Umbul Sidomukti, Kawasan Wisata Indah Di Semarang

Kabupaten Semarang adalah kawasan puncak bagi warga semarang seperti halnya Bandung dan Puncak bagi warga Jakarta. Di kawasan ini terdapat Gunung Ungaran yang mempunyai pesona esoktis. Apalagi, lerengnya yang tersebar beberapa kawasan wisata epik dan wajib untuk dikunjungi seperti halnya Candi Gedong Songo.

Di lereng Gunung Ungaran pula hadir sebuah tempat yang menarik selain Candi Gedong Songo. Sebuah kolam renang dan juga pemandian alami. Dimana, aliran airnya langsung diambil dari alam. Tidak hanya menarik saja tetapi, kesegaran pun akan tercipta. Tempat tersebut adalah Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukuti Drone View
Image via: www.instagram.com/agendasolo

Sekilas Tentang Umbul Sidomukti

Lokasi kawasan ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Sebuah ketinggian yang sudah cukup menghadirkan pesona dan suasana mengesankan. Sejuknya udara membuat siapa pun pasti enggan untuk beranjak dari kawasan ini.

Umbul Sidomukti diresmikan oleh wakil bupati semarang pada 2 agustus 2007. Kawasan ini menyediakan 3 kolam bertingkat dengan kedalaman beragam. Untuk dewasa 1,5 meter untuk anak-anak 30 cm. bentuk kolam renang ini dibuat tidak biasa karena hampir menyerupai mangkok. Bukan kotak seperti halnya kolam renang pada umumnya.

Umbul Sidomukuti Indah
Image via: www.instagram.com/tyas_adityas

Taman Renang Alam

Berada di sini memang wajib untuk berenang. Lihat airnya yang sangat jernih membuat siapa pun pasti tergoda untuk masuk ke dalam air. Apalagi, melihat pemandangan alam di depan mata yang begitu mengesankan. Sobat native akan dibawa ke pengalaman yang tidak pernah terlupakan.

Rasanya seperti berenang di sebuah resort mewah dengan sajian yang tidak akan pernah habis walau terus dieksplore. Terlebih bila, kabut tipis itu datang. sobat native akan berasa berenang di atas awan. Sungguh pesona yang tidak boleh dilewatkan bila berada di kawasan kabupaten semarang. Berkunjung ke tempat ini adalah hal yang paling wajib.

Umbul Sidomukuti Indah 1
Image via: www.instagram.com/dianhijabistana

Wahana Pacu

Di sini sobat native akan dibawa memacu adrenalin. Dimana wahana flying fox, marine bridge, highest triangle, dan sepeda awang. Apa yang membuat sobat native wajib mencoba semua permainan ini? detak jantung yang berdebar kencang, saat sobat native melakukannya.

Baca Juga :  Indahnya Kawasan Labuan Bajo, Mutiara di Timur Indonesia

Coba saja bayangkan bila saat melakukan flying fox, Sobat native akan melewati lembah yang langsung berhadapan dengan jurang yang dalam. Apabila terjatuh, hanya ada dua hal yang terjadi yaitu tiada atau patah tulang. Mau mencobanya? Banyak yang mencobanya dan juga banyak pula yang ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi.

Walaupun memiliki tingkat adrenalin tinggi, jangan khawatir, karena tingkat keamanan wahana ini sudah terbukti. Apalagi, di bawah sudah tersedia jaring-jaring yang siap menangkap sobat native semua. Jadi, tidak perlu takut bila sewaktu-waktu tali yang digunakan lepas.

Bisa juga, sobat native berjalan di jembatan yang hanya ada satu jembatan saja. konsentrasi dan disarankan jangan melihat ke bawah. Karena, jurang menganga dan pasti akan menggoyahkan iman wisatawan. Asyiknya lagi berada di jembatan goyang. Dimana, saat berjalan, jembatan ini akan bergoyang-goyang.

Rasakan adrenalin luar biasa, di tengah-tengah jembatan dengan hembusan angin yang super kencang. Walaupun menakutkan. Namun, banyak pula yang datang dan mencoba wahana permainan ini. tak jarang pula anak-anak yang masih kecil mencoba wahana ini. tanpa menangis dan sangat berani menaklukkan semua rintangan. Bagaimana, kalah sama anak-anak?

Sayangnya, bila week day hanya flying fox, marine bride dan highest triangle saja yang bisa dinikmati. Apabila week end dan hari libur, semua wahana bisa dinikmati.

Umbul Sidomukuti Wahana Pacu 1 1
Image via: www.instagram.com/sintiadna
Umbul Sidomukuti Wahana Pacu 2
Image via: www.instagram.com/ragentar_outbound
Umbul Sidomukuti Wahana Pacu 3
Image via: www.instagram.com/rlsptr

Little Ranch

Mau menikmati perkebunan di sekitar umbul sidomukti. Wisatawan bisa memanfaatkan wahana little ranch. Kuda-kuda yang sangat ramah dan sudah terlatih untuk bersahabat ini akan mengantar sobat native. Indahnya perkebunan di sekitar umbul sido mukti memang tidak boleh untuk dilewatkan. Apalagi, sobat native bisa melihat para petani berkebun.

Baca Juga :  Pura Uluwatu Bali, Menikmati Pemandangan Eksotis dan Magis

Tetapi, wahana little ranch ini hanya ada di week end saja. kalau di week day kudanya sedang istirahat dan harus mendapatkan perawatan ekstra. Sebelum menghadapi hari minggu yang pastinya akan selalu padat.

Goa Tirta

Ini adalah goa buatan dan menjadi wahana baru kawasan umbul sidomukti. disini, sobat native akan diajak menyusuri goa sejauh 135 meter. Nah, nanti ketika sampai di ujung. Sobat native akan dibuat terkejut dan terpukau dengan pemandangan yang ada di depan mata. Rasanya tidak bisa berkata apa pun.

Saking indahnya, kawasan ini pun juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk prewedding. Tetapi, sobat native harus merogoh kocek sangat dalam apabila ingin melakukan proses prewedding di kawasan ini. walau hasilnya memang sangat mengesankan.

Umbul Sidomukuti Goa Tirta
Image via: www.instagram.com/umbul.sidomukti

Panahan

Mau mencoba keahlian memanah. Disini pun menyediakan tempat untuk memanah. Apabila, tidak bisa memanah. Sobat native bisa meminta untuk belajar dengan beberapa pemanah profesional yang ada diisini.

Penginapan

Berada di umbul sidomukti memang paling nikmat untuk menginap. Karena suasananya yang memang aduhai. Nah, untuk penginapan ada beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan referensi bagi sobat native.

1. Villa Pondok Kopi

Villa ini mempunyai faslitas yang cukup lengkap. Harga kamar yang bisa di pesan per malam mulai dari 700 ribu rupiah. berada di dekat umbul sidomukti dengan pemandangan yang sangat mengesankan.

Umbul Sidomukuti Pondok Kopi 1 1
Image via: www.instagram.com/umbul.sidomukti

2. Homestay Pinus

Inilah rumah warga yang sudah dirubah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah homestay dengan fasilitas yang sangat lengkap dan sangat nyaman. Harganya mulai dari 500 ribuan. Sobat native bisa tidur dengan nyaman dan bangun dengan udara yang sejuk.

Baca Juga :  Dago Dream Park, Tempat Wisata Keluarga Yang OK Punya nih

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Desa Sidomukti – Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa tengah 50661. bagi sobat native yang berasal dari semarang bisa menuju ke wilayah ungaran tepatnya di pom bensin Lemah Abang dan berputar arah.

Masuk ke gapura dengan tulisan selamat datang di gapura kawasan Candi Gedong Songo. Ikuti jalan hingga sampai di Pasar Jimbaran. Kemudian, di depan Pasar Jimbaran ada sebuah gang yang bertuliskan menuju ke arah Umbul Sidomukti. Masuk ke gang tersebut. Dan ikuti jalan yang akan mengantarkan wisatawan menuju ke Umbul Sidomukti.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk kawasan ini hanya 5 ribu rupiah saja. masih ditambah dengan membayar uang parkir sebesar 10 ribu untuk mobil dan 5 ribu rupiah untuk motor. Nah, apabila sobat native ingin menikmati wahana-wahana yang disediakan disini, berikut daftar harganya:

  • ATV : Rp 30.000,-
  • Flying Lembah : Rp 25.000,-
  • Flying Double : Rp 45.000,-
  • Marie Bridge : Rp 20.000,-
  • Highest Triangle : Rp 45.000,-
  • Sepeda Awang : Rp 25.000,-
  • Pananhan : Rp 30.000,-/ 15 anak panah
  • Little Ranch : Rp 75.000,-
  • Berenang : Rp 10.000,-
  • Goa Tirta : Rp 5.000,-

Bagimana dengan Umbul Sidomukti ini, menarik bukan? Sobat native yang belum pernah ke tempat ini harus datang dan menikmati kawasan alam ini.

Jangan lupa pula ajak teman, sahabat, dan orang-orang terkasih untuk menikmati kawasan yang super indah, hanya di Umbul Sidomukti.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.