Wisata Guci Tegal, Paket Komplit Wisata Dataran Tinggi

Wisata Guci Tegal menawarkan pesona keindahan alam khas daerah pegunungan Tropis. Hal itu mulai dapat dirasakan pengunjung sejak masih dalam perjalanan. Pemandangan khas berupa Hamparan sawah, kebun strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus, ditambah suhu sejuk, benar benar khas objek wisata dataran tinggi.


Di lokasi wisata guci Tegal, selain berendam di pemandian, pengunjung juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah lokasi wisata itu. Air sungai tersebut juga air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam, sebab sumber airnya sama.

Wisata guci tegal
Wisata guci tegal. Image via: mobil.web.id

Sejarah Lokasi Wisata Guci Tegal

Pemandian pemandian air hangat Guci resmi dibuka pada tahun 1974. Asal usul tempat pemandian air panas Guci dimulai dari beberapa pihak terkait melakukan penelitian terkait keberadaan sumber air baru di wilayah ini.

Setelah memang terbukti aman, barulah pada tahun 2015 pemandian Guci dibuka bagi umum. Saat belum populer seperti sekarang, hanya masyarakat sekitar memanfaatkan pemandian tersebut. Dahulu belum ada pancuran-pancuran seperti sekarang, beberapa pengunjung masih menggunakan sumber air panas berada di dibawah gua.

Di bawah gua inilah sekarang akhirnya dibangun pancuran tiga belas. Disana pengunjung bisa melihat patung naga di pancuran itu.

Simak juga: daftar tempat wisata di Tegal

Misteri Wisata Guci Tegal

sudut indah
Pojok Indah di Guci. Image via: travelingyuk

Berdasarkan cerita masyarakat lokasi, sejarah nama Guci berasal dari zaman Walisongo.

Untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah bagian barat, khususnya di sekitar Tegal, diutuslah seorang wali.  Wali tersebut dibekali air yang ditempatkan di dalam sebuah guci atau poci.

Masyarakat percaya bahwa air dalam guci tersebut bisa berkhasiat sehingga berbondong-bondong meminta kepada sang wali. Namun karena jumlah air tersebut jumlahnya terbatas, sedangkan masyarakat yang memintanya begitu banyak, maka sang wali kemudian menancapkan tongkatnya ke tanah. Ketika tongkatnya dicabut, secara ajaib dari lubang bekas tongkat ditancapkan mengalir air panas.

Air panas tersebut sampai kini masih mengalir dan dimanfaatkan masyarakat menjadi pemandian. Lalu, tempat tersebut kemudian terkenal dengan nama Guci. Peristiwa tersebut konon terjadi tengah malam saat Malam Jumat Kliwon. Sehingga, sampai hari ini pada  malam Jumat Kliwon masih banyak masyarakat datang ke Guci untuk berendam. Mereka percaya, jika melakukan hal tersebut hajat mereka akan terkabul.

Lokasi Wisata Guci Tegal

Pemandian Air Panas Guci Kab Tegal terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya di Jl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466.

ayunan guci
Spot foto ayunan indah. Image via: infotegal.com

Rute Menuju Wisata Guci Tegal

Menuju Lokasi Wisata Guci Tegal, pengunjung memiliki alternatif dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika  menggunakan kendaraan umum, berangkat dari  Kota Tegal pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum yang menuju Purwokerto.

Setelah melewati pusat kota Slawi,  saat tiba di daerah Kecamatan  Lebaksiu. Di pertigaan Yomani terdapat tanda penunjuk jalan ke arah Guci. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari sana.

Jika dari Slawi, naik saja mini bus jurusan Bumi Jawa. Setelah sekitar 30 menit menempuh perjalanan, Pengunjung dapat turun di Desa Tuwel. Dari sana Pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan bak terbuka menuju Guci.

Jika berangkat dari Kota Pemalang, pengunjung  mesti menggunakan kendaraan pribadi karena tidak terdapat angkutan umum menuju Guci. Ambil rute ke arah Purbalingga. Setelah tiba di pertigaan Moga, belok  ke kanan menuju ke arah Guci.

pemandangan jalan
Pemandangan sepanjang jalan. Image via: wisatalagi

Tiket Masuk Wisata Guci Tegal

Tiket masuk Wana Wisata Guci Tegal dibedakan antara anak dan dewasa, juga hari biasa dan hari libur. Saat hari biasa Dewasa dikenakan biaya  Rp5000, dan anak-anak dikenakan biaya Rp. 4.500. Biaya itu masih mesti ditambahi dengan biaya polish asuransi.

Saat hari libur Dewasa dikenakan biaya  Rp. 7.000, dan anak-anak dikenakan biaya Rp. 6.500. Biaya itu juga masih mesti ditambahi dengan biaya polish asuransi.

Jam Buka Wisata Guci Tegal

Pemandian Air Panas Guci buka jam 06.00 dan tutup jam 21.00. Jam tutupnya mememang relatif malam. Hal ini disebabkan karena keindahan yang khas justru bisa dinikmati saat malam hari.

Fasilitas Wisata Guci Tegal

Bebagai fasilitas wisata sudah tersedia di objek wisata ini. Beberapa fasilitas diantaranya adalah: kolam renang, trek jalan kaki, persewaan kuda tunggang, dan fasilitas Outbound.

Untuk yang datang dengan rombongan, terdapat fasilitas wisma yang posisinya dekat dengan kolam renang, yang bisa disewa. Masing-masing wisma berkapasitas empat dan tiga kamar dengan fasilitas queen bed, bath-up, shower dan air panas.

Hal Menarik di Wisata Air Panas Guci Tegal

Ada banyak hal menarik yang bisa dikunjungi maupun lakukan di objek wisata guci tegal ini. Mulai dari kegiatan menyenangkan seperti bermain air di water boom mini, berendam air panas menyehatkan, manaiki kuda sewaan, out bound, sampai menikmati air terjun.

Air Terjun Jedor

curug-jedor
Air terjun Jedor. Image via: inepunyacerita

Nama Air Terjun Jedor konon berasal dari nama seorang lurah, yaitu Lurah Jedor.  Air terjun ini terletak sekitar 1 km di sebelah atas pemandian umum air panas pancuran 13. Air terjun Jedor memiliki ketinggian sekitar 15 m.

Seperti halnya pemandian air panas Guci, Air terjun Jedor juga sering ramai dikunjungi orang untuk ngalap atau mencari berkah. Kunjungan ritual mencapai puncaknya pada malam jumat kliwon.  Konon kalau mandi pada tengah malam dengan memohon sesuatu, permohonan apapun akan dikabulkan.

Selain air terjun Jedor, di kawasan Guci ini masih ada beberapa air terjun lagi seperti Air Terjun Sruwit, Sigedong, Pengantaian, Kembar, Awu dan Capit Udang.

Air Terjun air Hangat Kembar

terjun kembar
Air terjun kembar. Image via: wisatategal.com

Melihat air terjun mungkin sudah biasa, dan dapat dijumpai di banyak tempat. Tapi bagaimana dengan air terjun yang airnya hangat??? Tentu tidak bisa dijumpai di semabarang tempat. Di sini terdapat air terjuan ber-air hangat. Dan hebatnya bukan hanya 1, tapi 2 air terjun yang lokasinya berdampingan. Mengingatkan pada air terjun pengantin, namun ini berbonus air hangat.

Letak Curug Kembar ini ada di dekat dengan  Waterboom. Untuk mencapai lokasi, pengunjung mesti berjalan di jalanan menurun yang agak curam. Perlu sedikit kehati hatian karena jalan yang cukup licin. Setelah berjalan beberapa meter melewati sawah, pengunjung sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini.

Suhu dari air yang ada di curug ini hangat. Posisinya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini cocok bagi pengunjung  yang menyukai suasana yang hening. Yang terdengar hanyalah suara air terjun. Jika kabut turun, lokasi ini juga tidak lepas dari serbuan kabut. Sehingga pastikan mencari momen yang tepat atau cuaca yang bersahabat untuk mengunjungi Curug Kembar ini.

Permandian Air Panas Guci

Pancuran 13
Pancuran 13. Image via: jateng.tribunnews.com

Di wisata Guci tegal terdapat dua pemandian umum. Masing masing diberi nama Pancuran 13 dan Pancuran 7, sesuai jumlah pancuran yang ada.

Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran tersebut dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari sakit ringan seperti penyakit kulit, sampai penyakit serius seperti rematik. Banyak pula yang percaya, air panas dari Pancuran 13 dapat memberi tuah rezeki, jabatan, dan berbagai harapan lain bagi siapa saja yang mandi di bawahnya.

Water Bom Air Hangat Guci

Hot-Waterboom-Guci-ku
Hot Waterboom. Image via: travelingyuk

Sebagaimana namanya, kekhasan yang ditonjolkan di sini adalah kolam air hangat. Banyak wisatawan memadati Guci untuk berendam agar badan kembali segar dan bugar. Air di sini tak terlalu panas, sehingga aman untuk kulit. Istimewanya, air hangat di Guci sama sekali tak berbau belerang.

