11 Tempat Wisata Temanggung, Lokasi-Lokasi Indah di Tanah Leluhur Jawa Suriname

Tempat wisata Temanggung tidak kalah serunya untuk dicoba kunjungi. Daerah ini memiliki banyak wisata embung, air terjun dan dataran tinggi. Di daerah ini hutan wisata, yang di dalamnya ada pohon yang konon telah berusia ratusan Tahun.


Tempat wisata Temanggung tidak kalah serunya untuk dicoba kunjungi. Daerah ini memiliki banyak wisata embung, air terjun dan dataran tinggi
Tempat Wisata Temanggung. Image via: @septea_chan

Sekilas Soal Temanggung

Sebagian besar wilayah Kabupaten Temanggung merupakan dataran tinggi dan pegunungan. Bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Di perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo terdapat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Cengklungan, merupakan kesenian khas Temanggung. Cengklungan sebenarnya bercerita tentang kehidupan petani. Setiap gerakannya menggambarkan tarian petani dalam mengolah tanah pertaniannya. Ada gerakan mencangkul, menanam padi, menyiangi padi, menghalau burung, menuai sampai menumbuk padi.

Bahasa daerah yang umum dipakai masyarakat Temanggung adalah Bahasa Jawa Kedu. Dialek Kedu adalah nenek moyang dari bahasa Jawa yang biasa digunakan di Suriname. Dialek ini terkenal dengan cara bicaranya yang khas. Merupakan pertemuan antara dialek “Mataram/bandek”  dan dialek Banyumasan.

Temanggung berada di jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto. Jalan Raya Parakan-Weleri menghubungkan Temanggung dengan jalur pantura. Untuk daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang dilalui oleh jalan nasional yang menghubungkan Semarang-Yogyakarta.

11 Tempat Wisata Temanggung

  1. Embung Kledung

tempat Wisata temanggung ini banyak tempat yang sangat cocok untuk berfoto foto instagenik dan keren pastinya. Udara yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri, karena memang Embung Kledung ini di bagung di lereng Gunung Sundoro
Embung Kledung. Image via: travelspromo.com

Simak juga: 11 tempat wisata Sumbawa

Embung Kledung merupakan sebuah waduk kecil yang berfungsi untuk penampungan air di Temanggung. Awalnya  embung tepat wisata Temanggung ini digunakan oleh warga sekitar untuk sumber air di  musim kemarau, dan lambat laun dijadikan tempat wisata baru.

Di kawasan Embung Kledung ini banyak pemandangan yang disuguhkan. Salah satunya adalah kemegahan  Gunung Sindoro. Pemandangan gunug, di tempat wisata Temanggung ini mirip dengan pemandangan ala Gunung Fujiyama dan ada juga panorama keeropaannya.

Ketika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat permukaan air Embung yang membiaskan bayangan Gunung Sindoro dan Alam sekitar Embung Kledung. Selan itu juga terlihat kerumunan ikan yang bermunculan di Embung ini.

Wisata ini banyak tempat yang sangat cocok untuk berfoto foto instagenik dan keren pastinya. Udara yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri, karena memang Embung Kledung ini di bagung di lereng Gunung Sundoro. Jadi suasana khas pengunungan dapat dirasakand negan sempurna di tempat wisata Pasuruan ini.

Adapun spot yang disediakan untuk berfoto antara lain andalah Kursi Gantung, Ayunan, Jembatan Warna dan Rumah pohon. Tak hanya itu dikawasan Embung Kledung ini juga di jadikan Agrowisata. Dimana selain anda berwisata anda juga dapat belajar megenai berbagai tumbuhan, diantaranya Sayur, Buah, Bunga dll.

Lokasi: Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 4.000
Jam Buka: 06.00-17.15

  1. Embung Tlogopucang

Bukan hanya surga bagi pecinta fotografi, embung Tlogopucang tempat wisata Temanggung ini juga tempatnya traveler yang suka dengan alam
Embung Tlogopucang. Image via: @dias.prasetyo

Embung atau telaga buatan yang menampung air hujan ini terletak di Desa Tlogopucang. Bagi penduduk sekitar, air di telaga tempat wisata Temanggung ini penting di saat musim kemarau. Hal ini karena desa setempat sering mengalami kekeringan.

Seperti objek wisata lainnya, embung Tlogopucang kini makin ramai dikunjungi oleh remaja Temanggung. Tidak hanya untuk liburan, mereka juga menghabiskan waktu di sana mencari spot foto kece serta instagram-able. Melihat semangat dari pengunjung, pengelola telaga membuatkan spot foto cantik.

Bukan hanya surga bagi pecinta fotografi, embung Tlogopucang tempat wisata Temanggung ini juga tempatnya traveler yang suka dengan alam. Beberapa pengunjung memutuskan untuk bermalam dan membangun tenda di area berkemah.

Dengan berkemah, mereka bukan hanya ingin menikmati keindahan desa Tlogopucang di malam hari tapi menanti senja dengan pemandangan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau.

Sebelum mendapat pemandangan telaga buatan, pengunjung yang berkunjung ke embung Tlogopucang akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak kalah menarik. Sepanjang jalan, pepohonan pinus yang berjajar rapi seakan menjadi tuan rumah yang ramah dan menyenangkan. Meski jauh, tentu saja wisatawan tidak akan bosan.

Lokasi: Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 3.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Wisata Alam Mijil Loka

Bagi yang suka berswafoto dengan latar sunrise dan pemandangan alam berupa gunung, maka wajib berkunjung ke tempat wisata Temanggung ini
Wisata Alam Mijil Loka. Image via: @Mijilloka

Simak juga: 11 tempat wisata Serang

Mijil Loka Temanggung ini merupakan tempat wisata alam di Temanggung yang tergolong baru. Tempat wisata temanggung ini lokasinya terletak di desa Pongangan. Saat mengunjungi Mijil Loka Temanggung ini, pengunjung akan menemukan gardu pandang yang mana dapat kamu gunakan untuk menikmati pemandangan di atas ketinggian.

Bagi yang suka berswafoto dengan latar sunrise dan pemandangan alam berupa gunung, maka wajib berkunjung ke tempat wisata temanggung ini. Meskipun tidak setenar dengan bukit lainnya di temanggung, namun tempat ini tidak boleh kamu abaikan.

Tersedia gardu pandang di atas ketinggian tertentu yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menghasilkan foto instagramable.

Lokasi: Dusun Pongangan, Candisari, Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 5.000
Jam  Buka: 08.00-17.00

  1. Wisata Alam Posong

Selain menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan golden sunset, tempat wisata temanggung ini juga menyediakan gazebo bagi pengunjung
Wisata Alam Posong. Image via: datawisata.com

Wisata alam posong kledung temanggung, merupakan sebuah tempat wisata temanggung yang baru di populerkan beberapa tahun ini. Tempat ini menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata karena lokasinya yang begitu strategis yaitu berada di padang safana kledung.

Padang safana kledung ini merupakan belahan tengah tengah anatar gunug sindoro dan gunung sumbing yang nampak indah jika di lihat dari dari kawasan wisata alam posong. Bila berkunjung ke tempat pada waktu sore hari, akan disuguhkan pemandangan golden sunset dengan pancaran sinar yang membelah kedua gunung tersebut.

Selain menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan golden sunset, tempat wisata temanggung ini juga menyediakan gazebo bagi pengunjung. Fasilitas ini untuk membuat pengunjung semakin nyaman saat menikmati indah panorama di sekitar wisata alam posong.

Untuk pengunjung yang ingin mencoba suasana lain dari wisata ini, bisa mencoba fliying fox di sekitar area. Pengunjung akan menikmati sensasi meluncur di sejuknya udara pegunungan yang di hiasi dengan hijaunya pepohonan dan area perkebunan masyarakat sekitar.

Lokasi:  Parakan Wonosobo Km. 9, Kec. Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 7.000
Jam Buka: 03.00-17.00

  1. Watu Layah

Panorama dimiliki tempat wisata temanggung ini  begitu eksotis dengan menyajikan keindahan pegunungan dan hamparan rerimbunan hutan pinus asri.
Watu Layah. Image via: @trindell33

Simak juga: 11 tempat wisata Sumenep

Watu Layah Temanggung. Menjadi salah satu destinasi wisata hits di Jawa Tengah. Baru saja diresmikan akhir tahun 2016, tempat wisata temanggung ini langsung menjadi bahan pembicaraan menarik di berbagai sosial media.

Panorama dimilikinya begitu eksotis dengan menyajikan keindahan pegunungan dan hamparan rerimbunan hutan pinus asri. Selain keindahan alam di sini mengasyikkan, jika masih pagi hari kabut sekitar sangat pekat menyelimuti pepohonan dan bukit-bukit kecil di sekeliling, membuat semakin betah berlama-lama.

Hal menarik lainnya, sobat dapat menaiki sebuah deck view atau gardu pandangan berukuran besar agar dapat menyaksikan hamparan serta panorama kece. Sebagai info tambahan, jika ingin camping di sini maka wajib ijin terlebih dulu kepada Pokdarwis setempat.

Fasilitas yang ada di tempat wisata temanggung Watu Layah terbilang cukup untuk ukuran wisata baru. Di sini tersedia area parkir dan warung kecil. Untuk akses jalannya terbilang baik, meski di beberapa titik kamu akan menemui jalan berbatu.

Lokasi: Desa Tlogopucang sebelah utara, Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Curug Titang

Air terjun tempat wisata temanggung ini memiliki karakteristik sebagai air terjun tunggal dan tidak ditemukan air terjun lain di dekatnya. Ketinggian air terjun ini diperkirakan lebih dari 20 meter.
Curug Titang. Image via: mytrip123.com

Pemandangan Curug Titang terlihat alami dengan jatuhan air terjun langsung mengarah ke dasar tebing. Air terjun tempat wisata temanggung ini memiliki karakteristik sebagai air terjun tunggal dan tidak ditemukan air terjun lain di dekatnya. Ketinggian air terjun ini diperkirakan lebih dari 20 meter.

Kolam alami yang terbentuk dibawah jatuhan air cukup dalam dan dapat digunakan untuk berenang. Pengunjung tidak dilarang untuk berenang namun diharapkan tetap menjaga keamanan dan keselamatan karena tidak ada penjagaan.

Saat mengamati tebing disekeliling Curug Titang Temanggung masih dipenuhi rerimbunan pohon dan tumbuhan lumut. Pada sebuah sisi tebing terdapat sumber mata air yang langsung mengarah ke aliran sungai. Bebatuan kali atau sungai banyak ditemukan di sepanjang aliran sungai di sekeliling kolam dasar air terjun.

Selain itu curug titang tempat wisata temanggung ini sering di gunakan sebagai area rafting bagi para pecinta alam. Di area ini juga sering di adakan ritual keagamaan masyarakat muslim sehari sebelum bulan puasa dan hari raya idul fitri maupun idul adha. ritual tersebut di sebut padusan.

Lokasi: Jalan Durenan, Tembarak, Nampirejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 5.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Curug Trocoh

Nama tempat wisata temanggung ini sesuai, karena memang air terjun ini tak henti-hentinya mengalirkan air, termasuk ketika musim kemarau panjang
Curug Trocoh. Image via: negeriangin-negeriangin

Simak juga: 11 tempat wisata Sleman

Suasana di sekitar air terjun ini juga tenang dan damai. Tebing setinggi 100 meter-an lebih dimana curug ini terbentuk banyak di tumbuhi tumbuhan hijau yang menyejukan mata yang melihatnya. Ditambah dengan formasi ladang penduduk yang menghijau oleh sayuran menghiasi di sekitar bukit tempat curug ini berada.

Nama Curug Trocoh sendiri memiliki arti selalu mengeluarkan air. Nama tempat wisata temanggung ini sesuai, karena memang air terjun ini tak henti-hentinya mengalirkan air, termasuk ketika musim kemarau panjang. Nama lain Curug Surodipuro. Berasal dari nama salah satu panglima Perang Diponegoro, yaitu Kyai Surodipuro.

Curug ini memiliki debit air yang cukup deras dan tak terpengaruh oleh musim. Karena itulah saat musim kering pun air terjun ini masih terlihat mengalirkan air dengan cukup deras. Apalagi ketika berjalan mendekat ke bawah air terjun tempat wisata Temanggung ini. Air jatuhan dari atas yang berubah menjadi kabut ini akan langsung membasahi tubuh.

Lokasi: Desa Tawangsari Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Tiket:-
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Curug Lawe

air terjun tempat wisata Temanggung ini bisa dinamakan curug lawe karena jatuhnya air dari air terjun ini menjuntal mengesankan untaian benang
Curug Lawe. Image via: wisatane.com

Curug lawe merupakan salah satu air terjun yang ada di kaki gunung ungaran. Konon air terjun tempat wisata Temanggung ini bisa dinamakan curug lawe karena jatuhnya air dari air terjun ini menjuntal mengesankan untaian benang, kalau dalam bahasa jawa biasanya menyebutnya lawe yang berarti sangat halus dan berwarna putih.

Curug lawe berbeda dari kebanyakan curug yang dijadikan objek wisata. Disini tersaji suasana alam khas yang masih sangat alami. Belum terlalu terganggu dengan aktivitas dan sampah yang sering dijumpai di kota.

Di kawasan tempat wisata temanggung ini, pengunjung juga bisa menikmati wisata belanja sayuran dan buah-buahan. Terutama pisang dengan harga sangat murah, karena langsung dibeli dari petani yang ada di ladang atau disawah mereka.

Jika anda malu untuk membelinya dari petani atau mungkin kesulitan mencari petani yang sedang berada di ladang atau sawahnya anda bisa membelinya di Pasar Muncar dengan harga yang relatif murah juga, karena memang di daerah muncar ini terkenal akan pertaniannya yang subur dan hasil buah-buahan yang baik.

