To’ Tombi Toraja, Eloknya Negeri Di Atas Awan

Kabupaten Toraja Utara merupakan sebuah kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan. Di Kabupaten Toraja Utara tepatnya di Kecamatan Kapalapitu, terdapat sebuah tempat wisata yang sangat indah dan menakjubkan.

Tempat wisata tersebut berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl (meter diatas permukaan laut) dan sering disebut-sebut sebagai negeri di atas awan. Namanya ialah To’ Tombi, disini kamu akan disuguhkan dengan indahnya sekumpulan awan putih di depan mata.

To’ Tombi Toraja selalu banyak dikunjungi para wisatawan apalagi jika weekend tiba, karena disini kamu dapat melihat indahnya alam dari atas ketinggian. Jika hari mulai sore areanya akan diselimuti oleh kabut, yang membuat hawa menjadi semakin dingin.

Negeri Di Atas Awan To' Tombi
Negeri Di Atas Awan To’ Tombi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Aneka keindahan sulawesi Selatan

Berikut ulasan lengkap mengenai To’ Tombi Toraja:

Lokasi To’ Tombi Toraja

Lokasi objek wisata To’ Tombi Toraja terletak di Kampung Lolai, Lembang (Desa) Benteng Mamullu, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Keadaan To' Tombi Di Malam Hari
Keadaan To’ Tombi Di Malam Hari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Perjalanan Menuju To’ Tombi Toraja

Perjalanan menuju To’ Tombi Toraja tidaklah mudah, dimana kamu harus melalui jalan yang berliku-liku layaknya jalan menuju dataran tinggi atau pegunungan.

Jalan yang dilalui pun tidaklah terlalu lebar, namun masih bisa dilewati kendaraan motor maupun mobil. Jika kamu menggunakan mobil, harus selalu waspada dan fokus.

Sesekali kamu akan menjumpai jalan dengan tanjakan yang sangat ekstrim, memang untuk menuju To’ Tombi Toraja jalannya didominasi oleh tanjakan.

Kondisi alam selama perjalanan masih sangat asri, lebatnya pepohonan berjajar disamping kiri dan kanan jalan. Semakin mendekati lokasi pepohonannya semakin lebat dan udaranya mulai terasa dingin.

Meskipun perjalanan menuju To’ Tombi penuh dengan kelokan tajam, namun kondisi jalannya mulus dan beraspal. Lokasi tempat wisata ini berada di sebelah kanan.

Rute Menuju To Tombi Toraja

Rute menuju To’ Tombi Toraja jika bergerak dari Kota Makassar, kamu akan menempuh perjalanan sejauh 318 km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 8 hingga 9 jam.

Untuk kamu yang berasal dari luar Pulau Sulawesi, ialah dengan menuju Makassar menggunakan pesawat terbang. Setelah tiba di Bandara Sultan Hasanuddin lanjutkan perjalanan dengan naik pesawat menuju Bandara Potingku dengan menggunakan maskapai Trans Nusa.

Setelah tiba di Bandara Potingku kamu bisa menyewa mobil menuju To’ Tombi Toraja, dengan estimasi waktu sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan.

Jam Buka To Tombi Toraja

Jam operasional To’ Tombi Toraja dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Namun mengingat kondisi jalan menuju lokasi berkelok-kelok dan masih minimnya penerangan jalan, lebih baik hindarilah datang ketika hari sudah mulai gelap.

Bersantai Sambil Menikmati Alam
Bersantai Sambil Menikmati Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Belajar soal Elang Jawa di Loji Suaka Elang Bogor

Tiket To Tombi Toraja

Tiket masuk menuju To’ Tombi Toraja sangat murah, kamu hanya perlu membayarkan uang sebesar Rp. 15.000,- per orang.

Fasilitas To Tombi Toraja

Meskipun saat ini To’ Tombi Toraja masih dalam tahap perkembangan, namun mengenai fasilitas yang ada sudah lengkap diantaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area Camping
  • Homestay atau Penginapan

Daya Tarik To Tombi Toraja

1. Keindahan Alam Yang Menakjubkan

Perjalanan yang tak mudah terbayarkan secara kontan ketika kamu tiba di To’ Tombi Toraja. Negeri di atas awan ini menghadirkan pemandangan yang tak bisa kamu temui dimana pun.

Hamparan awan di depan mata siap sedia menyambut kedatanganmu, dibarengi dengan hijaunya pepohonan. Kamu dapat duduk-duduk di sebuah ayunan atau di tempat duduk yang telah disediakan di beberapa lokasi.

Indahnya alam sejauh mata memandang sulit untuk digambarkan dengan kata-kata. Putihnya awan dapat kamu lihat lebih dekat. Jika sore mulai menjelang awan kabut akan menyelimuti lokasi To’ Tombi Toraja.

Tempat yang tepat untuk mencari ketenangan dan jauh dari kebisingan. Melihat terbit dan tenggelamnya matahari merupakan nilai tambah dari lokasi wisata yang satu ini.

Melihat Indahnya Pergantian Hari
Melihat Indahnya Pergantian Hari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keadaan di malam hari akan terlihat sangat berbeda, kamu dapat melihat gemerlapnya Kota Toraja yang dihiasi lampu dari ketinggian.

2. Camping

Meskipun tak terlalu luas, namun di area To’ Tombi Toraja tersedia lahan untuk kamu yang ingin berkemah, kamu dapat menyewa atau mendirikan tenda sendiri. Jika ingin menyewa uang yang harus kamu bayarkan sebesar Rp. 200.000 per tenda.

Area Camping Di To' Tombi

Area Camping Di To’ Tombi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.comSimak juga: Telunas Resort di Batas Negara

Kamu dapat bermalam di dalam tenda setelah puas memandangi alam dari ketinggian. Karena kamu berada di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl, maka siapkan baju hangat untuk mengantisipasi udara yang akan sangat dingin jika menjelang pagi.

3. Homestay Atau Penginapan

Di area To’ Tombi Toraja terdapat rumah-rumah adat Toraja yang biasa disebut Tongkonan, yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat. Selain itu terdapat penginapan yang telah disediakan oleh pengelola, untuk dapat menyewanya kamu harus konfirmasi dahulu.

Penginapan Di To' Tombi
Penginapan Di To’ Tombi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Air Tejun Tarzan, dalam kompleks Coba Jahe

4. Spot Selfie

Alam yang indah selalu saja layak untuk diabadikan, akan lebih sempurna jika ditunjang dengan fasilitas pendukung yang memadai. Di To’ Tombi Toraja terdapat beberapa spot selfie yang bisa kamu gunakan untuk mengambil beberapa gambar atau video.

Berfoto Dengan Latar Menakjubkan
Berfoto Dengan Latar Menakjubkan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Spot selfie yang ada diantaranya pintu kemana saja, bunga matahari, jembatan, kapal, sepeda di atas tali serta spot foto lainnya yang tak kalah menarik.

5. Festival Toraja explorer

Simak juga: Taman Bunga Celosia Riau

To’ Tombi Toraja merupakan tempat untuk pelaksanaan event Paralayang Toraja Eksplorer yang digelar selama 3 hari, event tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Toraja Internasional Festival.

Atlet yang mengikuti festival tersebut merupakan atlet-atlet profesional yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Bandung, Sumatera, Bali hingga Papua.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi To’ Tombi Toraja, yakni:

  • Berhati-hatilah ketika mengemudikan kendaraan yang kamu bawa.
  • Siapkan baju hangat, karena udaranya cukup dingin.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung ialah pagi dan sore hari, dimana kamu dapat menyaksikan proses pergantian hari yang sangat indah.
  • Selalu fokus dan waspada ketika mengambil foto, karena tidak adanya batas pengaman.
  • Jagalah selalu kebersihan area To’ Tombi Toraja.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap keindahan yang tercipta.

Penutup

Alam memang selalu mempunyai cara tersendiri untuk menghibur kita, dengan energi positif yang diberikan alam mampu merubah kita menjadi jiwa yang lebih baik lagi.

Negeri Di Atas Awan To’ Tombi Toraja merupakan kebaikan Tuhan pada kita, keindahan alam yang luar biasa telah diberikan untuk Toraja Utara.

Selamat menikmati keajaiban tangan Tuhan di Kampung Lolai, Toraja Utara!


Leave a Comment