Tak hanya bisa dipakai berendam, kolam di Guci juga menyediakan aneka permainan. Bahkan, permainan-permainan tersebut berada di tengah kolam. Seraya memanjakan diri di air hangat, pengunjung pun bisa bermain sepuasnya bersama keluarga.

Salah satu wahana tersedia di Pemandian Air Panas Guci adalah outbound. Berbeda dengan dengan tempat wisata lain, wahana ini justru diletakkan di tengah kolam. Ada panjat tebing mini, yang bisa dimainkan anak-anak maupun dewasa. Ada pula jaring laba-laba yang dapat dilintasi setelah menaiki panjat tebing. Permainan ini menantang pengunjung agar cermat melangkah jika tak mau tercebur ke kolam. Jalur outbound ini cukup panjang, dan ramai dicoba para pengunjung.

Untuk memasuki fasilitas ini pengunjung dikenakan  biaya tersendiri, sebesar Rp 35.000 di hari biasa dan Rp 40.000 di akhir pekan.

Outbound dan Camping di Guci

Outbound
Outbound Guci Tegal. Image via: datawisata

Jika kita Bosan dengan liburan yang monoton dan biasa saja, Pengunjung bisa memperolehpaket liburan yang yang berbeda, seru, Fress, FUN, dan penuh kehangatan di lokasi wisata guci ini. Paket itu adlaah paket Outbound dan Camping di Guci

Pengunjung dapat menikmati sensasi dan suasana alam yang berbeda, misalnya merasakan pengalaman tidur di dalam tenda. Bagi yang hobi mendaki mungkin ini menjadi hal yang biasa biasa saja namun bagi yang belum pernah merasakan akan menjadi pengalaman yang sulit untuk di lupakan.

Beragam aktivitas yang dapat dilakukan ketika camping dan aoutbound di loaksi kawasan wisata Air panas Guci. Kegiatan menyenangkan seperti:  api unggun, barbeque, trekking, ngeliwet, dan susur sungai atau sekedar menikmati suasana rekreatif di tengah pemandangan Alam, adalah hal hal yang sakan terkenang seumur hidup.

Menunggang Kuda di Guci Tegal

Menunggang Kuda
Menunggnag kuda. Image via: wisatalagi

Untuk bisa mengelilingi tempat rekreasi ini dengan lebih leluasa dan santai, pengunjung bisa menyewa kuda kepada penduduk setempat. Harga sewa kuda pun tergolong murah.  Kuda yang berada di dalam kawasan objek wisata guci merupakan salah satu bagian fasilitas yang di berikan untuk para pengunjung agar dapat menikmati keindahan kawasan guci tidak jalan kaki. Pengunjung akan di ajak mengelilingi guci oleh penunjuk jalan.

Kuda – kuda yang disewakan di dalam kawasan wisata guci sudah jinak. Adapun harga penyewaan kuda yang ditawarkan dari mulai Rp. 15.000 Lima belas ribu hingga Rp. 30.000 ribu. Harga tersebut tergolong murah jika dibandingkand negan kenikmatan berupa dapat menikmati semua yang ada di dalam wisata tersebut tanpa merasakan cape dan lelah.

Hotel di Guci Tegal

HOtel di Guci
Salah satu Hotel di guci. Image via: traveloka

Di Guci, hotel kelas melati dan villa kebanyakan berada di seputar lokasi pemandian air panas umum, tak jauh dari pancuran 13. Keuntungannya adalah tamu-tamu hotel dapat menjangkau tempat pemandian air panas umum, selayaknya fasilitas hotel. Umumnya hotel-hotel tersebut tidak menyediakan kolam renang sendiri.

Hotel di guci

Sedangkan hotel-hotel yang berlokasi agak jauh dengan pusat aktifitas pemandian air panas biasanya menyediakan kolam renang air panas sendiri, khusus diperuntukkan bagi tamu-tamu yang menginap. Namun ada pula hotel yang memberi kesempatan bagi non tamu hotel untuk menggunakan fasilitas kolam renang mereka, dengan membayar tiket masuk.

Beberapa hotel yang populer adalah: Hotel Duta Wisata, Hotel Guci-Ku, dan Hotel Santika.

Sekian dulu obrolan kita seputar loaksi wisata indah di dataran tinggi tegal ini. Ingat jika main ke sana, jangan sampai ketinggalan menikmati semua keseruan yang ada, mulai dari berendam air hangat, camping, main outbound, sampai kenikmatan ala tuan tanah zaman dahulu yang berkuda berkliling pegunungan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment