Trans Studio Makassar, Tamah Hiburan Terbesar di Timur Indonesia

| | ,

Hari ini, bicara soal tempat wisata di Makassar tidak lagi melulu hanya bicara soal Pantai Losari yang indah dengan berbagai kuliner yang memanjakan lidah itu. Beberapa tahun terakhir, sebuah taman hiburan indah telah ikut meramaikan peta per pariwisata di kawasan Makassar.

Taman theme park itu adalah Trans Studio Makassar. Taman hiburan dalam ruang terbesar di Indonesia ini, merupakan saudara dari Trans Studio Bandung yang juga tidak kalah terkenal itu.

Kunjungan ke Trans Studio Makassar lebih tepat disebut petualangan, daripada sekedar kunjungan. Kunjungan ke lokasi ini dapat memberikan pengalaman unik kepada pengunjung.

Tidak seperti taman bermain lain pada umumnya, di Trans Studio Makassar pengunjung bisa merasakan berbagai macam permainan tanpa harus khawatir kepanasan oleh sinar matahari.

trans studio makasar
Trans Studio Makassar. Image via: laely-widjajati

Pada Kawasan yang dibangun di atas lahan seluas 2,7 hektar, berbagai macam kecenderungan imajinasi dapat terakomodasi, melalui 4 Zone theme. Ke empat zone itu meliputi: Studio Central untuk gaya Hollywood, Zone Lost City akan memuaskan keinginan bertualang di alam bebas, Zone Cartoon City untuk dunia penuh imajinasi, dan terakhir Zone Magic Corner yang penuh kejutan.

Lokasi Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar terletak di sebelah barat dari kawasan pusat kota Makassar. Lokasi nya berada di kawasan Tanjung Bunga yang merupakan kawasan elit di Makassar. Lokasi ini sangat dekat dengan kawasan ikonik Makassar yaitu Pantai Losari.

Trans Studio Makassar tepatnya beralamat di Jl. Metro, Tanjung Bunga No. 28, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar.

map_transstudiomakassar
Peta Area Theme Park. Image via: transstudiomakassar.com

Tiket Masuk Trans Studio Makassar

Untuk menikmati semua wahana yang tersedia di dalam kompleks Trans Studio Makassar ini, pengunjung dikenakan tiket 1 kali. Setelah masuk kawasan, pengunjung tidak akan dikenakan lagi tiket lain ketika ingin menikmati berbagai wahana yang ada.

Untuk hari kerja (Senin-Jumat) tiket yang dikenakan seharga Rp. 150.000. Sedangkan saat akhir pekan (sabtu, minggu) dan hari libur nasional pengunjung dikenakan biaya tiket senilai Rp 200.000,-.

Jam Buka Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar dibuka untuk kunjungan publik mulai jam 09.00 sampai tutup jam 22.00.

Pembagian Zona Studio Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar yang luasnya 2.5 hektar terbagi dalam 4 zona studio.

1. Studio Central

studiocentral_01
Foto seru di Studio central. Image via: transstudiomakassar.com

Didesain menyerupai Kawasan Hollywood. Menyusuri Kawasan ini pengunjung akan disuguhi artis-artis ternama di Walk Of Fame. Belum lagi arsitektur-arsitektur Hollywood bergaya 60-an kita akan dibawa ke pusat negeri hiburan.

Di Zone ini terdapat wahana: Theater, House of Fun, Hollywood Bumper car, Grand Studio View, Bioskop 4D, Science Center, Studio Mie, Cofe Bean, dan Baskin Robbins & snack.

2. Lost City 

lostcity_02
Lost City. Image via: transstudiomakassar.com

Pengalaman berpetualang seru akan didapat di studio yang satu ini. Pengalaman petualangan di sajikan di kawasan ini. Di kawasan ini anda akan menempuh perjalanan yang hebat. Masuki hutan rimba dalam safari track dan lakukan penjelajahan ala petualang.

Di Zona ini terdapat wahana: Giant Swing, Rimba Express, Si Bolang, Jelajah, Safari Track, Studio Fried Chicken, dan Baskin Robbins & snack.


3. Cartoon City

transstudio_cartooncity_01
Foto bareng karakter kartun. Image via: transstudiomakassar.com

Bagian Studio yang menyediakan beragam tokoh kartu kartu favorit. Dengan hiasan warna-warni khas film-film kartun. Siapkan kamera HP, agar tidak sampai kehilangan kesempatan untuk selfie bareng tokoh kartu idola.

