11 Tempat Wisata Temanggung, Ada Pohon Yang Kuat Tidak Terbakar Loh

Tempat Wisata Temanggung didominsasi oleh objek wisata bertemakan alam. Hal itu dikarenakan Kabupaten Temangung Jawa Tengah merupakan dataran tinggi, serta dikelilingi oleh beberpa gunung yang terkenal sebagai Rangkaian Dataran Tinggi Dieng.

pesona wisata temanggung
pesona wisata temanggung. google maps. sumber: saraZ 007

Angka kunjungan wisatawan, baik lokal, maupun mancanegara ke Tempat Wisata Temanggung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Apalagi di tahun 2017 ke tahun 2018.

Angka kunjungan ke Tempat Wisata Temanggung tahun 2017 tercatat sebanyak 494.144 wisatawan mancanegara, dan lokal. sedangkan di tahun 2018, mengalami kenaikan sebanyak 656.064 kunjungan.

Hal tersebut menegaskan bahwa Kabupaten Temanggung memiliki pesona, dan kekhasan tersendiri yang mampu memikat mata wisatawan.

Dan inilah review 11 Tempat Wisata Temanggung yang hits, sekaligus sangat recommended untuk anda kunjungi saat liburan tiba.

11 Tempat Wisata Temanggung

1. Embung Kledung

embung kledung
embung kledung. google maps. sumber: Suka Furniture

Embung Kledung adalah objek wisata yang bermula dari niatan untuk menjaga stabilitas persediaan air bagi sektor pertanian, dan perkebunan.

Embung yang berarti sebuah waduk, atau penampungan air. Ternyata setelah selesai dibangun, kawasan itu menyimpan potensi keindahan alam yang layak dijadikan sebagai objek wisata.

Embung Kledung berada di bekas lahan perkebunan Tembakau dengan luas 83×83 meter . dan kawasan tersebut terkenal sebagai spot yang nyaman sebagai destinasi wisata keluarga.

Adapun ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat berada di Embung Kledung temanngung adalah sebagai berikut:

  • Camping
  • Menikmati pesona sunrise, dan sunset
  • Hunting foto, karena banyak spot selfie yang keren

Lokasi dan alamat Embung Kledung berada di Jl. Raya Parakan-Wonosobo, KM 12, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Parakan, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Embung Kledung Temanggung adalah:

  • Tiket masuk Rp. 5.000 per orang
  • Tiket camping Rp. 15.000 per orang

Simak juga: ulasan lengkap Embung Kledung Temanggung

2. Embung Tlogopucang

embung tlogopucang
embung tlogopucang. google maps. sumber: Darmadi Pramono

11 Tempat Wisata Temanggung selanjutnya adalah Embung Tlogopucang. Jangan heran jika banyak embung, waduk, atau penampungan air yang disulap menjadi objek wisata di Temanggung.

Selain karena memiliki view alam yang menawan, alasan penting lainnya adalah mayoritas mata pencaharian masyarakat Temanggung adalah bertani, dan berkebun. Maka sebuah kewajaran jika sangat bergantung kepada persediaan air.

Daya tarik Embung Tlogopucang adalah panorama alam yang elok, yang berpadu dengan ragam spot selfie yang kekinian. Hampir sama dengan Embung Kledung, di Embung Tlogopucang para pengunjung bisa melakukan aktivitas camping.

Lokasi dan alamat Embung Tlogopucang berada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandang, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Embung Tlogopucang adalah:

  • Tiket masuk Rp. 5.000 per orang
  • Tiket parkir motor Rp. 2.000
  • Tiket parkir mobil Rp. 5.000

3. Wisata Alam Posong

wisata alam posong temanggung
wisata alam posong temanggung. google maps. sumber: Akuisty

Wisata Alam Posong adalah salah-satu wisata temanggung yang hits bukan hanya di kalangan muda-mudi saja, namun menjadi destinasi wisata untuk semua usia.

Daya tarik Wisata Alam Posong yang paling terkenal adalah objek wisata alam yang dipenuhi dengan ragam spot instagramable, camping area, serta golden sunrise.

Memiliki luas sekitar 1,2 ha, menjadikan Wisata Alam Posong dipenuhi dengan beragam wahana yang bisa menambah keseruan wisata para pengunjung. Termasuk fasilitas camping yang sudah disediakan dari A sampai Z, para pengunjung tinggal datang, dan menikmati saja.

Lokasi dan alamat Wisata Alam Posong Temanggung berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Wisata Alam Posong adalah:

  • Tiket masuk Rp. 20.000 per orang
  • Tiket parkir motor Rp. 3.000

Simak juga: Review Wisata Alam Posong Temanggung

4. Watu Layah

watu layah
watu layah. goole maps. sumber: maryono ephie

Menikmati keindahan alam di spot yang kece, dengan cuaca yang cerah,memang itulah trend wisata saat ini. Tapi menikmati keindahan alam dari ketinggian, berpadu dengan ragam spot instagramable, dalam suasana cuaca yang berkabut, tentu saja masih sangat jarang.

Itulah daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata Watu Layah, sebagai wisata Temanggung yang memiliki kekhasan tersendiri. Apalagi di sana terdapat banyak gardu pandang yang akan menambah kenikmatan wisata para pengunjung.

Lokasi dan alamat Watu Layah Temanggung berada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandang, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Desa Tlogopucang adalah salah-satu desa wisata di Temanngung yang dikenal memiliki potensi alam yang layak sebagai destinasi wisata. Dan di Watu Layah, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas camping.

Harga tiket masuk Watu Layah adalah:

  • Tiket masuk Rp. 3.000 per orang
  • Tiket camping Rp. 10.000 per orang

5. Curug Titang

curug titang
curug titang. google maps. sumber: Vika Fa

11 Tempat Wisata Temanggung yang hits selanjutnya adalah Curg Titang. Sebuah air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 10 meter, yang dikelilingi oleh panorma alam yang masih asri.

Untuk sampai di lokasi utama Curug Titang memang perlu melakukan trekking. Namun lelahnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan air terjun tersebut.

Aliran airnya cukup deras, airnya juga jernih, dan saat air tersebut berkumpul di kolam utama membentuk warna hijau tosca.

Kedalaman kolam utama mencapai 2 meter, sehingga menjadi spot yang nyaman untuk melakukan cliff jumping. Namun bagi yang tidak bisa berenang, cukup di tepian kolam saja, atau di titik yang lain.

Lokasi dan alamat Curug Titang berada di Dusun Titang, Desa Nampirejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Curug Titang adalah:

  • Tiket masuk Rp. 5.000 per orang
  • Tiket parkir motor Rp. 2.000

Di Curug Titang juga dilengkapi oleh ratusan anak tangga, dan beberapa spot untuk selfie.

6. Curug Trocoh

curug trocoh
curug trocoh. google maps. sumber: Agrobiv Project

Curug Trocoh atau disebut juga dengan nama Curug Surodipo menjadi salah-satu dari 11 tempat wisata Temanggung yang wajib dikunjungi.

Curug Trocoh, atau Curug Surodipo memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Kolamnya tidak terlalu besar, serta berada di ketiggian pegunungan, yang menyajikan panorama alam yang luar biasa.

Menikmati keindahan Curug Trocoh, atau Curug Surodipo bisa dati atas ketinggian, maupun dari bawah, atau di lokasi dekat kolam utama. Dan itulah daya tarik utamanya.

Lokasi dan alamat Curug Trocoh, atau Curug Surodipo berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Curug Trocoh, atau Curug Surodipo adalah:

  • Tiket masuk Rp. 4.000 per orang
  • Tiket parkir motor Rp. 2.000

Jarak trekking dari area parkir juga tidak terlalu jauh, hanya saja akan terus menanjak, serta dilengkapi dengan anak tangga yang terbuat dari tembok.

7. Curug Lawe

curug lawe kalisidi
curug lawe kalisidi. google maps. sumber: Paul Miamori

Wisata Temanggung selanjutnya yang hits adalah Curug Lawe. Meskipun secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Semarang. Kunjungan wisata ke Curug Lawe merupakan perjalanan satu kali mendayung, dua pulau terlampaui.

Lokasi Curug Lawe satu arah dengan Curug Benowo. Saat trekking, arah menuju Curug Lawe adalah ke sebelah kanan, sementara Curug Benowo ke sebelah kiri. Tenang saja, di sana juga ada papan penunjuk arahnya….

