Wayang Windu Panenjoan, Keindahan di Sejuknya Dataran Tinggi Bandung

Wayang Windu Panenjoan merupakan wisata alam dengan keindahan hijaunya perkebunan teh yang adem dan menyejukan mata. Berpadu serasi dengan birunya langit beserta awan putih tipis menambah anggunnya pemandangan di WWP 1800 ini, Sungguh menjadi sebuah anugerah yang begitu agung.

Wayang Windu Panenjoan merupakan wisata alam dengan keindahan hijaunya perkebunan teh yang adem dan menyejukan mata. Berpadu serasi dengan birunya langit beserta awan putih tipis menambah anggunnya pemandangan di WWP 1800 ini, Sungguh menjadi sebuah anugerah yang begitu agung.
Wayang Windu Panenjoan. Image via: dowes29.com

Dari beberapa spotnya, pengunjung bisa melihat keindahan kota kecil Pangalengan dari atas. Bahkan kalau beruntung, pengunjung lokasi wisata alam ini akan merasakan pengalaman seperti sedang berada di atas awan saking banyaknya kabut di sekitar wisata.

Bukan cuma bisa melihat keindahan hamparan kebun teh maupun rumah penduduk di Pangalengan. Wayang Windu Panenjoan  juga diklaim memiliki pemandangan sunset yang menawan. Dipadukan dengan hijaunya kebun teh dan kadang juga dihiasi dengan kabut, membuat nuansa semakin terkesan romantis.

Lokasinya yang berada di puncak pegunungan dengan ketinggian 1800 mdpl serta dikelilingi hamparan perkebunan teh. Dua hal ini memastikan pengunjung yang datang ke lokasi ini akan mendapatkan nuansa alam yang kental, yang dapat memberikan kesan sejuk dan santai.

Wayang Windu Panenjoan ini bisa dibilang merupakan wisata di Bandung yang cocok buat pecinta ketinggian. Berada di ketinggian antara 1.600 sampai 1.800 mdpl, membuat hawa di sekitarnya sangat menyejukkan.

Lokasinya yang berada di puncak pegunungan dengan ketinggian 1800 mdpl serta dikelilingi hamparan perkebunan teh. Dua hal ini memastikan pengunjung yang datang ke lokasi ini akan mendapatkan nuansa alam yang kental, yang dapat memberikan kesan sejuk dan santai.
Berteduh. Image via: getlost.id

Simak juga: 39 tempat wisata populer di Bandung

Lokasi Wayang Windu Panenjoan

Lokasi Wayang Windu Panenjoan berada di Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Dari pusat Kota Kembang, jaraknya sekitar 65 kilometer.

Rute Menuju Wayang Windu Panenjoan

Wisata Wayang Windu Mountain Bike Park jarak dari pusat kota Bandung kurang lebih sekitar 65 KM dengan kurun waktu dua jam-an perjalanan.

Untuk pengunjung yang dari luar kota atau masih asing dengan jalan di Bandung, khususnya daerah Pangalengan, saran kami Pengunjungmenggunakan navigasi dari googe maps saja. Hal ini akan mempermudah Pengunjungcepat sampai lokasi wisata.

Sedangkan untuk akses menuju ke titik lokasi Wisata Wayang Windu Mountain Bike Park Pangalengan cukup bersahabat. Jalanannya cukup terjangkau dan kondisi jalan juga baik. Pengunjungbisa menjumpai wisata kebun teh ini dengan menggunakan kendaraan roda dua mupun roda empat.

menikati kebersamaandnegan pacar di Wayang Windu PAnenjoan sungguh menciptakan kenangan indah
Tentang Kita. Image via: @ipyciripy 

Namun, jika memilih menggunakan mobil akan ada sedikit ketidaknyamanan. Karena ada beberapa bagian jalan yang masih belum aspal, banyak jalan bebatuan “makadam”.

Jam Buka Wayang Windu Panenjoan

Lokasi wisata ini buka 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu.

Tiket Wayang Windu Panenjoan

Informasi terbaru HTM atau harga tiket masuk di Wisata Wayang Windu Mountain Bike Park Pangalengan cukuplah bersahabat dengan isi kantong pengunjung. Wisata indah ini janya mengenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per Orang.

Untuk tariff parkir kendaraan roda dua Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Nah, dengan harga tiket masuk segitu Pengunjungsudah bisa menikmati Wisata Wayang Windu Panenjoan yang asri dan menawan ini yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Selebihnya Pengunjungjuga dapat koleksi foto terbaru, yang tentunya instgramable banget.

Pemandangan kota pangalengan dari ketinggian Wayang Windu PAnenjoan
Malam nan syahdu. Image via: @wisatapangalengan

Simak juga: Bukit Sewu Sambang Banyuwangi

Fasilitas Wayang Windu Panenjoan

Fasilitas Wisata Wayang Windu Panenjoan Pangalengan Bandung ini sudah cukup memadai. Kenyamanan pengunjung sudah jadi prioritas.

Fasilitas yang di miliki antaranya ; area parkir yang cukup luas, toilet umum, spot foto, warung makan, gazebo, gardu pandang, tempat beribadah atau mushola, dan masih banyak lagi fasilitas yang di sediakan oleh pihak pengelola Wisata.

Daya Tarik Wayang Windu Panenjoan

  1. Kedamaian Dataran Tinggi

Wisata Wayang Windu Panenjoan pangalengan, keberadaanya yang ada di dataran tinggi. Ini membuat kawasan kebun teh ini memiliki udara yang cukup dingin, sejuk, dan kalau musim hujan. Juga suka ada kabut, membuat suasana lebih syahdu
Kedamaian di 1800 meter. Image via: @ceritapelari

Wisata Wayang Windu Panenjoan pangalengan, keberadaanya yang ada di dataran tinggi. Ini membuat kawasan kebun teh ini memiliki udara yang cukup dingin, sejuk, dan kalau musim hujan. Juga suka ada kabut, membuat suasana lebih syahdu.

Mengenai view, sangat laur biasa. Sangat rekomended untuk pengunjung yang ingin melepas penat atau kegalauan masalah pekerjaan atau penat dengan ramai kota. Wayang Windu Mountain Panenjoan, bisa jadi tempat alternative menghilangkan kerisauan yang ada.

Pengunjung tidak akan bosan untuk memandang alam, dan menikmati udara pegunungan yang sejuk di kawasan wisata ini. Juga menyaksikan hamparan kebun teh, yang bergelombang seperti ombak. Hal yang sangat memanjakan mata, dan memenangkan pikiran.

  1. Jembatan Kebun Teh

Di Wayang Windu Panenjoan, pengunjung dapat melihat keindahan kebun teh dari atas jembatan sepanjang 100 meter
Jembatan Kebun Teh. Image via: @lianur_silawati

Simak juga: Wana Wisata wendit, Kolam air alam dari Zaman Majapahit

Di Wayang Windu Panenjoan, pengunjung dapat melihat keindahan kebun teh dari atas jembatan sepanjang 100 meter. Sepanjang mata memandang, Pengunjung akan disuguhkan dengan pesona kebun teh yang seakan tak berujung.

Selain sebagai jalan mengitari perkebunan teh, jembatan yang terbuat dari kayu pohon pinus ini juga bisa dijadikan spot foto yang menarik di Wayang Windu PAnenjoan. Jembatan yang memanjang ini tampak indah bersanding dengan pohon-pohon teh hijau segar.

Bila berjalan lebih jauh menyusuri jembatan ini, Pengunjung akan menemukan dek terbuka yang cukup luas. Dari dek ini, Pengunjung bisa mendapatkan spot foto baru dengan latar belakang yang berbeda.

Selain menyuguhkan pemandangan kebun teh, dari dek ini Pengunjung juga bisa melihat hamparan sawah berundak-undak di belakangnya. Bila diperhatikan, dari kejauhan tampak pula kota kecil Pangalengan.

Di sekitar area perkebunan teh, Pengunjung juga bisa menemukan spot-spot foto lainnya. Ada rumah-rumahan kayu kecil dengan atap segitiga yang bisa dijadikan tempat peristirahatan, lengkap dengan bantal-bantal empuk di dalamnya.

Tidak jauh dari sana, ada pula menara tinggi yang terbuat dari kayu. Dari atas menara, Pengunjung dapat melihat barisan rapi kebun teh dengan lebih jelas.

  1. Sunset Wayang Windu Panenjoan

Tempat wisata Wayang Windu ini diklaim memiliki pemandangan sunset yang menawan. Para traveler bisa berburu panorama indahnya matahari terbenam di sore hari, bersama udara yang makin dingin. Jadilah tambah romantis.
Sunset. Image via: qupas.id

Tempat wisata Wayang Windu ini diklaim memiliki pemandangan sunset yang menawan. Para traveler bisa berburu panorama indahnya matahari terbenam di sore hari, bersama udara yang makin dingin. Jadilah tambah romantis.

Di waktu-waktu tertentu, kabut tipis akan turun menyelimuti perkebunan ini, membuatnya tampak lebih memesona. Sementara sebelum senja, Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang diklaim merupakan salah satu yang terbaik di Bandung.

Wisata Kebun Teh ini belakangan menjadi terkenal atau viral di dunia media, seperti halnya facebook dan instagram. Hal ini karena pengelola wisata kebun teh Pangalengan ini berinovasi memberikan area spot foto.

Saat ini ada bangunan kayu atau gardu pandang untuk menikmati view hamparan kebun teh yang sangat jelas asri nan indah memanjakan mata banget.

  1. Trek Sepeda

Sebagai arena olahraga sepeda, track yang tersedia di hamparan kebun teh ini beragam dengan panjang kurang lebih 15 kilometer. Ada track yang mudah untuk pemula, hingga track yang memiliki tingkat kesulitan tertentu.
Sepeda di Gunung. Image via: @w2mbikepark

SImak juga: Pantai Pangasan Pacitan

Lokasi wisata ini sudah lama dikenal masyarakat sebagai lokasi wisata olahraga sepeda gunung. Di sini pun sering diselenggarakan kejuaraan olahraga sepeda, yang diikuti peserta dari berbagai Bandung dan sekitarnya, Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Bogor.

Sebagai arena olahraga sepeda, track yang tersedia di hamparan kebun teh ini beragam dengan panjang kurang lebih 15 kilometer. Ada track yang mudah untuk pemula, hingga track yang memiliki tingkat kesulitan tertentu. Seperti track tipe Cross Country (XC), All Mountain (AM), sampai Mini Down Hill (DH).

Bagi Pengunjung yang hobi bersepeda gunung, bisa sekalian mencoba trek di kawasan wisata Wayang Windu Mountain Bike Park Pangalengan. Sungguh trek yang memberikan pengalaman berkesan naik sepeda yang tidak ada duanya, berkeliling di sekitar hijau kebun teh pangalengan ini.

berpayung awan dalam  kesejukan dataran tinggi
Berpayung Awan. Image via: pariwisatapangalengan

Objek Wisata Dekat Wayang Windu Panenjoan

Wilayah pengalengan di Bandung, memang kaya kan wisata alam. Ada puluhan objek wisata di sini. Dua diataranya adalah Situ Celeunca dan Glamping Cileunca.

Situ Cileunca Merupakan danau buatan seluas 1400 hektar yang terletak di Desa Wanasari Pangalengan. Jika cuaca sedang bagus, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit (Sunrise) dan matahari terbenam (Sunset) dari tepi danau.

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 rupiah, pengunjung bisa meng-explore beragam spot di danau Situ Cileunca ini, seperti mengelilingi danau, bermain ke lokasi agrowisata lokal arbei dan jeruk atau berfoto-foto di jembatan cinta.

Glamping Cileunca, merupakan salah satu spot wisata populer yang masih terdapat didalam kawasan wisata Situ Cileunca. Menuju ke Glamping Cileunca wisatawan harus menggunakan perahu karena lokasinya yang berada ditengah-tengah danau.

Glamping Cileunca memiliki ragam fasilitas seperti tempat berkemah eksklusif (camping dan glamping), cottage, fasilitas flying fox 200 meter lintas danau, arung jeram, paintball war games, archery, dan juga spot foto untuk pra-wedding.

Demikian bisa kami ceritakan, sedikit dari setumpuk keindahan yang ada di Wayang Windu Panenjoan. Siapkan mulai dari sekarang, dan begitu wabah reda, puaskan hati dengan berjalan jalan ke lokasi indah ini.

Baca juga:

Leave a Comment