa memotret keindahannya dari atas tangga menuju Kawah Bromo. Dengan latar gunung dan hamparan pasir, Pura Luhur Poten tampak seperti istana yang hilang di antah berantah. Begitu luar biasa.

Jika ingin melihat esensi sejati dari Pura Luhur Poten, pengunjung bisa datang saat Upacara Yadya Kasada. Upacara ini berlansung antara bulan Juli hingga Agustus. Selain menjadi salah satu lokasi upacara, pengunjung bisa memaknai budaya Hindu yang dilakukan oleh Suku Tengger.

Untuk mencapai lokasi pura, pengunjung bisa menggunakan jeep sewaan dari sejumlah operator tur yang ada di kawasan Bromo. Jika ingin lebih dramatis, pengunjung bisa menyewa kuda dari penduduk setempat.

Lokasi: Taman Nasional Gunung Bromo, Lumajang
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu tempat wisata Lumajang ini berada di dalam lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut
Air Terjun Tumpak Sewu. Image via: liputan6.com

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Air terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu tempat wisata Lumajang ini berada di dalam lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Setelah pengunjung memarkir kendaraan, perjalanan selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki menuju lokasi. Sepnajnag jalan, pengunjung bisa melihat Air Terjun Tumpak Sewu dari atas. Bila cuaca sedang cerah, Gunung Semeru tampak di latar belakang air terjun ini.

Jajaran air yang jatuh di tebing tampak seakan tirai tipis tembus pandang. Direngkuh oleh hijaunya hutan di sekitar. Panorama yang jelas menggoda bila pengunjung merupakan penggemar fotografi. Khususnya bila mendalami landscape photography.

Setelah melewati perjuangan menuruni bukit dan menyeberang sungai, pengunjung bisa merasakan langsung segar dan indahnya air terjun tempat wisata Lumajang ini. Pengunjung bisa melihat beragam aliran air, mulai dari coklat hingga jernih.

Lokasi: kampung siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 jam

  1. Air Terjun Watu Lapis

 Air terjun tempat wisata Lumajang ini tepat berada di tengah kebun kopi milik warga sekitar.
Air Terjun Watu Lapis. Image via: blogkulo.com

Air terjun Watu Lapis berada di dusun Tawonsongo kurang lebih 30 km di sebelah barat dari kota Lumajang. Untuk mencapai lokasi air terjun bisa mengunakan kendaraan baik roda dua, maupun roda empat yang bisa memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Air terjun tempat wisata Lumajang ini tepat berada di tengah kebun kopi milik warga sekitar. Jadi selama menuju kesana, pengunjung akan disuguhi pemandangan kebun kopi. Tapi perjalanan menuju ke lokasi air terjun harus hati-hati, sebab jalannya yang belum begitu baik.

Disekitar air terjun, banyak juga terdapat pohon-pohon rindang. Selain itu warga sekitar juga membuat beberapa pondok bambu dan jembatan-jembatan kecil yang menambah kesan alam pedesaan yang asri. Semua fasilitas itu dapat menambah rasa betah ada di tempat wisata Lumajang ini.

Selain menikmati panorama air terjun, pengunjung tepat wisata Lumajang ini juga bsia membeli oleh-oleh. Sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah bisa membeli pisang mas kirana. Dimana untuk daerah Pasru Jambe pisang mas kirana menjadi hasil perkebunan unggulan dari daerah ini.

Lokasi: dusun Tawonsongo, desa Pasrujambe, kecamatan Pasrujambe, Lumajang, Jawa Timur
Tiket: 3.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Kapas Biru

Air terjun tempat wisata Lumajang ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, sehingga aliran airnya cukup deras.
Air Terjun Kapas Biru. Image via: catatannobi.com

SImak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Kapas Biru adalah sebuah suguhan dari Tuhan untuk para manusia-manusia beruntung. Keindahannya sungguh menawan hati dan menjernihkan pandangan. Air Terjun ini memiliki aliran yang putih dan deras, di bagian-bagian sisinya muncul warna kebiruan jika dilihat dari jauh.

Sampai sekarang tak ada yang tahu pasti mengapa tempat wisata Lumajang ini diberi nama Kapas Biru. Satu hal pasti, suasana di air terjun ini sangat sejuk dan terasa segar. Tak ayal banyak pengunjung betah berlama-lama berada di kawasan tersebut.

Untuk mencapai kawasan air terjun, para pengunjung diharapkan mempersiapkan fisik tetap prima. Pasalnya ada puluhan anak tangga yang terbuat dari beton harus dilalui oleh para pengunjung. Saat memasuki lokasi wisata, pengunjung harus menuruni curamnya anak tangga tersebut.

Di kanan dan kiri, ada hamparan kebun hijau sepanjang 2 kilometer. Setelah jalur ini selesai, masih ada anak tangga dengan kecuraman 90 derajat. Usai itu, barulah bisa bersantai sejenak di bawah air terjun yang tengah mengalir dari ketinggian.

Air terjun tempat wisata Lumajang ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, sehingga aliran airnya cukup deras. Kondisi tersebut berpengaruh pula pada kontur dan kondisi tanah di sekitar jalur setapak yang akan anda lalui, yakni terkesan lembab dan berlumpur.

Lokasi: Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur
Tiket: 5.000
Jam Buka: 05.00-16.00

  1. Coban Pawon

Coban tempat wisata lumajang ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 m menerpa lobang goa yg ada dibawahnya
Coban Pawon. Image via: idntrip.com

Air Terjun Coban Pawon Lumajang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi. Tempat wisata Lumajang ini memiliki pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Air Terjun Coban Pawon Lumajang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Air Terjun yang juga kerap disebut dengan Antrukan Pawon ini memiliki keunikan tersendiri karena sesuai dengan namanya, Coban atau Antrukan dapat diartikan sebuah kucuran air dan Pawon merupakan sebuah tungku atau dapur dalam bahasa Jawa.

Coban tempat wisata lumajang ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 m menerpa lobang goa yg ada dibawahnya. Jadi terlihat teramat indah  dan fantastis. Masing-masing percikan air terjun ini dipercaya akan memperingan pengobatan penyakit.

Perjalanan yang melewati perkebunan warga dengan kondisi medannya menantang. Karena belum sering dijamah orang. Bahkan sebelum tiba dekat di ruangan air terjun akan didapati medan yg lumayan curam, dengan kemiringan lebih kurang 45 derajat.

Di tempat wisata Lumajang ini, tersedia tempat peristirahatan. Fasilitas ini tersedia di sekitar Coban Pawon untuk para pengunjung yang ingin melepas penat dan lelah selama berada di kawasan tersebut. semua fasilitas tersebut disediakan secara sukarela oleh warga lokal.

Lokasi: Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Danau Segitiga

tempat wisata Lumajang danau segitiga ini merupakan 3 danau atau ranu yang letaknya berdekatan di suatu kawasan Di kecamatan Klakah.
Ranu Klakah, Salah satu dari 3 Danau Segitiga. Image via: jadiberita.com

SImak juga: 11 tempat wisata Pemalang

Danau segi tiga bukan nama sebuah danau. Sebenarnya danau segitiga ini merupakan 3 danau atau ranu yang letaknya berdekatan di suatu kawasan Di kecamatan Klakah. Disebut danau segitiga karena tempat danau tersebut yang saling berdekatan.

Yang pertama Ranu Klakah. Terletak di Desa Tegalrandu. Ranu Klakah ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut dengan luar 22 hektar. Danau tempat wisata Lumajang ini  memiliki kedalaman danau yang mencapai 28 meter.

Disini pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan wisata air dari Ranu Klakah. Melainkan juga bisa menikmati keindahan Gunung Lamongan yang posisinya berda di belakang Ranu Klakah ini. Udara disini sangat sejuk dan segar.

Yang kedua, ranu Bedali. Danau tempat wisata LUmajang ini berada pada ketinggian 700 mdpl. dengan luas danau mencapai 25 hektar. Danau memilki kedalaman mencapai 28 meter. Danau Bedali ini sangat unik karena permukaan airnya yang berada jauh di bawah permukaan tanah,

Yang ketiga Ranu Pakis. Danau ini memilki luas 50 hektar dengan 26 meter. Sama seperti di Ranu Klakah, Saat memasuki kawasan Ranu pakis, pengunjung akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan Gunung Lamongan yang tampak terlihat sangat dekat berada di belakang danau.

Lokasi:Klakah, Lumajang, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

  1. Kebun Teh Gucialit

Pengunjung tempat wisata LUmajang satu ini, bisa merasakan pengalaman bertualang di kebun teh.
Kebun Teh Gucialit. Image via: lumajangsatu.com

Perkebunan Teh Kertowono sendiri ada di wilayah Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Luas wilayah Perkebunan Teh Kertowono sendiri sekitar 2.267,97 hektar.  Dari Kota Lumajang, Perkebunan Teh Kertowono berjarak sekitar 55 kilometer.

Pengunjung tempat wisata LUmajang satu ini, bisa merasakan pengalaman bertualang di kebun teh. Tempat wisata LUmajang Perkebunan Teh Kertowono juga menawarkan konsep ekowisata. Berbagai kegiatan di fasilitasi di tempat ini. Mulai dari camping sampai pendidikan.

Untuk kemping, ada tempat yaitu Kampung Baru (KBR) atau Bukit Inspirasi dan di Puncak 74. Di Bukit Inspirasi, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan latar gunung dan laut. Gunung-gunung yang terlihat seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro.

Dalam wisata edukasi teh, pengunjung diajak pengelola Perkebunan Teh Kertowono untuk melihat proses pengolahan daun the. Dari mulai pemetikan hingga proses mencicipi teh (cup tasting). Pengunjung bisa berkeliling kebun teh dan masuk ke pabrik untuk melihat aneka peralatan pengolahan teh.

Pengunjung yang punya hobi berbau petualangan, juga disediakan fasilitasnya di tempay ini. Pengunjung dengan minat khusus bisa menjajal medan perkebunan teh dengan motor trail. Selain itu, pengunjung juga bisa bermain sepeda di kebun teh.

Lokasi: Gucialit, LUmajang, Jawa Timur
Tiket: 5.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Bambang

Pantai bambang merupakan tipe pantai yang berpasir. Sepanjang pinggir pantai tempat wisata Lumajang ini terhampar pasir hitam.
Pantai Bambang. Image via: masbei.com

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

Pantai bambang merupakan tipe pantai yang berpasir. Sepanjang pinggir pantai tempat wisata Lumajang ini terhampar pasir hitam. Pasir yang ada disini merupakan pasir dari gunung Semeruyang mengalir mengikuti aliran lava atau sungai, dengan ciri-ciri pasirnya hitam dan berkadar besi tinggi.

Di sisi sebelah barat tempat wisata Lumajang ini berjajar deretan pegunungan menambah keindahan panorama pantai. Keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin. Pemerintah bekerja sama dengan masyarakat sekitar membentuk tim keamanan untuk menjamin kenyamanan pengunjung.

Pantai Bambang disamping terkenal dengan ombaknya yang besar, juga terkenal sebagai penghasil Batu Hias. Batu hias disini berbentuk bulat atau lonjong dengan berbagai ukuran, karakteristik dan keunikan. Batuan itu terbentuk secara alami dari sedimen muara sungai yang terdapat di pesisir pantai.

Batu-batu hias di tempat wisata Lumajang ini memiliki karakteristik bermacam-macam. Ada yang bertekstur kasar (berpori) ada yang halus. Ada yang berwarna hitam (abu-abu). Adapula yang merah bahkan putih kebiruan.

Batu-batu hias alami ini biasanya dipakai untuk keperluan hiasan rumah, pertamanan, pedestrian, kolam, dan lain sebagainya. Dengan sentuhan seni yang baik bahkan menjadi sangat layak dan enak dipandang.

Lokasi: Rekasan, Bago, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Watu Godeg

Di pantai tempat wisata Lumajang ini, pengunjung biasanya sering menghabiskan waktunya untuk bermain di pinggir pantai
Pantai Watu Godeg. Image via: wisataria.com

Tempat wisata LUmajang pantai Watu Godeg terletak 80 Km arah selatan kota Lumajang. Pantai ini merupakan pantai dengan pemandangan yang indah, dengan hijaunya perbukitan menjadi latar belakang yang sangat hidup.

Masyarakat sekitar percaya bahwa dengan mengunjungi dan mandi di laut ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Nama Watu Godeg diambil dari keberadaan batu besar di tepi pantai itu. Dalam bahasa Jawa, Watu berarti Batu, dan Godeg adalah sejenis penyakit kulit seperti panu dan kudis.

Di pantai tempat wisata Lumajang ini, pengunjung biasanya sering menghabiskan waktunya untuk bermain di pinggir pantai. Bermian air tidak disarankan, karena ombak di pantai ini sangat besar. Kondisi ini bsia beresiko bagi keselamatan.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan berenang di rawa-rawa sekitar Pantai Watu Godek. Tempat Wisata LUmajang ini biasanya akan ramai pada lebaran atau idul fitri dan tahun baru. Untuk masalah kuliner, pantai ini sangat terkenal dengan ikan tongkol bakarnya.

Tongkol nakar di pantai Watu Godeg sangat berbeda dengan kuliner ikan bakar pada umumnya. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke sini tidak membuang kesempatan untuk menikmati kuliner khas yang ada disini.

Lokasi: kecamtan Tempursari, Kabupaten LUmajang, Jawa TImur
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

  1. B 29

Keindahan panorama yang tersaji dari tempat wisata Lumajang ini bukan hanya dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja. Salah satu pemandangan yang indah ada di ufuk barat, yakni Gunung Arjuno-Welirang
Panorama dari B29. Image via: harivalzayuka.com

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Puncak B29 terletak di atap bukit sebelah timur-tenggara kawasan wisata Gunung Bromo. Jika berkunjung ke Puncak B29, ada banyak pesona alam Bromo yang bisa disaksikan dari tempat wisata Lumajang satu ini.

Ketika cuaca cerah, panorama alam yang tersaji di Puncak B29 memang begitu memesona. Salah satu yang paling menawan adalah Kaldera Bromo yang begitu luas. Kaldera itu meliputi lautan pasir, Gunung Bromo, dan Gunung Batok.

Keindahan panorama yang tersaji dari tempat wisata Lumajang ini bukan hanya dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja. Salah satu pemandangan yang indah ada di ufuk barat, yakni Gunung Arjuno-Welirang. Satu gunung dengan dua puncak berbeda ini tampak sangat jelas, terlebih jika dijepret dengan lensa tele.

Sisi timur seolah tidak mau kalah untuk menyajikan pesona keindahannya. Kali ini giliran Puncak Gunung Argopuro yang menghias sisi timur. Gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa itu tampak melayang ketika dilihat dari Puncak B29.

Ketika momennya pas, Gunung Argopuro tampak bagaikan disangga oleh awan putih di bawahnya. Sementara itu jika cuaca cerah, Gunung Raung yang berada lebih jauh di ufuk timur turut terlihat dengan cukup jelas.

Lokasi: Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Tiket:-
Jam Buka:24 jam

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment