The Lost World Castle, Dunia Baru Yang Lebih Seru

The Lost World Castle memberikan kamu sensasi berwisata alam yang dibalut tema tertentu serta menawarkan keindahan castle atau benteng yang sangat kokoh.

Dan ternyata benteng tersebut terbuat dari batuan sisa erupsi Merapi, yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Ide pembuatan tempat wisata ini untuk mengenang beberapa desa yang hilang akibat letusan Gunung Merapi yang terjadi pada bulan Oktober tahun 2010 silam.

Karena memang lokasi The Lost World Castle ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Sehingga kamu dapat melihat dengan jelas gagahnya gunung tersebut, jika cuaca sedang cerah.

the lost world castle
the lost world castle. google maps. sumber: om hanif chanel

Simak juga: Tempat Wisata Populer di Jogja

Disini banyak keseruan yang dapat kamu lakukan, dan berikut gambaran mengenai The Lost World Castle:

Sejarah The Lost World Castle

The Lost World Castle artinya dunia yang hilang, maksud dari penamaan tersebut berdasarkan kejadian meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2020 lalu.

Yang berakibat menghilangnya beberapa desa yang ada di sekitar Merapi. Ide pembuatan tempat wisata ini selain untuk mengenang Desa Kepungharjo dan sekitarnya juga untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat sekitar Merapi.

The Lost World Castle berada di lahan seluas 1,3 ha, dan berada sekitar 6 km dari puncak Gunung Merapi.

Daya Tarik The Lost World Castle

1. Panorama Alam Yang Indah

dihiasi panorama yang indah
dihiasi panorama yang indah. google maps. sumber: Soegeng Setiawan

Simak juga: Benteng kuto Besak

The Lost World Castle berada di lereng Gunung Merapi, seperti kita ketahui bersama Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia.

Udara pegunungan begitu sangat terasa ketika masih melakukan perjalanan menuju lokasi wisata epic yang satu ini. Bahkan di pagi hari, kabut selalu hadir ikut menyapa.

Udara yang segar dan terbebas dari polusi, ditambah semilir angin pegunungan yang menyejukkan, akan kamu rasakan ketika berada di The Lost World Castle, Cangkringan ini.

2. Wahana Seru

Selain memiliki pemandangan yang indah serta udara yang sangat menyegarkan, The Lost World Castle juga dilengkapi dengan beberapa wahana seru dan menyenangkan lainnya. Seperti:

jalur bermain gledekan
jalur bermain gledekan. google maps. sumber: Iroel Moes

Simak juga: Old City 3d Trick.

  • Gledekan

Permainan yang satu ini diadopsi dari permainan pada zaman dahulu, dimana kita akan meluncur bebas menggunakan sebuah alat seperti sepedah yang memiliki roda kecil.

Dinamakan Gledekan, karena gesekan antara roda dengan jalur luncurannya menimbulkan suara semacam gledek. Sensasi meluncur dengan kencangnya, dengan suasana yang kece merupakan salah satu pengalaman seru yang tak terlupakan.

Apalagi jika kamu melakukan permainan Gledekan ini, berlomba dengan kawan. Untuk dapat melakukan permainan tersebut, kamu harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000,- saja.

  • Film 9D

Wahana seru selanjutnya ialah menonton film dengan sensasi 9D, sama halnya dengan bermain wahana Gledek kamu harus membayar biaya tambahan jika ingin menonton.

Harga yang ditawarkan pun sangat murah, yakni sebesar Rp. 25.000,- per orang.

perkampungan suku indian
perkampungan suku indian. google maps. sumber: Rahmat Tri Prawira Agara
  • Stonehenge

Wahana selanjutnya ialah hadir dengan nuansa Jepang dan Korea, hadir dengan suasana bunga sakura dan berbagai bangunan yang mirip seperti di negeri asalnya.

Kamu juga bisa berfoto dengan menggunakan pakaian khasnya dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 25.000,-. Murah banget kan?

  • Perkampungan Suku Indian

Sebetulnya ini bukanlah wahana terakhir yang ada di The Lost World Castle, masih banyak wahana lain yang dapat kamu eksplor.

Perkampungan Suku Indian terdiri dari beberapa bangunan atau tenda yang mirip seperti tempat tinggal suku Indian pada waktu itu. Disini juga ada replika dinosaurus yang dapat kamu jadikan sebagai spot foto selanjutnya.

3. Spot Foto Menarik

spot kece banget
spot kece banget. google maps. sumber: Ahmad Sobary

Simak juga: Spot Foto Goa pinus.

The Lost World Castle memiliki bentuk bangunan yang sangat unik, ada yang bilang bentuknya mirip dengan Benteng Takeshi ada pula yang bilang mirip The Great Wall di Cina.

Dari arsitekturnya saja sudah sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto maupun video. Disamping itu keindahan alamnya pun layak untuk kamu abadikan.

Beberapa spot foto yang ada di The Lost World Castle, Cangkringan ini diantaranya:

  • Spot foto sayap
  • Paradise Gate
  • Kapal Black Pearl
  • Lukisan 3D

Saking banyaknya spot foto yang ada, kamu harus siapkan baterai ponsel kamu dalam keadaan full batery.

5. Offroad Merapi

Daya tarik selanjutnya yang dapat kamu lakukan yakni, melakukan perjalanan menuju The Lost World Castle dengan menggunakan mobil offroad.

Hal tersebut akan menambah keseruan perjalanan yang kamu lakukan, apalagi medan yang dilalui cukup menantang dan dipenuhi beberapa tanjakan.

Lokasi & Alamat The Lost World Castle

Lokasi The Lost World Castle di lereng Gunung Merapi

Alamat lengkapnya berada di Jl. Petung Merapi, Kepungharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

bangunan khas yang memikat
bangunan khas yang memikat. google maps. sumber: Didik Wiyono

Rute Menuju The Lost World Castle

Rute menuju The Lost World Castle dapat menggunakan kendaraan motor, mobil, bahkan para pecinta gowes banyak yang memasukkan lokasi wisata ini sebagai tujuan gowes mereka.

Dari Yogyakarta lokasi wisata yang satu ini dengan menuju Jl. Kaliurang dan terus bergerak ke arah utara menuju Gunung Merapi.

Setelah tiba di Kaliurang, kamu akan memasuki daerah wisata Kaliadem. Teruslah bergerak lurus, ketika menemui pertigaan setelah Kopi Merapi beloklah ke kiri menuju The Lost World Castle.

Jam Buka The Lost World Castle

The Lost World Castle mulai dibuka pukul 07.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat

Jam operasionalnya dibuka setiap hari Senin hingga Minggu

berfoto bersama telur dinosaurus
berfoto bersama telur dinosaurus. google maps. sumber: Izal Abew

Tiket The Lost World Castle

Tiket masuk The Lost World Castle cukup dengan membayar sebesar Rp. 25.000,- per orang.

Fasilitas The Lost World Castle

Fasilitas yang ada di The Lost World Castle sudah sangat memadai, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola

Penginapan

Untuk kamu yang datang dari luar kota dapat menginap di beberapa penginapan atau hotel yang berada tak jauh dari lokasi wisata The Lost World Castle.

Jaraknya pun tak begitu jauh, kira-kira 2 km lebih dengan harga yang ditawarkan dan fasilitas yang diberikan pun cukup beragam.


Tinggalkan komentar