Pada Zona ini terdapat wahana: Balloon House, Karosel, Ayun Ombak, Angin Beliung, Sepeda Terbang, Mini Boom Boom Car, Kids Studio, dan Baskin Robbins & snack.

4. Magic Corner

dunia lain
Bangunan di Zone Magik. Image via: geretkoper

Bagian Studio yang penuh dengan keajaiban. Beragam atraksi magic bisa didapat di tempat ini. Perjalanan yang akan menyihir membuat pengunjung begitu yakin apa yang ada di depan mata.

Pada Zona ini terdapat wahana: Dragon’s Tower, Putar Petir, Dunia Lain, Magic Thunder Coaster, dan Baskin Robbins & snack.

8 Wahana Luar Biasa di Trans Studio Makassar

1. Science Centre

science centre
Science centre. Image via: travel.detik

Taman rekreasi Trans Studio Makassar tak hanya memiliki aneka permainan seru. Di sana pun terdapat wahana edukasi Science Center, yang jadi favorit anak sekolah. Di sini mereka akan menemukan keajaiban ilmu pengetahuan melalui berbagai macam alat peraga seperti Gravity’s Rainbow, Harpa Laser, dan masih banyak lagi.

Selain teknologi, ada juga pengetahuan tentang Anatomi Otak, Kimia, Matematika, Biologi, Fisika, Simulasi Tsunami, dan beberapa teori yang pernah dikemukakan oleh Albert Einstein dan Charles Darwin tentang evolusi manusia.

2. Giant Swing

giant swing
Berayun dan diaduk aduk. Image via: youtube.com

Ayunan raksasa yang bisa berputar 360 derajat dan diayun-ayun hingga kemiringan 90 derajat lebih. Inilah wahana yang paling populer dan patut dicoba saat pertama memasuki kawasan ini. Bagi penyuka adrenalin wahana ini sungguh sangat menyenangkan.

Pemandu wisata akan mengingatkan para wisatawan, wahana ini tidak disarankan bagi mereka yang memiliki riwayat jantung lemah, asma atau penyakit lainnya. Karena para wisatawan nanti nya akan diayun tubuhnya dengan kursi berrotasi dan dihempaskan dari ketinggian 10 meter atau hingga sudut 90 derajat lebih.

Permainan berlangsung selama dua menit. Pada ayunan pertamanya akan berjalan perlahan, namun saat mencapai sudut tertentu, wisatawan akan diayun dengan sangat cepat. Sensasi yang ditawarkan pun tak main-main, apalagi saat kursi berputar dan menghadap ke lantai lalu diayun lagi dengan cepatnya ke atas, seketika itu pula teriakan akan keluar dari mulut Anda sekencang kencangnya.

3. Balloon House

Rumah Balon
Rumah Balon. Image via: Tribun Timur

Wahana balon house Trans Studio Makassar yang terletak di zona cartoon City. Wahana ini merupakan sebuah area dengan bangunan-bangunan yang seluruhnya terbuat dari balon. Di sini terdapat miniatur perpustakaan,  toko, dan juga rumah tempat tinggal terbuat dari balon.

Sedikitnya ada 25 ribu balon yang dihadirkan berbagai macam warna-warni tersusun membentuk taman. Selain bangunan dan objek taman, susunan balon itu juga membentuk karakter karakter hewan, seperti  gajah, jerapah dan domba.

Imajinasi yang ditimbulkan ketika memasuki balloon house mirip seperti memasuki rumah permen. Namun dalam skala yang lebih intens. Warna mereka mirip, sama-sama cerah. Namun  ukuran balon house yang lebih besar daripada rumah permen, membuat ledakan imajinasinya juga lebih kuat.

4. Dragon Tower

dragon tower
Pintu masuk Dragon Tower. Image via: transstudiomakassar.com

Bagi pengunjung yang belum puas memompa adrenalin dengan naik ayunan raksasa, masih ada Dragon Tower. Jika Giant Swing akan membuat tubuh seakan diayun-ayun dengan cepat, wahana satu ini akan membuat penyuka adrenalin jatuh dari ketinggian 12 meter sembari duduk di kursi.

Bukan hanya sekali tubuh pengunjung dijatuhkan begitu saja, kursi akan perlahan kembali naik ke posisi tertingginya dan kembali dijatuhkan. Bahkan sesekali saat di tengah-tengah tower wisatawan akan dibuat naik-turun secara dadakan.

Ketegangan pastilah terasa, apalagi saat kita dibawa naik perlahan lalu dijatuhkan begitu saja. Berteriak adalah satu-satunya cara untuk menikmati momen menegangkan itu, selama beberapa menit.

5. Putar-Petir

Wahana ini mirip dengan wahana Gajah Bledug di Dufan. Di wahana ini pengunjung akan disuruh duduk di kursi, yang cuma bisa diisi dua orang lalu wisatawan akan diputar-putar dengan cepatnya.

Selama berputar dengan cepat kursi akan dihentak ke atas dan ke bawah secara dadakan. Kalau pernah naik pesawat dan terjebak turbolance, wahana satu ini menyuguhkan sensasi itu sebagai daya tariknya.

6. Magic Thunder Coaster

magiccoaster
Roler coster dalam ruangan. Image via: kaskus.

Naik roller coaster di dalam ruangan tentu adalah pengalaman baru. Wahana satu ini pastinya menjadi wahana wajib bagi pecinta adrenalin. Sensasi naik roller coaster sudah tak bisa diungkapkan lagi, buka mata lebar-lebar dan teriaklah sekencang-kencangnya.

Keseruan ini akan berlangsung selama 3 putaran, Magic Thunder Coaster ini memiliki dua loop besar yang pastinya akan menegangkan. Apalagi ditambah dengan kecepatan laju kereta yang mencapai 120 km/jam, pastinya wahana ini akan membuat jantung berdegub kencang.

7. Dunia Lain

dunia lain 2
Gerbang Dunia Lain. Image via: transstudiomakassar.com

Seperti  saudaranya di Bandung, Trans Studio Bandung, Trans Studio Makassar juga ada wahana semacam rumah hantu. Wahana ini diberi nama Dunia Lain. Dengan menaiki kereta, pengunjung akan berkeliling rumah hantu dengan beragam tema.

Ada beberapa tema dari sudut berbeda di rumah hantu ini. Mulai dari rumah tua, hutan, juga rumah sakit, lengkap dengan hantu-hantu khas-nya. Hampir bisa dipastikan, sepanjang perjalanan pengunjung akan ditemani suara jeritan pengunjung lainnya.

8. Jelajah

Jelajah
Lintasan Jelajah. Image via: http://lightnomyus.blogspot.com

Puas dengan wahana yang membuat jantung tak henti-hentinya berdegub kencang. Di wahana Jelajah dari jenis log ride yang berada di zona Lost City, wisatawan akan dibuat cooling down dengan bermain di air terjun buatan.

Di wahana ini, pengunjung akan menaiki perahu hingga puncak piramida lalu meluncur ke bawah dengan cepat hingga menciptakan cipratan air. Cipratan air akan mengguyur muka dan pakaian sesaat setelah meluncur, lalu perahu akan berjalan perlahan kembali ke tempat semula.

Wahana ini sekaligus menjadi penutup bagi wisatawan yang telah dipacu adrenalinnya di beberapa wahana ekstrem sebelumnya.

safari
Sensasi Safari didalam ruangan. Image via: transstudiomakassar.com

Objek Wisata Dekat Trans Studio Makassar

Setelah puas bertualang dengan penuh imajinasi di Trans Studio bandung, pengunjung yang masih punya waktu liburan bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata lain di dekat-dekat sana.

Untuk yang ingin menikmati legenda keindahan pantai kota Makassar, pantai Losari dan pantai Akkarena tentu pilihan paforit. Dua lokasi indah itu berjarak sekitar 2 km dari Trans Studio Makassar.

Untuk pengunjung yang ingin melanjutkan petualangan imajinatif di trans studio dengan petualangan beneran di alam terbuka, bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Kayangan yang jaraknya 3 km. Atau yang sedikit lebih jauh ada Pulau Samalona yang jaraknya 6.7 km.

Bagi yang ingin menapaki jejak sejarah bangsa di masa lalau, dapat pula melanjutkan perjalanan wisatanya ke Benteng Rotterdam sejauh 3 km atau sedikit lebih jauh di Benteng Somba Opu yang jaraknya 3.8 km.

Itulah beberapa ulasan tentang serunya berlibur bertualang di Trans Studia Makasar. Semoga informasi ini dapat membantu kamu yang ingin berlibur di Theme Park terbesar di Indonesia timur ini. Dan jangan lupa ajak seluruh teman dan keluarga untuk berlibur di sini!

Trans Studio Makassar, Tamah Hiburan Terbesar di Timur Indonesia
4.7 (93.33%) 6 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Pulau Kemaro, Ketika Cinta Menyatukan Perbedaan

Pantai Jogan, Keindahan Yang Istimewa di Gunung Kidul

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment