7 Tempat Wisata Di Bukittinggi, Kota Kembaran Big Ben

Tempat wisata di Bukittinggi, beberapa di antaranya didominasi oleh bangunan ala Eropa, sebagai jejak sejarah penjajahan Belanda di Indonesia, khususnya dalam memerangi Kaum Padri.

Sebetulnya tempat wisata di Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, sudah direncanakan sebagai bagian dari proyeksi Kota Wisata, yang sudah dicanangkan dari tahun 1984.

Oleh karena itu, jangan heran jika tempat instagramable di Bukittinggi, memiliki sejarah yang sangat menarik untuk dipahami, dan dipelajari.

Wisata di Bukittinggi juga menyajikan wisata alam yang sangat indah. Dan beberapa di antaranya menjadi tempat camping di Bukittinggi yang nyaman, khususnya untuk muda-mudi.

Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, sangat direkomendasikan sekali sebagai bagian rencana liburan anda selanjutnya. Apalagi kunjungan wisata keluarga akan terasa lebih indah.

7 Tempat Wisata Di Bukittinggi

1. Jam Gadang

jam gadang
jam gadang. google maps. sumber: Jetri Yonizal

Baca juga: daftar tempat wisata di Depok

Seperti biasa, pembahasan tempat wisata kita mulai dari ikon tempat tersebut. Tempat wisata di Bukittinggi, sekaligus sebagai salah-satu ikonnya, adalah Jam Gadang.

Kota Bukittinggi dianggap juga sebagai kota kembaran Big Ben, karena keberadaan jam raksasa tersebut. Hal yang menarik lainnya dari Jam Gadang, selain bentuk bangunannya yang indah, adalah sebagai berikut:

  • Proses pembangunannya menggunakan putih telur sebagai perekatnya,
  • Jam Gadang dibangun pada tahun 1926,
  • Mesin Jam Gadang, sama dengan mesin Big Ben di London,
  • Setelah kemerdekaan RI, atapnya berubah menjadi atap Rumah Gadang.

Selain itu, kawasan di sekitar Jam Gadang juga sangat nyaman, dan banyak spot yag instagramable. Apalagi saat hari menuju malam.

  • Lokasi Jam Gadang berada di alamat Jl. Bukittinggi, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat,
  • Harga tiket masuk Jam Gadang gratis

2. Ngarai Sianok

ngarai sianok
ngarai sianok. google maps. sumber: Real English

simak selengkapnya di artikel ngarai sianok

Tempat wisata di Bukittinggi dengan citarasa luar negeri adalah Ngarai Sianok. Ngarai yang megah, dan indah, sepanjang 15 kilometer, dan sering disamakan dengan Green Canyon Amerika.

Selain itu, Ngarai Sianok juga sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional, tepatnya pada tahun 2018. Ngarai Sianok juga dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata lainnya, termasuk spot instagramable.

Adapun fasilitas wisata di Ngarai Sianok adalah sebagai berikut:

  • Cafe, atau kantin,
  • Spot foto,

Adapun view yang ditawarkan tidak usah diragukan lagi. Karena Ngarai Sianok menyajikan panorama alam yang spektakuler, dan pengunjung dapat melihatnya dari atas.

  • Lokasi Ngarai Sianok terletak di Geopark Ngarai Sianok – Maninjau.
  • Alamat Ngarai Sianok masuk ke dalam 2 lokasi administratif, yaitu Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam.
  • Harga tiket masuk Ngarai Sianok Rp. 10.000 per orang.

3. Lubang Jepang

lubang jepang
lubang jepang. google maps. sumber: Lara Pamungkas

Simak juga: Puncak Lawang

Tidak jauh dari lokasi Ngarai Sianok, maupun Jam Gadang, terdapat wisata Bukittinggi lainnya yang sangat bersejarah, tepatnya pada masa penjajahan Jepang, dengan sistem kerja paksa. Namanya Lubang Jepang, atau Lobang Jepang.

Lubang Jepang menjadi saksi bisu atas kekejaman pasukan Jepang. Karena Lubang Jepang dibangun oleh banyak orang, dan tidak terhitung berapa jumlah yang tewas saat membangun terowongan tersebut.

Lubang Jepang memiliki status sebagai salah-satu terowongan terpanjang di Asia. Lubang Jepang memiliki kedalaman 49 meter, dengan panjang 6 kilometer, dan tembus ke beberapa objek wisata lainnya.

  • Lokasi Lubang Jepang terletak di Taman Panorama.
  • Alamat Lubang Jepang berada di Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.
  • Harga tiket masuk Lubang Jepang Rp. 15.000.

4. Benteng Fort De Kock

benteng fort de kock
benteng fort de kock. google maps. sumber: Ega Arisandi

Simak selengkapnya di artikel benteng fort de kock

Satu lagi tempat wisata bersejarah, dan wisata alam yang wajib dikunjugi di Bukittinggi. Namanya adalah Benteng Fort De Kock, sebuah benteng yang menjadi saksi atas Perang Padri.

Lokasi Benteng Fort De Kock terletak di atas Bukit Jirek. Hal tersebut menjadi sebuah isyarat bahwa Benteng Fort De Kock merupakan benteng kokoh yang sulit ditembus.

Meskipun saat ini Benteng Fort De Kock sudah tidak utuh lagi, tetapi sisa-sia bangunanya masih bisa terlihat jelas, lengkap dengan meriam, dan prasasti.

Dan kini, kawasan Benteng Fort De Kock dilengkapi dengan fasilitas wisata, dan wahana wisata alam yang cocok untuk keluarga. Penataan kawasannya sangat baik, sehingga tepat dijadikan tujuan wisata saat akhir pekan.

  • Alamat Benteng Fort De Kock berada di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat,
  • Harga tiket masuk Benteng Fort De Kock Rp. 15.000.

5. Taman Margasatwa Kinantan

taman margasatwa kinantan
taman margasatwa kinantan. google maps. sumber: Lusiana Siahaan

simak selengkapnya di artikel taman margasatwa kinantan

Tempat wisata Bukittinggi selanjutnya adalah wisata alam, nan edukatif, yang legend, karena telah berusia satu abad lebih. Namanya adalah Taman Margasatwa Kinantan.

Taman Margasatwa Kinantan menawarkan wisata alam, wisata edukatif, wisata keluarga, dan wisata budaya, dalam satu kawasan yang sama.

Sisi budayanya dipertegas dengan keberadaan rumah adat di area Taman Margasatwa. Selain itu, Taman Margasatwa Kinantan berstatus sebagai salah-satu kebun binatang tertua di Indonesia.

Satu hal lagi yang menjadi daya tarik Taman Margasatwa Kinantan, adalah keberadaan Jembatan Limpapeh, yang menghubungkan dengan Benteng Fort De Kock.

  • Lokasi Taman Margasatwa Kinantan berada di alamat Jl. Cindua Mato, Kelurahan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.
  • Harga tiket masuk Taman Margasatwa Kinantan Rp. 10.000 per orang.

6. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

rumah kelahiran bung hatta
rumah kelahiran bung hatta. google maps. sumber: Ali Ahmad Hasan

Simak: daftar tempat wisata di Malang

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta menjadi tempat yang wajib anda kunjungi saat berada di Bukittinggi. Museum tersebut adalah rumah kelahiran Bung Hatta, dan beliau tinggal hingga usia 11 tahun.

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta layaknya lorong waktu untuk memahami masa kecil sosok Proklamator Kemerdekaan RI. Bangunan tersebut telah ditata mirip dengan aslinya.

  • Lokasi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta berada di alamat Jl. Soekarno Hatta No, 37, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.
  • Harga tiket masuk Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta gratis.

7. Rumah Pohon Inyiak

rumah pohon inyiak
rumah pohon inyiak. google maps. sumber: Minda Rifanda

Tempat instagramable di Bukittingi yang hits, dan populer saat ini adalah Rumah Pohon Inyiak. Rumah yang didominasi oleh bahan dari bambu, atapnya hijau dengan rerumputan, sehingga menyajikan spot foto yang instagramable.

Selain itu, di Rumah Pohon Inyiak para pengunjung juga bisa hunting kuliner khas Sumatera Barat. Oleh karena itu, Rumah Pohon Inyiak layak dijadikan rencana list tujuan wisata anda selanjutnya.

  • Lokasi Rumah Pohon Inyiak berada di alamat Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.
  • Harga tiket masuk Rumah Pohon Inyiak Rp. 10.000 (Weekend)

shopee