Tlatar Boyolali, Wisata Taman Air Seru Berbasis Edukasi

Boyolali memiliki sebuah lokasi wisata andalan yang mengusung tema ekowisata yang berbasis edukasi serta pelestarian alam dan rekreasi. Tempat wisata yang satu ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan baru diresmikan pada tahun 2002 lalu.

Umbul Tlatar memiliki alam yang masih sejuk dan asri, karena berada di kaki Gunung Merbabu. Kamu akan merasakan suasana pedesaan ketika berada di sini. Di samping itu ekowisata yang satu ini memiliki sumber mata air jernih yang selalu mengalir.

Hal tersebut jualah yang melatarbelakangi penamaan Umbul Tlatar. Umbul artinya menyembur sedangkan Tlatar berarti sumber airnya. Jadi secara bahasa Umbul Tlatar memiliki arti sumber mata air yang selalu menyembur.

Udaranya yang sejuk serta alamnya yang indah dilengkapi dengan beragam wahana yang dapat kita lakukan ketika berada di Umbul Tlatar. Menjadikan anak-anak, orang tua bahkan kamu akan betah ketika berada di Umbul Tlatar.

Saat Pandemi Covid-19 seperti ini, Umbul Tlatar menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah jadi kamu tak perlu khawatir menghabiskan waktu bersama keluarga disini.

Umbul Tlatar Boyolali
Umbul Tlatar Boyolali. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 10 wisata unggulan Boyolali

Berikut ulasan lengkap mengenai Umbul Tlatar Boyolali.

Lokasi Tlatar Boyolali

Lokasi Umbul Tlatar tepatnya berada di Jl. Pangeran Diponegoro, Dusun 2, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Rute Menuju Tlatar Boyolali

Rute menuju Umbul Tlatar jika kamu bergerak dari Solo membutuhkan waktu sekitar 54 menit, melewati jalur Tol Salatiga-Kertasana. Atau kamu bisa juga melalui Jalan Raya Solo-Boyolali.

Dari pusat kota Boyolali hanya sekitar 9 km, dari Alun-Alun Kidul Boyolali arahkan kendaraanmu menuju Jl, Senopati, lalu belok kiri ke Jl. Pandanaran.

Kemudian belok kanan menuju Jl. Soeharso, setelah kamu melewati Dusun 3 arahkan kendaraanmu menuju Jl. Diponegoro. Dari sana kamu tinggal mencari lokasi Umbul Tlatar.

Jam Buka Tlatar Boyolali

Jam operasional Umbul Tlatar dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.30 petang.

Tiket Tlatar Boyolali

Tiket masuk dan parkir Umbul Tlatar yakni:

  • Tiket masuk cukup membayar Rp. 10.000 per orang

Untuk anak-anak yang berusia dibawah 5 tahun gratis.

  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 3.000 per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000 per unit

Fasilitas Tlatar Boyolali

Fasilitas umum yang ada di Umbul Tlatar Boyolali yakni:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil maupun motor
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Gedung serbaguna
  • Toko souvenir
  • Restoran apung

Daya Tarik Tlatar Boyolali

Meskipun keadaan masih pandemi, Umbul Tlatar selalu ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki daya tarik seperti:

1. Kolam Di Umbul Tlatar

Bermain Segarnya Mata Air
Bermain Segarnya Mata Air. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Slide terpanjang Asia di Kediri Water Park

Umbul Tlatar Boyolali memiliki beberapa jenis kolam, yakni:

  • Kolam Renang Berstandar Nasional

Umbul Tlatar menyediakan sebuah kolam renang dengan standar nasional, yang bisa digunakan untuk latihan atau bahkan perlombaan. Di sekitarnya terdapat tribun penonton juga loh.

  • Kolam Anak

Kolam anak yang ada di Umbul Tlatar memiliki kedalaman yang sangat dangkal, dan telah dilengkapi dengan perosotan atau seluncuran yang dapat mereka mainkan.

Kolam Anak
Kolam Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Wahana Pakecehan

Wahana atau Kolam Pakecehan mengandung arti tempat bermain air, yang dapat kamu gunakan untuk bemain-main sejuknya air yang jernih. Dasar kolam ini berupa batuan keras sehingga tidak terlalu licin, aman untuk anak-anak karena hanya setinggi mata kaki orang dewasa.

Biarkan Anak Anak Lebih Dekat Dengan Alam
Biarkan Anak Anak Lebih Dekat Dengan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Kolam Becak Air

Ragam wisata air lainnya yang dapat kamu lakukan ketika berada di Umbul Tlatar yakni bermain becak air, wahana permainanan ini mengharuskan kamu mengayuh pedal untuk bisa maju dan mengelilingi area kolam.

