11 Tempat Wisata Ngawi, Wisata Alam Dan Sejarah Yang Mengagumkan

Kabupaten Ngawi berada di wilayah bagian barat Provinsi Jawa Timur, dimana merupakan jalur diantara Surabaya dan Solo.

Kata Ngawi sendiri berasal dari kata “awi” yang artinya bambu, karena pada zaman dahulu di kota tersebut banyak sekali pohon bambu.

Topografi Kabupaten Ngawi terdiri dari dataran tinggi, karena berada di kaki Gunung Lawu, sehingga banyak objek wisata dengan tema ir terjun, sungai, serta danau yang sangat indah.

Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Kabupaten Ngawi, tersedia beragam destinasi wisata alam yang harus kamu kunjungi.

Berikut merupakan 11 tempat wisata di Ngawi yang menjadi favorite para pelancong:

11 Tempat Wisata Ngawi

1. Benteng Van den Bosch

benteng van den bosch
benteng van den bosch. google maps. sumber: Faries Al Lahji

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Objek wisata pertama yang akan dibahas yakni sebuah situs sejarah yang berupa benteng, namanya ialah Benteng Van Den Bosch atau biasa dikenal dengan nama Benteng Pendem.

Benteng ini merupakan saksi sejarah akan perlawanan Pangeran Diponegoro dalam melawan Belanda, dan menurut sejarah Benteng Van Den Bosch ini sudah ada sejak tahun 1845.

Pihak kolonial Belanda membangun benteng tersebut dengan tujuan sebagai pusat pertahanan Belanda, karena pada waktu itu Ngawi merupakan pusat perdagangan dan perlayaran di Jawa Timur.

Yang paling menarik dari Benteng Van Den Bosch ialah keberdaannya yang berada lebih rendah dari tanah disekelilingnya, hal tersebut dimaksudkan supaya tersembunyi.

Ketika berada di Benteng Van Den Bosch kamu akan merasakan kemegahan dari bangunan tersebut, serta mengabadikannya dalam sebuah foto atau video.

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Pelem, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000
Jam Buka: 08.00-17.00

2. Bukit Kerek Indah

spot foto bukit kerek indah
spot foto bukit kerek indah. google maps. sumber: Fahmi Hakim

Bukit Kerek Indah merupakan lokasi wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Ngawi, dimana kamu dapat menyaksikan pemandangan alam serta Sungai Bengawan Solo.

Saat ini menjadi tempat favorite para pemuda pemudi untuk hunting foto terbaik apalagi sekarang sudah banyak dilengkapi dengan berbagai spot foto.

Diantaranya ada ayunan, sebuah tulisan I Love U, serta jembatan yang terbuat dari kayu. Dan jembatan tersebut akhirnya menjadi ikon dari Bukit Kerek Indah.

Terdapat gazebo juga untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati alam yang menyejukkan. Meskipun masih dikelola oleh masyarakat setempat, namun Bukit Kerek Indah telah dilengkapi beberapa fasilitas untuk membuat pengunjung nyaman.

Memang untuk mencapai puncak bukitnya memerlukan perjuangan yang cukup membuat peluhmu bercucuran, namun hal tersebut akan terbayarkan dengan view yang akan kamu saksikan.

Lokasi: Jl. Bojonegoro – Ngawi, Napel, Kerek, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Tiket: Rp. 2.000,-
Jam Buka: 09.00-17.00

3. Kebun Teh Jamus

kebun teh jamus
kebun teh jamus. google maps. sumber; Nuki kik

SImak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Seperti sudah dijelaskan di awal bahwa Ngawi merupakan sebuah daerah dengan topografi yang berupa dataran tinggi, sehingga lokasi wisata yang adapun berada di ketinggian.

Seperti Kebun Teh Jamus, yang berada di ketinggian sekitar 800 hingga 1.200 mdpl. Maka dapat dipastikan udara yang akan kamu rasakan akan terasa sejuk dan menyegarkan.

Kebun Teh Jamus ini cukup luas untuk kamu yang ingin mengeksplornya, apalagi sambil melihat para petani teh sedang memetik teh terbaik yang dihasilkan.

