Waikelo Sawah, Perpaduan Panorama Air, Gua, Dan Sawah

Secara umum, iklim yang ada di Indonesia terbagi menjadi dua musim saja. Yaitu musim kemarau, dan musim hujan. Lalu kenapa di beberapa provinsi musim kemaraunya lebih panjang?

Salah – satu faktornya diakibatkan oleh letak provinsi tersebut. Seberapa jauh lokasinya dengan wilayah Asia, dan Samudera Fasifik. Semakin jauh jaraknya, maka potensi musim kemarau menjadi dominan. Begitupun sebaliknya.

Sengaja saya memberikan pengatar tentang kondis tersebut, supaya traveler mampu memahami betapa berharganya objek wisata Waikelo Sawah yang akan dibahas saat ini.

Waikelo Sawah
Waikelo Sawah. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Waikelo Sawah adalah sebuah objek wisata yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebuah objek wisata alam, dengan spot utama berupa aliran air tawar alami yang tidak pernah kering.

Kehadiran Waikelo Sawah menjadi sangat berharga, karena porsi musim kemarau di Sumba Barat Daya, atau Nusa Tenggara Timur lebih panjang dibandingkan dengan musim hujan.

Panorama Sumber Mata Air Dan Sawah
Panorama Sumber Mata Air Dan Sawah. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ditambah dengan kondisi luas hutan sebagai sumber serapan air utama, semakin berkurang dari tahun ke tahun. Tentu saja Waikelo Sawah menjadi aset berharga yang harus dipertahankan, selain sebagai sebuah objek wisata.

Lalu apa saja daya tarik utama dari Waikelo Sawah tersebut? Maka inilah ulasan lengkapnya!

Lokasi Waikelo Sawah

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Waikelo Sawah

Apabila pengunjung memulai perjalanan menjelajahi Sumba dari arah Bandara Tambolaka ke arah pusat Kota Waikabubak, sebenarnya akan melewati Waikelo Sawah. Dengan jarak sekitar 12 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya.

Akses Jalan Menuju Waikelo Sawah
Akses Jalan Menuju Waikelo Sawah. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Perjalanan menuju lokasi dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan menuju lokasi juga sudah beraspal halus, namun ada beberapa titik di dekat lokasi yang masih berkerikil.

Belum terdapat transportasi umum ke lokasi, sehingga pengunjung yang hendak mengunjungi Waikelo Sawah dapat mengunakan jasa ojek dari Tambolaka atau menyewa kendaraan dari kota. Begitu pula halnya dengan fasilitas umum lainnya.

Jam Buka Waikelo Sawah

Waikelo Sawah terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Tiket Waikelo Sawah

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan area Waikelo Sawah, pengunjung tidak diwajibkan membeli tiket masuk. Kondisi berlaku sepanjang pekan, termasuk di akhir pekan dan hari libur.

Fasilitas Waikelo Sawah

Belum terdapat fasilitas umum penunjang kegiatan wisata di sekitar Waikelo Sawah. Tidak ada warung makan dan toilet yang memadai. Solusi atas masalah ini, pengunjung dapat membeli bekal makanan dan minuman ringan terlebih dahulu di Tambolaka.

Daya Tarik Waikelo Sawah

Terdapat beberapa daya tarik yang disajiakn oleh Waikelo Sawah. Lebih dari sekedar tentang pesona air saja, namun banyak hal yang bisa dinikmati saat traveler berkunjung ke lokasi tersebut. Diantaranya :

1. Pesona Air Tawar Dan Gua

Daya tarik yang utama Waikelo Sawah tentu saja terletak pada sumber mata air yang tidak pernah surut dari tahun ke tahun.

Sumber mata air alami tersebut berada di dalam sebuagh gua eksotis, kemudian mengalir ke luar, lalu air tersebut diatur oleh irigasi yang ada di depan gua tersebut.

Pesona Air Tawar Dan Gua
Pesona Air Tawar Dan Gua. Google Image. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Terdapat view yang berbeda dari Waikelo Sawah. Jika kunjungan dilakukan saat musim kemarau, maka anda akan melihat air yang berada di dalam gua menjadi kebiru – biruan.

Namun, saat musim kemarau, view air di sekitar sawah akan semakin berkurang. Berbeda halnya dengan kunjungan saat musim penghujan tiba.

Saat musim hujan tiba, debit airnya akan sangat deras, sehingga sawah yang ada di kawasan tersebut menjadi pemandangan yang sangat menyejukan. Namun warna air yang ada di dalam guanya menjadi sedikit kecoklat – coklatan.

View Air Saat Kemarau
View Air Saat Kemarau. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Traveler sangat dilarang untuk melakukan aktivitas berenang, atau mandi di kolam utama tepat di mulut gua, apalagi di dalam gua.

Meskipun terlihat tenang, namun arus air yang ada di bawahnya sangat kuat. Traveler bisa bermain air di spot air yang telah melewati irigasi.

2. Pesona Alam Sekitar

Daya tarik selanjutnya yaitu tentang  pesona alam sekitar. Pesona alam sekitar menyajikan panorama alam yang sangat asri, selain rimbunnya beberapa pohon yang terdapat di spot tertentu, terdapat  juga hamparan area sawah yang sangat luas menjadi pemandangan elok bagi para pengunjung.

View Sawah Dan Kolam Air
View Sawah Dan Kolam Air. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jembatan di depan mulut gua, menjadi spot yang instagrammable dengan sajian latar alam yang berbeda. Bisa berlatarkan gua eksotis, atau berlatarkan area sawah yang asri.

Objek wisata Waikelo Sawah bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, serta destinasi wisata edukasi. Tetapi tetap patuhi protokol keamanan, dan kesehatan ya.

Sejarah Waikelo Sawah

Pembangunan, serta penataan Waikelo Sawah dimulai pada tahun 1976. Sebagai sumber mata air alami dengan kandungan air yang melimpah, maka Waikelo Sawah di awal pembangunananya difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Waikelo Sawah merupakan salah-satu pembangkit listrik pertama yang ada di Sumba. Dengan demikian, Waikelo Sawah semakin menegaskan bahwa bukan sekedar objek wisata biasa.

Penutup

Demikian info lengkap tentang Waikelo Sawah. Tetap patuhi protokol kesehatan, dan kemanan. Jangan membuang sampah sembaragan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment