Tlatar Boyolali, Wisata Rekreasi Sekaligus Edukasi

Tlatar Boyolali merupakan tempat wisata paling populer di Boyolali. Terdapat berbagai fasilitas serta kenyamanan bagi pengunjung. Selain tempatnya yang menyenangkan bagi liburan anak-anak, di tlatar mereka juga akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan lingkungan hidup dan ilmu-ilmu lainnya.

Tlatar Boyolali merupakan tempat wisata paling populer di Boyolali. Terdapat berbagai fasilitas serta kenyamanan bagi pengunjung
Tlatar Boyolali. Image via: harianpost.co.id

Sejatinya, objek taman air tlatar boyolali yang dibangun pada tahun 1997 ini dibangun atas dasar pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah di sekitar area tersebut. Maka dari itu lokasi yang satu ini memiliki konsep pelestarian sumber daya air yang ada.

Mengingat sumber air yang berada di Umbul Tlatar yang tak henti-hentinya mengalir, dibangunlah objek wisata yang menyenangkan ini. Kemudian, suasana sejuk khas pegunungan pun akan terasa sekali pada saat berkunjung ke sini.

Sementara itu, Umbul Tlatar terletak di kaki Gunung Merbabu yang cukup tinggi sehingga membuat udara di sekitar area wisata menjadi sejuk dan segar. Terlebih pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya membuat udaranya semakin segar lagi.

tlatar Boyolali memiliki fasilitas ruang pertemuan
Ruang pertemuan. Image via: viva.co.id

Simak juga: 10 wisata unggulan Boyolali

Lokasi Tlatar Boyolali

Umbul Tlatar Boyolali terletak di Jl. Tentara Pelajar No. 2 Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Rute Menuju Tlatar Boyolali

Lokasi wisata Tlatar Boyolali berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Boyolali. Sehingga bagi para pengunjung yang mengambil patokan dari alun-alun kidul Boyolali bisa langsung menuju Jl. Senopati. Kemudian belok kiri ke Jl. Pandanaran dan dilanjutkan ke Jl. Perkutut.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Jl. Asrikanto kemudian belok kanan  menuju Jl. Soeharso. Selepas Melewati Dusun 3, arahkan kendaraan ke Jl. Dipenogoro kemudian ke Jl. Tentara Pelajar. Selajutnya, perhatikan setiap jalan karena tak lama lagi lokasi wisata Tlatar akan dijumpai.

Makan tepi kolam merupakansa lah satu pengalaman menyenangan di tlatar boyolali
Makan tepi kolam. Image via: sanjayatour.com

Jam Buka Tlatar Boyolali

Wisata Umbul Tlatar buka setiap hari. Objek mulai dibuka pada jam 08.00. dan kemudian tutup pada jam 17.00

Tiket Tlatar Boyolali

Harga Tiket Masuk Wisata Tlatar Boyolali sebesar Rp. 10.000/orang dan gratis bagi anak usia dibawah 5 Tahun.

Fasilitas Tlatar Boyolali

Fasilitas yang hadir di objek wisata Tlatar boyolali cukup memadai. Selain kolam renangnya para pengunjung akan mendapati Fasiliatas penunjuang lainnya yang cukup nyaman. Diantaranya adalah taman, playground, restoran, rumah makan lesehan, area parkir yang aman, kios cindramata, toilet, muholla dan gedung VIP.

Daya Tarik Tlatar Boyolali

  1. Kolam Renang Standar Nasional

Kolam renang dewasa di Taktar Boyolali, benar-benar berstandar nasional. Sesuai dengan ukuran dan satuan standar, yaitu 50x25x2 meter.
Kolam renang Olimpik. Image via: @boyolali_info

Simak juga: Slide terpanjang Asia di Kediri Water Park

Kolam renang dewasa di Taktar Boyolali, benar-benar berstandar nasional. Sesuai dengan ukuran dan satuan standar,  yaitu 50x25x2 meter. Dan yang tidak kalah penting, Air kolamnya juga segar tanpa kaporit. Hal ini tentunya tak akan membuat mata perih kala berenang di kolam ini.

Kemudian, kolam ini pun sudah dilengkapi dengan semacam tribun yang letaknya di bagian timur dan barat kolam. tribun tersebut dibangun secara berundak denga atap diatasnya. Selain itu, kamar mandi tersedia disebelah utara terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Kolam renang ini cukup luas sehingga meskipun sedang ramai pengunjung koalm ini tetap bisa menampungnya. Terlebih kebanyakan perenang hanya berenang di area yang kedalamannya 1,4 meter saja. Sehingga bagi yang sudah mahir berenang tak akan terganngu, karena area dengan kedalaman 1,9 meter cukup lengang.

  1. Wisata Air untuk Anak

Masih dalam satu kawasan Kolam Standar Nasional, juga terdapat kolam yang lebih kecil dan lebih cetek untuk anak-anak bermain dan keceh.
Kolam anak. Image via: reunismansa

Area Tlatar Boyolali juga sudah dilengkapai dengan kolam khusus anak-anak. Luasnya sekitar 10 x 10 meter serta kedalamannya juga cetek sehingga sangat aman untuk anak-anak bermain air. Selain itu kolam ini pun sudah dilengkapi dengan dua perosotan.

Selain kolam, untuk anak jug aada wahana Pakecehan. Dalam bahasa Jawa, Pakecehan memiliki makna tempat bermain air. Wahana ini bentuknya menyerupai sungai dengan dasarnya berupa batuan keras sehingga dapat mengurangi resiko terpeleset.

  1. Memancing

Pemancingan Tlatar Boyolali alamat yang satu ini masih berada di satu kawasan Ekowisata Tlatar ini.
Mancing di Tlatar. Image via: jatengnews.id

Simak juga: Air terjun dan hutan di Srambang Ngawi

Bagi pengunjung yang hobi memancing, lokasi ini cocok sekali dicoba. Pemancingan Tlatar Boyolali masih berada di satu kawasan Ekowisata Tlatar ini. Kondisi alamnya yang sangat natural dan suasananya yang masih alami menjadikan kolam pemancingan disini sangat banyak ikan.

Ketika pengunjung memancing disini juga suasananya tidak terlalu panas, bahkan bisa dibilang sangat sejuk. Hal tersebut karena posisi pemancing ada di bawah pohon cemara sembari menunggu hasil ikan yang memakan umpan pancingan.

Kemudian, siapa sangka jika ukuran ikan-ikan yang ada di kolam ini lumayan cukup besar sehingga akan emberikan keseruan tersendiri pada saat strike.  Selain itu, menurut para pemancing yang bisa memancing di kolam ini, umpan yang paling direkomendasikan adalah umpan kepiting kali atau cuyu serta potongan daun kol atau kubis.

Makan di tepi kolam di tlatar boyolali.
Makan di tepi kolam. Image via: @ayuukurniaw
  1. Wisata Sains Biologi

Di kawasan  wisata Tlatar Boyolali ternyata sudah terdapat laboratorium Alam dan Taman Hidrologi. Selain mempelajari tentang alam pengunjung juga bisa mendapatkan informasi mengenai siklus perputaran air yang ada di alam.

Selain itu, ada juga Pembangkit Listrik yang merupakan salah satu wahana wisata edukasi yang disediakan oleh pihak pengelola. Pembangkit listrik tersebut merupakan pembangkit dengan tenaga surya atau sel surya. Kemudian ada juga 5 unit mikrohidro yang memanfaatkan aliran air dari pegunungan.

Sebagi informasi tamabahan, bahwa mikrohidro tersebut dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 20,000 watt serta dapat digunakan untuk keperluan listrik di area wisata Tlatar Boyolali.

Di sisi lain, di area wisata ini juga tersedia tempat budidaya alfalfa yang merupakan tanaman asli Arab. Tanaman ini memiliki manfaat yang cukup banyak mulai dari pakan ternak hingga pengobatan herbal. Bahkan di negara Cina tanaman ini sudah digunakan sebagai obat sejak abad ke 6 masehi.

Senja di Tlatar Boyolali.
Senja di Tlatar. Image via: @dolanboyolali

Simak juga: Agro wisata Bhakti Alam

  1. Fasilitas Pertemuan

D Tlatar Boyolali, ada tempat Pertemuan yang bagus. Fasilitas ini juga sekaligus menyediakan makan, bagi peserta pertemuan. Banyak menu makanan dengan menu utama ikan bisa anda pesan, seperti ikan nila, bawal, gurameh, udang, lele, dan macam-macam dengan berbagai variasi bumbu hidangan.

Ditambah dengan view sesuai selera anda, wisata air tlatar menawarkan keunikan tersendiri. Pengunjung bisa memilih view pakecehan, pasegaran, dan lain-lain. Untuk kebutuhan masal, disediakan ruang pertemuan berkapasitas 100-200 orang dengan berbagai pilihan lokasi dan view.

Tips Mengunjungi Tlatar Boyolali

  • Jangan datang pada saat akhir pekan jika ingin menikmati suasana yang sepi
  • Bawa baju renang, alat mandi & baju ganti agar bisa leluasa main air
  • Pakai sunblock jika dirasa perlu
Pakecehan, salah satu spot yang paling disukai anak di tlatar boyolali
Pakecehan. Image via: bisnis.com

Objek Wisata Dekat Tlatar Boyolali

Bagi yang terlanjur jatuh cinta dengan wisata bertema air, boyolali juga memiliki Wisata Kampung Air Kragilan. Objek wisata ini menghadirkan pemandangan alam yang hijau nan elok. Suasana lalam nya pun begitu asri dengan gemerincik air yang turun dari perbukitan disekelilingnya membuat siapa pun merasa betah disini.

Ada juga Umbul Tirto Marto Pengging. Dahulu ini merupakan tempat pemandian khusus untuk raja-raja Kasunanan Surakarta Hadingrat beserta anggota keluarganya. Tempat pemandian Pengging memiliki tiga tempat pemandian berbeda, yakni Umbul Temanten, Umbul Ngabean dan Umbul Duda.

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat wisata Air Tlatar Boyolali. Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman anda berkunjung ke wisata ini agar lebih asik menikmati keindahan alamnya.

Selamat Berlibur!

Baca juga:

Leave a Comment