Trekkingnya lumayan jauh, namun pemandangan selama diperjalanan sangat memanjakan mata, terutama area perkebunan cengkehnya.

Pesona keindahan Curug lawe adalah air terjun yang ada di balik kokoh, dan tingginya tebing batu. Bukan hanya satu air terjun, tetapi ada beberapa air terjun di lokasi utamanya.

Lokasi dan alamat Curug Lawe berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Curug Lawe adalah:

  • Tiket masuk Rp. 6.000 per orag
  • Parkir motor Rp. 3.000

8. Curug Onje

curug onje
curug onje. google maps. sumber: Bengki Yanti

Pesona Curug Onje terletak pada karakter air terjunnya yang memiliki 2 undakan utama, serta sebagai air terjun yang sangat lebar.

Di masing-masing undakan utama, terdapat undakan kecil dari bebatuan, sehingga menyajikan panorama air terjun yang eksotis.

Airnya jernih, kolamnya juga tidaklah dalam. Hanya saja pengunjung harus tetap berhatii-hati terutama saat di atas. Jangan gunakan alas kaki yang licin ya….

Lokasi dan alamat Curug Onje berada di Desa Duren Fusun Ngliyangan, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

  • Harga tiket masuk Curug Onje Rp. 5.000 per orang
  • Curug Onje buka dari pukul 07.00 – 15.00

9. Hutan Rasamala

wana wisata walitis
wana wisata walitis. google maps. sumber: M.H Suprayogi

11 tempat wisata Temanggung selanjutnya adalah Hutan Rasamala. Objek wisata tersebut dikenal juga dengan nama Wana Wisata Walitis.

Daya tarik dari Hutan Rasamala adalah terdapat dua jenis pohon yang sangat unik, yaitu :

  • Pohon Walitis, yaitu pohon yang memiliki ketinggian sekitar 300 m, dan diameter sekitar 7,5 m.
  • Pohon Rasamala, yaitu pohon yang tidak mempan terbakar api

Selain itu, di kawasan Hutan Rasamala pemandangannya sangat menawan, ditambah kehadiran beberapa spot instagramable, menjadikan kunjungan wisata ke Hutan Rasamala kian menjadi lebih seru.

Lokasi Hutan Rsamala, atau Wana Wisata walitis terletak di lereng gunung kembang, yaitu Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Alamat Hutan Rasamala, atau wana Wisata Walitis berada di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

  • Harga tiket masuk Hutan rasamala : –
  • Jam buka Hutan Rasamala dari pukul 04.00 – 18.00, buka setiap hari.

10. Gunung Kendil

gunung kendil
gunung kendil. google maps. sumber: Idon

Bagi anda yang terbiasa hidup di kota besar, atau belum pernah melakukan pendakian ke gunung, maka Gunung Kendil adalah lokasi yang tepat bagi para pemula.

Tidak terlalu tinggi, jalur pendakiannya juga tidak terlalu susah, namun tidak mengurani keindahan panorama yang disajikan. Gunung Kendil menjadi spot yang nyaman juga untuk melakukan camping.

Lokasi dan alamat Gunung Kendil berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Gunung Kendil Rp. 10.000 per orang. Dan Gunung Kendil buka selama 24 jam setiap hari.

11. Pikatan Waterpark

pikatan waterpark
pikatan waterpark. google maps. sumber: Dini Purwanti

Setelah selesai dengan jalan-jalan di alam terbuka Wisata Temanngung, maka objek wisata yang terakhir, sekaligus objek wisata keluarga yang hits di Temanngung bernama Pikatan waterpark.

Kolam renangnya dipenuhi dengan beragam wahana yang akan membuat suasana menjadi riang. Di Pikatan Waterpark juga sering diadakan beberapa event.

Lokasi dan alamat Pikatan Waterpark berada di Jl. Raya Pikatan, Mudal. Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

  • Harga tiket masuk Pikatan Waterpark Rp. 15.000 – 20.000 per orang.
  • Pikatan Waterpark buka dari pukul 08.00 – 15.00.

Catatan, bagi setiap pengunjung untuk selalu update jam operasional, atau kebijakan lain dari sebuah objek wisata yang akan dikunjungi. Karena kebijakan terkait penanganan Covid-19 akan mempengaruhi.


Leave a Comment