Taman Wisata Wendit, Kolam Pemandian Bersejarah Di Malang

Kabupaten Malang merupakan Kabupaten terluas kedua setelah Banyuwangi di Jawa Timur. Hal tersebut membuat Malang memiliki banyak tempat wisata yang menjadi tujuan para wisatawan.

Salah satunya ialah Wana Wisata Wendit yang terletak di Kecamatan Pakis, Jawa Timur. Tempat wisata ini dulunya merupakan sebuah Pemandian sekarang lebih dikenal dengan nama Taman Wisata Wendit.

Taman Wisata Wendit memiliki sejarah yang panjang, karena telah berdiri sejak beberapa puluh tahun yang lalu, sehingga menyimpan beberapa mitos tertentu yang dipercaya banyak orang.

Sekitar tahun 2006 hingga tahun 2008 lokasi wisata ini direnovasi dengan menambah beberapa fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung.

Kemudian pada tahun 2008 mulai dibuka kembali dan berganti nama menjadi Taman Wisata Wendit. Sesuai namanya objek wisata yang satu ini menampilkan arena bermain yang lengkap dan cocok untuk semua usia.

Beberapa waktu lalu ketika pandemi tengah melanda Indonesia, lokasi wisata yang satu ini sempat ditutup. Namun sekarang sudah dibuka kembali, namun tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

bangunan khas di taman wisata wendit
bangunan khas di taman wisata wendit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 19 wisata populer di Malang

Berikut ulasan lengkap Taman Wisata Wendit untuk menambah referensi kamu:

Lokasi Taman Wisata Wendit

Lokasi Taman Wisata Wendit terletak di Jl. Raya Wendit Timur, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Taman Wisata Wendit

Rute menuju Wendit Waterpark jika berangkat dari Malang, kamu akan menempuh jarak sekitar 8 km, lokasinya berada di tepi kanan jalan utama sehingga mudah untuk ditemukan. Caranya ialah dengan melajukan kendaraan ke arah Gunung Bromo melalui Tumpang (via) Poncokusumo.

koloni monyet yang ada di taman wisata wendit
koloni monyet yang ada di taman wisata wendit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Taman Wisata Wendit

Jam operasional Taman Wisata Wendit untuk hari Jum’at tutup, dan selain hari itu dibuka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 sore.

Simak juga: Gunung Lanang di Pantai pangasan Pacitan

Tiket Taman Wisata Wendit

Tiket masuk Taman Wisata Wendit dibedakan menjadi:

  • Untuk weekday (Senin hingga Kamis) dewasa (usia 5 tahun keatas) membayar sebesar Rp. 15.200 per orang sedangkan anak-anak (3 hingga 5 tahun) hanya Rp.10.200 per anak
  • Sedangkan untuk weekend (Sabtu dan Minggu) dan hari libur untuk dewasa membayar sebesar Rp. 18.200 per orang sedangkan untuk anak-anak hanya membayar Rp. 12.200 per anak

Untuk anak yang berusia di bawah 3 tahun tidak perlu membayar tiket alias gratis.

Sedangkan untuk tiket parkir motor cukup membayar Rp. 2.000 per unit, parkir mobil membayar Rp. 5.000 per unitnya.

Fasilitas Taman Wisata Wendit

Fasilitas yang ada di Wana Wisata Wendit cukup lengkap, yakni:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Toko Souvenir
  • Wahana permainan anak
  • Pendopo
  • Kamar ganti
alamnya masih sejuk
alamnya masih sejuk. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Keindahan Pantai Bercak Pacitan

Ragam Wisata Taman Wisata Wendit

Banyak keseruan yang akan kamu lakukan ketika berada di Taman Wisata Wendit, diantaranya ialah:

1. Ragam Wisata Air

Kolam Pemandian Wendit merupakan satu-satunya tempat dari pertemuan sumber mata air dari beberapa gunung yang ada, sehingga air yang ada sangat melimpah.

  • Kolam Alami

limpahan air alam yang menyejukkan
limpahan air alam yang menyejukkan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat sebuah kolam pemandian alami yang sangat luas, dengan kedalaman yang beragam. Di kolam ini tidak ada seluncuran ataupun perosotan, yang ada hanyalah kolam alami dengan hamparan keindahan alam yang mengagumkan.

Terdapat sebuah kolam alami yang sangat berkhasiat dan konon katanya dapat menyembuhkan berbagai penyakit serta membuat wajah kita cantik dan awet muda. Area tersebut bernama Sendang Widodaren, yang konon katanya merupakan tempat bersemedi Raden Wijaya.

  • Kolam Buatan

serunya menanti ember tumpah
serunya menanti ember tumpah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Taman Wisata Wendit telah membangun sebuah kawasan waterpark yang dilengkapi beragam wahana permainan air yang menarik. Seperti wahana seluncuran dengan berbagai bentuk, pastinya akan membuat hatimu gembira.

Selain itu dilengkapi juga dengan wahana ember tumpah, yang akan menumpahkan air ketika embernya sudah mulai penuh. Kolamnya pun tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk anak-anak bermain.

2. Ragam Wisata Lainnya

wahana wisata air lainnya
wahana wisata air lainnya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain bermain disegarnya air, kamu juga dapat bermain-main di wahana permainan yang lainnya seperti:

  • Sepeda Air
  • ATV
  • Flying Fox
  • Bom-Bom Car
  • Carousel
  • Worm Coaster
  • Kolam Pemancingan

Untuk bermain wahana permainan di atas kamu harus mengeluarkan biaya tambahan, sesuai dengan permainan apa yang akan kau coba.

3. Wahana Permainan Anak

Di area Taman Wisata Wendit terdapat area bemain untuk anak, dimana anak-anak dapat bermain ayunan, jungkat-jungkit, serta wahana permainan lainnya.

Mitos Kolam Pemandian Wendit

sendang widodaren
sendang widodaren. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi wisata ini diyakini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. Kemudian pada zaman Kerajaan Majapahit menjadi lokasi mandi favorite para selir raja. Sehingga masyarakat sekitar mempercayai bahwa air nya berkhasiat.

Konon katanya jika kamu mencuci wajah di kolam tersebut akan membuat awet muda dan panjang umur. Tak hanya itu airnya pun diyakinin dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Air di Wana Wisata Wendit diyakini berasal dari 4 sumber mata air yang berasal dari Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Kawi dan Gunung Bromo, sehingga oleh sebagian orang dianggap suci dan penuh berkah.

Terlepas dari hal tersebut, air di Wendit Waterpark memang sangat jernih juga menyegarkan, mampu merefresh badan yang sudah lelah menjadi semangat.

Sejarah Wendit Waterpark

Kolam Pemandian Wendit dulunya bernama Bureng, seperti yang disebut dalam Kitab Negarakartagama. Bureng berarti sebuah sebuah telaga yang indah dan memiliki air yang berwarna kebiruan, dimana di dalamnya terdapat sebuah Candi Bermakala serta bangunan rumah-rumah yang indah.

Raja Majapahit yakni Hayam Wuruk pernah singgah ke tempat tersebut dengan maksud untuk berwisata karena memang lokasinya yang indah, serta untuk melakukan sebuah ritual karena terdapat sebuah bangunan suci.

Kemudian pada abad ke XIV Masehi mulai dikembangkan oleh pihak Kerajaan Majapahit, dan selalu digunakan sebagai tempat suci.

Simak juga: Pantai Walaikiri, penghias sampul Album terakhir Glenn

Tips Wisata

Untuk kamu yang hendak mengunjungi Kolam Pemandian Wendit ini baiknya simak beberapa tips wisata berikut:

  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Sebaiknya siapkan diri untuk bertemu koloni monyet yang hilir mudik di sekitar lokasi Taman Wisata Wendit.
  • Jaga selalu kebersihan area Kolam Pemandian Wendit.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam di Kolam Pemandian Wendit.

Penutup

Kolam Pemandian Wendit memang merupakan sebuah kolam pemandian yang melegenda, keberadaannya diyakini telah ada selama beberapa puluh tahun yang lalu.

Ketika kamu berada di wana wisata tersebut, kamu akan merasakan sumber mata air yang menyegarkan bahkan berkhasiat.

Kunjungilah Taman Wisata Wendit weekend ini bersama dengan keluarga tercinta!


Tinggalkan komentar