Lokasi: Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Propinsi Jawa Tengah.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Curug Onje

Curug Onje, tempat wisata temanggung ini di kenal dengan 7 air terjunya yang saling berjejeran dan mempunyai aliran air yang sangat jernih
Curug Onje. Image via: @samsul_aarifin

Simak juga: 11 tempat wisata Kupang

Curug Onje, tempat wisata temanggung ini di kenal dengan 7 air terjunya yang saling berjejeran dan mempunyai aliran air yang sangat jernih. Dari tempat parkir perjalanan di lanjutkan dengan jalan kaki kurang lebih 15 menit.

Selama perjalanan ditemani kicauan burung dan kadang ada suara kokok ayam hutan. Selain itu juga terlihat pemandangan pepohonan yang menjulang. Setelah sampai akan disambut pemandangan 7 air terjun Curug Onje yang sangat alami.

Curug Onje adalah salah satu air terjun yang bisa dipanjat. Untuk memanjat Curug Onje sebaiknya pada waktu musim kemarau saja karena aliran air tidak begitu deras. Berbeda saat di musim penghujan, aliran air terjun tempat wisata temanggung ini sangat deras dan sangat berbahaya jika memanjatnya karena sangat licin.

Curug Onje juga mempunyai tangga-tangga batu yang memperindah pemandangan air terjun. Tidak hanya itu saja, pemandangan hijau di sekitar curug menambah kesan alami di tempat wisata ini. Di Curug Onje Anda bisa bermain air sepuasnya dan menikmati sejuknya air terjun. Selain menikmati pemandangan dan menikmati gemerciknya air, bisa berfoto-foto di sini.

Lokasi: Tanjungsari, Duren, Bejen, Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-15.00

  1. Hutan Rasamala

yang unik dari hutan tempat wisata temanggung ini adalah tumbuhnya pohon rasamala yang kebal terhadap api.
Hutan Rasamala. Image via: nyero.id

Hutan Rasamala namanya, letaknya berada di Desa Jetis. Di hutan tepat wisata Temanggung ini terdapat pohon terbesar di lereng Gunung Sumbing. Nama pohon ini adalah pohon walitis. Tinggi pohon ini mencapai 30 meter dengan diameter batang 7,5 meter.

Selain pohon walitis, yang unik dari hutan tempat wisata Temanggung ini adalah tumbuhnya pohon rasamala yang kebal terhadap api. Pohon rasamala ini sangat bermanfaat karena bisa menahan lajur api pada saat kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing.

Selain melihat pemandangan kedua pohon tersebut, pengunjung juga bisa trekking mendaki ke Gunung Sumbing. Kalau pun tidak ingin berpeluh peluh mencapai puncak, bersantai-santai menikmati suasana hutan dengan bergelantungan di hammock juga sangat menyenangkan.

Di area hutan tempat wisata temanggung ini juga ada mata air. Jadi tidak perlu khawatir kehausan saat trekking. Sejuknya semilir angin hutan dan heningnya suasana mungkin mampu menghilangkan stres yang selama ini hinggap.

Lokasi: Tanggulanom, Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 04.00-18.00

  1. Gunung Kendil

Gunung tempat wisata Temanggung ini sekilas merupakan sebuah bukit sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai Bukit Sikendil.
Gunung Kendil. Image via: travel.kompas.com

Simak juga: 11 tempat wisata Situbondo

Gunung Kendil memiliki ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung tempat wisata Temanggung ini sekilas merupakan sebuah bukit sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai Bukit Sikendil.

Meski ketinggiannya hanya 1.800 mdpl, bukan berarti tidak ada keindahan yang tersaji di sana. Gunung kendil tetap menyajikan keindahan panorama dari ketinggian yang bisa disaksikan dengan jelas dari puncaknya.

Gunung Kendil bisa dijadikan tujuan pendakian untuk para pendaki pemula. Jarak tempuh ke puncak relatif tak terlalu jauh. Perjalanan ke puncak dari Basecamp Sibajag ke puncak sekitar 30 menit. Pendaki umumnya berangkat setelah shalat Subuh. Saat tiba di puncak matahari, bisa menunggu waktu matahari terbit.

Dari puncak gunung tempat wisata Temanggung ini, pengunjung akan dibuat kagum dengan keindahannya. Apalagi sambil menunggu sunrise. Dari puncak Gunung Kendil ini tampak jelas pemandangan Gunung Sindoro. Untuk Gunung Sumbing tidak terlihat karena tertutup oleh Gunung Sindoro. Selain Gunung Sindoro, juga dapat menikmati keindahan Gunung Slamet, Merbabu, Merapi, dan Andong.

Lokasi: Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 Jam

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment