Pantai Nguluran, Melihat Keindahan Pantai Lewat Teras Kaca

Pantai Nguluran merupakan salah satu cara untuk menyaksikan keindahan pantai dengan cara yang lain, lokasinya berada di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang.

Ya…Gunung Kidul memang surganya wisata bahari, semua pantai yang ada hadir dengan keindahan dan keunikannya tersendiri.

Pantai Nguluran hadir dengan konsep yang berbeda, disini kamu ngga bisa bermain pasir ataupun mandi. Kamu dapat menikmati keindahan pantai dengan berfoto selfie di beberapa spot foto yang telah tersedia.

pantai nguluran atau teras kaca
pantai nguluran atau teras kaca. google maps. sumber: Fis Ihsani

Baca juga: daftar tempat wisata di Jogja lainnya

Yang menjadi favorit wisatawan ialah spot teras kaca, yakni berupa tempat untuk berfoto dengan lantai yang terbuat dari kaca dan menghadap langsung ke arah lautan. Oleh sebab itu, Pantai Nguluran sering disebut juga dengan nama Teras Kaca.

Teras Kaca awalnya merupakan resort pribadi, namun karena ada beberapa warga yang sering berfoto di tempat tersebut dan viral akhirnya dibuka menjadi sebuah kawasan wisata.

Pantai Nguluran atau Teras Kaca ini sempat ditutup beberapa waktu dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19 di wilayah Gunung Kidul khususnya, Yogyakarta pada umumnya.

Untuk saat ini, beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul sudah mulai dibuka kembali. Namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang selama ini telah dilakukan. Jangan kendor, ya!

Lokasi & Alamat Pantai Nguluran

Lokasi Pantai Nguluran berdekatan dengan Heha Ocean View. Tepatnya berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

spot yang instagramable
spot yang instagramable. google maps. sumber: SERKA MAHEE

Rute Menuju Pantai Nguluran

Rute menuju Pantai Nguluran ini sangat mudah, yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Ringroad Jalan Wonosari melewati Piyungan dilanjutkan hingga ke Patuk.

Ambil ke arah kanan hingga masuk ke Pasar Playen, teruslah melaju hingga ke Girikarto. Kamu tinggal mencari lokasi wisata Teras Kaca Pantai Nguluran.

Pantai Nguluran lokasinya pun berdekatan dengan Pantai Gesing, yakni sekitar 300 m ke arah barat. Jadi kamu dapat melajukan kendaraan menuju Pantai Gesing.

Jam Buka Pantai Nguluran

Jam operasional Pantai Nguluran dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore waktu setempat.

serunya bermain jogja swing
serunya bermain jogja swing. google maps. sumber: Mohammad Isa Barnabas

Tiket Masuk Pantai Nguluran

Biaya yang harus kamu siapkan ketika mengunjungi Pantai Nguluran, diantaranya:

  • Retribusi kawasan Gunung Kidul membayar Rp. 10.000,- per orang
  • Retribusi biaya masuk Pantai Nguluran Rp. 5.000,- per orang
  • Parkir motor Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil Rp. 5.000,-

Fasilitas Pantai Nguluran

Fasilitas yang ada di Pantai Nguluran atau Teras Kaca bisa dibilang sudah lengkap, diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Gazebo
  • Mushola
  • Restoran atau warung makanan dan minuman
  • Toilet

Daya Tarik Pantai Nguluran

Daya tarik yang dimiliki Pantai Nguluran terletak pada beraneka ragam spot foto yang tersedia, diantaranya:

1. Teras Kaca

teras kaca
teras kaca. google maps. sumber: Wisata Jogja

Simak juga: menyibak keindahan Pantai Parangtritis

Teras kaca sendiri merupakan sebuah spot foto yang menghadap langsung ke lautan lepas, dengan lantai yang terbuat dari material kaca.

Karena berlantaikan kaca, hanya 4 pengunjung saja yang diizinkan untuk berada di Teras Kaca secara langsung. Kemudian siapkan pose terbaik, supaya hasilnya memuaskan.

Untuk kamu yang takut ketinggian siapkan nyali sepenuh mungkin, karena ketika berdiri kamu dapat melihat langsung tebing batu yang terhantam ombak di bawah kakimu.

Teras Kaca ini aman kok, ketebalan kacanya sekitar 13 mm dan sudah memenuhi standar kekuatan. Ketika hendak ke Teras Kaca kamu harus melepaskan alas kaki, dan membayar biaya sekitar Rp. 20.000,- per orang dengan batasan waktu selama 2 menit saja.

2. Glass Boat

Spot yang kedua bernama Glass Boat, bentuknya seperti sebuah perahu di bagian tengahnya terbuat dari kaca. Kamu dapat befoto ala-ala film Titanic gitu lah,,,,

Di Glass Boat telah disediakan tempat duduk berserta mejanya, sehingga kamu dapat bersantai sambil menikmati kelapa muda yang segar dan jepret deh,,,Hasilnya pasti romantis banget apalagi jika berfoto bersama pasangan.

Sama ketika berada di Teras Kaca, di Glass Boat pun kamu harus melepaskan alas kaki dan hanya dapat menampung 4 orang sekaligus. Biaya yang harus kamu keluarkan sekitar Rp. 20.000,- per orang.

3. Jogja Swing

jogja swing
jogja swing. google maps. sumber: IndahD _

Selanjutnya ada Jogja Swing, yang merupakan salah satu spot foto yang cukup memacu adrenalin. Dimana kamu akan berayun-ayun di atas tebing dengan ketinggian yang cukup menyeramkan.

Mengenai keamanan ngga perlu khawatir, karena pengelola sudah menyiapkan sedemikian rupa. Untuk menikmati Jogja Swing kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50.000,- per orang.

Kamu akan diayun-ayun sambil menikmati pemandangan laut biru serta ditemani angin laut yang khas selama 4 menit. Seru banget deh pokoknya….

4. Becak Terbang

becak terbang
becak terbang. google maps. sumber: wisnugro

Simak juga: liburan keluarga di Jogja Bay

Spot foto yang satu ini bernama Becak Terbang, sesuai namanya spot ini berupa sebuah becak yang dibentuk sedemikan rupa dengan hiasan sepasang sayap di sisi kiri dan kanannya.

Selain itu, tempat foto yang satu ini dapat dinaikkan hingga ketinggian yang sudah ditentukan. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk berfoto di Becak Terbang sekitar Rp. 10.000,- per orang.

5. Giant Chair

giant chair
giant chair. google maps. sumber: Ihsan Marga Wiyaksa

Giant Chair merupakan spot foto selanjutnya yang tak kalah seru, yakni berupa sebuah kursi kayu berwarna putih yang dibuat sangat besar. Tinggi kursi ini sekitar 5 meter.

Spot foto yang satu ini merupakan salah satu spot favorit pengunjung yang datang bersama pasangan, karena menghadirkan suasana romantis yang dihiasi birunya laut.

Biaya untuk berfoto di Giant Chair sangat murah yakni hanya Rp. 10.000,- saja per orang. Waktu kamu berfoto di Giant Chair hanya 4 menit ya, karena harus bergantian dengan pengunjung lain.

6. Giant Teras

giant teras
giant teras. google maps. sumber: reza yusuf

Selain Teras Kaca, ada pula Giant Teras yakni sebuah teras yang masih terbuat dari kaca namun di tengahnya ada jaring-jaring. Bentuknya lebih besar dari Teras Kaca, juga lebih menantang karena kehadiran jaring-jaring tersebut.

Keseruan berfoto di Giant Teras harus membayar sebesar Rp. 50.000,- per orang, dengan melepaskan alas kaki terlebih dahulu tentunya.

7. Fly Gliding

Spot seru yang memacu adrenalin lainnya bernama Fly Gliding, dimana kamu akan meluncur dari ketinggian dengan berada di atas sebuah tali seperti bermain flying fox.

Keamanan terjamin dengan baik, jadi kamu ngga perlu khawatir. Biaya yang harus dikeluarkan yakni Rp. 20.000,- per orang.

spot foto lain
spot foto lain. google maps. sumber: YDS channel

8. Spot lain

Selain spot-spot yang berbayar tersebut, ada pula tempat berfoto yang tidak berbayar. Kamu dapat berfoto sepuasnya dengan keindahan Pantai Nguluran, yang hasilnya pun tak mengecewakan.

Penutup

Pantai Nguluran atau Teras Kaca merupakan sebuah tempat wisata kekinian dengan menghadirkan beragam spot foto yang Instagramable banget.

Untuk kamu para Instagramholic pasti betah banget deh, siapkan saja kocek yang cukup untuk menikmati beberapa spot foto kece tersebut.


Tinggalkan komentar