Selain itu kamu juga dapat menyaksikan sendiri bagaimana proses pembuatan daun teh yang dipetik menjadi minuman teh yang biasa kamu temukan.

Selain itu kamu dapat melihat sebuah bukit kecil yang menyerupai Candi Borobudur, biasa disebut dengan nama Jamus Borobudur Hill. Serta beraneka ragam keseruan yang dapat kamu ciptakan.

Seperti bermain flying fox, berkemah, bahkan berenang di kolam renang yang berada tak jauh dari Kebun Teh Jamus ini. Dan jangan lupa untuk hunting spot foto yang keren-keren.

Lokasi: Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Ngawi, Jawa Timur.
Tiket: Rp. 15.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

4. Air Terjun Pengantin

air terjun pengantin
air terjun pengantin. google maps. sumber: Rifqi Bahtiar

Air Terjun Pengantin merupakan obek wisata air terjun yang memiliki 2 aliran air, yang diibaratakan sebagai sebuah pasangan. Hal tersebutlah yang mendasari nama Air Terjun Pengantin.

Kawasan dari Air Terjun Pengantin ini masih sangat alami, alamnya belum banyak dijamah oleh manusia. Sehingga menampilkan pemandangan yang menyejukkan.

Apalagi ditambah dengan deburan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 12 meter menuju kolam alami yang senantiasa selalu siap menampungnya.

Terdapat spot foto kece yang selalu digunakan oleh pengunjung untuk mengabadikan kedua air terjunnya. Air Terjun Pengantin sempat ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin meluas.

Namun saat ini lokasi wisata air yang menyeukkan ini sudah dibuka kembali untuk kamu yang ingin menenangkan diri dan menyatu bersama alam.

Lokasi: Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Tiket: Rp. 7.000,-
Jam Buka: 08.00-16.30

5. Air Terjun Srambang

air terjun srambang
air terjun srambang. google maps. sumber: Galih Pangestu

Simak juga: keindahan air terjun srambang

Lokasi air tejun yang satu ini berada di kawasan Srambang park. Dimana Srambang Park sendiri merupakan sebuah taman bunga yang dihiasi dengan pohon pinus yang menjulang tinggi ke atas.

Air Terjun Srambang sendiri letaknya berada di bagian ujung Srambang Park, sekitar 500 meter jauhnya dari area taman. Dengan akses jalan yang sangat mudah.

Air Terjun Srambang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dengan kolam alami yang cukup dangkal. Sehingga kamu dapat bermain segarnya air pegunungan yang begitu menyegarkan.

Karena berada di kawasan hutan Jogorogo sehingga udara yang dirasakan sangat sejuk dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Lokasi: Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Tiket: Rp. 20.000,-
Jam Buka: 08.00-18.00

6. Air Terjun Suwono

jalur trekking menuju air terjun
jalur trekking menuju air terjun. google maps. sumber: Damas Prasetya

Objek wisata selanjutnya masih bertemakan air terjun, yakni Air Terjun Suwono yang jaraknya berdekatan dengan Kebun Teh Jamus dan masih satu arah dengan Air Terjun Pengantin.

Untuk menuju Air Terjun Suwono jalurnya sudah tertata dengan rapih, sehingga memudahkan kamu mendekati indahnya air terjun.

Dari loket masuk kamu harus berjalan sekitar 250 meter dengan kondisi trekking yang sudah dipasang paving, dimana di beberapa titik tersedia bangku serta gazebo untuk kamu beristirahat.

Air Terjun Suwono memiliki ketinggian sekitar 20 meter, kolam alaminya pun cukup besar. Konon katanya air yang dialirkannya memiliki kadar PH 8 sehingga dapat langsung diminum.

Lokasi: Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur
Tiket: Rp. 15.000,-
Jam Buka: 08.00-16.00

7. Hutan Pinus Suwono

hutan pinus suwono
hutan pinus suwono. google maps. sumber: Nova Maulydia

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

Hutan Pinus Suwono merupakan jalur menuju Air Terjun Suwono. Sebelum kamu bermain segarnya air terjun, kamu akan menikmati sejuknya deretan pohon pinus sepanjang jalan.

