Teras Cimanuk, Taman Cantik Saksi Banjir Bandang Di Garut

Teras Cimanuk salah satu taman cantik baru, yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga, bermain anak-anak, atau sekedar berkumpul bersama.

Dengan berada di lokasi strategis, kehadiran Teras Cimanuk cukup diminati oleh masyarakat Garut khususnya untuk mereka yang tinggal di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul.

teras cimanuk
simak juga: tempat wisata di garut

Pemerintah Kabupaten Garut sedang giat membangun ruang terbuka hijau yang ramah anak, di sekitar Sungai Cimanuk. Selain Teras Cimanuk, ada lagi ruang terbuka hijau yang lokasinya cukup berdekatan yakni Taman Maktal.

Kabupaten Garut sering dijadikan lokasi tujuan berwisata untuk mereka yang berasal dari Bandung, Jakarta, dan sekitarnya. Kota Swiss Van Java ini memang memiliki banyak tempat wisata kekinian namun tak terlepas dari suasana alamnya yang indah.

Sejarah Teras Cimanuk

Teras Cimanuk dapat dibilang merupakan saksi akan kejadian banjir bandang yang terjadi pada tahun 2016 silam. Yang menerjang beberapa kecamatan di Kabupaten Garut, diantaranya Kecamatan Tarogong Kidul.

Dimana kejadian banjir bandang pada waktu itu merupakan banjir bandang terparah, penyebabnya ialah meluapnya Sungai Cimanuk akibat hujan lebat yang terus berlangsung pada waktu itu.

Menurut catatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yakni sebanyak 34 orang meninggal, 19 orang hilang, dan 35 orang luka berat. Sedangkan sebanyak 6.361 warga harus mengungsi di beberapa tempat yang sudah disediakan pemerintah Kabupaten Garut.

tugu peringatan
tugu peringatan

simak juga: de wisdom garut

Dan kejadian banjir bandang pada waktu itu membuat sebagian kegiatan masyarakat Garut terhenti sementara diakibatkan terputusnya akses jalan di beberapa titik.

Di daerah Tarogong Kidul sendiri tercatat RSUD Dr. Slamet, Kantor Kecamatan Tarogong Kidul, Kantor PMI cabang Garut, Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemda Garut, Kantor Dinas KB, serta Pemukiman Asrama Korem. Merupakan tempat-tempat yang terkena dampak dari banjir bandang tahun 2016 tersebut.

Teras Cimanuk menempati lahan bekas Pemukiman Asrama Korem, yang saat ini sudah disulap menjadi ruang terbuka hijau yang ramah anak. Dan menjadi salah satu tempat wisata di Kecamatan Tarogong Kidul.

Untuk mengenang kejadian banjir bandang akibat luapan Sungai Cimanuk pada tahun 2016 silam tersebut, dibangunlah tugu peringatan yang letaknya berada di tengah Teras Cimanuk.

Lokasi dan Alamat Teras Cimanuk

Lokasi Teras Cimanuk berdekatan dengan RSUD Dr. Slamet dan berada di samping Perpustakaan Daerah, tepatnya berada di alamat Jl. Pembangunan, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

ruang terbuka hijau yang cantik
ruang terbuka hijau yang cantik

simak juga: desa wisata sindang kasih

Rute Menuju Teras Cimanuk

Rute menuju Teras Cimanuk dari arah Bandung maupun Jakarta, dengan menuju Nagreg terlebih dahulu. Di pertigaan jalan belok ke kanan menuju Garut.

Teruslah lajukan kendaraanmu hingga tiba di Alun-Alun Tarogong yang bertuliskan “Kota Dodol”, ambil arah ke kanan untuk menuju Simpang Lima Garut.

Setelah tiba di Simpang Lima Garut, berputarlah di bunderan sedikit lalu belok kiri untuk menuju Jl. Pembangunan. Tetaplah berada di jalan tersebut hingga akhirnya kamu melewati RSUD Dr. Slamet.

Lokasi Teras Cimanuk berada setelah RSUD Dr. Slamet, dan berada di kanan jalan. Tepat di samping Perpustakaan daerah Kabupaten Garut.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga dapat menggunakan kendaraan umum dengan naik angkot jurusan RSU. Dan turunlah tepat di depan Polsek Tarogong Kidul, kemudian menyebrang untuk menuju Teras Cimanuk.

Harga Tiket Masuk Teras Cimanuk

Tiket masuk Teras Cimanuk ini gratis, kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Yakni sebesar:

  • Rp. 2.000,- untuk motor
  • Rp. 5.000,- untuk mobil
rumput sintetis
rumput sintetis

simak juga: kolong langit

Jam Buka Teras Cimanuk

  • Jam operasional Teras Cimanuk dibuka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Dan beroperasi selama 24 jam penuh.

Fasilitas Teras Cimanuk

Fasilitas yang ada di sekitar Teras Cimanuk diantaranya:

  • Area parkir kendaraan yang luas,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Tempat untuk duduk-duduk,

Daya Tarik Teras Cimanuk

1. Ruang Terbuka Hijau Yang Ramah Anak

labirin
labirin

simak juga: wisata gunung papandayan

Teras Cimanuk dapat menjadi pilihan tempat wisata di daerah Tarogong Kidul, ruang terbuka hijau ini dibangun sedemikian rupa agar tampak cantik dan juga ramah anak tentunya.

Sewaktu saya berkunjung ke Teras Cimanuk bersama anak-anak, mereka tampak sangat senang dan eksplor semua area yang ada. Seperti:

  • Bermain di Labirin,
  • Merendam kaki di kolam,
  • Lari-larian di rumput sintetis,
  • Dan duduk santai dibawah rindangnya pohon.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Teras Cimanuk ini ialah di pagi dan sore hari, kalau siang hari akan terasa panas oleh matahari yang cukup menyengat.

Waktu itu kami berkunjung pada pukul 11.00 siang, karena sebelumnya telah mengunjungi Perpustakaan yang berada tepat di sebelahnya.

Cuaca sangat panas saat itu di saat anak-anak bermain, saya hanya duduk santai di atas rumput sintetis karena kepanasan hehehee…..

Teras Cimanuk sering digunakan untuk berolahraga ataupun bermain sepeda, apalagi di hari Minggu. Ruang terbuka hijau ini selalu ramai dikunjungi.

kolam
kolam

simak juga: wisata puncak darajat

2. Hunting Kuliner

Setelah puas bermain, kita mengisi perut karena lapar. Terdapat beberapa warung makan yang enak banget di sekitar Teras Cimanuk, yakni:

  • Seafood Mas Galang,
  • Pecel Lele Cak No.

Kedua warung makan tersebut cukup terkenal akan citarasanya yang enak, dan harganya pun ramah di kantong. Pokoknya kamu wajib untuk mencobanya.

Teras Cimanuk hadir menjadi pilihan bermain yang nyaman dan aman untuk anak, oleh karena itu kita harus menjaga kebersihan dan merawatnya bersama.

bermain air di kolamnya
bermain air di kolamnya