5 Tempat Wisata Di Tawangmangu, Wisata Anti Gabut Di Karanganyar

Tempat wisata di Tawangmangu, beberapa di antaranya sudah kami sajikan di artikel tempat wisata di Karanganyar. Wajar saja, karena Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar yang sangat populer sebagai kawasan wisata alam yang recommended bagi semua usia.

Wisata di Tawangmangu didominasi oleh wisata alam. Namun bukan berarti minim dengan sentuhan kekinian. Justru sebaliknya, pesona alam di Tawangmangu mampu tersaji dalam kebutuhan wisata kekinian yang instagramable.

Info wisata Tawangmangu hari ini sangat dipengaruhi oleh level zonasi di masa PPKM. Sekalipun wisata Tawangmangu dibuka lagi, para pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan.

kecamatan tawangmangu
kecamatan tawangmangu. google maps. sumber: Rizqy Purbo W.

Simak juga: 5 tempat wisata karanganyar

Secara pribadi, penulis mengapresiasi sebesar-besarnya terhadap pelaku usaha di sektor wisata. Karena menurut penulis, mereka adalah pengusaha yang sangat patuh terhadap pemerintah di masa pandemi. Sekalipun dampak ekonominya sangat besar.

Namun bukan berarti kelompok pengusaha yang lain tidak patuh. Hanya saja bagi penulis yang konsen di dunia wisata mempunyai pengalaman empiris atas kepatuhan pengusaha sektor wisata di masa pandemi.

5 Tempat Wisata Di Tawangmangu

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan yang terletak di lereng sebelah barat Gunung Lawu. Maka jangan heran jika udaranya sejuk, dan dingin.

Panorama alamnya juga sangat indah, serta memiliki beberapa wisata air terjun yang layak untuk dikunjungi. Tiket masuk wisata Tawangmangu dibedakan berdasarkan objek wisata yang akan dituju. Karena di Tawangmangu terdapat lebih dari satu objek wisata.

Dan inilah tempat wisata di Tawangmangu yang sangat direkomendasikan untuk anda, beserta keluarga. Serta sebagai referensi awal menentukan tujuan wisata di masa liburan. Dan inilah top listnya:

1. Cemoro Kandang

cemoro kandang
cemoro kandang. google maps. sumber: Ruwanto

simak juga: 11 tempat wisata cibubur

Tak lengkap rasanya jika membahas wisata Tawangmangu, atau perjalanan menuju Gunung Lawu, tanpa membahas sebuah tempat awal peberangkatannya, yang bernama Cemoro Kandang.

Cemoro Kandang adalah tempat nongkrong, sekaligus cek persiapan bagi mereka yang akan melakukan pendakian ke Gunung Lawu.

Di Cemoro Kandang, para pengunjung bisa menikmati beberapa kuliner, serta sate kelinci yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Atau hanya membeli secangkir kopi, dan teh panas, di antara dinginnya udara wisata Tawangmangu.

  • Lokasi dan alamat Cemoro Kandang berada di Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

2. Taman Wisata Balekambang

taman wisata balekambang
taman wisata balekambang. google maps. sumber: Taman Wisata Balekambang Tawangmangu

Simak juga: Wisata Gunung Kelud

Wisata Tawangmangu yang cocok untuk liburan keluarga, hunting foto instagramable, ataupun nongkrong untuk melepas penat, bernama Taman Wisata Balekambang Tawangmangu.

Taman Wisata Balekambang merupakan wisata Tawangmangu yang menghadirkan konsep, dan nuansa serasa di luar negeri. Ikon kota – kota terkenal di dunia, dapat anda temukan replikanya di Taman Wisata Balekambang.

Selain itu, Taman Wisata Balekambang juga dilengkapi dengan wahana wisata air, serta banyaknya spot sefie yang instagramable. Bahkan beberapa di antaranya adalah spot yang baru.

  • Lokasi Taman Wisata Balekambang terletak di Lereng Gunung Lawu.
  • Alamat Taman Wisata Balekambang berada di Jl. Balaikambang, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Taman Wisata Balekambang Rp. 20.000 – Rp. 50.000.

3. Air Terjun Pringgodani

air terjun pringgodani
air terjun pringgodani. google maps. sumber: prita aldinia priyono

Simak juga: Wisata dataran tinggi Pabangbon

Air Terjun Pringgodani adalah sebuah kawasan yang dikeramatkan, dihormati, serta sebagai objek religi bagi penganut aliran kepercayaan.

Tetapi karena pesona alamnya sangat luar biasa, yang berpadu dengan keberadaan Air Terjun Pringgodani, maka hasrat masyarakat umum untuk bisa berkunjung semakin tidak bisa dibendung.

Pada akhirnya, Air Terjun Pringgodani menghadirkan sisi wisatanya. Tetapi, para pengunjung harus tetap menjaga etika, sopan santun, dan menghargai nilai yang diyakini oleh masyarakat sekitar.

Air Terjun Pringgodani memiliki ketinggian sekitar 100 meter lebih, dan memiliki 2 tingkatan. Airnya jernih, serta memiliki arus air yang turun sangat deras.

  • Lokasi Air Terjun Pringgodani terletak di lereng Gunung Lawu.
  • Alamat Air Terjun Pringgodani berada di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Pringgodani Rp. 10.000.

4. Lawu Park

lawu park
lawu park. google maps. sumber: ac hong

simak juga: lawu park

Lawu Park adalah wisata  Tawangmangu yang menawarkan keindahan alam di Kaki Gunung Lawu, yang disempurnakan dengan berbagai macam fasilitas, wahana, serta konsep wisata alam yang kekinian.

Uniknya lagi, di Lawu Park terdapat sebuah spot yang menawarkan sensasi serasa di Korea, lengkap dengan ornamen, serta salju, yang membuat suasana menjadi romantis, dan instagramable.

Lawu Park terbagi menjadi 2 kawasan, yaitu:

  • Lawu Park 1,
  • Lawu Park 2,

Setiap zona, atau kawasan memiliki sensasi wisata yang berbeda-beda. Bahkan, di Lawu Park terdapat wahana adventure dengan menggunakan mobil khusus.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Lawu Park juga menghadirkan penginapan yang nyaman, tenang, sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

Lawu Park juga cocok sebagai tempat nongkrong di Tawangmangu. Suasana alam di sekitarnya mampu mengusir penat, dan gabut loh….

  • Lokasi Lawu Park terletak di Kaki Gunung Lawu.
  • Alamat Lawu Park berada di Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Lawu Park Rp. 15.000 per orang.

5. Bukit Sekipan

bukit sekipan
bukit sekipan. google maps. sumber: Dick Indra

Simak juga: Desa Wisata Pulesari

Bukit Sekipan adalah objek wisata di Karangnyar dengan citarasa internasional. Karena di Bukit Sekipan terdapat landmark negara, dan kota-kota ternama di dunia.

Selain itu, di Bukit Sekipan Karanganyar juga dilengkapi dengan banyaknya spot instagramable. Salah-satu spot favorit pengunjung adalah Kapal Titanic.

Keseruan wisata tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Para pengunjung harus mencoba berbagai macam wahananya, dengan tema, dan sensasi yang berbeda-beda.

Bukit Sekipan juga dilengkapi dengan resort, villa, atau penginapan yang sangat nyaman, berada di sebuah kawasan alam yang memiliki udara yang sejuk.

  • Lokasi dan alamat Bukit Sekipan berada di Jl. Sekipan, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Bukit Sekipan Rp. 50.000 (Reguler).