Hutan pinus memang selalu memikat hati dengan panorama dan udara yang diberikan, banyak pengunjung yang berfoto dengan keindahan pohon pinusnya.

Disamping itu kebersihan yang terjaga dengan baik merupakan nilai tambah ketika kamu menyusuri Hutan Pinus Suwono ini.

Lokasi: Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timu
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-17.00

8. Taman Wisata Tawun

taman wisata tawun
taman wisata tawun. google maps. sumber: tomaznugroho

Taman Wisata Tawun merupakan sebuah objek wisata keluarga dimana kolam renanglah yang menjadi andalannya. Namun ternyata di taman tersebut masih ada wahana lainnya yang tentunya seru untuk dicoba.

Diantaranya ada taman bermain anak, bermain perahu atau bebek-bebekan, kolam bulus dan kolam ikan, serta taman bunga tumpah yang cantik banget.

Taman Wisata Tawun selalu menjadi lokasi liburan favorite keluarga, karena wahana yang ada dapat dilakukan oleh berbagai usia.

Untuk kamu yang menyukai memancing pun tersedia area untuk melakukannya. Apalagi untuk kaum muda mudi yang seneng jepret sana jepret sini pas banget deh pokoknya.

Lokasi: Jl. Sunan Lawu, Desa Tawun, Kec. Kasreman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.00-17.00

9. Waduk Pondok

landscape waduk pondok
landscape waduk pondok. google maps. sumber: THORIQULA

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Ngawi selanjutnya ialah Waduk Pondok, yang merupakan salah satu bendungan yang dijadikan sebagai objek wisata keluarga.

Karena memberikan pengunjung panorama alam yang indah berupa pemandangan waduk atau bendungan serta perbukitan yang terlihat sangat gagah.

Ketika berada di Waduk Pondok kamu dapat menenangkan diri dengan menikmati semua sajian pemandangan alam yang indah. Apalagi jika sambil menyaksikan metahari tenggelam atau sunset, suasana pasti akan jauh lebih indah.

Waduk Pondok juga merupakan surganya bagi para mancing mania, bahkan disini sering diadakan lomba memancing dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Lokasi: Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Tiket:-
Jam Buka: 07.00-17.00

10. Waduk Sangiran

landscape waduk sangiran
landscape waduk sangiran. google maps. sumber: ree samy

Waduk lain yang ada di Kabupaten Ngawi ialah Waduk Sangiran, yang memeiliki sebuah taman di tengah waduknya. hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung selalu berdatangan.

Taman tersebut dikenal dengan sebutan Taman bambu air, pengunjung yang datang ke taman tersebut selalu mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video.

Kamu dapat mengelilingi Waduk Sangiran dengan menyewa sebuah perahu, sebelum menuju Taman Bambu Air. Kegiatan seru lainnya ialah menyaksikan cantiknya sunset serta sunrise di pagi hari.

Waduk Sangiran juga selalu digunaka warga untuk memancing, khususnya ikan bandeng. Kamu akan terus strike jika memancing di Waduk Sangiran.

Lokasi: Desa Sumber Bening, Kec. Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Tiket: Rp. 3.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

11. Museum Trinil

koleksi museum trinil
koleksi museum trinil. google maps. sumber: Verri Herlambang

Simak juga: 11 tempat wisata Ungaran

Tempat wisata terakhir ialah Museum Trinil yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, dan dibangun oleh Eugene Dubois, seorang pejabat kedokteran tentara kolonial Belanda.

Museum tersebut berisikan penemuan fosil-fosil manusia purba, fosil tulang panggul gajah jenis stegodon trigonochepslus, serta fosil-fosil lainnya.

Sehingga ketika mengunjungi Museum Trinil kamu akan merasakan sensasi wisata sejarah. Apalagi sekarang sudah dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak, sehingga mereka dapat bermain sambil belajar.

Lokasi: Pilang, Kawu, Wonokerto, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.
Tiket: Dewasa Rp 3.000,- anak-anak Rp. 2.000,-
Jam Buka: 08.00-16.00. Senin Tutup


Leave a Comment