  • Kolam Terapi

Satu lagi yang tak boleh tertinggal ialah dengan mencoba terapi ikan. Kamu duduk di samping kolam, kamu masukkan kakimu kedalamnya, dan biarkan ikan-ikan kecil menghampirimu. Mungkin untuk sebagian orang akan merasa geli, tahan aja ya!

2. Area Mancing

Simak juga: Air terjun dan hutan di Srambang Ngawi

Tersedia area mancing untuk kamu yang suka memancing, tempatnya pun teduh dan tersedia sebuah kursi untuk kamu duduk santai sambil menunggu umpanmu dimakan oleh ikan.

Siapkan dirimu untuk melihat hasil tangkapan berupa ikan bawal dengan ukuran yang sangat besar. Pasti seru banget ya, apalagi jika kamu mengabadikan hasil tangkapanmu tersebut.

3. Ekowisata

Ekowisata Taman Air Indonesia atau Etasia Umbul Tlatar memiliki laboratorium alam serta Taman Hidrologi. Kamu akan belajar dan mendapatkan informasi mengenai siklus air yang selama ini terjadi di alam.

Kegiatan tersebut pasti bermanfaat sekali, oleh karena itu kawasan Etasia Umbul Tlatar ini selalu dikunjungi oleh lembaga-lembaga pendidikan dengan membawa serta anak-anak didik mereka.

Selain pengetahuan tentang siklus air, kamu juga akan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pembangkit listrik tenaga surya atau panel surya/sel surya. Dan melihat secara langsung 5 unit mikrohidro yang ada di Umbul Tlatar.

Mikrohidro merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran air dari pegunungan dan dapat menghasilkan 20.000 watt tenaga listrik, dimana menjadi sumber listrik untuk area wisata Umbul Tlatar.

Di Etasia Umbul Tlatar bahkan terdapat budidaya alfafa yang merupakan tanaman asli dari Arab. Tanaman tersebut memiliki manfaat yang sangat banyak mulai dari pakan ternak hingga untuk pengobatan.

4. Mencoba Woodball

Mencoba Woodball Di Umbul Tlatar
Mencoba Woodball Di Umbul Tlatar. Sumber: www.youtube.com

Satu lagi permainan yang hanya akan kamu temui di Umbul Tlatar dan tak boleh kamu lewatkan yakni mencoba bermain Woodball. Permainan ini seperti golf namun menggunakan stik dan bola yang terbuat dari kayu.

5. Wahana permainan lainnya

selain wahana-wahana di atas masih ada lagi permainan seru yang dapat kamu lakukan, yakni:

  • Bermain Flying Fox
  • Mengelilingi taman dengan menggunakan ATV

Simak juga: Agro wisata Bhakti Alam

Wisata Kuliner

Mina Tlatar Indah
Mina Tlatar Indah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah puas menikmati keindahan alam dan mencoba semua wahana yang ada, isi kembali tenagamu dengan mengunjungi Mina Tlatar Indah yang lokasinya tak jauh dari Umbul Tlatar.

Terdapat banyak sekali saung-saung tempat kamu bersantai dan makan dengan lahapnya hidangan yang tersaji, di kolamnya terdapat ikan-ikan dengan ukuran yang tidak kecil hilir mudik kesana kemari.

Banyak menu yang dapat kamu pesan ketika berada di Mina Tlatar Indah, harga yang ditawarkan pun tak terlalu menguras isi dompet. Menu yang menjadi andalan di restoran ini ialah yang berhubungan dengan ikan tentunya, seperti ikan nila, ikan bawal, gurame, lele, dan masih banyak lagi menu lainnya.

Mina Tlatar Indah buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

Kolamnya Dihiasi Ikan
Kolamnya Dihiasi Ikan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penutup

Umbul Tlatar Boyolali merupakan wisata air yang harus kamu kunjungi ketika berada di Boyolali, keadaan alamnya yang masih sangat asri dan indah dilengkapi dengan sejuknya udara sungguh sangat menenangkan.

Apalagi ditambah dengan keberadaan aliran air yang sangat jernih dan bersih, menjadikan Umbul Tlatar menjadi Taman Air yang recomended banget untuk kamu kunjungi.

Kunjungilah Umbul Tlatar Boyolali weekend ini, ciptakan memori indah dan bermakna di benak anak-anak!


Tinggalkan komentar