7 Tempat Wisata Di Madura, Pantai Yang Hits, Hingga Air Terjun

Tempat wisata di Madura adalah tempat wisata yang terletak di sebuah pulau cantik, yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Timur.

Tempat wisata di Madura meliputi beberapa kabupaten, dan kota yang ada di dalam pulau tersebut. Di antaranya:

  • Kabupaten Sumenep,
  • Kota Sumenep,
  • Kabupaten Pamekasan,
  • Kabupaten Sampang,
  • Kabupaten Bangkalan,

Wisata pantai di Madura memang lebih populer dibanding denan objek wisata lainnya. Tetapi, setelah perkembangan media sosial, maka mata para wisatawan mulai melirik bahwa pesona Madura bukan hanya sekedar pantai, dan pulau saja.

Adapun tempat wisata di Madura yang saat ini sudah buka, sangat tergantung dengan status level zonasi di masa PPKM. Setiap kabupaten sangat mungkin berbeda status level zonasinya, sehingga tidak menutup kemungkinan juga ada yang masih tutup sementara.

Dan inilah info tentang tempat wisata di Pulau Madura yang hits, yang telah kami siapkan untuk anda. Sebagai sebuah referensi awal menentukan rencana tujuan wisata saat liburan tiba.

7 Tempat Wisata Di Madura

1. Masjid Agung Sumenep

masjid agung sumenep
masjid agung sumenep. google maps. sumber: Doyan Dolan

Simak juga: 11 tempat wisata Karanganyar

Tempat wisata di Madura yang pertama kita mulai dari Kota Sumenep, sekaligus salah-satu ikon kabupaten tersebut, yaitu Masjid Agung Sumenep.

Daya tarik dari Masjid Agung Sumenep adalah sisi sejarahnya, serta menjadi 1 dari 10 masjid tertua yang ada di Sumenep, Madura.

Selain itu, dari sisi arsitekturnya sangat unik. Karena menggabungkan antara gaya Tiongkok, Eropa, dan arsitektur khas Madura. Sehingga mewujud menjadi sebuah masjid yang megah, dan indah.

  • Lokasi Masjid Agung Sumenep berada di alamat Dalem Anyar, Bangselok, Kota Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Masjid Agung Sumenep gratis.
  • Masjid Agung Sumenep buka selama 24 jam.

2. Gili Iyang

gili iyang
gili iyang. google maps. sumber: Rizka Aulia

Gili Iyang adalah pulau cantik, dan hits di Madura yang memiliki prestasi sebagai sebuah pulau yang memiliki kandungan oksigen terbaik ke dua di dunia, setelah Yordania.

Jadi, bagi anda yang selama ini hidup di kota besar, dan rindu dengan udara yang bersih, tanpa polusi, dan dikelilingi dengan panorama alam pantai yang indah, maka rekomendasi tempat wisata yang tepat di Madura adalah Pulau Gili Iyang.

  • Lokasi Pulau Gili Iyang berada di alamat Bancamara, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pulau Gili Iyang tergantung paket tour yang dipilih oleh pengunjung.
  • Pulau Gili Iyang buka selama 24 jam.

3. Gili Labak

gili labak
gili labak. google maps. sumber: Soraya Entertainment

Simak juga: 11 tempat wisata Kaliurang

Rekomendasi tempat wisata pantai, atau pulau di Madura yang menyajikan pesona pasir putih, dan ombak yang kecil, maka jawabannya adalah Pulau Gili Labak.

Bahkan, keindahan pasir putihnya sudah bisa terlihat sebelum para pengunjung menginjakkan kakinya di pulau Gili Labak, sampai pada akhirnya perahu mulai bersandar di sebuah dermaga kecil.

Selain itu, warna air lautnya membentuk gradasi warna, dari mulai biru, hingga hijau toska. Sehingga Pulau Gli Labak menjadi salah-satu spot terbaik untuk melakukan snorkeling.

  • Lokasi Pulau Gili Labak berada di alamat Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pulau Gili Labak gratis.
  • Pengunjung hanya perlu membayar ongkos transportasi saja.
  • Pulau Gili Labak buka selama 24 jam, serta tergantung cuaca.

4. Air Terjun Toroan

air terjun toroan
air terjun toroan. google maps. sumber: cak arul

Air Terjun Toroan adalah wisata air terjun di madura yang begitu hits, dan sangat spesial. Karena Air Terjun Toroan terletak di tepi Pantai Nepa.

Dengan demikian, kunjungan wisata ke Air Terjun Toroan sekaligus berkunjung ke wisata pantai di Madura. Bahkan, trekking menuju lokasi utama Air Terjun Toroan pun tidak perlu bersusah payah.

Air Terjun Toroan memiliki ketinggian sekitar 20 meter, cukup lebar. Air yang turun sangat deras sekali, dan langsung menuju pantai. Sehingga para pengunjung dilarang untuk berenang di kolam utamanya.

Air Terjun Toroan dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata, termasuk spot selfie instagramable, yaitu sebuah jembatan yang melengkung dekat lokasi utama air terjun.

Sasana romantis tersaji indah saat pengunjung menikmati keindahan sunset di Air Terjun Toroan, dan di Pantai Nepa Madura. Jangan lupa untuk mengabadaikan momen tersebut ya…

  • Lokasi Air Terjun Toroan berada di alamat Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Toroan Rp. 5.000 per orang.
  • Air Terjun Toroan buka dari pukul 07.00 – 18.00.

5. Bukit Jaddih

bukit jaddih
bukit jaddih. google maps. sumber: Resa Syahputra

Simak juga: Floating MArket Lembang

Bukit Jaddih adalah tempat wisata di Madura yang sangat instagramable, berupa ukiran batu kapur yang membentuk beberapa bangunan, serta arsitektur lainnya.

Sepintas hasil jepretan kamera akan memberikan nuansa seolah-olah sedang berada di Yunani, atau Timur Tengah, tetapi nyatanya berada di dekat pusat Kota Bangkalan, Madura.

Bukit Jaddih adalah bekas tambang kapur, yang kemudian ditata sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah wisata alam yang instagramable di Madura.

  • Lokasi Bukit Jaddih berada di alamat Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Bukit Jaddih Rp. 5.000.
  • Bukit Jaddih buka dari pukul 07.00 – 18.00.

6. Bukit Arosbaya

bukit arosbaya
bukit arosbaya. google maps. sumber: Oka Shakatto

Simak juga: 11 tempat wisata Blora

Satu lagi tempat wisata di Madura yang terbentuk dari lahan tambang kapur yang sudah lama tidak aktif, namanya adalah Bukit Arosbaya.

Pahatan – pahatan batu kapur yang ada di Bukit Arosbaya secara tidak langsung membentuk lorong-lorong indah, serta goa, sekaligus jalur trekking di alam terbuka.

Tidak sedikit para fotografer yang menjadikan Bukit Arosbaya sebagai objek karyanya. Selain itu, Bukit Arosbaya juga dekat dengan wisata religi di Madura, yaitu Makam Para Raja Bangkalan Air Mata Ibu.

  • Lokasi Bukit Arosbaya berada di alamat Plalangan, Madura, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Bukit Arosbaya Rp. 10.000 per orang.
  • Bukit Arosbaya buka dari pukul 09.00 – 17.00.

7. Boekit Tinggi Daramista

boekit tinggi daramista
boekit tinggi daramista. google maps. sumber: Liem Boediarto Sanjaya

Simak juga: 11 tempat wisata Belitung

Boekit Tinggi Daramista adalah salah-satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Kabupaten sumenep dari ketinggian. Boekit Tinggi Daramista adalah wisata alam Madura yang dilengkapi dengan beragam spot selfie, dan wahana wisata alam.

Boekit Tinggi Daramista menghadirkan suasana tempat wisata di Madura yang romantis, terlebih saat lampu-lampu di Boekit Tinggi Daramista mulai dinyalakan.

  • Lokasi Boekit Tinggi Daramista berada di alamat Billa Tompok, Daramesta, Lenteng, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Boekit Tinggi Daramista Rp. 15.000 per orang.
  • Boekit Tinggi Daramista buka dari pukul 06.00 – 21.00.

8. Pantai Rongkang

pantai rongkang
pantai rongkang. google maps. sumber: cindy nadya

Simak juga: 11 tempat wisata Sragen

Pantai Rongkang adalah wisata pantai di Madura yang dekat dengan Jembatan Suramadu. Bahkan, saat pengunjung berada di Pantai Rongkang, jembatan legendaris tersebut bisa terlihat secara baik.

Pesona keindahan Pantai Rongkang terletak pada batu, dan bukit karang yang terbentuk dari proses alam seperti abrasi, sehinga beberapa di antaranya menghadirkan latar foto yang sangat indah.

Aktivitas wisata yang terkenal di Pantai Rongkang adalah menaiki perahu, atau kapal hingga ke tengah laut. Hal tersebut bisa dilakuakn jika situasi cuaca sangat mendukung.

  • Lokasi Pantai Rongkang berada di alamat Kejawan, Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Rongkang Rp. 5.000.
  • Pantai Rongkang buka selama 24 jam.

shopee