The Historich, Telusur Bangunan Bersejarah Di Cimahi

|

The Historich adalah bangunan bersejarah yang terletak di Kota Cimahi. Keberadaanya semakin mempertegas bahwa Cimahi adalah kota kecil dengan berjuta cerita sejarah.

The Historich Cimahi sudah melalui berbagai macam fase sejarah, dari era kolonial Belanda, hingga saat ini, sebagai era digital. Fungsi dan namanyapun berubah-rubah.

the historich
the historich. google maps. sumber: Dadan Suryasaputra

Ciri khas Cimahi selain dari sisi kuliner, juga terkenal sebagai Kota Tentara. Karena terdapat banyak sekali pusat pendidikan, dan pelatihan militer di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Selain itu, Cimahi juga memiliki gedung-gedung hingga lokasi-lokasi yang bersejarah. Dari mulai pemakaman, taman, hingga rumah sakit. Dan The Historich adalah salah-satunya.

Simak juga: Kampung Buyut Cipageran Cimahi

Lokasi The Historich

Lokasi The Historich Cimahi berada di alamat Jl. Stasion Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju The Historich

Jalan menuju The Historich Cimahi bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Dan jika anda ingin menggunakan kendaraan umum, direkomendasikan dengan menggunakan kereta api, tujuan St. Baros.

Karena lokasi The Historich terletak dekat dengan stasiun tersebut. Hanya sekitar 700 meter saja jarak dari St. Baros ke The Historich, dengan waktu tempuh sekitar beberapa menit saja dengan menggunakan kendaraan.

Adapun jika pemberangkatan awal anda dari Terminal Leuwi Panjang, maka jarak tempuh menuju The Historich sekitar 16 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit jika kondisi jalanan lancar.

Simak juga: Alam Wisata Cimahi

Harga Tiket Masuk The Historich

  • Tiket masuk The Historich gratis.

Jam Buka The Historich

  • The Historich buka dari pukul 08.00 – 20.00.
  • The Historich Cimahi berroperasional setiap hari.

Fasilitas Di The Historich

Fasilitas yang terdapat di The Historich adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Swab,
  • Aula,
  • Spot pentas seni,
  • Area outdoor.

Simak Juga: Kampung Adat Cireundeu

Sejarah The Historich

Seperti yang telah disebutkan di awal paragraf, bahwa Kota Cimahi adalah kota kecil yang kaya akan bangunan-bangunan yang sangat bersejarah, dan masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Nah, pembangunan gedung The Historich itu bersamaan dengan pembangunan Penjara Poncol, dan Rumah Sakit Dustira, pada tahun 1886.

Pada saat itu, The Historich memiliki nama Societeit Voor Officieren – Cimahi, yang berfungsi sebagai gedung pentas seni, dansa, pesta, kaum bangsawan Belanda.

Saat masuk ke dalam fase kemerdekaan Republik Indonesia, gedung tersebut berubah nama menjadi Balai Pradjoerit Soedirman, atau Gedung Sudirman.

Sejak saat itu, gedung The Historich selalu memiliki fungsi yang berubah-rubah, sekaligus dari sisi penamaan. The Historich pernah dijadikan Gedung DPRD Kota Cimahi, serta menjadi tempat pelatihan bulu tangkis.

Hingga pada akhirnya, gedung tersebut diewakan kepada pihak swasta, dan berubah nama menjadi The Historich. Nama tersebut tetap bertahan hingga saat ini.

Simak juga: Beranda Nativeindonesia.com Kumpulan Referensi Tempat Wisata

Daya Tarik The Historich

1. Wisata Edukatif

The Historich Cimahi mampu menyajikan nilai edukatif bagi para pengunjung yang datang. Karena gedung tersebut menjadi saksi bisu penjajahan Belanda di bumi Cimahi, dan sekitarnya.

Arsitektur bangunannya juga klasik, namun megah, bergaya arsitektur eropa. Tiang depannya memiliki 4 pilar, sekaligus bisa menjadi latar foto yang epik, dan instagramable.

2. Tempat Berbagai Acara

resepsi pernikahan di the historich
resepsi pernikahan di the historich. google maps. sumber: Febi tresna wahyuni

Gedung The Historich Cimahi, selain menyajikan sisi sejarah, saat ini juga sering dijadikan tempat untuk menggelar beberapa kegiatan. Terutama yang berkaitan dengan seni, budaya, dan sejarah.

Di dalam gedung tersebut, terdapat sebuah stage khusus untuk pementasan sebuah kegiatan. Dan ukuran dari gedung The Historich sangat luas, begitupun dengan area luar gedung tersebut.

Bahkan, saat ini masyarakat umum bisa menyewa gedung tersebut untuk menggelar pesta pernikahan. Selain itu, The Historich sering dijadikan sebagai salah-satu tujuan study tour di Cimahi dari kalangan pelajar, dan mahasiswa.