11 Tempat Wisata Tawangmangu, Melepas Penat di Lereng barat Gunug Lawu

Tawangmangu letaknya yang berada di lereng sebelah barat gunung Lawu. Posisi geografis ini membuat Tempat wisata tawangmangu terkenal dengan udaranya yang sejuk dan dingin. Bahkan mayoritas hotel di sana tidak menyediakan AC, karena udara sudah dingin.


Posisi geografis di lereng gunung lawu membuat Tempat wisata tawangmangu terkenal dengan udaranya yang sejuk dan dingin.
Tawangmangu, Image via: radarsolo.jawapos.com

Sekilas Soal Tawangmangu

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini ternama karena merupakan daerah wisata yang sangat dingin. Tawangmangu dikenal sebagai objek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu.

Tawangmangu bisa dicapai dengan kendaraan darat selama sekitar satu jam dari Kota Solo. Sejak masa kolonial Belanda, tempat ini telah menjadi tempat berwisata.

Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di indonesia. Terlebih lagi, daerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan objek wisata Air Terjun.

Tawangmangu telah menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan untuk membangun vila-vila, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel dan penginapan.

Untuk mendukung kemudahan dalam mengakses daerah ini, pemerintah telah mengusahakan perbaikan jalur transportasi dengan melakukan perawatan jalan dan pembangunan jalan baru lintas provinsi dari Tawangmangu sendiri yang berada di Jawa Tengah ke arah Magetan Jawa Timur.

11 Tempat Wisata Tawangmangu

  1. Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Kemuning, salah satu tempat wisata btawangmangu yang diidolakan anak muda
Kebun teh kemuning. Image via: explorewisata.com

simak juga: 11 tempat wisata cibubur

Kebun teh kemuning karanganyar tawangmangu merupakan tempat wisata tawangmangu dengan tiket masuk yang sangat terjangkau. Pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, jika ingin melakukan aktivitas outbond yang telah disediakan diarea kebun ada tarif tertentu.

Tempat adalah termasuk yang banyak diminati oleh warga tidak hanya sekitar Solo namun banyak juga yang datang dari luar Solo. Kebun ini letaknya dibawah lereng Gg. Lawu yang memang menjadi sebuat agro wisata. Karena lokasinya dikaki gunung tentunya suhu udara disini lumayan dingin yaitu kurang lebih 21,5 celcius.

Kebun teh kemuning memiliki panorama alam yang sungguh mengagumkan. Pengunjung akan disajikan hamparan hijau kebun teh sejauh mata melihat yang menenangkan jiwa dan menyegarkan penglihatan.

Tempat wisata Tawangmangu Ini dapat menjadi destinasi yang cocok untuk Anda yang menyukai berlibur diarea pegunungan dengan keelokan pemandangan alam sekitar, sejuknya udara, hunting foto atau gambar berlatar pegunungan dan kebun teh. Di kawasan Kebun Teh Kemuning terdapat beberapa titik lokasi.

Alamat: Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kaupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Tiket: Gratis
Jam Operasional 06.00-18.00

  1. Agrowisata Sondokoro

Ketera Tebu Agrowisata Sondokoro di lokasi tempat wisata tawangmangu
Ketera Tebu Agrowisata Sondokoro. Image via: wisatasenibudaya.com

Dulunya, Tempat Wisata Tawangmangu  dan sekitarnya ini adalah bagian dari pabrik gula di masa kolonial. Sisa-sisa sejarah dari pabrik gulanya sendiri tetap bisa diamati dari sana. Bahkan pabrik gula ini adalah pabrik gula terbesar di Karanganyar yang masih berfungsi hingga saat ini.

Objek wisata Sondokoro sendiri dibangun sejak 2005 dan resmi dibuka sebagai objek wisata di tahun 2006. Dulunya, kawasan ini memang murni hanya sebuah pabrik gula biasa. Namun sejak dibuka sebagai tempat wisata, pabrik gula ini semakin terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Wisatawan juga bisa mempelajari mengenai proses pembuatan gula di pabrik gula ini.

Di lokasi wisata Agrowisata Sondokoro ini ada banyak wahana dan juga fasilitas wisata yang cukup lengkap. Selain bisa masuk ke area pabrik gula, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas permainan baik untuk anak dan juga dewasa.

Selain itu, lokasi Tempat wisata Tawangmangu ini juga cukup sejuk karena memiliki berbagai macam pohon yang rindang sehingga akan sangat nyaman untuk menghabiskan waktu di sana.

Alamat: Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah.
Tiket: Rp 5000
Jam Operasional: 08.00-17.00

  1. Taman Ria Balekambang

tempat wisata tawangmangu taman balekambnag berbenahd iri denganmenampilkan miniatur land mark dunia
Taman Ria Balekambang. Image via: surakarta.pro

Simak juga: Wisata Gunung Kelud

Taman miniatur dunia ini berlokasi tidak jauh dari kawasan wisata Tawangmangu. Menyajikan objek wisata berupa landmark – landmark dunia yang cocok dijadikan spot foto. Berada di sini, seperti merasakan keliling dunia dalam satu tempat.

Mengusung konsep wisata foto, Tempat wisata Tawangmangu Taman Balekambang Tawangmangu memiliki banyak spot berfoto. Ketika memasuki objek wisata, pengunjung akan disambut dengan patung dinosaurus raksasa. Ada juga patung naga dan juga sandal raksasa.

Melewati pintu masuk, pengunjung akan disambut oleh pemandangan tumbuhan segar yang menghiasi jalan. Ditambah lagi tumbuhan rambat yang menambah indah pemandangan. Di sebelah kanan pintu masuk, terdapat 3D art studio.

Tidak hanya berfoto, anak – anak juga dapat menikmati serunya bermain air di waterboom. Terdapat kolam renang yang dangkal dan penuh dengan permainan. Diantaranya seluncuran dan air mancur. Kolam renang juga dilengkapi dengan berbagai figur yang menarik. Ada gurita raksasa, kuda laut, dan hewan air lainnya.

Pengunjung Tempat wisata Tawangmangu ini dapat memacu adrenalin dengan flying fox, high rope, ATV, ataupun paint ball. Flying fox dibedakan juga berdasarkan ketinggian dan jaraknya, ada S, L, dan mini.

Alamat: Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah
Tiket: Rp 20.000-Rp 50.000
Jam Operasional: 08.00-17.00

  1. Telaga Sarangan

tempat wisata tawangmangu telaga serangan memilikipemandangan yang cocok utuk latar pengambilan foto
Telaga Sarangan. Image via: nativeindonesia.com

Telaga sarangan berada di ketinggian 1200 mdpl. Dengan luas wilayah kurang lebih 30 ha, dan kedalaman air yang mencapai 28 meter. Daya tarik utama kawasan Tempat wisata Tawangmangu ini terletak di telaganya. Dimana, sobat native bisa menyewa perahu di telaga ini dengan harga 50 ribu rupiah saja.

Sobat native akan diajak berkeliling telaga selama 2 putaran dengan kecepatan fantastis. Dimana, adrenalin akan terpacu karena ombak yang dihasilkan oleh kapal ini begitu mengesankan.

Selain wahana kapal, sobat native bisa menggunakan jasa naik kuda. Dimana, kuda ini akan mengantar sobat native berkeliling telaga. Selain itu, sobat native juga bisa berbelanja kaos dan berbagai macam souvenir cantik. Bisa juga berbelanja kebutuhan sayuran. Atau menikmati sate kelinci yang begitu nikmat.

Di sekitar telaga Tempat wisata Tawangmangu ini ada sebuah air terjun bernama Tirtosari. Memasuki kawasan ini sobat native harus membayar uang sebesar 7 ribu rupiah dan berjalan menuju area persawahan yang luas dan indah. Jangan lupa membawa kamera disini, dan abadikan setiap momen yang ada.

Alamat: Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, 5 km dari tawangmangu
Tiket: Rp 7.500
Jam Operasional: 08.00-18.00

  1. Candi Cetho

tempat wisata tawangmangu candi dheto masih berupa candi aktif, yang dipakai tempat peribadatan umat hindu dan kejawen
Candi Cetho. Image via: solo.tribunnews.com

Simak juga: Wisata dataran tinggi Pabangbon

Selain keindahan panorama yang disajikan Candi Chtho, misteri yang menyelimuti kawasan kompleks candi serta mitos-mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal tersebut tidak lepas dari keberadaan candi yang hingga kini masih dimanfaatkan sebagai tempat.

Candi Tempat wisata Tawangmangu ini digunakan  ibadah dan tempat berziarah oleh Umat Hindu. Digunakan untuk tempat bertapa atau bersemedi oleh penganut aliran kepercayaan, serta dipakai untuk menggelar upacara rutin setiap tanggal 1 Syuro serta setiap 6 bulan sekali pada peringatan Wuku Medangsia.

Berbagai aktifitas spiritual tersebut dilakukan di kompleks wisata. Candi ini konon dibangun dengan tujuan untuk dipakai sebagai tempat Upacara Ruwatan, yaitu upacara adat untuk penyucian diri dari kehinaan disebabkan karena penyakit, perbudakan, kutukan, kesengsaraan hidup serta lainnya.

Jadi misteri yang menyelimuti kawasan Tempat wisata Tawangmangu ini tidak ada kaitannya dengan cerita hantu, melainkan lebih kepada suasana magis yang dipancarkan oleh aura bangunan

Alamat: Dusun Ceto Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar
Tiket: Rp 7.000
Jam Operasional: 07.00-17.00

  1. Air Terjun Pringgodani

tempat wisata tawangmangu berupa air terjun setinggi 100 meter yang mempesona
Air Terjun Pringgodani. Image via: wisatadiindonesia.com

Air Terjun Pringgodani merupakan sebuah Tempat Wisata Tawangmangu yang cukup sakral. Bahkan objek wisata ini sebenarnya bukanlah objek wisata alam, melainkan objek wisata religi, khususnya bagi penganut kepercayaan tertentu.

Akan tetapi, suasana dan pemandangan air terjun ini memang sangat indah. Keistimewaan air terjun ini adalah terdiri dari 2 tingkatan. Air terjun ini juga sangat tinggi dan tingginya bahkan mencapai lebih dari 100 meter.

Keunikan inilah yang menyebabkan air terjun ini mulai dikenal. Walau namanya tidak sepopuler Air Terjun Grojogan Sewu, akan tetapi, keindahan Pringgondani tetap menawan.

Karena berada di lereng gunung, tentunya suhu udara di sekitar air terjun sangat sejuk. Pemandangan hijau khas lereng gunung pun akan memanjakan mata dan juga menenangkan jiwa. Cocok untuk para pengunjung yang ingin melepaskan penat dan lebih dekat dengan alam.

Di dekat Tempat wisata Tawangmangu ini ada sebuah rumah joglo yang seringkali dijadikan tempat sakral oleh orang-orang dengan kepercayaan tertentu. Petilasan itu adalah milik Eyang Kacanegara. Di sebelahnya ada juga mata air sendang pengantin.

Alamat: Area Hutan Lindung, Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar Regency, Central Java
Tiket: –
Jam Operasional: 24 jam

  1. Telaga Madirda

tempat wisata tawangmangu telaga madirda memiliki air yang sejernih kristal
Telaga Madirda. Image via: nativeindonesia.com

simak juga: Desa Wisata Tembi

Kondisi air pada Telaga Madirda sangat jenih karena berasal dari sumber air yang masih sangat alami. Jernihnya air telaga membuat dasar telaga terlihat cukup jelas. Beberapa tumbuhan jenis ganggang dan lumut mendominasi dasar telaga.

Ada yang mengatakan bahwa keberadaan sumber air Tempat wisata Tawangmangu tersebut adalah sebuah situs pentirtaan yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Hal ini diperkuat dengan keberadaan beberapa situs candi yang ditemukan di sekitar lereng Gunung Lawu seperti Candi Sukuh, Candi Cetho.

Selain keindahan alam Telaga Madirda yang masih alami terdapat sebuah legenda tentang Cupu Manik Astagina. Telaga Madirda dikisahkan merupakan penjelmaan dari Cupu Manik Astagina tersebut. Cupu Manik Asta Gina sering kita dengar pada cerita wayang dalam kisah Anjani, Subali, dan Sugriwa.

Petilasan Cupu Manik Astagina berada disamping Telaga Madirda atau samping jalan menuju sumber air yang dikeramatkan. Petilasan Tempat wisata Tawangmangu tersebut telah dipugar dengan bangunan rumah disebelah warung milik juru kunci Telaga Madirda.

Alamat: Dusun Tlogo, Desa Barjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Tiket: Gratis
Jam operasional: 08.00-18.00

  1. Bukit Sekipan

tempat wisata tawangmangu Kawasan wisata alam Bukit Sekipan ini bisa dimasukkan ke dalam kawasan wisata terpadu.
Bukit Sekipan. Image via: hipwee.com

Kawasan Tempat wisata Tawangmangu alam Bukit Sekipan ini bisa dimasukkan ke dalam kawasan wisata terpadu. Hal ini terlihat dengan banyaknya fasilitas dan juga permainan yang menarik dengan banyaknya wahana permainan di kawasan wisata ini.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai macam permainan seperti outbound dan juga wahana permainan air di mini waterboom. Ada pula rumah halloween dan tidak lupa pula area play ground yang sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Di kawasan Bukit Sekipan ini juga sudah menyediakan area selfie corner dengan tampilan yang unik dan juga sangat pas untuk digunakan berfoto atau mengambil gambar. Lalu ada pula miniatur landmark dunia dan juga alat transportasi jaman dulu.

Bagi para pengunjung Tempat wisata Tawangmangu yang datang bersama anak-anak dan keluarga, bisa mengunjungi area Waterboom. Di kawasan Waterboom ini tersedia aneka permainan air yang sangat menyenangkan.

Meskipun bukan waterboom besar, tetapi sudah sangat menyenangkan bagi para pengunjung. Di wahana waterboom mini pengunjung yang datang ke Bukit Sekipan sudah siap dimanjakan dengan aneka permainan air.

Alamat: Jalan Sekipan, Desa Kalisoro, Tawangmangu, Area Hutan, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Tiket: Rp 60.000
Jam Operasional: 08.00-18.00

  1. Museum Purbakala Dayu

Koleksi museum Dayu berupa kerangka banteng purba
Museum Purbakala Dayu. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Desa Wisata Pulesari

Tempat wisata Tawangmangu yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan anak-anak. Purbakala Dayu merupakan sebuah museum yang menyajikan replika berbagai makhluk purba. Makhluk purba yang dipamerkan di tempat ini khususnya adalah manusia jawa pada jaman dahulu.

Selain terdapat replika, pastinya juga dilengkapi dengan keterangan mengenai bendanya. Museum purbakala dayu ini sangat cocok dikunjungi rombongan anak sekolah. Dengan mengunjungi museum ini anak-anak akan belajar mengenai sejarah dengan metode yang berbeda.

Di museum ini kita dapat melihat  dan mempelajari jejak kehidupan manusia purba dari struktur dan lapisan tanah yang telah ada berjuta-juta tahun silam. Bidang keilmuan  yang terkait meliputi: antropologi, arkeologi, geologi, paleoantropologi, magantropus, erektus, dll.

Di sekitar lokasi museum Tempat wisata Tawangmangu ini  ditemukan jejak peninggalan berumur 2 juta tahun silam masih dapat ditemukan hingga kini dengan benda yang relatip utuh sehingga para ahli dapat marangkai sebuah benang merah sebuah sejarah yang pernah terjadi di Desa Dayu secara berurutan.

Alamat: Dayu, Kec. Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Tiket:Rp 5.000
Jam Operasional: Selasa-Minggu. 08.00-16.00

  1. Agrowisata Amanah

tempat wisata tawangangu satu ini menghadirkan kesempatan untuk merasakan sensasi bertani dan beternak
Agrowisata Amanah. Image via: hoteldiindonesia.net

Agrowisata Amanah sudah berdiri sejak tahun 2004 lalu. Tempat ini dibuat untuk menghadirkan wisata keluarga yang sejuk dan menyenangkan. Lokasinya sangat strategis, berada di kaki Gunung Lawu yang perkasa.

Berada di kaki Gunung Lawu, membuat objek Tempat wisata Tawangmangu ini berhawa sejuk. Pengunjung tidak perlu khawatir kepanasan saat bermain di luar ruangan. Ditambah lagi, pemandangan hutan, gunung, serta perkebunan yang menyejukkan mata.

Objek wisata ini memanfaatkan alam sekitar. Tak heran, wahana permainan yang disediakan pun seputar alam. Seperti kolam ikan, sawah, kebun sayur, dan tak lupa peternakan.

Ada berbagai wahana yang memacu adrenalin dan sangat menantang.Diantaranya ada ATV, Flying fox, jembatan ogal agil, wall climbing, dan lainnya. Pengunjung tidak perlu khawatir mengenai keamanan. Karena wahana di sini sudah dilengkapi dengan pengaman yang baik.

Di area peternakan, pengunjung Tempat wisata Tawangmangu ini diajari cara beternak yang baik. Hewan yang dipelihara untuk ternak yaitu kambing, kuda, sapi, kelinci, bebek, dan ayam. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan, dan serunya juga dapat berkuda berkeliling kebun.

Alamat:  Jl. Raya Tawangmangu KM.34 Karangpandan, Karanganyar.
Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 07.00-17.00

  1. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo bagaikan sebuah taman yang penuh tanaman hijau. Pemandangan yang tersaji dari atas bukit sangat sayang untuk dilewatkan.
Air Terjun Parang Ijo. Image via: jelajahkaranganyar.id

Simak juga: Pesona Pantai Galesong

Air Terjun Parang Ijo bagaikan sebuah taman yang penuh tanaman hijau. Pemandangan yang tersaji dari atas bukit sangat sayang untuk dilewatkan. Memang, jalan menuju ke wisata ini sedikit menanjak dan melelahkan. Namun begitu sudah menyaksikan sendiri keindahannya, Teman Traveler pasti akan enggan pulang.

Di sekitar air terjun Tempat wisata Tawangmangu ini juga terdapat situs peninggalan berupa patung Lingga Yoni dan Arca Dwarapala. Tak jauh dari situ, ada spot foto ala kekinian yang cukup Instagenic. Teman Traveler hanya perlu membayar Rp5 ribu untuk mengambil gambar di sana.

Gardu pandang sudah menanti di puncak bukit. Teman Traveler bisa melihat pemandangan luar biasa Kota Karanganyar, bagaikan lukisan mahakarya Tuhan yang tiada duanya. Siapapun yang berkunjung ke sini pasti bakal merasakan kesan mendalam.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, Air Terjun Tempat wisata Tawangmangu ini dulunya adalah sebuah dusun. Di dalam wilayahnya terdapat pohon keramat yang sulit ditebang. Namun pohon sakral tersebut akhirnya limbung juga usai terjadi banjir besar di sekitar dusun.

Alamat:  Mlinggur, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Tiket: Rp 3.000
Jam Operasional: 08.00-18.00

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment